Setelah berpuasa seharian di tengah cuaca yang panas, salah satu dessert yang cocok untuk menutup acara buka puasa kita adalah es krim & gelato. Sekarang, udah nggak sulit lagi untuk menemukan keduanya di Jabodetabek lho. Selain bikin kita fresh, ada juga banyak variasi rasa es krim & gelato yang unik dan kekinian lho yang bisa kita coba. Penasaran? Ini dia ulasannya!

Perbedaan Es Krim & Gelato

Es Krim Gelato - Perbedaan Es Krim dan Gelato

Es krim dan gelato memang dua dessert yang mirip banget karena bertekstur creamy dan disajikan dingin. Tapi, sebenarnya keduanya punya beberapa pebedaan lho. Dilansir dari IDN Times dan Hellosehat.com, ini dia beberapa hal yang membedakan es krim & gelato.

1. Rasa

Berbeda dengan es krim, rasa dari gelato biasanya nggak terlalu tajam atau terlalu manis di lidah. Ini karena gelato dan es krim dibuat pada suhu yang berbeda: -20 derajat Celcius untuk es krim dan -10 derajat Celcius untuk gelato. Karena suhu es krim lebih dingin, biasanya es krim membutuhkan gula tambahan yang lebih banyak untuk bikin rasanya seimbang sehingga seringkali terasa terlalu manis di lidah sedangkan gelato rasanya lebih alami.

2. Bahan dasar

Es krim & gelato sama-sama berbahan susu, tapi campuran bahan yang ditambahkan untuk membuat kedua dessert tersebut berbeda lho. Es krim biasanya hanya menggunakan bahan krim, gula, kuning telur, dan air. Gelato dibuat tanpa kuning telur dengan tambahan susu yang lebih banyak serta kacang-kacangan dan terkadang campuran gandum juga.

3. Tekstur

Walaupun sama-sama memiliki tekstur yang creamy, ada sedikit perbedaan antara tekstur es krim & gelato. Gelato biasanya memiliki tekstur yang lebih tebal dan padat dibandingkan es krim lho. Ini karena dalam pengolahannya es krim biasanya mengikat lebih banyak udara daripada gelato sehingga bikin tekstur es krim lebih ringan dan lembut karena mengandung lebih banyak udara.

4. Ketahanan

Nah, karena punya suhu yang berbeda, es krim & gelato juga punya ketahanan yang berbeda lho. Karena suhunya lebih panas, gelato biasanya lebih cepat basi daripada es krim. Tapi, karena proses pembuatannya menghilangkan lebih banyak udara, gelato nggak akan meleleh secepat es krim.

5. Kandungan gizi

Karena memiliki perbedaan pada bahannya, kandungan gizi di es krim & gelato pun berbeda. Es krim biasanya mengandung lebih banyak lemak dan kalori daripada gelato karena menggunakan lebih banyak susu dalam pembuatannya. Selain itu, es krim juga mengandung lebih banyak gula daripada gelato lho karena suhunya yang dingin bikin pemanis tambahan yang dibutuhkan supaya rasanya seimbang makin banyak.

8 Es Krim & Gelato Unik yang Hits

Walaupun es krim & gelato memiliki beberapa perbedaan, keduanya sama-sama enak banget untuk kita makan lho, apalagi untuk jadi makanan penutup setelah buka puasa seharian saat cuaca panas. Saat ini, ada banyak variasi es krim & gelato yang unik dan kekinian juga lho yang bisa kita cobain setelah buka puasa. Ini dia 8 es krim & gelato yang nggak biasa dan lagi hits di kalangan penggemar dessert. 

Baca juga: Wajib Coba, 8 Menu Buka Puasa Berkuah Ini Bikin Sehat

1. La Torta Nutellino – aROMA Gelato

Es Krim Gelato - Aroma Gelato

Sumber: instagram.com/aromagelato.id

Untuk kita yang suka cokelat tapi nggak mau makan makanan yang terlalu manis, La Torta Nutellino dari aROMA Gelato cocok menjadi pilihan kita. Di gerai gelato asli Italia ini, semua varian rasa gelato yang kita pilih dibuat dengan 100% bahan natural – tanpa pengawet, pewarna, atau penguat rasa buatan.

