Sebentar lagi mau hari raya Idul Adha nih, umat Muslim Indonesia siap-siap menyambut dan memperingatinya dengan penuh suka cita, ini juga saatnya untuk berkurban dan berbagi untuk kita yang mampu.

Idul Adha ini juga merupakan hari raya yang sangat menarik, banyak sekali kegiatan ibadah didalamnya dan juga hikmah positif yang bisa kita ambil dan teladani bersama.

 

Sejarah Idul Adha

sejarah dan makna idul adha

Idul Adha adalah sebuah hari raya umat Muslim. Pada hari ini diperingati peristiwa qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Muslim berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, sama halnya seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan qurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, jatuh persis 70 hari setelah perayaan hari raya Idul Fitri.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang menunaikan ibadah Haji.

Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji. (Sumber: Wikipedia).

 

Makna Idul Adha

Selain ibadah kurban dan haji, berikut ini adalah makna-makna dari perayaan Hari Raya Idul Adha yang bisa kita petik:

Semangat untuk Berbagi kepada Sesama

Pada setiap peringatan hari raya Idul Adha, setiap umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk membeli dan menyembelih hewan kurban. Setelah itu, daging kurban tidak hanya disantap sendiri atau bersama keluarga saja tetapi juga dibagikan kepada sanak saudara yang lain, para tetangga, serta orang-orang di sekitar yang membutuhkan. Dari semua kegiatan ini, Idul Adha dapat menumbuhkan semangat tolong menolong dan berbagi kepada sesama.

Pengorbanan

Hari raya Idul Adha juga mengajarkan umat Muslim untuk memberikan pengorbanan, dalam hal ini adalah pengorbanan untuk mencari dan membeli hewan kurban yang baik dan sehat untuk disembelih dan kemudian dibagikan kepada sesama.

Keikhlasan

Idul Adha dapat mengingatkan umat muslim untuk senantiasa ikhlas atas cobaan yang diberikan. Seperti kisah Nabi Ibrahim yang dengan ikhlas merelakan anaknya Ismail untuk di sembelih. Dengan rasa keikhlasan ini, ujian seberat apapun Insya Allah akan bisa dilalui dan mendapatkan hikmah yang terbaik dari Allah SWT.

Silaturahmi

Pada setiap hari raya Idul Adha, ada tradisi mengunjungi sanak saudara dan handai taulan, juga berinteraksi dengan kerabat dan para tetangga ketika pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Berdasarkan makna dari kata Kurban atau Qurban yang berasal dari kata Quraba atau dekat, ibadah qurban pada hari raya Idul Adha memiliki makna kedekatan. Tak hanya mendekatkan diri kepada Allah SWT, Idul Adha juga menjadi sarana mendekatkan diri pada keluarga, saudara, dan kerabat atau tetangga yang lain di sekitar kita.

Demikian beberapa makna hari raya Idul Adha yang bisa kita petik. Selain banyak makna yang kita dapat, tentunya keberkahan akan diraih melalui hari yang besar ini.

 

Ucapan Idul Adha

ucapan idul adha

Seperti halnya hari raya Idul Fitri, di hari raya Idul Adha ini juga sangat baik bagi kita untuk memberikan ucapan kepada keluarga dan sanak saudara. Bagaimana ucapan yang baik di hari raya Idul Adha yang baik? Berikut kami berikan beberapa referensi ya:

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah SWT. Amin

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H, semoga ibadah qurban kita membawa keberkahan untuk sesama. Amin

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H. Semoga semangat qurban memperkuat keimanan dan rasa kasih sayang kita. Amin

Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha untuk yang merayakannya, semoga kita semua semakin dilimpahkan rejekinya. Amin

Masih banyak ucapan Hari Raya Idul Adha yang bisa kita buat, intinya kesemuanya memberikan doa dan harapan yang terbaik bagi kita semua.

 

Makan di Hari Raya Idul Adha

Hari raya Idul Adha seperti halnya Idul Fitri identik dengan makan ketupat dengan kuah sayurnya yang khas, juga dilengkapi dengan daging sapi atau kambing. Daging kambing atau sapi tersebut bisa dibuat sate, sop, gulai, tongseng, ataupun menu olahan daging yang lainnya. Daging sapi atau kambing biasanya didapat dari pembagian hewan kurban yang telah disembelih.

Buat kamu yang ga kebagian daging sapi atau kambing pastinya ngiler mau makan juga kan? Ga usah kuatir, nih Cashbac kasih kamu beberapa alternatif dimana kamu bisa makan daging sepuasnya udah gitu dapet cashback juga! Gimana mantul banget kan?

Baca juga: Cobain 8 Makanan Penurun Kolesterol Ini!

 

Tempat Makan Daging yang Enak

Pasti kamu sering melihat tempat makan daging di Jakarta misalnya sate, sop, gulai, tongseng, dan semacamnya di sekitar tempat tinggal kita bahkan di pinggir jalan. Mungkin rasa masakannya biasa-biasa aja dan tempatnya kurang nyaman, nih buat kamu yang mau merasakan tempat makan daging yang menpunyai tempat yang nyaman dan rasanya yang nikmat kamu bisa coba restoran/tempat makan berikut:

Raa Cha Suki & BBQ

raa cha suki & bbq

sumber: raacharesto.com

Raa Cha Suki & BBQ merupakan restaurant yang mengusung konsep Thai Resto, menyajikan menu rebusan dan bakaran yang fresh, enak, dan sehat. Raa Cha juga menawarkan cara bersantap baru, dilengkapi alat masak yang personal dan unik, tentunya mampu menciptakan pengalaman makan yang menyenangkan. Terdapat lebih dari 100 variasi menu mulai dari sayuran, suki, dan daging BBQ yang nikmat, dengan 5 pilihan saus special dan 3 pilihan kuah suki.

