Selama mengalami masa #DiRumahSaja akan membuat kamu bosan dengan pola rutinitas yang itu itu saja. Namun, jangan berkecil hati sebab ada banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan, salah satunya masak. Hobi satu ini belakangan menjadi tren untuk mengatasi rasa jenuh pada masa pandemi.

Baca juga: Ternyata Ini Makanan yang Sesuai dengan Sifat Menurut Zodiak Kamu!

 

Rekomendasi Alat Memasak yang Wajib Kamu Miliki

Untuk mengasah skill tersebut, berikut beberapa alat memasak yang wajib kamu miliki.

1. Blender atau Food Processorblender atau food processor

Bagi kamu yang ingin memasak berbagai makanan dan mengolahnya menjadi adonan yang lebih lembut, maka kamu akan membutuhkan blender atau food processor. Blender sendiri berfungsi untuk mencampurkan bahan atau mengemulsi makanan. Sehingga, bahan bahan yang akan kamu gunakan untuk memasak menjadi lebih lembut dan mencampur secara merata.

Sedangkan food processor juga bisa berfungsi untuk menggiling daging. Apabila kamu ingin membuat dimsum, maka kamu perlu untuk memiliki alat satu ini. Pasalnya, food processor akan berfungsi untuk membuat daging ayam menjadi lebih lembut. Sebenarnya kamu juga bisa untuk mencacahnya menjadi halus dengan memakai pisau.

Akan tetapi, hal tersebut akan memakan waktu yang cukup lama. Sehingga, kamu bisa dengan mudah menggunakan food processor. Nantinya kamu akan bisa menghasilkan adonan daging ayam giling yang lembut. Dengan begitu, kamu bisa membuat dimsum tanpa membutuhkan waktu lama.

 

2. Mangkuk Adonanmangkuk adonan

Mangkuk adonan menjadi alat memasak lain yang wajib untuk kamu miliki. Sebab, dengan alat satu ini akan membuat bahan bahan dan adonan dapat tercampur dengan baik. Ada beberapa jenis bahan atau material yang bisa kamu pilih untuk mangkuk adonan ini. kamu bisa memilihnya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Akan tetapi, biasanya banyak orang menggunakan mangkuk adonan yang berbahan material yakni stainless steel. Apabila kamu sering melihat acara kompetisi yakni Master Chef, maka mangkuk jenis ini akan sering kali kamu temukan. Sebab, mangkuk adonan dengan bahan tersebut memiliki kedalaman yang cukup dalam untuk meletakkan makanan.

Sehingga kamu tak perlu khawatir untuk tumpah ketika mencampurnya. Selain itu, kamu juga perlu memiliki whisk. Whisk sendiri akan berfungsi untuk mencampur adonan dengan lebih merata. Sebenarnya, kamu juga bisa menggunakan sendok untuk mencampurnya. Akan tetapi, alat tersebut akan membuat sisa sisa adonan masih menyangkut.

Dengan menggunakan whisk, maka adonan akan tercampur lebih rata. Hal ini akan memudahkan kamu untuk memasak. Terutama, bagi kamu yang menggunakan bahan utama berupa tepung dan telur. Maka whisk akan menjadi pilihan yang tepat untuk kamu gunakan.

 

3. Panci dan Tatakan Untuk Memanggangpanci dan tatakan untuk memanggang

Alat memasak satu ini memiliki peranan yang cukup penting bagi kamu yang ingin membuat roti atau memasak dengan memakai oven. Ada banyak sekali makanan lezat yang mengalami proses pemanggangan dalam mengolahnya. Sebut saja seperti kue muffin, cupcakes ataupun cookies.

Selain itu, makanan Italia yang saat ini sedang naik daun yakni spaghetti brulee juga melalui proses pemanggangan di dalam membuatnya. Oleh karena itu, apabila kamu berencana untuk membuat makanan tersebut, panci dan tatakan pemanggang menjadi alat yang wajib kamu miliki. Alat satu ini juga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan memasak kamu.

Apabila kamu ingin membuat muffin atau cupcakes, maka kamu bisa memilih panci tatakan pemanggang yang khusus untuk membuat kue tersebut. Sedangkan, jika kamu ingin memasak spaghetti brulee maupun lasagna, maka pilihlah panci pemanggang yang berbentuk kotak. Sehingga kamu bisa memasak dalam jumlah yang banyak sekaligus.

 

4. Penjepit Makananpenjepit makanan

Meskipun sering dianggap tidak penting, akan tetapi alat satu ini cukup berguna ketika memasak. Dengan memakai penjepit makanan, kamu bisa dengan mudah untuk membolak balik makanan sehingga tangan tidak panas. Selain berguna untuk membolak balik daging, penjepit makanan juga berfungsi untuk mengangkat mie agar lebih mudah dibanding memakai spatula.

