Ga terasa kita sudah masuk bulan Februari nih, bulan yang identik dengan bulan kasih sayang karena akan ada hari Valentine.

Hari Valentine atau disebut juga Hari Kasih Sayang, yang dalam bahasa Inggris disebut Valentine’s Day jatuh pada setiap tanggal 14 Februari, hari dimana orang-orang merayakannya dengan orang-orang tercinta, menghabiskan waktu bersama, memberikan hadiah maupun mengirimkan kartu ucapan tanda ungkapan kasih sayang.

Hari Valentine sudah menjadi sebuah perayaan yang banyak dilakukan di banyak negara termasuk di Indonesia. Beberapa hal yang digunakan untuk melambangkan hari Valentine adalah coklat, kartu ucapan, bunga maupun ornamen berbentuk hati.

Euforia hari Valentine ini juga terlihat ketika bulan Februari tiba. Banyak di supermarket dan mal yang memajang pernak pernik Valentine seperti pernak pernik hati dan aksesoris yang berwarna merah muda, hiasan balon dan bunga, dan lain sebagainya.

Sejarah Hari Valentine

Ada beberapa versi lahirnya hari Valentine, diantaranya adalah:

Sejarah Valentine Versi Pendeta St. Valentine

pendeta saint valentine

sumber: wikimedia.org

Ini adalah sejarah yang umumnya diketahui orang, yaitu dari seorang pendeta Roma bernama Valentine, yang memiliki akhir hidup tragis. Dikisahkan bahwa pendeta Valentine disiksa dan berakhir dengan dihukum pancung oleh seorang kaisar bernama Claudius II pada tanggal 14 Februari 278 Masehi. Hal ini merupakan sebuah hukuman karena pendeta Valentine dianggap menentang kebijakan sang Kaisar..

Menurut sejarah, kaisar Claudius II ini dikenal sangat kejam karena selalu berambisi membuat Roma menang dalam setiap peperangan dan terlibat dalam berbagai pertempuran berdarah. Tetapi bala tentara yang kuat sulit diwujudkan dikarenakan mereka tidak mau berperang karena terikat pada istri atau kekasih mereka. Untuk mengatasi hal itu kaisar Claudius II melarang semua bentuk pertunangan dan pernikahan yang ada di Roma.

Seorang pendeta bernama Valentine menentang keras peraturan tersebut, ia secara diam-diam berusaha menikahkan para pasangan muda. Tetapi sayangnya lama kelamaan tindakan ini diketahui oleh kaisar Claudius II yang pada akhirnya pendeta Valentine ditangkap kemudian dihukum dengan kejam, mulai dari dipukuli hingga akhirnya dipancung sampai mati. Sehingga tanggal meninggalnya pendeta Valentine yaitu pada 14 Februari dijadikan sebagai peringatan hari kasih sayang.

Banyak sejarah yang beredar menceritakan bahwa pendeta Valentine meninggalkan sebuah catatan perpisahan untuk putri penjaga penjara yang menjadi temannya. Catatan itu bertuliskan ‘From Your Valentine’, yang pada akhirnya ini menjadi populer dan banyak menginspirasi orang. Atas perjuangan dan pengorbanannya, pendeta Valentine dinobatkan sebagai orang suci sehingga disebut sebagai Santo Valentine.

 

Sejarah Valentine Versi Festival Lupercalia

festival lupercalia

sumber: wikimedia.org

Legenda lain mengenai hari Valentine adalah mengisahkan bahwa Valentine berasal dari sebuah festival yang bernama Festival Lupercalia ini, yang merupakan sebuah tradisi bangsa Romawi kuno.

Festival Lupercalia yang sudah menjadi tradisi itu dilakukan untuk menghormati Dewa kesuburan pada zaman pra Romawi. Namun Lupercalia ini biasanya dirayakan pada tanggal 15 Februari, sedangkan Valentine dirayakan satu hari sebelumnya yakni pada tanggal 14 Februari.

 

Ucapan Hari Valentineucapan hari valentine

Seperti halnya perayaan hari lainnya, di hari Valentine ini juga biasanya kita memberikan ucapan kepada seseorang yang kita cintai baik itu kepada pasangan maupun keluarga. Bagaimana ucapan yang baik di hari Valentine yang baik? Berikut kami berikan beberapa referensi ya:

Happy Valentine’s Day. May you be showered with love today.
Selamat Hari Valentine. Semoga kamu dipenuhi dengan cinta hari ini.

