Ingin hidup sehat? Atau mau menurunkan berat badan tanpa ribet? Makanan berprotein tinggi punya banyak manfaat untuk bikin kita lebih sehat dengan berat badan ideal lho. Apa aja sih makanan berprotein tinggi yang bisa kita konsumsi? Yuk simak ulasannya!

Manfaat Makanan Berprotein Tinggi

Makanan Berprotein Tinggi - Manfaat Makanan Berprotein Tinggi

Kenapa sih kita harus makan makanan berprotein tinggi secara teratur? Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan berprotein tinggi lho. Ini dia beberapa dampak positif dari makanan berprotein tinggi yang bisa jadi motivasi kita untuk lebih banyak mengkonsumsinya.

1. Menurunkan berat badan tanpa diet

Tahukah kamu kalau protein adalah nutrisi yang paling penting buat tubuh kita kalau kita mau menurunkan berat badan? Protein yang tinggi bisa mempercepat metabolisme tubuh kita, mengurangi nafsu makan, dan mengatur hormon yang bikin kita lapar lho. Selain itu, mengkonsumsi protein lebih banyak juga bisa bikin tubuh kita secara otomatis bisa menurunkan berat badan tanpa perlu diet dan mengurangi makan lho, bahkan hingga 6.5 kg dalam 3 bulan.

2. Membuat otot lebih kuat

Sering olahraga? Berarti kamu butuh makanan berprotein tinggi untuk mencegah cedera dan bikin otot kamu lebih kuat untuk olahraga. Protein bisa memperbaiki otot kamu yang lelah atau rusak karena olahraga. Nggak hanya memperbaiki otot lho – protein juga bisa bikin otot kita lebih kuat sehingga kita bisa sering olahraga secara teratur. Bahkan, sering mengkonsumsi makanan berprotein tinggi bisa bikin otot kita kuat untuk berolahraga hingga kita tua lho.

Baca juga: 7 Jenis Olahraga Mengecilkan Paha Ini Wajib Kamu Coba!

3. Mempercepat penyembuhan luka

Kalau ada luka di kulit kita yang mengganggu dan bikin kulit kita nggak mulus lagi, makanan berprotein tinggi bisa mempercepat proses penyembuhan lukanya lho. Menurut The Jakarta Post, protein bermanfaat untuk memperbaiki kulit kita yang rusak, kolagen dan pembuluh darah yang luka lho. Bahkan, kalau kita nggak mengkonsumsi protein yang cukup, proses penyembuhan luka justru bisa terhambat.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Protein bermanfaat banget lho dalam menurunkan tekanan darah kita yang terlalu tinggi, bahkan lebih bermanfaat daripada karbohidrat dan gula. Menurut studi dari Boston University, AS, konsumsi protein yang tinggi  – terutama dari makanan berbahan dasar susu – bisa menjaga tekanan darah kita supaya tetap normal dan mengurangi risiko terkena hipertensi hingga 40% lho. Bahkan, kalau kita juga sering makan makanan berserat tinggi, kita bisa mengurangi risiko hipertensi sampai 60%.

Baca juga: Supaya Sehat, Yuk Makan 15 Makanan Berserat Tinggi Ini!

Makanan Berprotein Tinggi

Supaya kita bisa merasakan manfaat protein untuk menjaga kesehatan tubuh kita, ada beberapa makanan berprotein tinggi yang bisa kita konsumsi sehari-hari lho. Supaya kita bisa lebih sehat, ini dia 12 makanan berprotein tinggi yang cocok kita konsumsi tiap hari.

1. Telur

Makanan Berprotein Tinggi - Telur

Tahukah kamu kalau telur ayam adalah makanan yang disebut-sebut sebagai makanan paling sehat di seluruh dunia? Selain mengandung protein yang tinggi, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh lho. Dilansir dari Healthline.com, telur ayam bahkan mengandung kolin yang menjaga kesehatan sistem saraf, hati, dan jantung kita lho dan lutein yang menjaga kesehatan mata.

Protein yang paling tinggi di telur ayam terdapat di bagian putih telur, tapi vitamin dan mineral lainnya justru paling banyak terdapat di kuningnya. Untuk kita yang mau menurunkan berat badan juga sebaiknya makan telur ayam bagi hari saat sarapan karena bisa bikin kita lebih kenyang seharian.

