Kamu sudah PDKT dengan gebetan cukup lama, sering chatting atau telepon, bahkan pernah pergi berdua. Tiba-tiba dia menjauh atau dia memutuskan dia ngga mau lanjut ke tahap selanjutnya dan menjadi pacar kamu. Sakit hati? Pasti. Tapi kamu ngga perlu galau lagi. Ada banyak cara move on dari gebetan yang bisa kamu praktikkan supaya ngga patah hati terlalu lama.

Cara Move On dari Gebetan

Ada banyak cara move on dari gebetan yang bisa kamu lakukan supaya kamu ngga teringat dia lagi. Selain itu, cara-cara move on dari gebetan ini juga bisa membuat kamu menjadi orang yang lebih baik. Penasaran? Simak 10 cara move on dari gebetan yang bisa kamu terapkan ini.

1. Luapkan semua kemarahan dan kesedihan kamu

cara move on dari gebetan - luapkan perasaan

Ketika kamu udah dekat dengan gebetan, apalagi untuk waktu yang cukup lama, sakit hati ketika akhirnya hubunganmu gagal adalah hal yang lumrah banget kok. Daripada pura-pura tersenyum dan bersikap seakan-seakan ngga ada masalah, lebih baik luapkan semua perasaan kamu saat patah hati. Menurut Psychology Today, meluapkan emosi seperti dengan menangis ketika kamu merasakan kesedihan justru berdampak baik untuk kesehatan karena tubuh kita mengeluarkan hormon yang membuat kita merasa lebih baik setelah menangis. Jadi, menangislah kalau kamu mau dan jangan mengkritik diri sendiri setelah itu.

Tapi, ingat juga untuk nggak melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri atau dia ya, seperti mengkonfrontasi dia secara langsung, ngga makan, atau malah melukai diri sendiri. Ingat, walaupun dia ngga bisa melihatnya, kamu sangat sangat berharga.

2. Curhat ke teman atau keluarga yang bisa dipercaya

cara move on dari gebetan - curhat ke teman

Daripada menyimpan sendiri patah hati kamu, lebih baik curhat ke teman-teman atau anggota keluarga yang bisa kamu percayai. Kamu ngga hanya akan merasa lebih lega, tapi juga bisa mendapat saran dan dukungan untuk move on dari si gebetan.

Kalau kamu tiba-tiba kangen dia lagi, teman-teman dan anggota keluarga yang tahu apa yang terjadi juga akan mencegah kamu dari melakukan hal-hal yang bikin kamu susah move on seperti menghubungi dia lagi. Ketika kamu mau mengekspresikan kemarahan kamu dengan ngegosip tentang si gebetan ini, teman-teman dan keluarga kamu juga akan mengingatkan kamu akan keburukan-keburukan dia yang menjadi alasan kalian ngga dekat lagi.

Baca juga: Berakhir Pekan Bersama Keluarga? Makan di Restoran Ini Yuk!

3. Jadi relawan di kegiatan amal

cara move on dari gebetan - jadi relawan

Saatnya kamu berbagi rasa sayang yang biasanya untuk gebetan ke orang lain yang menghadapi berbagai masalah dan membutuhkannya. Kamu bisa mencari info tentang berbagai kegiatan amal di sekitar kamu sesuai dengan bidang yang menjadi passion kamu dan ikut menjadi relawan atau panitia, misalnya menjadi relawan pengajar anak-anak jalanan atau relawan konservasi terumbu karang. Kamu juga bisa mendaftar menjadi anggota organisasi amal tersebut dan terlibat aktif dalam kegiatan hariannya.

Menurut Letsmend.com, ada banyak banget manfaat yang bisa kamu peroleh dari menjadi relawan di kegiatan amal lho, seperti mengurangi rasa kasihan pada diri sendiri, meningkatkan kepercayaan diri, menjadi kesempatan belajar sesuatu yang baru dan berkenalan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, dan membuat tubuh kamu mampu mengeluarkan hormon oxytocin dan dopamine yang membuat kamu lebih bahagia.

4. Stop nge-stalk media sosial dia

cara move on dari gebetan - stalk media sosial

Cara move on dari gebetan inilah yang paling wajib kamu lakukan karena kebiasaan stalk gebetan adalah hal yang paling bikin kamu susah move on. Setelah hubungan kita dan gebetan ngga dekat lagi, kamu ngga perlu mengecek media sosial dia untuk update kehidupan dia lagi karena dia udah ngga menjadi bagian hidup kita lagi.

