Memiliki rambut indah, tebal, dan sehat adalah impian dari semua orang terutama wanita. Seperti salah satu kiasan yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota seorang wanita, hal tersebut sangat benar adanya. Banyak wanita yang saat ini berlomba-lomba untuk memiliki rambut indah. Saat ini banyak sekali wanita yang berlomba-lomba untuk memperindah rambutnya dengan cara memotong, meluruskan, mengeriting, hingga memberi warna pada rambut mereka. Akan tetapi tahukah kalian bahwa semakin sering kamu melakukan eksperimen pada rambut, maka perawatan yang kamu berikan juga harus semakin ekstra. Di bawah ini akan ada banyak cara merawat rambut rusak yang akan membantu kamu memiliki rambut yang tidak hanya sekedar indah namun juga sehat.

Tips Merawat Rambut

Sebelum melihat bahan atau produk apa saja yang bisa kamu gunakan untuk merawat rambutmu, cara merawat rambut rusak pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengubah kebiasaanmu. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk merawat rambutmu, kamu hanya perlu untuk mengubah beberapa kebiasaan untuk mendapat rambut indah yang sehat. Beberapa kebiasaan tersebut :

1. Ubah Cara Makanmu

Menurut seorang ahli gizi yang bernama Joy Bauer apa yang kita konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan rambut dan kecepatan pertumbuhan rambut kita. Rambut terbuat dari protein. Pada dasarnya semua nutrisi membantu tubuh kita untuk tetap sehat, akan tetapi protein adalah zat yang membantu kita untuk memperbaiki, mempercepat pertumbuhan, dan bahkan mengganti tulang, kulit, dan rambut.

Meskipun kita cenderung berpikir bahwa protein berasal dari daging sapi, ikan, ayam, dan daging lainnya, namun sebenanrnya protein juga dapat ditemukan di dalam telur, kacang-kacangan, dan produk susu lainnya seperti keju, susu, yoghurt, dan lain-lain. Joy juga menambahkan bahwa orang yang tidak mendapatkan protein yang cukup di dalam diet maka rambut mereka tidak akan tumbuh secepat orang yang mendapat protein yang cukup.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Selain harus memperbanyak mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein, untuk mendapatkan rambut indah dan sehat kamu juga perlu untuk banyak mengonsumsi air putih. Sama halnya dengan kulit kita yang membutuhkan air untuk tetap sehat dan lembab, rambut juga memerlukan sejumlah air agar tetap sehat. Rambut memerlukan cukup air agar bisa tumbuh subur, selain itu air juga dapat membantu kamu terhindari dari ketombe dan rambut rontok. Mulai biasakan diri kamu untuk minum air sebanyak 2 liter perharinya agar kulit kepalamu mendapat asupan cairan yang cukup.

3. Cuci Kepalamu Dengan Benar

cara merawat rambut rusak

Sumber : independent.co.uk

Terkadang kita hanya memerhatikan berapa kali seharusnya mencuci rambut dalam seminggu namun tidak memerhatikan bagaimana cara mencuci rambut yang benar. Apabila kamu menginginkan rambut sehat dan indah maka mulai saat ini kamu harus memerhatikan baik-baik bagaimana cara mencuci rambut yang benar. Menurut Mark Townsend, seorang ahli rambut yang telah bekerja untuk menata rambut artis Holywood, cara mengaplikasikan sampo yang benar adalah dengan meletakkannya pada kulit kepala bukan pada rambut. Mark Townsend juga mengatakan bahwa dengan memberi sampo pada kulit kepala maka saat kamu membilas rambut, sampo tersebut akan turun dan mencuci rambutmu secara otomatis.

4. Stop Membungkus Rambutmu Dengan Bahan Katun

Masih menurut ahli rambut Mark Townsend, mau berapa pun harga kain katun yang kamu beli. Mahal atau tidak, bahan katun tidak baik untuk rambut karena kain katun akan menyerap kelembaban kulit dan rambutmu. Maka dari itu, mulai saat ini berhenti membungkus rambutmu menggunakan handuk setelah keramas. Selain itu Mark juga menyarankan untuk tidak tidur di atas alas katun, ia menyarankan bahan satin karena sifatnya yang lebih dingin, jadi kamu tidak akan terlalu berkeringat dan rambutmu juga tidak akan menjadi kusut.