Dengan mengedepankan kualitas makanan yang fresh, organic, dan healthy, Raa Cha Suki & BBQ dengan konsisten selalu memberikan kualitas produk terbaik dan tentunya Halal.

Lokasi Raa Cha Suki & BBQ : Jakarta, Bandung, Bekasi, Cimahi, Cirebon, Cikarang, Depok, Tangerang, Karawang, Tegal, Sumedang, Purwokerto, Tasikmalaya, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Medan dan Makassar.

 

Steak 21

steak 21

sumber: steak21.id

Steak 21 merupakan restoran keluarga yang menghadirkan berbagai menu pilihan, seperti; Prime, Supreme, Sirloin Wagyu, Chicken dan Fish Steak, yang dilengkapi dengan 4 pilihan rasa saus khas Steak 21, yaitu Creamy Sauce, Mushroom Sauce, Barbeque Sauce dan Blackpepper yang tidak akan membuat kamu berpaling ke restoran lain! Kamu juga bisa juga merasakan Steak 21 Buffet All You Can Eat BBQ. Kamu dapat menikmati aneka daging berkualitas dan sajian lezat lainnya sepuasnya! selama 100 menit hanya di Steak 21.

Lokasi Steak 21 : Jabodetabek, Karawang, Cirebon, Cilegon, Surabaya, Medan.

 

Kobeshi by Shabu Shabu House

kobeshi by shabu shabu house

sumber: shabu2house.com

Suasana hotel bintang 5 yang dapat Anda temukan di Kobeshi by Shabu Shabu House di Street Gallery Level 2, Pondok Indah Mall. Konsep berbeda namun luar biasa dari restoran yang menyajikan All You Can Eat STEAK, Shabu-Shabu, Prasmanan Jepang, Sushi, Makanan Penutup, dan Minuman, semuanya dalam satu paket dengan kapasitas 144 tempat duduk.

Rapat kantor, pertemuan keluarga, perayaan ulang tahun, atau acara apa pun yang ingin Anda habiskan bersama kami, kami membantu Anda! Kamar VIP Kobeshi yang ditunjuk untuk membuat Anda dan kerabat Anda merasa istimewa.

Lokasi Kobeshi by Shabu Shabu House : Street Galery Lt.2, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

 

Applebees

applebees

sumber: applebees.com

Applebees adalah sebuah restoran yang sangat nyaman untuk makan bersama keluarga. Applebees menyediakan berbagai macam pilihan menu yang menggugah selera, mulai dari appetizers, steaks & ribs, chicken, seafood, pasta, salads, sandwiches, wraps & tacos, burgers dll. Serta, khusus untuk pelanggan yang membawa anak-anak, Applebees menyediakan kid’s menu yang pastinya di sukai anak-anak.

Lokasi Applebees : Lippo Mall Puri, Jakarta Barat

 

Meat Me Steak House & Butchery

meat me steak house & butchery

sumber: meatmesteakhouse.com

Meat Me Steak House & Butchery menyusun konsep restoran steak yang menawarkan berbagai jenis daging dengan fasilitas toko daging di dalamnya. Kami mengategorikan daging kami berdasarkan negara asal (AS, Jepang, Australia, dan Selandia Baru), potongannya (Striploin, Tenderloin, Rib Eye, Porter House dan T-Bone) dan berdasarkan perbedaan grade / marmer (2-12). Misi kami adalah mendidik masyarakat, terutama pecinta steak untuk memahami kualitas daging dan rasa steak asli.

LokasiMeat Me Steak House & Butchery : Lippo Mall Kemang Village (Jakarta Selatan), MaxxBox Lippo Village (Karawaci)

 

Lihat juga: Review Cashbac di restoran-restoran Favorit

cashbac review list

 

Makan Daging Bisa Langsung Dapat Cashback

Takut mahal ketika makan daging? Sekarang ga usah takut lagi, kini kamu bisa pakai aplikasi Cashbac, karena kamu akan dapat instant cashback yang langsung bisa kamu gunakan lagi untuk makan daging/steak berikutnya.

Selain tempat diatas, masih banyak restoran steak atau daging lainnya yang harus kamu coba seperti Joy Luck Pot, Mama’s German, Magal, Magal Premium, Junior BBQ, VIN+, Shabu2House, Chili’s Grill & Bar, Street Steak, Korbeq, Little Sheep Mongolian Hot Pot.

Ada juga Seorae Korean BBQ Grill, Mucca Steak, D Kevin Bar Bistro & Steak, WAKI Japanese BBQ Dining, Ill Korean BBQ Restaurant, El Machote, Por Que No, Up In Smoke, Munchies, Slow The BBQ Artisan, Bar.B.Q Plaza, BBQ Station, Ssikkekk Korean BBQ, dan masih banyak lagi.

Buruan pake Cashbac sekarang!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store