Cemilan buka puasa yang lezat dan menggugah selera dicari banyak orang. Bagaimana tidak, hampir 13 jam lamanya menahan lapar dan dahaga membuat banyak orang ingin berbuka dengan sesuatu yang spesial. Moment berbuka merupakan momen yang banyak ditunggu-tunggu oleh umat muslim yang sedang berpuasa, tidak mengherankan jika antusiasme menyambut momen berbuka ini sangat besar.

Baca Juga : Cemilan Kekinian, Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah!

 

Cemilan Buka Puasa

Dibandingkan langsung mengkonsumsi makanan berat banyak yang lebih memilih memakan cemilan yang lebih ringan di perut terlebih dahulu. Perut dalam kondisi kosong yang langsung terisi dengan makanan berat akan membuat shock dan terasa sakit. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas cemilan buka puasa yang menggugah selera dan membuat momen buka puasa kamu lebih berkesan. Apa saja? Yuk simak!

Kolak

cemilan buka puasa kolak
Cemilan buka puasa pertama yang menjadi cemilan wajib adalah kolak. Rasanya yang manis dan gurih membuat lapar, haus dan lelah kamu hilang seketika.  Kolak sendiri jenisnya beraneka macam lho, ada kolak pisang, kolak ubi jalar, kolak kolang-kaling, kolak candil dan kolak mix campuran berbagai macam bahan seperti kolang-kaling, ubi jalar dan sebagainya.  Agar semakin enak, kamu bisa menambahkannya dengan nangka dan daun pandan. Dijamin kolak buatanmu tidak hanya enak namun aromanya lebih wangi.

 

Tempe Mendoan Sambal Kecapcemilan buka puasa tempe mendoan

Kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai gorengan. Meski minyak mahal, gorengan menjadi cemilan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Salah satu gorengan yang bisa kamu jadikan cemilan untuk buka puasa adalah tempe mendoan. Rasanya yang gurih dan dimakan saat masih panas membuat kamu ingin memakannya lagi dan lagi.

Tempe mendoan menjadi gorengan paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Agar rasanya semakin mantap, jangan lupakan sambal kecapnya ya. Perpaduan gurih dari tempe mendoan dan manis pedas dari sambal kecap membuat cemilan yang satu ini begitu lezat dan menggugah selera.

Agar tempe mendoan yang kamu buat ini enak gunakan tempe yang benar-benar fresh dan warnanya masih putih. Hindari menggunakan tempe yang sudah berwarna kecoklatan ya agar rasanya tetap lezat. Selain itu, kamu bisa menggunakan tempe papan agar bentuk tempe mendoan lebih cantik.  Jangan lupa tambahkan irisan daun bawang ke adonan agar tempe mendoan tidak pucat dan polos.  Untuk sambal kecapnya gunakan kecap manis kemudian tambahkan beberapa irisan cabe rawit. Kamu bisa cocolkan tempe mendoan ke sambal kecap, rasanya benar-benar mantap dan lezat.

 

Pisang Goreng Crispycemilan buka puasa pisang crispy

Cemilan buka puasa rata-rata di dominasi oleh gorengan. Salah satu gorengan yang bisa kamu bikin untuk menemani momen buka puasa kamu adalah pisang goreng crispy. Jika kamu sering kesal dengan pisang goreng yang lembek setelah di goreng, pisang crispy ini bisa kamu jadikan andalan. Pisang akan tetap renyah meski sudah di goreng beberapa saat lamanya. Soal rasanya juga tidak mengecewakan dan berbeda dengan pisang goreng biasa. Agar crispy kamu hanya perlu menggunakan tepung panir atau tepung roti yang membuat pisang tidak lembek setelah digoreng.

Baca Juga : Makanan yang Bikin Melek Ini Ampuh Usir Rasa Ngantuk!

 

Onde-Ondecemilan buka puasa onde onde

Tentu cemilan buka puasa yang satu ini sudah tidak asing lagi. Ya, onde-onde menjadi makanan tradisional yang sangat cocok kamu jadikan sebagai cemilan untuk buka puasa. Perpaduan rasanya yang gurih, manis dan sedikit kenyal membuat kamu ingin terus mengunyah. Terlebih lagi saat ini ada onde-onde mini yang bentuknya sangat menggemaskan dan rasanya tidak mengecewakan. Agar lebih enak kamu bisa mengkombinasikan tepung ketan dengan kentang dan untuk isian favorit kacang hijau yang telah dihaluskan. Tapi, kamu juga bisa kok menambahkan isian sesuai dengan keinginanmu seperti mozarella, coklat, dan sebagainya.

