Di masa pandemi yang serba susah, tentu saja kamu diwajibkan untuk tidak menghambur hamburkan uang, kamu harus mencari cara menghemat uang gaji bulanan, hal tersebut tentu saja sebagai bentuk saving apabila kedepannya terjadi hal-hal yang tidak terduga, seperti pengurangan gaji atau bahkan pemutusan hubungan kerja.

Cara Menghemat Uang Gaji Bulanan Agar Tidak Cepat Habis

Ada beberapa cara menghemat uang gaji bulanan yang bisa kamu coba. Simak ulasan selengkapnya.

1. Membawa Uang Cash Tidak Terlalu Banyakcara menghemat uang gaji - bawa uang sedikit

Salah satu faktor yang membuat uang kamu menjadi cepat habis adalah selalu melihat di dompet bahwa masih tersisa banyak uang. Untuk itu, tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah sebisa mungkin memiliki jumlah uang cash secukupnya saja. Sehingga, ketika kamu membuka dompet, maka kamu akan merasa bahwa uang tersebut tinggal sedikit.

Cara satu ini dirasa cukup efektif, apalagi bagi kamu yang suka berbelanja dengan menggunakan uang cash. Untuk itu, mulai sekarang kamu bisa menerapkan untuk tidak terlalu banyak membawa uang di dompetmu. Kamu bisa membawa secukupnya dan mengisinya lagi ketika uang tersebut telah habis.

Dengan menerapkan cara menghemat uang gaji bulanan tersebut, maka kamu nantinya akan mampu berpikir ulang ketika akan membeli sesuatu. Hal ini dikarenakan kamu hanya membawa sedikit uang saja di dompet. Selain itu, tips satu ini juga sangat tepat dilakukan ketika kamu merupakan pribadi yang malas untuk mengambil uang di ATM.

 

2. Memiliki Dua Rekeningcara menghemat uang gaji - memiliki dua rekening

Memisahkan uang untuk tabungan pribadi dan juga uang belanja memang menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memiliki dua jenis rekening sehingga bisa melakukan penghematan pada gaji yang baru saja kamu terima. Untuk rekening yang pertama, kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan sehari hari.

Sedangkan kamu bisa menggunakan rekening yang kedua sebagai wadah untuk menabung. Kamu bisa memilih biaya yang memiliki administrasi terendah apabila ingin menggunakannya untuk menabung. Sehingga, tiap bulannya kamu tidak akan mengeluarkan jumlah yang banyak hanya untuk biaya admin.

Ketika kamu memiliki dua rekening, dapat menjadi cara menghemat uang gaji bulanan. Hal ini dikarenakan kamu akan lebih mengetahui dan membedakan uang yang bisa kamu hambur hamburkan dan uang yang wajib untuk ditabung. Akan tetapi, meskipun memiliki dua rekening, kamu juga tetap harus hidup dengan hemat.

Sebab, kamu tidak boleh sembarangan mengambil uang tabungan apabila uang di rekening kamu telah habis. Untuk itu, kamu bisa memastikan bahwa uang yang telah kamu masukkan di rekening tabungan memang benar benar disimpan. Kamu hanya boleh menggunakannya dalam keadaan yang terdesak saja.

 

3. Menabung Setelah Gajiancara menghemat uang gaji - menabung setelah gajian

Menabung sendiri merupakan istilah yakni menyisakan sebagian uang. Bukan berarti menyimpan sisa uang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bisa menabung dan mengalokasikan uang tersebut saat awal bulan menerima gaji. Untuk besarannya sendiri maka hal tersebut bergantung dengan keperluan sehari hari.

Lebih baik untuk menabung dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut bertujuan agar nantinya kamu bisa menekan biaya pengeluaranmu dan tidak menjadi pribadi yang boros. Untuk itu, sangat diwajibkan bagi kamu yang ingin mengetahui cara menghemat uang gaji bulanan dengan menabungnya di awal ketika kamu menerimanya.

Baca juga: Tips Belanja Hemat di Masa Pandemi

 

4. Memiliki Daftar Kebutuhancara menghemat uang gaji - miliki daftar kebutuhan

Daftar kebutuhan menjadi salah satu hal yang wajib kamu miliki. Sebab, dengan adanya daftar ini akan membuat kamu menjadi lebih hemat dan melenceng dari tindakan pembelian impulsif. Sebab, kamu telah tahu hal hal apa saja yang memang sedang kamu butuhkan dan ingin untuk kamu beli.

Kebutuhan adalah sesuatu yang memang dibutuhkan bukan diinginkan. Oleh karena itu, kamu harus mementingkan untuk membelikan barang barang yang memang diperlukan. Seperti barang tersebut telah habis, sehingga bulan ini kamu wajib untuk menyetoknya kembali.

