Terdapat sederet hobi yang menghasilkan uang sehingga selain memuaskan diri dengan melakukan kegiatan menyenangkan, juga akan mendapat penghasilan. Tidak perlu khawatir, jenis bidangnya terbilang banyak baik berbasis online maupun offline.

Peluang kerja di era modern ini akan meningkat terutama yang berkaitan dengan hobi. Jika kamu memiliki hobi, cobalah untuk mengembangkannya agar dapat menghasilkan. Selama kamu sungguh-sungguh mengembangkannya, peluang kesuksesan yang bisa kamu raih akan semakin besar.

Baca juga : Arti Gabut dan 15 Tips Lari dari Rasa Gabut!

 

Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang

Sensasi senang setelah menjalankan hobi bisa dimaksimalkan dengan memperoleh penghasilan menggiurkan. Sebenarnya apa saja hobi yang menghasilkan uang? Apakah hobi kamu salah satunya? Simak penjelasannya berikut :

1. Makan

hobi makan

Sekarang ini hobi makan bisa menghasilkan uang dengan jumlah tinggi, misalnya dengan menjadi seorang food blogger ataupun konten creator mukbang.

Bukan hanya memberikan keuntungan untuk diri sendiri, seorang yang bergelut dalam bidang ini juga bisa meningkatkan penghasilan para pemilik usaha. Oleh karenanya jika kamu salah satunya orang dengan hobi makan, tidak ada salahnya untuk mengembangkannya.

Catatan penting yang perlu diketahui adalah, pastikan untuk melakukan hal-hal dengan sewajarnya saja. Tampil beda memang bagus, hanya saja jangan sampai membahayakan nyawa diri sendiri misalnya dengan mengkonsumsi makanan-makanan ekstrim dalam jumlah besar.

 

2. Memasak

hobi memasak

Tidak perlu minder jika kamu merupakan seorang yang menguasai resep-resep masakan tradisional. Sebab, hal ini malah akan menjadi pembeda dan penambah daya tarik bagi khalayak, apalagi kini lebih banyak cef atau content creator dalam bidang terkait yang memberikan resep masakan-masakan mancanegara.

Hobi memasak ini bisa menghasilkan dengan cara membagi resep melalui blog atau website. Kamu juga dapat menjadi seorang content creator di platform-platform media sosial seperti Youtube, TikTok, Instagram, dan lainnya.

Di samping itu, kamu juga bisa membuka bisnis kuliner seperti catering, warung makan, serta penyedia kue berbagai rasa dan bentuk.

 

3. Bermain Sosmed

hobi social media

Tentu salah satu dari kamu pernah dimarahi karena terlalu lama bermain sosmed. Jangan khawatir, kini hobi tersebut malah akan memberikan tambahan penghasilan. Caranya yaitu dengan mengakses platform survey berbayar bisa berupa website ataupun aplikasi.

Bukan hanya itu, beberapa waktu terakhir juga sedang marak-maraknya bisnis affiliate marketing. Sistem kerjanya adalah pelaku bisnis ini mempromosikan bisnis orang lain di media sosialnya.

Hanya saja tingginya pesaing, menuntut pelaku bisnis ini perlu meningkatkan kualitas serta kreatifitasnya agar tidak sampai kalah dengan pebisnis dalam bidang yang sama lainnya.

 

4. Membuat Video

hobi membuat video

Sudah banyak kisah-kisah sukses dari para pembuat video yang telah sukses berkarir dalam bidang ini. Banyaknya konten kreator video dari waktu ke waktu tidak mempersempit peluangnya.

Oleh karenanya bagi kamu yang memiliki hobi membuat video, cobalah untuk mencari peluang menghasilkan uang. Misalnya saja menjadi seorang Youtuber atau bekerja sama dengan pihak lain seperti perusahaan broadcasting, pengiklanan, dan sebagainya.

Penghasilan para pembuat video bisa dibilang sangat fantastis. Pastikan kamu memanfaatkan hobi ini dengan sebaik-baiknya. Jangan khawatir jika masih memiliki skil editing dasar, karena banyaknya pendukung yang ada sekarang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkannya agar lebih expert.

 

5. Bermain Game

hobi bermain game

Kemunculan game-game online banyak dikeluhkan para orang tua karena anak-anaknya lebih fokus pada bermain game dibandingkan dengan pelajarannya. Sebenarnya hobi tersebut dapat memberikan berbagai keuntungan.