Dari semua menu di aROMA Gelato, La Torta atau gelato sundae memang merupakan pilihan yang paling unik, terutama rasa Nutellino. Menurut food blogger Tummy Prosperity, La Torta Nutellino adalah kombinasi dark chocolate gelato dengan remah-remah biskuit cokelat, kacang hazelnut, dan saus cokelat. Penyajiannya yang bertumpuk-tumpuk bikin kita bisa merasakan berbagai tekstur sekaligus dalam satu sendok dessert yang satu ini. Selain itu, rasanya juga nggak terlalu manis, tapi sedikit pahit dan pas di lidah.

2. Crema di Grom – Grom

Es Krim Gelato - Grom Gelato

Sumber: instagram.com/grom_indo

Rasa gelato yang menjadi signature flavor di gerai gelato asli Italia ini merupakan kombinasi yang unik dari cokelat, biskuit jagung, telur, dan susu. Dilansir dari situs resmi Grom, Crema di Grom adalah cita-cita gabungan dari pencipta Grom untuk bikin gelato dengan bahan berkualitas tapi rasa yang bikin ketagihan. Nggak heran kalau Crema di Grom menggunakan cokelat asli Venezuela yang unya aroma dan rasa strong serta biskuit jagung Meliga yang dibuat dengan resep antik di Italia.

Kualitas dari bahan-bahannya bikin gelato yang satu ini menjadi salah satu favorit di Indonesia. Selain itu, teksturnya juga unik banget – creamy dengan sedikit crunchy dari kepingan cokelat yang diselipkan di tengah-tengah gelatonya.

3. Stracciatella Al Ginger – Gaya Gelato

Es Krim Gelato - Gaya Gelato

Sumber: instagram.com/gayagelato.jakarta

Suka rasa manis dengan kejutan sedikit rasa asam atau pedas? Gelato unik dari Gaya Gelato ini cocok untuk kamu. Dibuat dengan bahan-bahan alami, Stracciatella Al Ginger adalah kombinasi dari dark chocolate, whipped cream, gula, dan jahe ala pasangan ahli gelato asal Italia, Massimo dan Collette.

Kombinasi bahan-bahan yang nggak biasa ini bikin rasa gelato satu ini menarik banget, yaitu manis dan pahit dengan sedikit rasa rempah-rempah yang pedas dari jahe. Nggak hanya manis dan cocok untuk cuaca yang panas, gelato ini juga comforting banget dan mengingatkan kita dengan wedang jahe buatan keluarga.

4. Choco Avocado Paletas – Paletas Wey

Es Krim Gelato - Paletas Wey

Sumber: instagram.com/paletaswey

Paletas adalah es krim ala Meksiko yang berbentuk batang dan merupakan kombinasi dari potongan buah dengan berbagai filling dan rasa es krim. Di Indonesia, paletas bisa kita cobain di Paletas Wey yang punya berbagai varian rasa, termasuk rasa yang menjadi favorit pelanggannya: Choco Avocado.

Choco Avocado Paletas adalah es krim batangan dengan krim rasa alpukat di luar dan filling cokelat yang manis. Rasanya manis dengan tekstur yang creamy banget dan bikin paletas yang satu ini cocok jadi cemilan setelah buka puasa untuk bikin kita tambah kenyang. Selain itu, karena dibuat tanpa gula tambahan, manfaatnya alpukat yang berserat tinggi buat kesehatan juga bisa kamu dapatkan lho di es krim yang satu ini.

Baca juga: Supaya Sehat, Yuk Makan 15 Makanan Berserat Tinggi Ini

5. Rose Lychee – Hokkaido Ice Cream Puff

Es Krim Gelato - Hokkaido Ice Cream Puff

Sumber: instagram.com/hokkaidopuffid

Untuk kita yang suka kombinasi unik kue yang hangat dengan es krim yang dingin, ice cream puff ala Hokkaido cocok banget jadi dessert kita setelah buka puasa. Tumpukan kue puff pastry yang empuk dan hangat mengapit es krim berbagai rasa di dessert yang satu ini dan bikin ice cream puff ala Hokkaido jadi dessert yang enak banget.

