Sebentar lagi mau hari raya Idul Adha nih, umat Muslim Indonesia siap-siap menyambut dan memperingatinya dengan penuh suka cita, ini juga saatnya untuk berkurban dan berbagi untuk kita yang mampu.

Idul Adha ini juga merupakan hari raya yang sangat menarik, banyak sekali kegiatan ibadah didalamnya dan juga hikmah positif yang bisa kita ambil dan teladani bersama.

 

Sejarah Idul Adha

sejarah dan makna idul adha

Idul Adha adalah sebuah hari raya umat Muslim. Pada hari ini diperingati peristiwa qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Muslim berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, sama halnya seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan qurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, jatuh persis 70 hari setelah perayaan hari raya Idul Fitri.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang menunaikan ibadah Haji.

Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji. (Sumber: Wikipedia).

 

Makna Idul Adha

Selain ibadah kurban dan haji, berikut ini adalah makna-makna dari perayaan Hari Raya Idul Adha yang bisa kita petik:

Semangat untuk Berbagi kepada Sesama

Pada setiap peringatan hari raya Idul Adha, setiap umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk membeli dan menyembelih hewan kurban. Setelah itu, daging kurban tidak hanya disantap sendiri atau bersama keluarga saja tetapi juga dibagikan kepada sanak saudara yang lain, para tetangga, serta orang-orang di sekitar yang membutuhkan. Dari semua kegiatan ini, Idul Adha dapat menumbuhkan semangat tolong menolong dan berbagi kepada sesama.

Pengorbanan

Hari raya Idul Adha juga mengajarkan umat Muslim untuk memberikan pengorbanan, dalam hal ini adalah pengorbanan untuk mencari dan membeli hewan kurban yang baik dan sehat untuk disembelih dan kemudian dibagikan kepada sesama.

Keikhlasan

Idul Adha dapat mengingatkan umat muslim untuk senantiasa ikhlas atas cobaan yang diberikan. Seperti kisah Nabi Ibrahim yang dengan ikhlas merelakan anaknya Ismail untuk di sembelih. Dengan rasa keikhlasan ini, ujian seberat apapun Insya Allah akan bisa dilalui dan mendapatkan hikmah yang terbaik dari Allah SWT.

Silaturahmi

Pada setiap hari raya Idul Adha, ada tradisi mengunjungi sanak saudara dan handai taulan, juga berinteraksi dengan kerabat dan para tetangga ketika pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Berdasarkan makna dari kata Kurban atau Qurban yang berasal dari kata Quraba atau dekat, ibadah qurban pada hari raya Idul Adha memiliki makna kedekatan. Tak hanya mendekatkan diri kepada Allah SWT, Idul Adha juga menjadi sarana mendekatkan diri pada keluarga, saudara, dan kerabat atau tetangga yang lain di sekitar kita.

Demikian beberapa makna hari raya Idul Adha yang bisa kita petik. Selain banyak makna yang kita dapat, tentunya keberkahan akan diraih melalui hari yang besar ini.

 

Ucapan Idul Adha

ucapan idul adha

Seperti halnya hari raya Idul Fitri, di hari raya Idul Adha ini juga sangat baik bagi kita untuk memberikan ucapan kepada keluarga dan sanak saudara. Bagaimana ucapan yang baik di hari raya Idul Adha yang baik? Berikut kami berikan beberapa referensi ya:

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah SWT. Amin

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H, semoga ibadah qurban kita membawa keberkahan untuk sesama. Amin

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H. Semoga semangat qurban memperkuat keimanan dan rasa kasih sayang kita. Amin

Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha untuk yang merayakannya, semoga kita semua semakin dilimpahkan rejekinya. Amin

Masih banyak ucapan Hari Raya Idul Adha yang bisa kita buat, intinya kesemuanya memberikan doa dan harapan yang terbaik bagi kita semua.

 

Hari Raya Idul Adha di Tengah Pandemi

Hari raya Idul Adha seperti halnya Idul Fitri identik dengan makan ketupat dengan kuah sayurnya yang khas, juga dilengkapi dengan daging sapi atau kambing. Daging kambing atau sapi tersebut bisa dibuat sate, sop, gulai, tongseng, ataupun menu olahan daging yang lainnya. Daging sapi atau kambing biasanya didapat dari pembagian hewan kurban yang telah disembelih.

Tetapi di hari raya Idul Adha kali ini yang juga bersamaan dengan masa pandemi, kita tidak bisa lagi berkumpul dengan bebas untuk sholat Ied ataupun untuk acara pemotongan hewan qurban.

Baca juga: Apa itu PPKM? Semua Tentang PPKM, Wajib Kamu Ketahui!

 

Aturan Perayaan Hari Raya Idul Adha Saat PPKM

Pemerintah saat ini memberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat, oleh karena itu perayaan Idul Adha ini juga ada pembatasan, ini semata-mata untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19 yang makin memprihatinkan. Adapun aturannya kamu bisa lihat dibawah ini.

Aturan Takbir & Sholat Idul Adha

Menurut SE Nomor 17 Tahun 2021, ditegaskan bahwa kegiatan malam takbiran di masjid ataupun mushola maupun takbir keliling ditiadakan di seluruh daerah yang ditetapkan sebagai daerah PPKM Darurat.

Begitu juga dengan shalat Idul Adha yang ditiadakan di daerah yang telah diterapkan sebagai daerah PPKM Darurat. Semua kegiatan peribadatan selama pemberlakuan kebijakan PPKM Darurat dilakukan di rumah masing-masing.