Keuntungan yang pertama adalah mengolah kesabaran, kecerdikan, serta sosialnya. Sedangkan keuntungan kedua adalah mendatangkan penghasilan misalnya sebagai streamer dan seorang konten kreator dalam bidang ini.

Hanya saja tetap disarankan untuk memperhatikan waktu bermain game dengan kegiatan lainnya apalagi bagi para pelajar agar antara pendidikan dan penghasilan dapat berjalan beriringan.

Baca Juga : Pandemi Belum Berakhir, Hindari 9 Tempat Umum ini!

 

6. Menulis

hobi menulis

Sudah sejak lama menulis ini termasuk salah satu hobi yang menghasilkan uang. Hanya saja saat ini semakin bervariasi seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih.

Jenis-jenis penulis semakin tidak terbatas dengan pelajaran, cerita fiksi atau nonfiksi, melainkan lebih luas lagi misalnya penulis blog, website, atau berkaitan dengan konten promosi.

Gaji dari penulis sendiri beragam tergantung bidangnya, namun kebanyakan memang cukup besar baik penulis buku ataupun yang dimuat pada website dan platform-platform lainnya. Supaya dapat memanfaatkannya secara maksimal, maka silahkan kembangkan dengan mempelajari bidang terkait serta bahasa asing.

 

7. Meditasi

hobi meditasi

Tidak sedikit masyarakat modern yang mengeluhkan lebih sering mengalami stres baik karena tuntutan pekerjaan ataupun tekanan hidup. Melihat fakta ini, bisa kamu jadikan sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi tutor atau membuat konten belajar meditasi paling efektif.

Memiliki hobi meditasi akan membantu diri sendiri dan orang lain mencapai ketenangan jiwa. Perlu diketahui bahwa belum tentu seluruhnya memiliki kemampuan sama sehingga perlu bimbingan dari ahli dalam bidangnya.

Buat video pembelajaran sekreatif mungkin untuk menarik minat khalayak agar mau mengikuti seluruh arahan yang kamu sampaikan.

 

8. Pecinta Hewan

pecinta hewan

Sejak munculnya virus Covid-19, jumlah pemelihara hewan kian meningkat pesat. Dari hal itu muncul sebuah peluang bisnis yaitu jasa perawat peliharaan atau sejenisnya. Ini bisa menjadi salah satu hobi yang menghasilkan uang.

Bisnis bagi orang dengan satu ini bervariasi misalnya mendirikan petshop, menyediakan penginapan, atau membuka layanan pemandian khusus hewan. Bukan hanya uang, modal utama dari bisnis seperti ini adalah kesabaran serta pengetahuan dasar mengenai berbagai jenis peliharaan termasuk gejala dari penyakit-penyakitnya.

 

9. Bermain Puzzle

hobi bermain puzzle

Pada suatu penelitian diungkap bawah bermain puzzle atau game sejenis dapat mengurangi tingkat stres. Hal ini menjadi kabar baik bagi para pecintanya apalagi kini bisa dijadikan sebagai modal untuk menghasilkan uang dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kamu bisa mulai memberikan tips dan trik untuk memecahkan puzzle dari paling dasar hingga terumit. Posting di platform-platform online, saat konten kamu memiliki banyak penonton maka keuntungan yang didapatkan akan lebih besar.

Tidak berhenti di situ saja, keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari bermain puzzle adalah meningkatkan mood serta mencegah penyakit demensia atau alzheimer.

 

10. Menjahit

hobi menjahit

Trend fashion hingga kini bisa dibilang tidak ada matinya. Oleh karenanya pemilik hobi menjahit bisa sangat diuntungkan. Berbekal kemampuan itu, kamu dapat membuat berbagai bentuk pakaian kekinian yang unik serta menarik minat masyarakat.

Bukan hanya pakaian untuk manusia, cobalah mulai berinovasi untuk membuat produk lain yang kemungkinan akan dibutuhkan masyarakat misalnya saja baju hewan peliharaan, sepatu, topi, atau lainnya.

 

11. Traveling

hobi traveling

Jalan-jalan tidak hanya akan membuat kamu mengeluarkan dana besar namun malah bisa menambah saldo tabungan. Bisnis yang bisa dimulai dari hobi ini misalnya saja travel blogger, jasa titip oleh-oleh, jual beli foto pemandangan, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : 9 Tips Mengatur Keuangan untuk Berwisata

Memiliki hobi yang menghasilkan uang akan membuat kamu lebih diuntungkan. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Terus kembangkan skil serta pelajari skil pendukung lain agar kemampuan menjadi semakin lebih baik lagi.

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%