2. Kacang almond

Makanan Berprotein Tinggi - Kacang Almond

Coba tebak, berapa gram protein yang terdapat dalam 10 butir kacang almond? Di dalam 10 kacang almond ternyata terdapat 2.5 gram protein lho. Jadi, dengan makan 20 butir almond tiap hari, kita udah bisa mendapat 5 gram protein yang bikin kita merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Kacang almond juga mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa bikin kita awet muda, serta vitamin E yang mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker lho.

Kacang almond bisa kita konsumsi dalam bentuk susu almond yang lagi hits atau kita tambahkan pada oatmeal dan smoothie bowl kita lho. Selain itu, kacang almond yang dipanggang tanpa garam terlalu banyak juga cocok banget untuk kita makan lho.

3. Dada ayam

Makanan Berprotein Tinggi - Dada Ayam

Nah, kalau kamu lagi diet dan ingin makanan berprotein tinggi untuk membantu kamu menurunkan berat badan, dada ayam cocok banget nih untuk kamu makan karena kalorinya rendah dan proteinnya tinggi sehingga bikin kamu kenyang tanpa berkalori tinggi. Protein dalam 1 ons dada ayam rebus tanpa bumbu juga tinggi banget, yaitu 31 gram per ons lho. Selain itu, kadar garam yang rendah di dada ayam juga cocok untuk kita yang berisiko terkena hipertensi.

Dada ayam bisa kita makan bareng salad supaya kita juga mengkonsumsi serat yang tinggi juga. Dada ayam juga enak banget dimakan dan tetap sehat ketika ditumis bareng sayuran atau dipanggang menjadi steak tanpa bumbu berlebihan.

4. Keju mozarella

Makanan Berprotein Tinggi - Keju Mozarella

Keju khas Italia yang biasanya terbuat dari susu sapi atau kerbau ini mengandung 26 gram protein per ons. Selain itu, keju mozarella juga mengandung probiotik yang tinggi lho sehingga bikin pencernaan kita lebih lancar dan sistem kekebalan tubuh kita lebih kuat.

Nah, supaya beneran dapat manfaat keju mozarella untuk kesehatan kita, sebaiknya kita makan keju yang satu ini bareng sayuran ya, terutama dalam bentuk salad. Keju mozarella juga cocok dimakan bareng telur supaya proteinnya lebih maksimal lagi. Pastikan kamu nggak makan keju yang satu ini dalam bentuk cheese spread ya yang bikin nutrisinya hilang.

5. Greek yogurt

Makanan Berprotein Tinggi - Greek Yogurt

Yogurt memang pada dasarnya mengandung protein yang banyak. Tapi, menurut majalah Preventionyogurt jenis greek yogurt adalah yang paling baik untuk kesehatan kita lho karena mengandung 2 kali lebih banyak protein. Selain itu, greek yogurt juga mengandung bakteri baik yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan bikin perut nggak buncit.

Walaupun greek yogurt sehat banget, hati-hati dengan bahannya ya. Pastikan greek yogurt yang kita konsumsi nggak ditambahkan zat aditif buatan dan gula tambahan yang bikin kita nggak sehat.

6. Tuna

Makanan Berprotein Tinggi - Ikan Tuna

Sama seperti dada ayam, tuna juga mengandung sekitar 30 gram protein per onsnya. Selain itu, salah satu daging ikan yang paling banyak dikonsumsi sedunia ini juga mengandung selenium untuk mengurangi risiko terkena penyakit autoimun dan niacine yang mencegah depresi.

Walaupun tuna enak banget dikonsumsi dalam bentuk sashimi atau dicampur spaghetti, hati-hati dengan jenis tuna yang kita konsumsi ya. Jangan makan tuna kalengan yang mengandung terlalu banyak garam sehingga bikin kita gampang terkena hipertensi. Selain itu, hindari juga tuna Maguro dan Bluefin yang udah langka ya.

7. Udang

Makanan Berprotein Tinggi - Udang

Tahukah kamu kalau 90% kalori di udang berasal dari protein? Makanan laut yang satu ini memang punya protein yang tinggi banget. Selain itu, menurut situs Naturalfoodseries.com, udang juga bermanfaat bikin otak kita lebih sehat dan nggak gampang lupa, mencegah kerontokan rambut, dan bikin kulit kita sehat.

