Hello Smart Shoppers! Pada bulan Juli 2022 lalu Cashbac kembali mengadakan Cashbac Easytalk, tetap podcast live yang berisi info-info yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk kamu.

Pada Cashbac Easytalk edisi 31 Agustus 2022 yang lalu mengangkat tema Tips Gowes Aman dan Nyaman dengan bintang tamu Kevin Goh yang merupakan Business Relation dari ATR Cycling

Untuk Menonton Klik Disini

Untuk tips bersepeda ini menurut Kevin Goh, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan baik agar kita dapat bersepeda dengan aman dan nyaman.

Bersepeda sendiri adalah olahraga yang paling menyenangkan, karena tidak membuat cepat lelah atau capek, serta merupakan olahraga yang sangat menyenangkan terutama jika bersepeda dilakukan bersama-sama teman atau keluarga.

 

Tips Memilih Sepeda

Untuk kamu yang belum mempunyai sepeda, atau ingin membeli sepeda yang baru, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus bisa memilih sepeda dengan tepat sesuai dengan kebutuhan. Adapun pemilihan sepeda yang mudah dapat dikategorikan sebagai berikut:

1. Sepeda Gunung

Sepeda gunung sangat tepat digunakan oleh kamu yang senang berpetualang, baik bersepeda sendiri maupun bersepeda bersama teman-teman.

2. Sepeda Lipat

Sepeda lipat sendiri cocok untuk kamu yang senang berpergian jauh bersama keluarga. Sepeda bisa dilipat dan ditaruh di mobil untuk kemudian kamu gunakan setelah mencapai tujuan.

3. Sepeda Road Bike

Sepeda jenis ini sangat cocok digunakan oleh kamu yang senang menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari, bahkan untuk kamu yang senang Bike to Work, atau pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda.

 

Tips Gowes Aman dan Nyaman

Berikut ini adalah tips bersepeda / gowes agar tetap aman dan nyaman menurut Kevin Goh.

1. Persiapan

Hal pertama yang sangat penting harus dilakukan sebelum bersepeda adalah persiapan, ini merupakan hal yang paling utama dalam gowes aman dan nyaman.
Persiapan dalam hal ini adalah persiapan sepedanya itu sendiri, dalam hal ini adalah :

Ban

Ban merupakan hal terpenting didalam komponen sepeda, perhatikan kondisi ban kamu dengan pas, jangan terlalu kencang atau jangan terlalu kempes untuk bannya. Karena ini sangat mempengaruhi performa kamu dalam bersepeda, dan pastinya juga untuk keamanan.

Cek Kondisi Sepeda

Hal berikutnya yang mesti dilakukan adalah mengecek kondisi sepeda, cek handle bar / stang sepeda, cek sadel / jok sepeda, cek kondisi body sepeda, kencangkan jika ada komponen-komponen tersebut yang terlihat kendor.

Ban Dalam

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di jalan, kamu harus mempersiapkan ban dalam yang selalu kamu bawa ketika berkendara sepeda.

Kunci Sepeda

Untuk persiapan berikutnya kamu harus selalu membawa kunci sepeda, ini sangat berguna jikala sepeda kamu ada masalah dijalan.
 

2. Perlengkapan

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan sebelum bersepeda adalah melihat perlengkapan bersepeda. Perlengkapan sepeda ini juga penting agar kamu dapat bersepeda dengan aman dan nyaman. Adapun kelengkapan atau aksesoris untuk keamanan bersepeda diantaranya adalah :

Helm Sepeda

Helm adalah salah satu kelengkapan utama dalam kegiatan bersepeda, helm wajib dipakai saat berkendara sepeda kemanapun. Adapun fungsi helm adalah untuk melindungi bagian tubuh kita yang sangat vital yaitu kepala. Walaupun kamu bersepeda untuk perjalanan yang dekat sekalipun, helm tetap harus dipakai untuk melindungi kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

– Sadel / Jok Sepeda

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah sadel / jok sepeda. Sadel atau jok sepeda ini tentu saja harus kamu atur tinggi rendahnya agar kamu bisa dengan nyaman mengendarai sepeda. Terutama untuk sepeda keluarga yang biasa dipakai siapa saja, maka pengaturan sadel ini sangatlah penting.

– Sepatu Sepeda

Untuk kamu yang ingin bersepeda untuk perjalanan yang jauh dan untuk waktu yang lama, kamu harus menggunakan alas kaki khusus dalam hal ini adalah sepatu sepeda. Pilih sepatu yang enak dipakai yang pada akhirnya bisa membuat kaki kamu nyaman juga dan terhindar dari kelelahan akibat capek mengayuh sepeda.

– Botol Minum

Bersepeda pastinya bisa menguras tenaga kita, oleh karena itu ada baiknya kita menyiapkan botol minum sekaligus cage holdernya untuk menaruh botol minum tersebut. Terutama untuk kamu yang ingin bersepeda jarak jauh, botol minum beserta cage holdernya ini merupakan hal yang wajib ada di sepeda kamu.

– Bagasi / Carrier Sepeda

Perlengkapan berikutnya yang bisa kamu bawa adalah bagasi atau carrier sepeda. Peralatan ini penting untuk kamu terutama bagi yang suka melakukan perjalanan jauh dengan sepeda.
 

Tips Merawat Sepeda

Cara merawat sepeda sebenarnya cukup mudah, cara awalnya adalah kamu simpan dengan baik sepeda setelah kamu pakai, jangan sering terkena hujan ataupun panas agar sepeda kamu tetap awet.

Perawatan berikutnya adalah kamu sempatkan waktu secara rutin untuk mengecek kondisi sepeda kamu. Cukup kencangkan sparepart yang ada di dalam sepeda atau bawa ke bengkel khusus sepeda untuk mengecek lebih lanjut jika kamu merasa sepeda kamu ada masalah atau kerusakan.
 

Tips Bersepeda Agar Tidak Malas

Sudah pasti banyak dari kita yang malas untuk bersepeda karena berbagai faktor. Cara yang paling ampuh adalah dengan mengajak teman atau saudara untuk bersepeda bareng agar kamu menjadi bersemangat untuk bersepeda, jika kamu merasa tidak ada teman yang bisa kamu ajak bersepeda, kamu bisa ikut grup-grup sepeda yang sudah banyak terbentuk, selain itu juga kamu bisa jadi menambah teman baru kan.

Selain itu kamu juga bisa memotivasi diri sendiri bahwa bersepeda adalah untuk kesehatan dan melatih performa kamu dalam bersepeda.

Untuk berapa lama waktu yg baik untuk bersepeda adalah tergantung kondisi badan kamu sendiri, kamu bisa mulai bersepeda dengan waktu setengan jam, kemudian setelah terbiasa bisa meningkat menjadi 2 jam sampai 2,5 jam tetapi harus disertai dengan istirahat.

 

Tentang Cashbac Easytalk


Stay tuned terus ya di Instagram Cashbac untuk mengikuti Cashbac Easytalk setiap bulannya, selain kamu bisa mendapatkan obrolan yang menarik dan bermanfaat, kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah yang menarik. Wow! Keren banget kan Cashbac Easytalk, jangan lupa follow Instagram Cashbac ya.

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%