Pasta, kalau kamu mendengar kalimat ini pasti terbesit dipikiran kamu makanan khas Italia yang menggugah selera seperti Spaghetti atau Lasagna. Tetapi tahukah kamu, ternyata ada banyak sekali jenis pasta yang ada di dunia ini?

Beberapa jenis pasta sudah familiar di Indonesia dan sudah sering kita nikmati di restoran khas Italia seperti spaghetti, makaroni, lasagna, dan lain sebagainya, tetapi beberapa diantaranya juga jarang dibuat di Indonesia.

Tentang Pasta

tentang pasta

Menurut wikipedia, pasta berasal dari bahasa Italia yaitu “pasta alimentare” yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti yang lebih luas, “pasta” bisa berarti semua adonan seperti roti, cake, atau pastry. Pasta dengan bahan makanan seperti mi dalam bahasa Italia disebut “pastasciutta”.

Pasta dalam bahasa Inggris adalah sebutan untuk berbagai jenis masakan dengan bahan utama salah satu jenis pasta yang diberi bumbu dan saus.

Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, olive oil, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna.pembuatan pasta

Pasta dibuat dari tepung terigu semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu Farina dan Semolina, sehingga mempunyai tekstur yang lebih lembut untuk dijadikan hidangan seperti kaserol.

Di luar negara asalnya di Italia, pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering. Pasta kering dibuat di pabrik dengan menggunakan suatu mesin yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak. Pasta kering bisa tahan lama disimpan hingga 3 tahun atau lebih karena hanya memiliki kandungan air sebanyak 10%.pasta kering

Berbeda dengan pasta kering, pasta segar buatan rumahan atau restoran dibentuk dahulu dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus. Pasta segar memerlukan waktu masak yang tidak terlalu lama, namun pasta tersebut tidak tahan lama untuk disimpan karena memiliki kadar air yang sangat tinggi.

Seringkali di pasar swalayan atau supermarket kita jumpai pasta yang sudah dibuat beku, pasta tersebut sudah dimasak matang, jadi tinggal dipanaskan dengan oven atau microwave jika ingin menyantapnya.

Baca juga: Macam-Macam Keju di Dunia, Unik dan Lezat!

 

Jenis Jenis Pastamacam macam pasta

Pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Di negara asalnya sendiri Italia, terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk pasta yang baru. Pasta yang berbentuk seperti panjang-panjang seperti mi disebut spageti, variasi yang panjang dan pipih seperti kwetiau disebut linguine, versi yang agak tebal disebut fettucine, sedangkan variasi yang lebih kurus disebut vermicelli

Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama-nama bentuk pasta dalam bahasa Italia. Pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle, dan pasta berbentuk pendek-pendek seperti pena disebut penne . Jenis-jenis pasta yang populer bisa kamu lihat disini.

1. Spaghettispaghetti

Pasti kita semua sudah sangat familiar dengan yang namanya Spaghetti kan? Ya, spaghetti sudah sangat populer di dunia dan tentunya juga di Indonesia, yaitu sebuah makanan seperti mie yang berbentuk panjang-panjang yang dimasak tidak terlalu mentah dan tidak terlalu matang dilengkapi dengan saus yang khas. Orang juga menyebut spaghetti ini sebagai Mie Italia.

Di restoran-restoran, ada salah satu menu spaghetti yang sangat di sukai, yaitu spageti ala bolognese, adalah spaghetti dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut

2. Macaronimacaroni pasta

Macaroni ini juga adalah salah satu jenis pasta yang sudah terkenal. Macaroni ini bisa berbentuk lurus atau melengkung dengan lubang di bagian tengahnya. Macaroni biasanya disajikan dengan cara dipanggang dengan keju atau dijadikan isian sup.

3. Lasagnalasagna

Lasagna? Lumayan populer juga kan? Lasagna atau lasagne sendiri secara harfiah adalah pasta yang berisikan daging dan sayur-sayuran.

Lasagna disajikan dalam bentuk lembaran-lembaran tipis mirip keju slice yang disusun 7 lapis yang berisi sayuran, daging seperti ayam, seafood atau daging lainnya juga saus. Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dipanggang di oven sampai matang.

4. Fusillifusilli pasta

Fusilli adalah pasta yang berbentuk pendek dan spiral. Fusilli biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Fusilli sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan sebagainya. Fusilli bisa dijadikan pasta, campuran sup, hingga digoreng dengan taburan serbuk cabai.

 

Baca juga: Tempat Makan Bakmi Enak Rekomendasi di Jakarta

 

5. Fettucinefettucine pasta

Fettuccine dalam bahasa Italia artinya “pita kecil”, adalah salah satu jenis pasta yang populer di masakan Romawi. Fettucine berbentuk panjang dan pipih yang bentuknya sama seperti kwetiau.

Jenis pasta ini umumnya dihidangkan bersama saus tomat dengan taburan daging atau carbonara. Fettucine juga cukup mudah ditemukan sebagai menu di restoran-restoran di Indonesia.

6. Pennepenne pasta

Asal kata Penne berasal dari bahasa Latin yaitu penna, yang berarti “bulu” atau “pena”.

Penne merupakan pasta yang berbentuk seperti pena, dengan bentuk tabung berukuran kecil yang dipotong diagonal. Penne cocok disajikan dengan berbagai jenis saus, mulai dari krim, tomat, atau daging.

7. Angel Hairangel hair pasta

Angel Hair mempunyai nama Italia: Cappelli D’Angelo, karena angel hair termasuk dalam kelompok pasta Capellini atau jenis pasta yang tipis (dengan diameter antara 0.85 and 0.92 millimeter). Jika dibandingkan dengan spaghetti, bentuk angel hair lebih tipis dan tidak sekenyal spaghetti. Karena ketipisannya, waktu memasak angel hair pun cukup singkat.