 

Sate Baksocemilan buka puasa sate bakso

Ingin cemilan yang berbeda tapi tetap menggugah selera? Sate bakso bisa kamu jadikan pilihan lho. Bakso yang ditusuk dan berjejer rapi sangat cocok kamu jadikan cemilan saat buka puasa. Baksonya sendiri beraneka ragam bisa disesuaikan dengan keinginanmu seperti bakso udang, bakso ikan, bakso sapi, bakso ayam atau bakso mix. Nah, agar semakin gurih dan lezat kamu bisa tambahkan saus kacang yang gurih dan manis. Rasa bakso yang khas daging dengan saus kacang dijamin membuat kamu ketagihan.

 

Puding

cemilan buka puasa pudding
Bosan dengan makanan atau cemilan yang digoreng? Puding bisa menjadi cemilan buka puasa yang tepat. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang menyegarkan membuat lesu, lelah, dan dahaga menjadi hilang seketika.  Puding yang sangat cocok untuk cemilan saat berbuka puasa adalah rasa buah seperti jeruk, strawberry, melon dan sebagainya.

Rasa segar dari buah mampu membangkitkan semangat kamu kembali setelah berjam-jam menahan lapar dan dahaga. Agar rasanya semakin enak, kamu bisa tambahkan saus vla diatas puding tersebut. Perpaduan rasa puding yang segar bercampur dengan saus vla yang gurih dan manis membuat puding terasa lezat dan menyegarkan. Jangan lupa diamkan di dalam lemari es lebih dahulu agar rasanya lebih lezat.

Baca Juga : Makanan Yang Mengandung Vitamin, Ternyata Mudah Ditemukan!

 

Tahu Bakso Tunacemilan buka puasa tahu bakso tuna

Cemilan buka puasa yang satu ini tidak hanya lezat tapi juga bergizi lho. Seperti yang kita tahu bahwa tuna merupakan ikan yang kaya akan vitamin protein dan mineral membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat. Kandungan vitamin B12, B6, vitamin D, zat besi, yodium dan kandungan lainnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuhmu saat berpuasa.

Terbukti ikan tuna yang satu ini bisa menyehatkan jantung kamu, membantu mengatasi stres, menjaga kesehatan tulang dan masih banyak lagi lainnya. Agar tahu bakso tuna enak, komposisi antara tepung dan daging tuna harus pas. Jangan campurkan tepung terlalu banyak karena membuat rasa daging tuna menjadi tidak terasa.

 

Lumpia Rebungcemilan buka puasa lumpia rebung

Cemilan buka puasa yang satu ini sering dijajakan di kaki lima bahkan menjadi street food yang banyak diminati. Sambil menunggu bedug buka berkumandang, kamu bisa menyiapkan lumpia rebung bersama sambal cocolannya.

Kamu bisa memakan lumpia rebung dengan saus bawang atau saus tauco dijamin kamu ingin memakannya lagi dan lagi. Lumpia rebung akan memberikan rasa yang berbeda dibandingkan dengan lumpia sayur dan ayam biasa. Hal itu karena cita rasa dan aroma rebung sendiri sudah sangat khas.

Lumpia rebung khas Semarang kebanyakan bercita rasa manis. Jadi, jika kamu tidak menyukai cemilan dengan rasa manis kamu bisa skip cemilan yang satu ini. Atau bisa juga kamu membuat lumpia rebung sendiri dengan cita rasa yang gurih. Agar cita rasanya semakin mantap, jangan lupa tambahkan ebi dan orak arik telur yang dicampurkan bersama rebung.

 

Corndog Gurih dan Maniscemilan buka puasa corn dog

Jika kamu bosan dengan cemilan yang itu-itu saja, cemilan yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Kamu bisa memilih corndog gurih atau manis. Cemilan khas Korea yang satu ini sangat populer di Indonesia. Bahkan saat memakannya kamu seperti sedang berada di Korea.  Meski hanya cemilan, nyatanya corndog juga bisa mengenyangkan lho. Hal itu karena corn dog tinggi kalori, dalam 80 gram corn dog terdapat 260 kalori.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Indonesia yang Menjadi Favorit Dunia!

 

Puasa Hemat Bersama Cashbac!

Jadi, kamu sekarang sudah punya banyak inspirasi cemilan buka puasa kan? Jika ingin tetap berhemat saat puasa, kamu bisa menggunakan aplikasi Cashbac selama puasa.

Karena di bulan puasa Ramadhan ini, ada banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan, diantaranya adalah:

cashback mcdonald's e-voucherE-Voucher McDonald’s 25 Ribu Seharga 1 Point Cashbac


cashback mcdeliveryPromo Bank Ramadan


cashback mcdeliverySahur & Buka Puasa Hemat dengan McDelivery


cashbac kawan lama 75 ribuHemat 75.000 Beli Perabotan


Rewards Menarik dari Bank

Bagaimana, tertarik berbuka dengan cemilan buka puasa di atas? Jika ribet untuk membuatnya sendiri tenang saja, karena sudah banyak penjual yang menjual aneka cemilan tersebut, tapi jika kamu ingin bereksperimen dan berinovasi tidak ada salahnya jika membuat cemilan tersebut sendiri, semoga informasi ini bermanfaat ya! Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443H!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%