5. Jangan Keramas Setiap Hari

Mencuci rambut sebaiknya jangan dilakukan setiap hari, pasti kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan kalimat ini? Apabila kamu masih berpikir bahwa ini hanyalah mitos, maka kamu salah. Faktanya mencuci rambut setiap hari akan menjadikan kulit kepala kamu tidak sehat. Pada dasarnya, kulit kepala menghasilkan minyak secara alami, jika kamu mencuci rambutmu setiap hati maka minyak tersebut akan hilang dan akhirnya kulit kepalamu menjadi kering. Sebaiknya kamu mencuci rambut sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Baca juga : Wavy Hair Dan Warna Coklat Bakal JAdi Tren Rambut 2019, Seperti Ini Look-nya

Tenang, kalau kamu merasa kulit kepalamu terlalu berminyak maka kamu bisa mengatasinya dengan cara membasuk kepalamu lalu pijat kulit kepalamu secara perlahan tanpa menggunakan sampo. Akan tetapi, pijat kepalamu seakan kamu sedang menggunakan sampo, dengan cara tersebut minyak berlebih yang ada di kepalamu akan turun bersamaan dengan air saat kamu membilasnya. Meskipun kamu tidak mencuci kepalamu setiap hari, kamu tetap harus menggunakan conditioner pada rambutmu setiap hari. Banyak orang yang takut untuk menggunakan conditioner setiap hari akan tetapi saat ini sudah banyak conditioner yang benar-benar akan membantu untuk melembabkan rambut kamu.

6. Bersihkan Sikat atau Sisir Rambut Secara Rutin

cara merawat rambut rusak

Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan sisir rambutmu. Jangan biarkan sisirmu penuh dengan bakteri dan kotoran karena alat tersebut akan berkontak langsung dengan kulit kepalamu. Bila kamu membiarkannya kotor maka hal tersebut akan memicu tumbuhnya bakteri di kulit kepalamu. Mulailah biasakan untuk mencuci sisir rambutmu secara rutin, setidaknya cuci dan sikat sisir rambutmu setiap satu bulan sekali menggunakan air hangat dan sampo. Jika perlu, kamu bisa mencucinya dengan air hangat dan bakin soda untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang ada.

7. Kurangi Pemakaian Pemanas Rambut

Saat ini pemanas rambut seperti pengering dan catokan adalah alat yang digunakan hampir setiap hari untuk menata rambut. Bahkan beberapa wanita sampai membawa catokan ke tempat kerja atau ke sekolah karena alat tersebut dapat dikategorikan sebagai alat penting untuk menata rambut agar terlihat lebih rapi. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa menggunakan pengering atau catokan rambut terlalu sering termasuk ke dalam cara merawat rambut rusak yang tidak baik? Apabila kamu menggunakan pemanas rambut setiap hari maka rambut kamu tidak hanya menjadi kering, namun juga rontok, bahkan tekstur rambutmu bisa berubah selamanya. Maka untuk menghindari hal tersebut kamu harus mengurangi pemakaian pemanas rambut. Apabila kamu terbiasa memakai pengering rambut, biasakan untuk mencuci rambut lebih awal agar rambutmu kering dengan sendirinya tanpa perlu menggunakan pengering rambut.

8. Ubah Cara Menyisirmu

cara merawat rambut rusak

Sumber : rd.com

Hindari menyisir ketika rambutmu masih basah. Ketika masih basah maka rambutmu berada dalam keadaan rapuh dan menjadi rentan patah atau putus. Apabila kamu ingin menyisir rambut, maka tunggu rambutmu dalam keadaan kering. Selain itu, biasakan untuk menyisir rambut dari bagian bawah lalu dilanjut ke bagian atas, maksudnya bukan menyisir dari atas ke bawah ya, namun sisir bagian bawah rambut terlebih dahulu. Setelah itu, kamu boleh menyisir rambut bagian atas karena biasanya bagian bawah rambut lebih sering kusut. Maka untuk menghindari kerontokan, lebih baik kamu menyisir bagian bawah terlebih dahulu. Sisirlah secara pelan-pelan dan gunakan sisir yang terbuat dari bahan besi atau metal yang memiliki gigi jarang-jarang agar rambut kamu tidak mudah rusak.

Cara merawat rambut rusak Secara Alami

cara merawat rambut rusak

Selain dengan mengubah kebiasaan, kamu juga bisa merawat rambut kamu dengan cara lain. Contohnya, kamu bisa menggunakan conditioner, hair mask, dan lain-lain. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa kamu juga bisa mendapatkan rambut sehat yang indah dengan menggunakan bahan-bahan alami? Di bawah ini akan ada banyak cara merawat rambut rusak secara alami yang akan membantu rambut kamu tidak hanya indah, namun juga sehat.

