Saat ini, kacamata gaul menjadi salah satu aksesoris yang wajib banget dimiliki kita yang ingin tampil kekinian. Kacamata hitam dengan berbagai bentuk menjadi salah satu barang yang harus ada di tas supaya selalu siap untuk foto-foto instagramable. Sekarang bahkan udah banyak frame kacamata gaul yang bisa kita gunakan untuk bikin penglihatan lebih jelas lho. Tapi, nggak semua model kacamata cocok kita gunakan lho karena harus sesuai dengan bentuk wajah kita. Ingin tahu model kacamata gaul mana yang sesuai dengan bentuk wajah kamu? Ini dia ulasannya!

Kacamata Gaul untuk Bentuk Wajahmu

Walaupun kacamata gaul bisa digunakan oleh semua orang, nggak semua model kacamata cocok untuk kita lho. Model kacamata yang paling tepat untuk kita biasanya tergantung pada rambut, warna kulit, dan pastinya bentuk wajah kita. Pilihan kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah bakal bikin wajah kita terlihat lebih keren dan sebaliknya, pilihan kacamata yang salah akan membuat wajah kita terlihat aneh.

Baca juga: Cepat dan Mudah, Yuk Cobain Cara Menebalkan Rambut Alami Ini!

Jadi, model kacamata gaul seperti apakah yang cocok untuk wajah kita? Dilansir dari Kumparan dan Allaboutvision.com, ini dia berbagai model kacamata yang kekinian dan sesuai dengan bentuk wajah kita.

Wajah persegi

Kacamata Gaul - Wajah Persegi

Sumber: coastal.com

Tipe wajah yang ini biasanya memiliki dahi yang lebar, rahang yang kuat, dan biasanya juga cukup proporsional secara horizontal dan vertikal. Si wajah persegi seringkali terlihat tegas, bahkan jutek atau galak karena bentuk wajahnya ini sehingga harus hati-hati dalam memilih frame kacamata agar membuat wajah terlihat lebih lembut.

Supaya kita yang berwajah persegi nggak terlihat memiliki wajah yang terlalu kaku dan padat, sebaiknya pilih kacamata gaul dengan frame bulat dan tipis ala The Beatles. Kacamata yang lancip di sudut atau cat eye dan kacamata oversized yang lebih besar dari area pipi juga cocok banget untuk bikin wajah kita nggak terlihat terlalu tegas. Kita yang berwajah persegi juga sebaiknya menghindari frame dengan warna terlalu terang dan berbentuk persegi tegas atau terlalu geometris ya supaya nggak bikin wajah kita terlihat semakin kaku.

Wajah hati

Kacamata Gaul - Wajah Hati

Sumber: coastal.com

Kita yang berwajah hati biasanya memiliki dahi lebar dengan dagu yang runcing dan tulang pipi yang tinggi. Proporsi yang nggak seimbang ini terkadang membuat dahi kita menjadi perhatian banget karena lebih lebar daripada bagian bawah wajah kita. Si wajah hati juga biasanya kelihatan terlalu kurus dan tirus sehingga butuh kacamata gaul yang bisa bikin wajah kita terlihat berisi.

Supaya terlihat lebih seimbang dan proporsional, frame berbentuk bulat atau oval yang tebal di bagian bawah cocok untuk kita supaya mengalihkan perhatian dari bagian atas wajah kita. Frame yang kita pilih juga sebaiknya berwarna terang supaya menarik perhatian. Kacamata oversized seperti aviator atau jenis kacamata semangka cocok juga untuk kita gunakan karena lebih lebar dari dahi kita sehingga membuat bagian atas wajah terlihat lebih sempit. Kekinian dan bikin wajah terlihat proporsional!

Baca juga: Terlalu Kurus? Coba 8 Tips Menggemukkan Badan yang Ampuh Ini

Wajah oval

Kacamata Gaul - Wajah Oval

Sumber: coastal.com

Kalau kita memiliki bentuk wajah yang satu ini, wajah kita termasuk yang paling ideal untuk model kacamata apapun. Si wajah oval biasanya mempunyai garis rahang yang lembut, dagu yang agak tajam, dan tulang pipi yang tinggi. Dahi kita yang berwajah oval juga biasanya cenderung sempit sehingga nggak terlalu mencolok.

