Selamat Hari Sumpah Pemuda! Siap-siap nih kita semua generasi muda untuk menyambut dan merayakan hari Sumpah Pemuda yang ke-91 dengan penuh semangat.

Banyak sekali hal positif yang bisa kita petik di hari Sumpah Pemuda, kita memang semestinya meneladani semangat para tokoh bangsa yang telah berjuang untuk mempelopori lahirnya Sumpah Pemuda.

Kita sebagai generasi muda penerus bangsa juga mesti tahu nih semua hal tentang Sumpah Pemuda supaya makin mencintai tanah air kita sendiri, yuk kita baca artikel Sumpah Pemuda berikut ini sampai tuntas!

 

Sejarah Hari Sumpah Pemudasejarah sumpah pemuda

Berawal dari inisiatif para cendikiawan Indonesia dan para pelajar Indonesia yaitu PPPI (Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia) yang bercita-cita menyatukan seluruh organisasi pemuda yang ada di Indonesia, pertemuan-pertemuan untuk mewujudkan cita-cita tersebut pun dilakukan.

Pertemuan pertama dilaksanakan pada tahun 1926, dan pertemuan kedua dilakukan pada Mei tahun 1928. Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan ketiga pada tanggal 12 Agustus 1928. Pertemuan ketiga ini adalah pertemuan terakhir yang diikuti oleh seluruh barisan organisasi pemuda yang ada di Indonesia.

Pertemuan ketiga atau terakhir itu pun menghasilkan keputusan bahwa akan dilaksanakannya kongres pemuda kedua pada bulan Oktober 1928 dengan susunan panitia yang diambil dari setiap organisasi yang ada. Setiap organisasi memiliki masing-masing satu jabatan. Selain organisasi PPPI, banyak organisasi pemuda yang ikut terlibat diantaranya yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon juga organisasi lainnya.peristiwa sumpah pemuda

Kongres Pemuda Kedua diselenggarakan selama dua hari, yaitu tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta (Batavia). Keputusan kongres ini menegaskan cita-cita akan adanya “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Lagu Indonesia Raya ciptaan W.R Supratman pun berkumandang di akhir kongres tersebut, meskipun hanya dimainkan instrumennya saja.

Kongres tersebut pun menghasilkan rumusan Sumpah Pemuda. Yang menulis teks tersebut adalah Moehammad Yamin yang kemudian dibubuhi paraf setuju oleh Soegondo Djojopuspito selaku ketua kongres, kemudian peserta yang lain turut membubuhi paraf setuju juga. Akhirnya rumusan tersebut dibacakan oleh Soegondo.

 

Tujuan Sumpah Pemudatujuan sumpah pemuda

Sumpah Pemuda dibuat dan dirumuskan dengan beberapa tujuan. Berikut adalah tujuan Sumpah Pemuda antara lain:

1. Melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia

2. Membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme para pemuda pemudi Indonesia

3. Menghilangkan rasa kedaerahan yang selalu menjadi penghalang rakyat Indonesia untuk bersatu

4. Memperkokoh dan mempertebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

5. Memperluas usaha-usaha dan kegiatan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia

 

Isi Ikrar Sumpah Pemudabunyi isi teks naskah sumpah pemuda

Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri tidak langsung muncul dalam keputusan Kongres Pemuda, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisannya menggunakan ejaan van Ophuysen.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

 

Tokoh Pelopor Sumpah Pemudatokoh pelopor sumpah pemuda

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar Sumpah Pemuda ini dianggap sebagai pencetus semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia yang merdeka. Ada banyak tokoh penting yang mempelopori peristiwa Sumpah Pemuda ini, beberapa diantaranya adalah:

1. Soegondo Djojopoespito

soegondo djojopoespito

Soegondo Djojopuspito adalah tokoh pemuda yang aktif dalam Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI) yang membuatnya ditunjuk untuk memimpin Kongres Pemuda Indonesia Kedua dan menghasilkan Sumpah Pemuda.

 

2. Moehammad Yamin

moehammad yaminMoehammad Yamin berasal dari Jong Sumatranen Bond atau pemuda dari Sumatera. Beliau merupakan pencetus kongres pemuda dan menjadi sekretaris pada saat Kongres Pemuda Indonesia. Beliaulah yang merumuskan isi teks Sumpah Pemuda serta mengusulkan dijadikannnya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

 

3. Wage Rudolf Soepratman

wage rudolf soepratmanNama Wage Rudolf Soepratman atau W.R Soepratman pastinya sudah sangat tidak asing bagi kita semua. Ya, dialah sang pencipta lagu Indonesia Raya. Pada saat Kongres Pemuda, beliau memperkenalkan lagu ciptaannya Indonesia Raya yang diiringi dengan biola, yang hingga saat ini dijadikan lagu kebangsaan Indonesia.

 

4. Amir Syarifuddin Harahap

amir sjarifoeddinAmir Syarifuddin Harahap berasal dari Jong Batak atau pemuda dari Batak. Beliau merupakan salah seorang pemuda yang aktif menyumbangkan pemikirannya untuk perumusan sumpah Pemuda, pada saat itu beliau bertugas sebagai Bendahara Kongres Pemuda Indonesia.