Angel hair biasanya dimasak dengan sayur-sayuran dan campuran daging ditambah saus tradisional ala Italia. Saat ini banyak orang yang lebih menyukai angel hair ini dibandingkan spaghetti.

8. Ravioliravioli pasta

Ravioli merupakan makanan tradisional dalam masakan Italia, berasal dari kata kerja bahasa Italia yaitu “riavvolgere” yang artinya “untuk memungkus”.

Ravioli adalah jenis pasta yang terdiri adonan pasta tipis yang mempunyai isian didalamnya seperti pangsit. Ravioli biasanya disajikan dalam kaldu atau dengan saus. Ravioli umumnya berbentuk bujur sangkar, meskipun terkadang dibuat dalam bentuk seperti lingkaran dan setengah lingkaran.

9. Farfallefarfalle pasta

Nama Farfalle adalah berasal dari bahasa Italia yaitu farfalle yang berarti kupu-kupu. Ya, pasta ini cantik sekali karena berbentuk seperti kupu-kupu. Pasta ini seringkali disebut dengan “kupu-kupu pasta”.

Farfalle dapat disajikan semua jenis saus, tetapi paling cocok dengan saus krim dan saus tomat.

 

Itulah beberapa jenis pasta yang sudah familiar di Indonesia dan tersedia di restoran-restoran di Indonesia khususnya di restoran Eropa atau Italia. Apakah kalian sudah mencobanya semua? Jika belum, sekarang saatnya untuk mencobanya, karena semuanya sangat enak dan lezat.

Baca juga: 7 Makanan Khas Indonesia yang Menjadi Favorit Dunia!

 

Makan Pasta Nikmat Tapi Hemat

Takut mahal makan pasta? Sekarang ga perlu takut lagi, sekarang kamu bisa pakai aplikasi Cashbac, yaitu suatu aplikasi yang memberikan kamu cashback langsung di restoran-restoran yang menyediakan pasta seperti dibawah ini.

Pardon My Frenchpardon my french

Pardon My French adalah restoran yang banyak menyediakan menu khas Eropa, diantaranya adalah pasta, beberapa menu di restoran Pardon My French adalah:short rib picatta pasta - pardon my french

  • Lobster Vangole Spaghettini
  • Barollo Short Rib Ragu Pasta
  • Liguria Ox Tongue
  • Squid Ink Pasta Con Sardine
  • Aglio Olio La Pasta
  • Penne Ala Basil Pesto

Lokasi Pardon My French:

Jl. KH. Wahid Hasyim No. 154-156, Tanah Abang, Jakarta

 

Nosh Kitchennosh kitchen

Nosh Kitchen adalah restoran khas Italia, yang salah satu menu andalannya adalah pasta, beberapa menu di restoran Nosh Kitchen adalah:chicken alfredo pasta

  • Mushroom Meatball Pasta
  • Meatball Marinara Pasta
  • Garlic Oxtail Pasta
  • Grilled Chicken Pesto Pasta

Lokasi Nosh Kitchen:

  • Citywalk Sudirman, Lantai Ground, Jl. KH Mas Mansyur, Sudirman, Jakarta
  • Kota Kasablanka, Lantai Ground, Food Society, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta
Video Cashbac Review di Nosh Kitchen

 

VIN+vin+

VIN+ adalah satu restoran yang juga mempunyai menu khas Eropa satu menunya adalah pasta, beberapa menu di restoran VIN+ adalah:prawn angel hair sambal roa - vin+

Spaghetti, Fettucine, Penne, dan Angel Hair dengan pilihan saus:

  • Beef Bolognese
  • Marinara
  • Carbonara
  • dan lain-lain

Lokasi VIN+:

  • Central Park, Tribeca Park, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta Barat
  • Jl. Kemang Raya No. 45 B, Kemang, Jakarta Selatan
Video Cashbac Review di VIN+

 

Munchiesmunchies

Munchies adalah salah satu restoran yang menyediakan menu makanan Eropa termasuk pasta, beberapa menu pasta di restoran Munchies adalah:spicy prawn marinara - munchies

  • Creamy Mushroom
  • Aglio Olio
  • Spicy Aglio Olio
  • Beef Stroganof
  • Salmon Marinara
  • Carbonara
  • Basa Gede Prawn

Lokasi Munchies:

Kota Kasablanka, Lantai Ground, Food Society, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta

 

Social Affairsocial affair

Social Affair adalah sebuah restoran yang memang khusus menyediakan menu makanan khas Eropa yang sudah pasti termasuk pasta, beberapa menu pasta di restoran Social Affair adalah:truffle spaghetti - social affair

  • Linguine Aglio e Olio
  • Truffle Mushroom Angel Hair
  • Truffle Spaghetty
  • Spaghetty Bolognese
  • Seafood Linguine

Lokasi Social Affair:

  • PIK Avenue Mall, lantai Ground Floor, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
  • Mall Kelapa Gading 3, Lantai Ground, Jl. Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara
  • Cilandak Town Square, Lantai Ground, Jl. TB. Simatupang, Fatmawati, Jakarta Selatan
Video Cashbac Review di Social Affair

 

Selain restoran-restoran diatas, aplikasi Cashbac juga bisa digunakan di ribuan outlet lainnya seperti restoran, cafe, tempat belanja, klinik kesehatan & kecantikan, dan banyak tempat lainnya.

Buruan pakai Cashbac sekarang dan nikmati banyak manfaat yang bisa kamu dapat!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store