1. Masker Lidah Buaya

cara merawat rambut rusak

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selain untuk menyembuhkan luka luar, panas dalam, merawat wajah, sumber vitamin dan mineral, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk rambut. Lidah buaya memiliki fungsi yang sangat banyak untuk rambut, beberapa diantaranya adalah membuat rambut menjadi hitam alami dan menjaga kulit kepala dari ketombe. Kamu hanya perlu mengupas lidah buaya dan mengambil dagingnya, lalu usapkan secara merata pada rambut. Kamu juga bisa menghaluskan daging lidah buaya terlebih dahulu sebelum menggunakannya di rambut. Tinggalkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

2. Minyak Almond

Selain lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan minyak almond sebagai salah satu cara merawat rambut rusak. Minyak almond berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala, Minyak almond juga bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok dan memperbaiki kerusakan rambut. Penggunaan minyak almond untuk merawat rambut berbeda-beda berdasarkan pada permasalahan rambut yang kamu alami. Saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan minyak almond kemasan dimana pun. Namun, untuk kamu yang memiliki alergi terhadap kacang, akan lebih baik apabila kamu mencobanya dulu dalam jumlah sedikit untuk memastikan bahwa alergi kamu tifak akan kambuh jika kamu menggunakannya. Kamu bisa menggunakan minyak almond dengan cara mengaplikasikannya pada rambut secara merata lalu diamkan selama 15 – 30 menit dan bilas menggunakan sampo.

3. Alpukat

cara merawat rambut rusak

Alpukat adalah buah yang memiliki zat amino acid yang berguna untuk membantu memperbaiki rambut rusak. Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut, jadi untuk kamu yang ingin memiliki rambut panjang, kamu bisa menggunakan alpukat sebagai masker rambut. Sama seperti bahan-bahan yang lain, kamu hanya cukup menghaluskan daging alpukat lalu aplikasikan pada rambut kamu dan tinggalkan selama 15 – 30 menit. Bilas kepalamu menggunakan air dan lakukan sebanyak 3 kali seminggu.

Baca juga : 5 Barbershop Yang Bisa Bikin Kamu Tampil Kekinian

4. Yoghurt dan Pisang

Apabila kamu memiliki masalah rambut kering maka campuran yoghurt dan madu adalah bahan alami yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki rambut keringmu. Nutrisi yang dimiliki yoghurt dan pisang akan sangat membantu kamu untuk memiliki rambut sehat yang indah. Cara merawat rambut rusak dengan masker yoghurt dan pisang ini adalah siapkan 1 sendok makan yoghurt, 3 sendok makan madu, ½ potong pisang yang matang, dan 1 sendok teh perasan jeruk lemon. Kurang lebih sama seperti masker sebelumnya, kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan tersebut lalu aplikasikan pada kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 15 – 20 menit lalu bilang menggunakan air bersih dan sampo.

5. Santan

4. Santan Siapa sangka bahwa santan adalah salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Apabila kamu merasa rambutmu kurang protein, santan adalah bahan yang tepat. Tidak hanya sehat, santan juga dapat membuat rambutmu nampak berkilau setelah tiga kali pemakaian. Kamu juga bisa menggunakan santan untuk memperbaiki rambut yang rusak, karena tinggi protein, santan akan membantu kamu untuk memperbaiki rambut yang rusak. Cara merawat rambut rusak dengan santan sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan santan kruang lebih 50 ml, oleskan pada seluruh bagian kulit kelapa dan rambut. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam dan bilas menggunakan air panas.

Siapa sangka bahwa santan adalah salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Apabila kamu merasa rambutmu kurang protein, santan adalah bahan yang tepat. Tidak hanya sehat, santan juga dapat membuat rambutmu nampak berkilau setelah tiga kali pemakaian. Kamu juga bisa menggunakan santan untuk memperbaiki rambut yang rusak, karena tinggi protein, santan akan membantu kamu untuk memperbaiki rambut yang rusak. Cara merawat rambut rusak dengan santan sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan santan kruang lebih 50 ml, oleskan pada seluruh bagian kulit kelapa dan rambut. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam dan bilas menggunakan air panas.

6. Urang Aring

Urang aring atau orang aring memang telah terkenal dengan khasiatnya untuk rambut sejak dahulu. Selain terkenal sebagai penyubur rambut yang alami, urang aring adalah tanaman yang memiliki fungsi untuk mengatasi gatal pada kepala, ketombe, kerontokan, hingga uban. Saat ini kamu bisa menemukan urang aring yang telah tersedia dalam bentuk minyak di mana pun. Nutrisi yang dimiliki oleh urang aring dapat membantu kamu untuk menyelesaikan berbagai macam masalah rambut. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak urang aring pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama 10 – 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

7. Telur

Selain memiliki rasa yang enak, ternyata telur juga memiliki banyak nutrisi untuk rambut kamu lho! Masker putih telur tidak hanya bermanfaat untuk wajah, namun juga dapat melembabkan kulit kepala, mencegah rambut yang telah melalui proses pewarnaan menjadi rontok, dan membuat rambut kamu menjadi halus. Masker putih telur ini sangat cocok untuk kamu yang senang mengecat rambut. Cara membuat masker putih telur ini sangat mudah, siapkan 2 butir telur, pisahkan kuning dan putih telur tersebut lalu kocok hingga mengental. Aplikasikan di kepala lalu pijat kulit kepalamu, diamkan selama 20 menit, setelah itu basuh dengan air hangat dan diakhiri dengan air dingin.