 

5. Sie Kong Liong

sie kong liongSie Kong Liong adalah pemuda keturunan Tionghoa, beliau mempunyai peran yang penting dalam kelancaran Kongres Pemuda pada saat itu. Hal itu dikarenakan beliau telah menyediakan rumahnya sebagai tempat dilaksanakannya Kongres Pemuda. Rumah tersebut kini jadikan Museum Sumpah Pemuda, terletak di Jalan Kramat No.106, Jakarta Pusat.

 

museum sumpah pemuda

Museum Sumpah Pemuda

6. Sarmidi Mangoensarkoro

sarmidi mangoensarkoroSarmidi Mangoensarkoro adalah pejuang di bidang pendidikan, beliau ikut tampil sebagai pembicara pada Kongres Pemuda dan menyampaikan pidato tentang Pendidikan Nasional, yang mengemukakan bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan dan dididik secara demokratis, serta perlunya keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah.

 

7. Soenario Sastrowardoyo

soenario sastrowardoyoSoenario Sastrowardoyo merupakan pengacara yang aktif membela para aktivis pergerakan yang berurusan dengan polisi Hindia Belanda. Pada saat kongres pemuda berlangsung beliau berkesempatan melakukan pidato dengan tema pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia.

 

8. Djoko Marsaid

djoko marsaid

Djoko Marsaid merupakan perwakilan dari Jong Java, Beliau merupakan wakil ketua Kongres Pemuda mendampingi Soegondo Djojopuspito.

 

 

Masih ada tokoh lainnya seperti:

  • Johannes Leimena, adalah salah satu anggota Kongres Pemuda yang merupakan perwakilan dari Jong Ambon.
  • Kartosiewirjo atau Sekarmadji Maridjan Kartosiewirjo yang merupakan aktivis yang pernah mengenyam pendidikan di Eropa.
  • Kasman Singodimedjo yang merupakan pemuda yang merintis adanya Pramuka di Indonesia, beliau juga dikenal sebagai orator yang ulung.
  • Mohammad Roem, adalah seorang mahasiswa di bidang hukum yang juga aktif dalam perkumpulan pemuda Indonesia.
  • A.K Gani atau Adnan Kapau Gani adalah Jong Sumatran Bond yang merupakan perwakilan dari Palembang, beliau juga merupakan seorang dokter.

 

Makna dan Arti Sumpah Pemudamakna dan arti sumpah pemuda

Presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu Ir. Soekarno pernah berkata:

“Berikan aku 10 pemuda, maka akan aku guncang dunia.”

Begitu besarnya kontribusi pemuda dan pemudi untuk kemajuan suatu bangsa, karena di tangan pemuda dan pemudilah sebuah peradaban akan berubah.

Oleh karena itu, hari Sumpah Pemuda sudah pasti memberikan banyak sekali makna dan arti bagi kita semua. untuk kita para milenial, berikut makna dan arti Sumpah Pemuda yang bisa kita ambil:

Mencintai Cinta Tanah Aircinta tanah air indonesia

Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk selalu mempunyai rasa cinta kepada tanah air kita Indonesia, beberapa caranya adalah dengan berusaha untuk berkarya untuk bangsa sendiri, selalu menggunakan produk-produk negeri sendiri dan lain sebagainya.

Mengingat perjuangan para pemuda kita di masa lalu yang telah berjuang sekuat tenaga dengan tujuan untuk meraih kemerdekaan. Jerih payah mereka harus kita teladani dan kita teruskan.

Tetap Menjaga Persatuanpersatuan indonesia

Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak sejarah yang membuat seluruh rakyat Indonesia bersatu. Para pemuda dari ujung Barat hingga Timur Indonesia semua berkumpul untuk bersatu mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menghilangkan perselisihan satu sama lain.

Bangga Terhadap Bahasa Indonesiabangga bahasa indonesia

Ditengah gencarnya masuknya budaya asing di Indonesia sangat banyak mempengaruhi kita untuk mengikuti budaya tersebut, salah satunya adalah masalah bahasa.

Oleh karena itu, bahasa Indonesia haruslah tetap menjadi bahasa yang kita gunakan sehari-hari dimanapun dan kapanpun, sesuai dengan isi Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan para pemuda. Ini juga menjadi salah satu cara untuk tetap mencintai negeri kita sendiri.

 

Promo Hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda kurang lengkap rasanya jika tidak ada promo. Ya, untuk memeriahkan Sumpah Pemuda, banyak kita lihat banyak promo dimana-mana, promo-promo tersebut sayang untuk dilewatkan. Cashbac juga mengadakan banyak promo lho!

Yuk lihat beberapa promo Cashbac

BOBA HERO

Boba Hero adalah promo yang memberikan kamu tambahan rewards sebanyak 40% di merchant-merchant boba kekinian seperti OneZo, ShareTea, Kamu Tea, Dirty Milk, dan banyak lainnya – INFO DETAIL

 

COFFEE BOOSTERS

Coffee Boosters adalah promo yang juga memberikan tambahan rewards sebanyak 40% di merchant-merchant coffee shop atau cafe seperti Bengawan Solo Coffee, Blue Lane Coffee, Wake Cup Coffee, dan masih banyak lagi – INFO DETAIL

 

Masih banyak promo-promo lainnya, bisa kamu lihat di blog ini. Yuk jangan sampai ketinggalan ya, pakai Cashbac Sekarang!

Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store