Nah, walaupun kita yang berwajah oval cocok menggunakan frame kacamata gaul berbentuk apapun, sebaiknya kita tetap berhati-hati memilih kacamata supaya menjaga keseimbangan proporsi wajah kita. Hindari frame kacamata yang terlalu oversized. Kita juga bisa bereksperimen dengan tiny sunglasses ala supermodel atau kacamata dengan frame tebal dan lebar.

Wajah bulat

Kacamata Gaul - Wajah Bulat

Sumber: coastal.com

Tipe wajah yang satu ini biasanya memiliki dahi yang agak lebar, pipi yang chubby, dan dagu yang lebar juga tanpa rahang yang tegas. Nggak jarang, pemilik bentuk wajah bulat terlihat lebih tembem karena struktur wajahnya yang nggak memiliki sudut tegas. Si wajah bulat pun juga harus hati-hati banget dalam memilih kacamata karena memilih model yang salah bisa bikin kita terlihat semakin chubby.

Nah, supaya wajah kita terlihat sedikit berstruktur dan tegas, sebaiknya pilih kacamata dengan bentuk persegi atau dengan segi banyak dan tegas seperti kacamata segi enam atau kacamata segitiga. Frame yang kita pilih juga sebaiknya tebal dan kaku supaya bikin wajah kita terlihat lebih tirus dan seimbang.

Wajah ketupat

Kacamata Gaul - Wajah Ketupat

Sumber: coastal.com

Tipe wajah yang satu ini termasuk langka nih. Kebalikan dari tipe wajah hati, si wajah ketupat justru mempunyai dahi yang sempit nih. Selain itu, kita yang berwajah ketupat juga biasanya punya pipi yang lebar dengan tulang pipi yang tegas dan dagu yang sempit. Tulang pipi yang tegas nggak jarang bikin si wajah ketupat terlihat serius. Jadi, pemilihan kacamatanya harus pas supaya bikin wajah terlihat lebih playful dan lembut.

Untuk bikin dahi kita terlihat lebih proporsional dan lebar, sebaiknya pilih model kacamata dengan frame yang tebal di bagian atasnya. Selain itu, kacamata dengan frame tipis berbentuk oval atau cat-eye juga cocok untuk kita. Sebaliknya, hindari frame kacamata yang bentuknya terlalu kecil karena akan bikin bentuk wajah kita terlihat semakin jelas.

Tips Anti Ribet Merawat Kacamata

Selain memilih model kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah kita, kacamata gaul kita juga perlu dirawat lho supaya nggak gampang rusak dan harus diganti. Menurut Hellosehat.com dan Womantalk.com, ada beberapa tips yang mudah kita lakukan untuk merawat kacamata kita lho.

1. Bersihkan kacamata dengan benarKacamata Gaul - Membersihkan Kacamata dengan Benar

Sering membersihkan kacamata dari debu? Udah menggunakan teknik membersihkan kacamata dengan benar belum? Untuk kacamata yang kita gunakan sehari-hari, kita nggak bisa sembarangan lho membersihkannya supaya nggak merusak kacamata. Membersihkan kacamata sebaiknya kita lakukan secara rutin dengan menggunakan microfiber dan cairan pembersih khusus lensa kacamata atau sabun dan air mengalir untuk menghindari penumpukan kotoran, terutama minyak dan keringat. Penumpukan kotoran inilah yang bisa bikin wajah kita jadi nggak mulus lagi karena jerawat lho. Pastikan juga kita nggak membersihkan kacamata terlalu keras sehingga menggores atau menekannya ya.

Supaya kacamata kita semakin bersih, pastikan juga kita membersihkannya secara rutin ke optik ya, minimal seminggu sekali. Di optik, biasanya terdapat pembersih kacamata ultrasonik yang bisa membersihkan kacamata secara total hingga ke sudut terkecil sehingga bikin kacamata kita semakin bersih.

