Kesehatan adalah aset yang sangat berharga untuk masa depan. Cara menjaga daya tahan tubuh harus selalu diterapkan sejak dini. Terutama saat ini di mana wabah virus Corona sedang merajalela di hampir setiap negara. Protokol kesehatan harus selalu menjadi bahan perhatian setiap orang demi bisa menjaga dirinya agar tidak tertular dari virus yang berbahaya tersebut. Dengan adanya daya tahan tubuh yang baik, maka tubuh kamu akan memiliki tameng yang bisa melindungi dari serangan virus, kuman, maupun bakteri yang membawa penyakit.

Ketika tubuh sudah terserang penyakit, maka kamu pun akan kesulitan untuk bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dan semua yang kamu lakukan serba tidak nyaman. Bahkan makan pun juga terasa sulit. Sehingga, pekerjaan kamu akan banyak yang tertunda akibat jatuh sakit. Belum lagi jika kamu harus dilarikan ke rumah sakit. Tentunya kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, penting sekali mulai dari sekarang untuk menjaga dan menyayangi tubuh sendiri agar selalu sehat dan bugar setiap saat.

 

Pentingnya Daya Tahan Tubuhpentingnya daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk bisa menangkal segala jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Ketika daya tahan tubuh kamu dalam kondisi yang baik, maka tubuh kamu pun akan selalu sehat. Sedangkan jika kondisi daya tahan tubuh kamu sedang menurun, maka virus, bakteri, dan kuman akan mudah masuk ke dalam tubuh. Dan kamu pun akan mudah terserang penyakit. Dengan begitu, cara menjaga daya tahan tubuh pun harus selalu menjadi prioritas utama kamu.

Diketahui bahwa sistem daya tahan tubuh terdiri dari sel, protein, jaringan, dan organ khusus. Dan secara umum, sistem daya tahan tubuh ini akan bekerja dengan sangat baik untuk menjaga kesehatan kamu serta mencegah terjadinya infeksi. Keberadaan daya tahan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh kamu dari hadirnya patogen, virus, maupun bakteri. Lalu, adanya daya tahan tubuh juga turut membantu dalam membersihkan sel-sel tubuh yang rusak atau dalam kondisi yang tidak sehat.

Selain itu, daya tahan tubuh juga akan menjaga tubuh kamu dari hadirnya partikel-partikel asing yang ada di sekitar kamu. Misalnya saja seperti debu dan polusi. Apalagi bagi kamu yang setiap harinya beraktivitas di luar rumah serta harus naik transportasi umum atau mengendarai sepeda motor. Jadi, harus selalu berhati-hati dari asap kendaraan maupun polusi lainnya.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja, Coba Yuk!

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Penyakit bisa saja muncul sewaktu-waktu. Pola hidup yang tidak sehat, perubahan musim seperti musim hujan di mana virus akan mudah bertahan di udara dalam waktu yang lama saat musim ini, serta tidak terkecuali bagi kamu yang setiap harinya selalu aktif untuk beraktivitas. Maka cara menjaga daya tahan tubuh ini wajib untuk kamu terapkan.

1. Memenuhi Kebutuhan Istirahat Secara Cukupistirahat yang cukup

Cara menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat secara cukup sangat penting. Kamu tidak bisa memaksa tubuh untuk terus bekerja seperti robot demi mengejar target dari pekerjaan. Jika terus memaksakan diri, maka performa kerja kamu pun akan mengalami penurunan. Namun, ketika kamu meluangkan waktu untuk beristirahat secara cukup, maka tubuh kamu akan kembali bugar dan pikiran akan lebih jernih. Sehingga, kamu bisa bekerja kembali dengan lebih baik.

Namun sayangnya, tidak banyak orang yang tahu mengenai waktu tidur yang cukup. Sedangkan waktu tidur ini telah dikelompokkan berdasarkan usia. Bagi kamu yang masuk dalam kategori dewasa muda dengan usia 18-25 tahun perlu beristirahat 7-9 jam, kategori dewasa usia 26-64 tahun perlu beristirahat 7-9 jam, dan kategori lansia usia 65 tahun ke atas perlu beristirahat 7-8 jam setiap hari.