Sehingga tak ada salahnya untuk memiliki satu atau dua buah saja di rumah. Dengan begitu, pengalaman memasak yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang selama masa pandemi akan lebih mudah. Selain digunakan untuk memasak, alat ini juga bisa digunakan untuk mengambil makanan.

Baca juga: 7 Makanan Khas Indonesia yang Menjadi Favorit Dunia!

 

5. Alat Pengupas Sayuralat pengupas sayur dan buah

Alat pengupas sangat penting untuk proses memasak. Hal ini dikarenakan alat memasak tersebut akan membantu untuk mempermudah kamu di dalam proses mengupas kulit luar sayuran. Apabila kamu belum biasa mengupas sayuran dengan baik, maka hal tersebut bukan halangan untuk memulai proses memasak.

Pasalnya, dengan menggunakan alat pengupas ini akan lebih mudah untuk mengupas beberapa sayuran seperti kentang, wortel dan juga lainnya. Walaupun kamu bisa menggunakan pisau ukir, akan tetapi alat pengupas akan bekerja dengan lebih cepat dan cukup efisien di dalam mengelupas kulit yang terdapat di sayuran.

 

6. Pisau dan Talenanpisau dan talenan

Tidak dapat dipungkiri apabila pisau menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk proses memasak. Ketika mulai memasak di rumah, kamu tak perlu membutuhkan seperangkat pisau dengan beragam bentuk dan ukuran. Kamu hanya perlu memastikan jika pisau yang digunakan cukup tajam untuk memotong daging dan bahan bahan memasak.

Selain itu, talenan juga menjadi alat tak bisa terlepas dari pisau. Alat memasak ini berguna sebagai tempat untuk memotong aneka bahan makanan. Dengan menggunakan talenan, maka kamu nantinya akan lebih mudah untuk memotong beragam sayur, rempah rempah maupun daging. Sehingga, hasil potongan pun akan tampak rapi dan tidak berantakan.

 

7. Pancipanci

Panci memiliki ukuran yang sangat beragam. Untuk itu, kamu pun bisa memilihnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Fungsi dari alat dapur satu ini juga sangat banyak. Diantaranya adalah untuk mengukus masakan, merebus sayuran dan juga merebus air. Oleh karena itu, ketika ingin memulai memasak, pastikan kamu memiliki alat satu ini.

Kamu bisa memilih ukuran panci yang sesuai. Apabila kamu memasak untuk keluarga kecil atau seorang diri saja, usahakan untuk menggunakan panci yang berukuran tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan agar memudahkan kamu untuk memasak dan mengurangi space yang ada pada kompor.

 

8. Wajan atau Teflonwajan teflon

Kedua alat memasak ini digunakan untuk menggoreng dan memanggang bahan makanan. Selain itu, kamu juga bisa menumis masakan dengan memakai alat satu ini. Ketika akan membeli wajah atau teflon, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya adalah dengan memilih yang anti lengket.

Sebab, ketika kamu memasak menggunakan jenis wajan satu ini akan memudahkan kamu untuk membolak balik makanan yang sedang digoreng. Oleh sebab itu, usahakan memilih wajan atau teflon yang memiliki sifat tersebut. Sehingga, masakan pun tidak akan gosong karena kamu lebih mudah untuk membalik masakan.

Baca juga: Ini Dia 10 Makanan Berprotein Tinggi yang Bikin Kita Sehat!

 

Beli Alat Memasak dengan Cashbac

Cukup dirumah saja, karena semua kebutuhan kamu akan tetap terpenuhi dengan Cashbac.

Ada promo HOME untuk kamu pemegang kartu VISA, kartu kredit Standard Chartered, kartu kredit OCBC NISP, dan kartu kredit Maybank. Ada bonus points hingga 250 ribu jika menggunakan kartu-kartu tersebut di aplikasi Cashbac!

Kamu bisa membeli semua alat memasak yang berkualitas di ACE Hardware dan ACE Express, enaknya lagi kamu bisa pesan via WhatsApp!

Cara Order di ACE Hardware via WhatsApp

Beberapa peralatan dapur tersebut menjadi alat dasar yang bisa kamu miliki ketika ingin memasak. Selama masa pandemi ini, kamu bisa menyalurkan hobi yang sempat tertunda yakni memasak. Selain itu, kamu juga bisa mengasah kemampuan atau bakat kamu di bidang kuliner ini.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store