Bagi kamu yang bekerja sembari ngekos maka tentu saja kamu akan memiliki daftar belanjaan yang ingin untuk dibeli setiap bulannya. Untuk itu, kamu bisa mencatatnya sebelum berbelanja. Sehingga kamu tidak akan melupakan hal hal yang justru penting saat kamu sedang kalap untuk belanja.

Berbeda pula dengan anak yang tinggal dengan orang tua. Meskipun tidak membutuhkan banyak barang seperti sedang ngekos, namun tentu saja kamu akan punya beberapa barang pribadi yang harus dibeli setiap bulannya. Untuk itu dengan menetapkan barang belanjaan dapat menjadi salah satu cara menghemat uang gaji bulanan.

Untuk daftar kebutuhan ini, kamu bisa membuatnya sedetail mungkin. Selain itu, kamu juga bisa untuk menentukan berapa banyak barang yang harus kamu beli. Sehingga kamu pun telah bisa menghitung kira kira seberapa besar pengeluaran yang harus anda keluarkan setiap bulannya.

 

5. Memiliki Daftar Pengeluaran yang Jumlahnya Telah Pasticara menghemat uang gaji - miliki daftar pengeluaran

Setelah kamu mengetahui barang apa saja yang akan kamu beli, maka hal ini akan memudahkan kamu untuk menjalankan tips yang selanjutnya. Hal tersebut dikarenakan kamu telah mengetahui seberapa besar pengeluaran yang akan kamu keluarkan setiap bulannya.

Dengan begitu, kamu hanya perlu untuk membuat daftarnya dan kemudian mengurangi dengan gaji yang kamu terima tiap bulannya. Nah, hasil dari pengurangan pengeluaran itulah yang sebaiknya dialokasikan untuk tabungan. Untuk itu, dengan menetapkan cara satu ini akan membuat kamu bisa menabung dengan cara yang lebih efisien.

 

6. Memiliki Teman Dengan Gaya Hidup yang Tidak Hedoncara menghemat uang gaji - memiliki teman yang tidak hedon

Memilih teman yang tepat juga menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran. Hal ini dikarenakan ketika kamu mempunyai teman yang doyan hedon, belanja setiap harinya atau selalu makan di restoran yang mewah, maka kemungkinan besar kamu juga akan menjadi pribadi yang seperti itu.

Dengan sering makan di restoran mahal setiap harinya membuat kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan setiap harinya. Hal ini pula yang akan menjadikanmu pribadi yang boros. Untuk itu, memilih teman juga sangat penting untuk menentukan penghematan setiap bulannya.

 

7. Menjadwalkan Pembelian Tambahancara menghemat uang gaji - menjadwalkan pembelian

Cara menghemat uang gaji bulanan selanjutnya adalah dengan menjadwalkan pengeluaran untuk membeli barang barang seperti sepatu, pakaian maupun tas. Hal ini dikarenakan ketika kamu membelinya hanya karena lapar mata dan tidak butuh, tentu saja hal tersebut akan menghancurkan pengeluaran kamu setiap bulannya. Jangan sampai kamu tergoda sale setiap harinya.

Untuk itu, lebih baik kamu mulai menjadwalkan kapan waktu yang tepat untuk berbelanja. Kamu bisa memilih berbelanja sepatu setiap bulan Januari, atau enam bulan sekali. Kemudian, berbelanja baju hanya pada saat baju telah waktunya ganti dan lain sebagainya. Dengan menentukan jadwal tersebut akan berguna untuk menghemat pengeluaran setiap bulannya.

Baca juga: 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Ternyata Mudah Lho!

 

Pakai Cashbac Bisa Membantu Berhemat

Sekarang ada suatu aplikasi bernama Cashbac, yang dimana kamu bisa mengatur keuangan kamu supaya lebih berhemat lagi dan otomatis bisa menjadi salah satu cara menghemat uang gaji bulanan, karena Cashbac bekerjasama dengan banyak bank memberikan kamu rewards hingga 50%! Hubungan kartu debit atau kartu debit kamu di aplikasi Cashbac untuk menikmati rewardsnya!

Cashbac dapat dipakai untuk berbelanja semua keperluan kamu di merchant seperti Alfamart, FamilyMart, hingga Gramedia, ACE Hardware, Informa, McDonald’s, dan ribuan outlet lainnya.

 

Beberapa cara tersebut dapat kamu lakukan sebagai bentuk penghematan. Yang jelas, ketika ingin berhemat maka kamu perlu untuk mengetahui barang apa saja yang memang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga perlu untuk memiliki tabungan. Sehingga nantinya kamu memiliki uang yang bisa digunakan ketika terdapat kebutuhan yang mendadak.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store