Aturan Pemotongan Hewan Qurban

Berikut aturan pelaksanaan kurban yang dikeluarkan oleh Kemenag:
– Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sesuai syariat Islam, termasuk kriteria hewan yang disembelih.

– Penyembelihan berlangsung dalam waktu tiga hari, yakni pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah, untuk menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban Pemotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R).

Dalam hal keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH-R, pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di luar RPH-R dengan ketentuan:

1. Penerapan jaga jarak fisik (physical distancing)

– Melaksanakan pemotongan hewan kurban di area yang luas sehingga memungkinkan diterapkannya jaga jarak fisik.

– Penyelenggara melarang kehadiran pihak-pihak selain petugas pemotongan hewan kurban.

– Menerapkan jaga jarak fisik antarpetugas pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan, dan pengemasan daging.

– Pendistribusian daging hewan kurban dilakukan oleh petugas kepada ke tempat tinggal warga yang berhak.

– Petugas yang mendistribusikan daging kurban wajib mengenakan masker rangkap dan sarung tangan untuk meminimalkan kontak fisik dengan penerima.

 

2. Penerapan protokol kesehatan dan kebersihan petugas dan pihak yang berkurban

– Pemeriksaan kesehatan awal yaitu melakukan pengukuran suhu tubuh petugas dan pihak yang berkurban di setiap pintu/jalur masuk tempat penyembelihan dengan alat pengukur suhu tubuh (thermogun).

– Petugas yang menangani penyembelihan, pengulitan, pencacahan daging, tulang, serta jeroan harus dibedakan.

– Setiap petugas yang melakukan penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan, dan pendistribusian daging hewan harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang, dan sarung tangan selama di area penyembelihan.

– Penyelenggara hendaklah selalu mengedukasi para petugas agar tidak menyentuh mata, hidung, mulut, dan telinga, serta sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

– Petugas menghindari berjabat tangan atau kontak langsung, serta memperhatikan etika batuk/bersin/meludah Petugas yang berada di area penyembelihan harus segera membersihkan diri (mandi) sebelum bertemu anggota keluarga.

 

3. Penerapan kebersihan alat

– Melakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh peralatan sebelum dan sesudah digunakan, serta membersihkan area dan peralatan setelah seluruh prosesi penyembelihan selesai dilaksanakan.

– Menerapkan sistem satu orang satu alat. Jika pada kondisi tertentu seorang petugas harus menggunakan alat lain, maka harus dilakukan disinfeksi sebelum digunakan.

 

Tempat Makan Daging yang Enak

Buat kamu yang ga kebagian daging sapi atau kambing pastinya ngiler mau makan juga kan? Ga usah kuatir, nih Cashbac kasih kamu beberapa alternatif dimana kamu bisa membeli makanan daging sepuasnya udah gitu dapet cashback juga! Gimana mantul banget kan?

Buat yang mau merasakan tempat makan daging yang mempunyai rasa yang nikmat kamu bisa coba restoran/tempat makan berikut:

Raa Cha Suki & BBQ

raa cha suki & bbq

sumber: raacharesto.com

Raa Cha Suki & BBQ merupakan restaurant yang mengusung konsep Thai Resto, menyajikan menu rebusan dan bakaran yang fresh, enak, dan sehat. Raa Cha juga menawarkan cara bersantap baru, dilengkapi alat masak yang personal dan unik, tentunya mampu menciptakan pengalaman makan yang menyenangkan. Terdapat lebih dari 100 variasi menu mulai dari sayuran, suki, dan daging BBQ yang nikmat, dengan 5 pilihan saus special dan 3 pilihan kuah suki.

Dengan mengedepankan kualitas makanan yang fresh, organic, dan healthy, Raa Cha Suki & BBQ dengan konsisten selalu memberikan kualitas produk terbaik dan tentunya Halal.

Lokasi Raa Cha Suki & BBQ : Jakarta, Bandung, Bekasi, Cimahi, Cirebon, Cikarang, Depok, Tangerang, Karawang, Tegal, Sumedang, Purwokerto, Tasikmalaya, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Medan dan Makassar.

 

Steak 21

steak 21

sumber: steak21.id

Steak 21 merupakan restoran keluarga yang menghadirkan berbagai menu pilihan, seperti; Prime, Supreme, Sirloin Wagyu, Chicken dan Fish Steak, yang dilengkapi dengan 4 pilihan rasa saus khas Steak 21, yaitu Creamy Sauce, Mushroom Sauce, Barbeque Sauce dan Blackpepper yang tidak akan membuat kamu berpaling ke restoran lain!

Lokasi Steak 21 : Jabodetabek, Karawang, Cirebon, Cilegon, Surabaya, Medan.

 

Tetap Aman dengan Cashbac

Mau makan daging? Kamu bisa lebih hemat dengan menggunakan Cashbac untuk membeli makanan daging di merchant-merchant seperti Raa Cha Suki & BBQ, Steak 21, dan masih banyak lagi. Jangan lupa hanya take away dan patuhi protokol kesehatan dengan baik.

Kamu juga bisa membeli semua kebutuhan kamu di merchant-merchant pilihan seperti Alfamart, FamilyMart, ACE Hardware, Informa, hingga Drive Thru di McDonald’s dan McDelivery!

Masa pandemi bukan berarti kita tidak bisa merayakan Idul Adha dengan khidmat. Saat ini kesehatan tetap yang utama, oleh karena itu tetaplah menjaga protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya, juga lihat tips dari Cashbac bagaimana Tetap Aman agar kita semua tetap sehat melalui tautan ini.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store