Happy valentine’s day my dear, my heart promises to love you every single day of my life
Selamat hari valentine sayang, hatiku berjanji untuk selalu mencintaimu di sepanjang hidupku.

You are my soul, my life, and the whole reason of me in the world, Happy Valentine Dear!
Kamu adalah jiwaku, hidupku, dan seluruh alasanku ada di dunia ini, Selamat Hari Valentine!

Happy valentine’s day, I will always be there, most in places from the bottom of your heart.
Selamat hari Valentine, aku akan selalu berada disana, ditempat yang paling dalam dari lubuk hatimu.

You’re my bright blue sky. You’re the sun in my eyes. You’re my life. You’re the reason why. Happy Valentine’s Day!
Kamu adalah langit biruku yang cerah. Kamu adalah matahari di mataku. Kamulah hidupku. Kamu adalah alasan mengapa. Selamat Hari Valentine!

Masih banyak ucapan Hari Vaelentine yang bisa kita buat, intinya kesemuanya bertujuan untuk menunjukkan rasa kasih sayang kita kepada orang yang dicintai.

 

Kado Hari Valentinekado valentine

Hari Valentine rasanya tidak lengkap kalau kita tidak memberikan hadiah atau kado Valentine, untuk kamu yang masih bingung mau kadis kado Valentine apa untuk orang yang kamu cintai, Cashbac punya beberapa saran nih, disimak yuk:

Baca Juga : 5 Kegiatan Seru Bareng Pacar buat Valentine’s Day yang Wajib Dicoba

1. Coklatcoklat valentine

Ya, coklat sudah pasti merupakan kado Valentine yang wajib ada, selain rasanya yang enak yang disukai semua orang, coklat juga merupakan lambang cinta. Coklat ini bisa untuk kado Valentine pria maupun wanita.

2. Bungabunga valentine

Untuk kamu para pria, bunga juga merupakan kado Valentine yang harus ada, jangan lupa berikan bunga yang disertai kartu ucapan ya.

3. Bonekaboneka valentine

Para wanita biasanya menyukai boneka, jadi boneka bisa juga dijadikan sebagai kado Valentine untuk wanita.

4. Parfumparfum valentine

Parfum juga bisa melambangkan cinta yang universal, jadi bisa juga digunakan sebagai kado Valentine untuk pasangan kamu atau orang orang yang kamu cintai

5. Perhiasanperhiasan valentine

Untuk kamu yang sudah serius dengan pasangan kamu, perhiasan adalah kado Valentine yang paling tepat. Biasanya perhiasan yang diberikan berbentuk cincin atau kalung.

6. Makan Malamdinner romantis valentine

Kado Valentine tidak melulu berbentuk barang, tetapi makan malam atau dinner yang romantis bisa menjadi hadiah yang sangat berkesan untuk pasangan kamu. Bisa juga dibuat konsep Candlelight Dinner untuk lebih menambah lagi suasana romantis.

Baca Juga : 14 Tempat Dinner Romantis di Jakarta

Hadiah di hari Valentine sejatinya tidak dilihat dari harga, bentuk maupun ukurannya, tetapi dilihat dari ketulusan dan usaha yang telah kamu lakukan. Selain itu untuk menunjukan kasih sayang kamu, sebenarnya tidak harus di hari Valentine, tetapi bisa setiap saat atau kapan saja. Hargai dan sayangi selalu pasangan kamu dengan memberikan kado yang terbaik tetapi tetap disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

 

Promo Hari Valentine

Setiap hari Valentine sudah pasti banyak sekali promo yang diadakan dimana-mana, salah satu promo hari Valentine yang sangat menarik adalah promo dari Cashbac yaitu #KodeCinta, dimana jika kamu memasukkan kode voucher tertentu maka kamu akan mendapatkan rewards hingga 200.000. Gimana, penasaran kan? Klik banner dibawah ini ya.cashbac promo kode cinta

– Lovely Power Points, dapatkan rewards hingga 100.000 di semua merchant yang bekerjasama dengan Cashbac.

– Luxury Dining, dapatkan rewards hingga 200.000 yang berlaku di semua merchant Luxury Dining di aplikasi Cashbac, wah ini bisa kamu gunakan untuk dinner romantis kamu bersama pasangan.

Selamat Hari Kasih Sayang!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store