Ketika kita stalk media sosial dia, sama aja kita mencari alasan untuk ngga move on, karena kita jadi memikirkan bagaimana kabar dia sekarang, apa yang dia lakukan, dia dekat dengan siapa yang sebenarnya kita ngga perlu ketahui lagi. Jadi, kalau kamu masih suka stalk media sosial si gebetan, saatnya stop kebiasaan ini. Kalau perlu unfollow dan blokir akun media sosial dia supaya kamu ngga tergoda untuk cek lagi.

5. Berolahraga secara teratur

cara move on dari gebetan - olahraga

Tahukah kamu kalau olahraga membuat tubuh kita mampu memproduksi hormon endorphin dan serotonin yang merupakan hormon pengatur kebahagiaan? Iya, jadi ngga hanya tubuh kita yang akan lebih sehat, pikiran kita pun akan lebih sehat dengan berolahraga. Daripada galau, lebih baik kamu mulai berolahraga secara teratur.

Kamu bisa memulai dengan berolahraga mengikuti tutorial di YouTube, mengikuti kelas di gym favoritmu, atau jogging keliling kompleks rumahmu. Cukup sempatkan waktu 15-30 menit, kamu bisa merasakan manfaat dari berolahraga sekaligus badanmu lebih sehat dan kuat, sekaligus melepaskan emosi yang kamu rasakan ke dia.

6. Jangan simpan barang-barang yang bikin kamu teringat dia

cara move on dari gebetan - jangan simpan kenang-kenangan

Kita mungkin ngga bisa tau kapan lagu favorit si dia tiba-tiba diputar di radio atau kita bertemu orang yang menggunakan parfum dia dan membuat kita tiba-tiba ingat dia. Tapi, kita tau di mana kita menyimpan post-it yang sering dia tempelkan ke laptop kita atau barang yang dia belikan untuk kita yang pasti bikin kita ingat dia setiap kita lihat.

Jadi, supaya ngga teringat dengan dia terus, jangan lagi simpan kenang-kenangan yang akan mengingatkan kita dengan dia supaya kita bisa move on. Buang barang-barang tersebut ke tempat sampah, sumbangkan yang masih layak pakai untuk yang membutuhkan, atau jual barang-barang yang unik di online shop. Pastikan semua yang bikin kamu ingat dia ngga ada di sekitar kamu lagi. Jangan lupa juga untuk delete foto-foto bareng dan playlist bersama kalian di laptop atau smartphone ya!

7. Fokus pada hobi dan kesuksesan kamu sendiri

cara move on dari gebetan - mengembangkan diri

Berhubung kamu udah ngga perlu lagi menghabiskan waktu untuk chatting, telepon atau bertemu dia lagi, saatnya kamu fokus pada hobi, studi atau karir kamu dan menjadi versi diri kamu yang terbaik. Pelajari semua skill yang udah lama ingin kamu pelajari tapi ngga pernah sempat karena harus meluangkan waktu untuk ketemu dia.

Ikuti tutorial main alat musik yang ingin kamu pelajari, belajar bahasa baru, ikut kelas keuangan atau coding – saatnya kamu melakukan semuanya. Kalau kamu selama ini agak cuek dengan cita-citamu demi dia, saatnya juga memprioritaskan semua ide dan cita-citamu dan bekerja untuk mewujudkannya.

Ikut lomba atau ujian yang akan mengetes kemampuanmu. Mulai menjalankan ide bisnis yang udah kamu pikirkan cukup lama. Buat semua karya tulisan atau desain kreatif yang selama ini kamu pikirkan. Kirimkan lamaran untuk pekerjaan yang kamu inginkan.

Lakukan juga semua hobi yang membuat kamu senang. Suka traveling tapi karena sering menghabiskan waktu dengan dia kamu jadi ngga bisa jalan-jalan untuk waktu yang lama? Saatnya beli tiket ke tempat yang ingin kamu kunjungi. Pokoknya, fokus untuk menjadi sukses sendiri karena kesuksesan itu balas dendam paling keren.