 

2. Selalu Rutin Berolahragaolahraga yang rutin

Cara menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga rutin ini jangan sampai kamu lewatkan. Luangkan waktu sejenak di sela-sela kesibukan kamu untuk menggerakkan badan dan menghasilkan keringat guna mengeluarkan toksin di dalam tubuh bersama dengan keringat. Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Banyak sekali olahraga ringan namun tetap membuat tubuhmu terasa bugar.

Misalnya seperti jogging, bersepeda saat pagi atau sore hari, dan berenang. Karena dengan berolahraga, tidak hanya membuat bugar, tetapi juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan bisa memerangi setiap penyakit yang datang. Sedangkan, orang yang lebih banyak untuk bermalas-malasan, maka diketahui dapat membuat orang tersebut mudah terkena flu dan penyakit lainnya.

 

3. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Secara Cukupminum yang cukup

Kekurangan cairan tubuh berpotensi membuat kamu mengalami dehidrasi. Ketika dehidrasi menyerang, maka gangguan-gangguan pada tubuh juga turut terjadi, seperti lesu, kepala pusing, dan terganggunya fungsi tubuh. Dengan begitu, tubuh kamu akan menjadi rentan pada penyakit. Sedangkan sebagian besar tubuh kamu tersusun dari cairan. Sehingga, cara menjaga daya tahan tubuh dengan minum air putih secara teratur sangat penting untuk dipenuhi setiap harinya. Usahakan ketika bepergian, baik ke sekolah, kantor, maupun jalan-jalan, selalu membawa botol air minum. Jadi, sewaktu-waktu kamu bisa minum untuk memenuhi cairan tubuh kamu.

 

4. Mengkonsumsi Asupan Makanan Yang Sehatmakan makanan sehat

Cara menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Mengingat saat ini banyak sekali makanan cepat saji atau fastfood, di mana banyak diberi tambahan pemanis buatan dan garam tinggi yang tidak baik untuk kesehatan kamu. Risiko penyakit seperti kanker, jantung, diabetes, dan penyakit ginjal bisa saja muncul jika sering-sering mengkonsumsi makanan cepat saji tersebut. Sehingga, kamu perlu membatasinya.

Tubuh kamu membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Karena ketika kamu makan, tidak hanya untuk menghilangkan rasa lapar saja, tetapi juga terlengkapinya semua jenis nutrisi, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, dan mineral. Jika semua nutrisi tersebut lengkap dan tercukupi, maka makanan yang kamu makan sudah bisa disebut sebagai makanan yang ideal dan inilah cara menjaga daya tahan tubuh yang baik dan benar. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan kamu untuk selalu memperhatikan pola makan, terutama memenuhi kebutuhan vitamin C yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh kamu.

 

5. Tidak Merokokhindari merokok

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh pada seorang perokok dapat menjadi lemah dikarenakan bakteri-bakteri yang ada di mulut dapat berkembangbiak serta saling berkoloni secara baik di tempat yang mengandung asap rokok. Sehingga, sebagai cara menjaga daya tahan tubuh kamu dari hadirnya penyakit, usahakan untuk tidak merokok. Dengan begitu, kamu telah menyayangi tubuhmu sendiri dengan tidak menimbulkan penyakit dari perbuatan yang kamu lakukan.

Dengan demikian, mengingat betapa pentingnya kesehatan yang bisa membuat kamu lebih nyaman dalam beraktivitas, maka cara menjaga daya tahan tubuh harus selalu diperhatikan dengan baik. Sehingga, kamu bisa menikmati masa tuamu dengan penuh kebahagiaan dengan tubuh yang sehat.

Baca Juga: Ini Dia 10 Makanan Berprotein Tinggi yang Bikin Kita Sehat!

Jaga Kondisi Tubuh Bersama Cashbac

Gunakan selalu aplikasi Cashbac untuk membeli semua kebutuhan kamu di merchant-merchant pilihan seperti Alfamart, FamilyMart, ACE Hardware, Informa, hingga Drive Thru di McDonald’s.

Kamu bisa membeli apa saja yang kamu butuhkan dalam rangka menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kami, juga untuk kebutuhan kamu sehari-hari. Lihat juga tips dari Cashbac bagaimana Tetap Aman agar kita semua tetap sehat melalui tautan ini.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store