Baca juga: Inilah Cara Memuluskan Wajah yang Gampang Dilakukan

2. Lepas kacamata dengan dua tangan

Mungkin karena mudah, kita terbiasa untuk melepaskan kacamata dengan satu tangan saja. Padahal, kebiasaan ini nggak jarang bikin gagang kacamata kita berubah bentuk dan kacamata kita menjadi lebih longgar lho sehingga nggak nyaman kita gunakan. Nah, untuk menghindarinya, mulai biasakan untuk selalu melepaskan kacamata dengan dua tangan ya.

Kalau bentuk gagang kacamata kita terlanjur berubah karena kebiasaan melepas kacamata dengan satu tangan ini, sebaiknya kita segera ke optik untuk melakukan penyetelan ulang agar bentuk kacamata kembali sesuai dengan bentuk wajah kita.

3. Simpan kacamata dengan baik

Kacamata Gaul - Meletakkan Kacamata dengan Baik

Setelah membersihkan kacamata atau menggunakannya, pastikan kita menyimpan kacamata dengan baik di tempat kacamata ya. Biasanya, optik di mana kita membeli kacamata akan memberikan kotak kacamata yang bisa kita gunakan untuk penyimpanan, tapi kalau kita nggak punya atau kehilangan kotak kacamata tersebut, kita cukup menaruh kacamata kita di tempat yang aman dengan posisi lensa menghadap ke atas supaya kotoran di tempat kita meletakkannya nggak menempel.

4. Stop meletakkan kacamata di atas kepala

Kebiasaan meletakkan kacamata di atas kepala ini biasanya sering dilakukan oleh kita yang bekerja di depan layar seharian supaya hidung dan telinga sejenak lepas dari tekanan kacamata tapi kita juga nggak ribet ketika butuh kacamata lagi. Tapi, tahukah kamu kalau kebiasaan ini bakal bikin kacamatamu gampang kotor? Iya, lensa kacamata yang diletakkan di atas kepala akan terkena gesekan dari rambut kita yang berminyak dan menyimpan kotoran sehingga bikin lensa kacamata kita kotor. Jadi, kalau kita sering melakukan kebiasaan ini, yuk mulai berhenti.

Cara Tampil Kekinian Tanpa Boros

Setelah tahu model kacamata gaul yang cocok untuk kita dan cara merawatnya, saatnya tampil kekinian dengan kacamata gaul yang lagi hits dan pastinya, yang terawat dengan baik juga. Takut beli kacamata gaul yang baru bakal bikin kamu boros? Atau ingin lebih hemat saat merawat atau memperbaiki kacamata yang rusak? Ada cara mudah supaya kamu tetap hemat saat tampil kekinian dengan kacamata gaul favorit kamu lho, yaitu dengan aplikasi Cashbac.

Cashbac memberikan kamu instant cashback untuk setiap transaksi yang kamu lakukan, termasuk ketika beli kacamata atau melakukan perawatan kacamata di Visus Optical, Optik Jesslyn, Optik Siloam, Optik Olympus, Omnia Optik, Eyes Boutique, Wise Optical, Oxygen Optic, dan masih banyak lagi. Cara menggunakannya juga gampang banget: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu kredit/kartu debitnya, dan gunakan aplikasi Cashbac saat bertransaksi untuk mendapatkan instant cashback. Cashback ini bisa langsung kamu gunakan untuk untuk transaksi selanjutnya atau simpan untuk digunakan kapanpun selama akunmu aktif.

Soal keamanan data, jangan khawatir! Selain menggunakan Secure 3D Process untuk mengamankan data dan PIN yang hanya diketahui oleh kamu untuk bertransaksi, update terbaru Cashbac juga bikin datamu lebih aman dengan menggunakan password saat membuka aplikasi lho. Tampilan pada update terbaru Cashbac juga bikin kamu lebih gampang untuk browsing dan mencari optik favoritmu.

Jadi, saatnya tampil kekinian dengan kacamata gaul yang hits, sesuai dengan bentuk wajahmu dan terawat dengan baik nih. Dengan Cashbac, membeli dan merawat kacamata juga nggak bakal bikin kamu boros lagi. Selamat mencoba!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store