8. Belajar memaafkan diri sendiri dan dia

cara move on dari gebetan - memaafkan

 

Ini mungkin cara yang paling berat, tapi harus kamu lakukan untuk bisa benar-benar move on lho. Kamu ngga akan bisa move on kalau kamu masih marah atau ada kebencian pada dia atau diri kamu sendiri karena artinya kamu masih kepikiran dia dong kalau masih ada perasaan negatif untuk dia.

Jadi, supaya move on kamu benar-benar sukses, kamu harus melepas semua perasaan negatif itu – rasa marah, kekecewaan, kesedihan. Mungkin butuh waktu, tapi kamu bisa belajar cara memaafkan dia dan diri sendiri dengan minta bimbingan dari orang-orang di sekitar kamu atau tokoh agama yang kamu percayai, baca buku self-help, mendengarkan podcast atau lagu tentang move on, atau bahkan ke psikolog profesional.

Ngga usah terlalu muluk-muluk dulu, setiap hari cukup mendoakan yang terbaik untuk dia dan diri sendiri sampai doa ini jadi benar-benar tulus. Menurut …, memaafkan dia dan diri sendiri ngga cuma bisa melancarkan move on kamu, tapi juga membuat dirimu lebih bahagia lho. Jadi, ayo mulai memaafkan untuk lebih bahagia.

9. Lakukan perawatan diri sendiri

cara move on dari gebetan - perawatan diri

Jangan lupa merawat diri sendiri ketika kamu sedang menjalani proses move on. Kamu sekarang berada dalam keadaan yang agak fragile dan perlu perawatan ekstra, jadi berikan perawatan itu ke dirimu sendiri. Meditasi, tidur yang cukup setiap malam, lakukan stretchingfacial, pergi ke spa untuk pijit seluruh tubuh, ganti model rambut – lakukan apa yang bisa membuatmu merasa senang dan percaya diri sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Ajak teman-temanmu juga untuk pergi ke spa bersama dan curhat sambil manicure supaya lebih puas.

Baca juga: Apa Pengertian Spa? Ketahui Semua Hal tentang Spa Yuk!

10. Cari gebetan baru

cara move on dari gebetan - cari gebetan baru

Kalau kamu akhirnya udah benar-benar merawat diri sendiri, mengembangkan diri menjadi versi kamu yang lebih baik, ngga ada rasa marah pada si gebetan lagi dan dikelilingi teman-teman yang benar-benar support kamu, saatnya kamu mencari gebetan baru yang jauh lebih baik.

Ingat semua pelajaran dari hubungan dengan gebetan sebelumnya supaya kamu ngga membuat kesalahan yang sama dan bisa membuat hubungan kali ini lebih baik. Hati-hati juga kalau kamu dekat dengan orang yang sifatnya terlalu mirip dengan si mantan gebetan ini – jangan sampai kamu jatuh ke lubang yang sama lagi.

Yang paling penting, jangan membandingkan setiap orang yang kamu temui dengan orang yang bikin kamu patah hati dan jangan takut untuk suka sama orang lain lagi. Kamu berhak mendapatkan kebahagiaan kamu dengan orang yang bisa membuat kamu senang.

Move On dari Gebetan Bersama Cashbac

Supaya kamu lebih maksimal mempraktikkan cara move on dari gebetan ini, kamu bisa menggunakan aplikasi Cashbac. Dengan Cashbac, kamu bisa pergi ke spa, salon, atau ikut kelas olahraga di gym dengan lebih mudah dan murah karena kamu pasti dapat instant cashback setiap kali bertransaksi di tempat-tempat tersebut. Cashback ini berlaku terus selama akun kamu aktif lho, jadi bisa segera kamu gunakan untuk perawatan diri selanjutnya atau kamu tabung untuk lain kali.

Cashbac juga membantu kamu mencari spa, salon dan gym terbaik untuk merawat diri di dekat lokasimu supaya kamu ngga perlu macet-macet. Cara menggunakannya gampang banget: cukup download aplikasi Cashbac di Google Play Store atau Apple App Store, registrasi kartu kredit/kartu debit/e-wallet kamu, dan lakukan transaksi untuk mendapatkan cashback-nya. Lebih happy sekaligus lebih hemat juga!

Jadi kalau sekarang kamu benar-benar merasa down dan galau setelah patah hati karena gebetan kamu, kamu ngga perlu lagi merasa seperti itu. Coba cara-cara move on dari gebetan ini supaya kamu ngga teringat dia lagi. Jangan galau-galau lagi ya! It gets better!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store