Dari semua rasa dari Hokkaido Ice Cream Puff, rasa yang paling menjadi favorit adalah Rose Lychee yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu. Untuk kamu yang suka makanan manis-manis, Rose Lychee Ice Cream Puff pas banget untuk kamu coba nih. Selain memiliki aroma mawar yang harum, es krim dan puff warna pinknya juga manis. Cocok banget untuk kamu yang hobi makan dessert manis.

Baca juga: 5 Dessert Unik yang Wajib Dicoba di Jakarta Weekend Ini

 

6. Fantasy Speculoos – Latteria Gelato

Es Krim Gelato - Latteria

Sumber: instagram.com/latteria.id

Gelato yang satu ini disebut Latteria Gelato sebagai “a perfect gelato” di media sosial mereka dan memang rasanya unik dan menarik banget. Speculoos yang disebut dalam nama gelato ini adalah biskuit khas Belanda yang menjadi bahan dasar gelato satu ini.

Ga seperti biskuit pada umumnya yang menjadi bahan dasar es krim dan punya rasa mirip vanila yang manis, biskuit Speculoos justru punya rasa rempah-rempah yang strong banget karena terbuat dari kayu manis, cengkeh, jahe, dan pala. Rasa Speculoos yang comforting ini diseimbangkan juga dengan kacang dan permen rasa cranberry yang agak asam sehingga bikin gelato Fantasy Speculoos ini punya rasa yang seru banget.

7. English Earl Grey Ice Cream Sandwich – Cream Fiction

Es Krim Gelato - Cream Fiction

Sumber: instagram.com/creamfiction

Suka kombinasi tekstur yang crunchy dan creamy? English Earl Grey Ice Cream Sandwich dari Cream Fiction cocok banget untuk kamu. Es krim yang satu ini mengkombinasikan rasa earl grey tea yang agak pahit dengan biskuit lemon yang fresh banget. Selain itu, ice cream sandwich yang satu ini juga wangi banget karena menggunakan sedikit jeruk bergamot pada es krimnya.

Di Cream Fiction, kita bisa beli ice cream sandwich yang satu ini untuk langsung dimakan atau disimpan dulu lho karena dikemas dalam bentuk kemasan plastik. Bahkan, es krim yang satu ini bisa kita simpan di freezer hingga 6 bulan lho.

8. Sicilian Pistachio Gelato – Legato Gelato

Es Krim Gelato - Legato Gelato

Sumber: instagram.com/legato.gelato

Untuk kamu yang hobi makan kacang dan suka rasa crunchy dan creamy pada kacang, Sicilian Pistachio Gelato dari Legato Gelato cocok banget untuk kamu. Nggak seperti gelato dengan rasa pistachio pada umumnya, Pistachio Gelato dari Legato Gelato unik karena menggunakan kacang pistachio impor dari Sisilia, Italia yang udah terkenal banget karena rasanya yang enak.

Selain itu, gelato dari gerai gelato asal Amerika Serikat ini juga punya tekstur yang tebal tapi soft banget dan langsung meleleh di mulut kita. Rasanya juga nggak terlalu manis lho karena menggunakan bahan alami. Cocok untuk kita yang suka dessert tapi nggak suka yang terlalu manis.

Cara Hemat Makan Es Krim & Gelato Sepuasnya

Jadi, ada banyak es krim & gelato unik yang kekinian dan bisa kamu coba sepuasanya setelah buka puasa. Nah, untuk kita yang suka banget beli kedua dessert ini, ada cara hemat supaya bisa makan es krim & gelato sepuasnya lho, yaitu dengan aplikasi Cashbac.

Cashbac memberikan kamu instant cashback untuk setiap transaksi, termasuk ketika beli es krim & gelato di gerai-gerai gelato favoritmu. Cara menggunakannya juga gampang: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu debit/kartu kredit/e-money kamu, dan gunakan aplikasinya untuk mendapatkan instant cashback. Cashback ini bisa langsung kamu gunakan untuk transaksi selanjutnya atau kamu simpan untuk digunakan kapanpun selama akunmu masih aktif lho. Jadi, kamu bisa makan es krim & gelato sepuasmu sambil tetap hemat!

Penasaran ingin cobain es krim & gelato unik yang hits di atas? Yuk cobain setelah buka puasa bareng aplikasi Cashbac!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store