Walaupun bermanfaat banget untuk kesehatan dan enak banget kita makan sebagai bagian sushi, hati-hati ya karena udang mengandung kolesterol yang tinggi. Jangan sampai kita makan lebih dari 6 ons udang per hari.

Baca juga: Ingin Sehat? Cobain 8 Makanan Penurun Kolesterol Ini!

8. Kentang Panggang

Makanan Berprotein Tinggi - Kentang Panggang

Makanan yang satu ini terkenal dengan karbohidratnya yang banyak dan seringkali disebut sebagai musuh orang yang sedang diet. Tapi, sebenarnya kentang panggang justru bermanfaat banget untuk menurunkan berat badan lho karena mengandung protein yang lumayan banyak. Dilansir dari Livestrong.com, 1 kentang berukuran sedang mengandung 7.5 gram protein yang bikin kita lebih gampang kenyang. Selain itu, kentang panggang juga mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan kita.

Supaya kita bisa mendapatkan manfaatnya kentang panggang, terutama untuk diet, sebaiknya kita makan kentang panggang yang plain ya – tanpa mentega atau krim. Kalau mau menambah topping di kentang panggang, sebaiknya tambahkan topping berupa sayur atau daging cincang tanpa bumbu terlalu banyak ya.

9. Soba

Makanan Berprotein Tinggi - Soba

Mie dingin khas Jepang yang terbuat dari buckwheat ini nggak hanya mengandung protein yang lebih tinggi dari pasta, tapi juga memiliki protein yang berkualitas, efektif digunakan oleh tubuh kita, dan cocok untuk kita yang vegetarian. Selain itu, soba juga bisa mengatur gula darah kita, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

Menu soba dengan bermacam-macam kuah dan topping ala Jepang yang kita kenal selama ini bermanfaat banget untuk kesehatan kita, apalagi soba dengan topping sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Kita juga bisa cobain soba dengan bumbu spaghetti dan topping daging cincang, sayur, atau tomat ala Italia.

10. Tempe

Makanan Berprotein Tinggi - Tempe

Makanan yang satu ini mungkin lebih kita kenal sebagai makanan rumahan yang ada di meja makan kita. Tapi, sebenarnya tempe punya banyak banget manfaat untuk kesehatan lho yang bikin makanan ini cocok kita makan sehari-hari. Selain mengandung 5 gram protein per ons, tempe juga mengandung prebiotik yang melancarkan pencernaan dan bisa mengurangi kolesterol.

Supaya kita bisa mendapatkan manfaat tempe untuk kesehatan, kita lebih baik mengkonsumsi tempe yang dikukus, dibakar, dipanggang atau dalam bentuk tempe bacem, sambal tempe, dan pepes tempe. Hindari tempe yang digoreng ya karena menggoreng tempe dengan minyak bikin prebiotik di dalamnya hilang.

Tetap Sehat Sambil Hemat

Kalau ingin tubuh kita tetap sehat, pastikan kita mengkonsumsi makanan berprotein tinggi secara rutin ya. Takut boros karena harus sering makan makanan sehat? Kamu bisa tetap sehat dan hemat lho bareng aplikasi Cashbac yang memberikan kamu instant cashback untuk setiap transaksi, termasuk ketika cobain berbagai menu makanan berprotein tinggi di berbagai restoran seperti Zenbu, Salad Top, Salad Bar, Poke Mob, D’Cost, Penang Bistro, Manhattan Fish Market, Fit Lokal, Little Ubud, Rasa Rasa, Sapo Oriental, Seafood Aroma, Something About Salad, dan masih banyak lagi.

Cara menggunakan Cashbac gampang: cukup download aplikasinya, registrasi dengan kartu debit/kartu kredit, dan gunakan aplikasinya untuk bertransaksi dan dapat instant cashback. Cashback yang berlipat-lipat ini bisa langsung kita gunakan untuk transaksi selanjutnya atau kita simpan untuk digunakan kapanpun selama akun kita masih aktif lho.

Jadi, jangan lupa untuk sering mengkonsumsi makanan berprotein tinggi ya untuk menjaga kesehatan kita. Sehat juga nggak harus mahal lho karena ada aplikasi Cashbac yang bikin kita bisa sehat tanpa boros. Selamat makan!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store