8. Susu dan Madu

cara merawat rambut rusak

Kombinasi susu dan madu adalah bahan alami yang sangat tepat jika kamu menginginkan rambut sehat dan berkilau. Sejak dahulu, madu memang merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Madu memiliki manfaat untuk menjaga keindahan dan membuat rambut menjadi lebih lembut, sementara susu yang kaya akan nutrisi akan menjadikan rambut kamu lebih sehat. Cara merawat rambut rusak dengan campuran susu dan madu tidaklah sulit, kamu hanya perlu menyiapkan satu sendok makan madu dan satu gelas susu. Campurkan madu ke dalam susu lalu oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut secara merata dan diamkan selama 15 – 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih, untuk hasil yang maksimal gunakan cara ini sebanyak satu kali dalam seminggu.

Tips Merawat Rambut Hemat Di Salon Jakarta

cashbac

Cara merawat rambut rusak dengan bahan-bahan alami memang memerlukan usaha lebih, meskipun kamu harus meracik semua bahan sendiri, akan tetapi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan rambut sehat yang indah. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk mengolah bahan-bahan tersebut. Beberapa dari kamu pasti lebih memilih untuk melakukan perawatan rambut di salon. Pergi ke salon adalah salah satu cara merawat rambut rusak yang bisa kamu lakukan akan tetapi kamu harus mengeluarkan biaya lebih besar.

Baca juga : Klinik Kecantikan Di Jakarta Yang Bisa Dapat Cashback

Akan tetapi, saat ini kamu tidak perlu khawatir karena saat ini telah hadir aplikasi bernama Cashbac yang akan membantu kamu untuk merawat rambut sambil berhemat! Dengan menggunakan aplikasi Cashbac, kamu bisa mendapatkan reward berupa cashback langsung saat kamu melakukan transaksi di merchant yang bekerja sama dengan Cashbac. Jika kamu ingin melakukan perawatan rambut kamu bisa datang ke beberapa merchant yang telah bekerjasama dengan Cashbac, beberapa diantaranya :

1. Anna Wijaya Salon

Tampilan terbaik rambut akan kamu dapatkan di Anna Wijaya Salon. Percayakan kepada stylist profesional yang ada disini untuk memberikan perawatan terbaik dan siap-siap untuk trkesima dengan hasil yang akan kamu dapatkan. Kamu dapat mengunjungi Anna Wijaya Salon salah satunya di:

Grand Indonesia, West Mall, lantai 3, nomor 05-06, jalan MH. Thamrin nomor 1, Jakarta Pusat.

2. M3 Hair Treatment

Berikan perawatan yang terbaik untuk rambut kamu di M3 Hair Treatment mulai dari potong rambut hingga hair spa yang akan membuat rambut lebih sehat. Kamu dapat mengunjungi M3 Hair Treatment di:

Gandaria I Nomor 53, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Double Hair Studio

Kepuasan dari pelanggan adalah yang utama yang dijanjikan oleh Double Hair Studio, kamu tidak perlu ragu lagi untuk melakukan perawatan di tempat terbaik yang sejak tahun 2012 telah memberikan pelayanan sempurna. Kamu dapat mengunjungi Double Hair Studio di:

Central Park, lantai 2, jalan Letjen S Parman, Ranjung Duren Selatan, Grogol, Jakarta Barat.

Dengan menggunakan aplikasi Cashbac kamu tidak mengkhawatiri pengeluaranmu karena cashback yang kamu dapatkan akan langsung masuk ke dalam saldo akun Cashbac-mu dan langsung bisa kamu gunakan di kunjungan selanjutnya. Kamu juga tidak perlu menunggu lama agar cashbackmu cair bukan? Tenang, aplikasi Cashbac tidak memiliki minimal transaksi jadi kamu akan tetap mendapatkan cashback berpapun pun jumlah transaksi yang kamu lakukan. Merchant akan terus bertambah, jadi ayo download aplikasi Cashbac dan daftar sekarang juga!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store