Hello Smart Shoppers! Sudah pada tahu belum sih kalau setiap bulan Cashbac mengadakan Cashbac Easytalk, yaitu suatu podcast live yang berisi info-info yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk kamu.

Pada Cashbac Easytalk edisi 28 Juli 2022 yang lalu mengangkat tema Strategi Atur Gaji dengan bintang tamu Maryadi Santana yang merupakan seorang pakar Financial Planner.

Untuk Menonton Klik Disini

Untuk strategi mengatur gaji ini menurut Maryadi Santana, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan baik agar gaji tidak habis sia-sia.

Gaji sendiri merupakan sebuah rewards yang terbesar untuk kita dalam bekerja setiap bulannya selain apresiasi dari atasan dan perusahaan, oleh karena itu perlu cara yang baik dan efektif agar gaji setiap bulannya bisa bermanfaat dan tidak habis begitu saja.

Belum tentu semakin kita dewasa akan semakin bijak dalam mengatur gaji, dan belum tentu juga semakin tinggi gaji kita akan semakin mudah untuk mengatur keuangan. Semua ada caranya agar bisa diatur dengan baik.

 

Strategi Atur Gaji

Berikut ini adalah strategi atur gaji yang baik dan efektif menurut Maryadi Santana.

1. Pencatatan / Budgeting

Hal pertama yang sangat penting harus dilakukan adalah pencatatan atau budgeting, ini merupakan hal yang paling utama dalam strategi atur gaji.

Lakukan pencatatan dengan menghitung dulu jumlah gaji yang masuk dan kemudian hitung semua kebutuhan rutin kamu setiap bulannya, yang harus diperhatikan adalah cantumkan semua angkanya agar bisa dihitung dengan jelas. Setiap pengeluaran sekecil apapun harus dicatat.

Catatan : Buat anggaran atau budgeting sebelum menerima gaji. Jangan dilakukan sesudah menerima gaji karena dikhawatirkan akan langsung terpakai.

 

2. Menabung /Investasi

Hal berikutnya yang juga harus dilakukan adalah menabung atau investasi. Caranya adalah tetap dengan mendahulukan menyisihkan kebutuhan setiap bulannya baru kemudian sisanya untuk menabung.

Tidak ada patokan pasti untuk berapa jumlah yang harus ditabung, 10% dari jumlah gaji adalah angka ideal, kalau bisa lebih besar akan lebih baik lagi. Tetapi jumlah 5% dari jumlah gaji pun sudah cukup baik, yang penting kita berusaha untuk memulai menabung terlebih dahulu sekecil apapun itu.

Jika ada dana berlebih kita bisa berinvestasi di reksadana atau instrumen keuangan lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Menabung juga harus ada tujuannya agar kita bisa menabung dengan fokus dan konsisten.

 

3. Buat Pola Pengeluaran Baru

Jika setelah dilakukan pencatatan atau budgeting ternyata dihitung terlalu besar, maka harus dikurangi untuk pengeluaran yang tidak atau kurang penting.

Biasanya orang semakin besar gaji maka semakin besar juga pengeluarannya terutama untuk gaya hidup, ini yang harus di rem atau dikurangi.

Buatlah pola pengeluaran baru setelah dikurangi pengeluaran yang kurang penting tersebut. Kemudian disiplin jalani pola pengeluaran baru tersebut setiap bulannya agar sisa gaji kita bisa lebih banyak yang bisa untuk menabung lebih banyak.

 

4. Manfaatkan Promo

Memanfaatkan promo yang ada juga bisa menjadi salah strategi atur gaji yang ampuh, karena dengan promo, kita bisa jadi lebih berhemat. Promo diperbolehkan kita ambil asalkan memang produk atau barang dari promo tersebut memang benar-benar kita butuhkan.

Misalnya handphone sedang rusak, sedangkan handphone tersebut merupakan barang yang sangat kita butuhkan untuk bekerja dan berkomunikasi, maka tidak ada salahnya kita mengambil promo handphone yang ada.

Ada juga promo cicilan dengan bunga 0% yang bisa kita manfaatkan, karena itu akan sengat membantu untuk cashflow kita. Seperti contoh handphone tadi, jika harganya Rp. 4 juta tetapi bisa kita cicil 4 kali angsuran yang berarti Rp. 1 juta per bulan, maka itu akan sangat menguntungkan asalkan kita setiap bulannya harus selalu menyisihkan Rp. 1 juta untuk membayar angsurannya.

Catatan : Pilih dengan seksama promo yang ada, jangan sampai ada biaya-biaya yang tersembunyi yang tiba-tiba muncul, tanyakan dengan jelas mengenai syarat dan ketentuan promo tersebut jangan sampai kita terkecoh.

 

Kesimpulan Strategi Atur Gaji

Jadi untuk strategi atur gaji ini yang terpenting adalah pencatatan atau budgeting untuk bisa mengetahui keluar masuknya uang dengan jelas supaya kita bisa atur lebih baik lagi.

Kemudian sisihkan gaji untuk menabung atau berinvestasi, intinya minimal kita mempunyai dana darurat saja dulu baru jika ada dana berlebih bisa untuk menabung lebih banyak atau berinvestasi.

Dari pencatatan atau budgeting tadi kita bisa buat pola pengeluaran yang baru agar pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan bisa ditekan.

Strategi berikutnya adalah dengan memanfaatkan promo sebaik mungkin, dengan syarat promonya memang lebih menguntungkan dan produk atau barangnya memang diperlukan. Tanyakan dengan jelas syarat dan ketentuan promo agar tidak terjebak.

 

Tentang Cashbac Easytalk


Stay tuned terus ya di Instagram Cashbac untuk mengikuti Cashbac Easytalk setiap bulannya, selain kamu bisa mendapatkan obrolan yang menarik dan bermanfaat, kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah yang menarik. Wow! Keren banget kan Cashbac Easytalk, jangan lupa follow Instagram Cashbac ya.

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%