Bersepeda adalah salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan dan banyak disukai anak-anak. Ada beberapa jenis sepeda anak yang bisa kita temui dan dijual di pasaran. Tapi ternyata, bersepeda juga memberikan banyak manfaat bagi si kecil. Karena dengan bersepeda, anak bisa tumbuh lebih aktif dan sehat.

Baca Juga : 7 Jenis Sepeda Beserta Kegunaannya

 

Manfaat Bersepeda Untuk Anak

manfaat bersepeda untuk anak

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bagi anak-anak saat bermain sepeda, berikut ini :

1. Melatih Konsentrasi

Bermain sepeda ternyata memerlukan konsentrasi. Tidak hanya konsentrasi saat mengendarai sepeda agar seimbang saja, melainkan juga berkosentrasi pada tujuan dan arah. Karena bersepda dapat melatih anak menetapkan rute dan tujuan yang ingin ditempuh.

2. Melatih Motorik

Saat bersepeda, biasanya anak belajar menyeimbangkan tubuhnya supaya tidak terjatuh. Hal tersebut adalah bagian dari stimulus agar melatih keseimbangan. Di samping itu, tangan dan kaki juga ikut bergerak.

Dengan kaki yang bertugas mengayuh, sebagai bagian Latihan daya motoric kasarnya. Sementara tangan yang bergerak dan bertugas menggenggam stang dapat melatih keseimbangan sekaligus kemampuan motoric si kecil.

3. Menyehatkan Tubuh

Setiap olahraga, sudah tentu mempunyai manfaat bagi tubuh, menjadikannya lebih bugar dan sehat. Hal tersebut karena tubuh lebih aktif bergerak, serta dapat mengeluarkan keringat.

4. Membantu Tidur Lebih Lelap

Si kecil tentu membutuhkan waktu untuk beristirahat dengan cukup. Karena istirahat atau waktu tidur digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk perkembangan otak. Biasanya sesudah anak bersepeda, waktu tidur mereka menjadi bertambah. Bahkan mereka bisa tidur lebih lelap dan lebih lama, serta tidak gampang terbangun.

5. Belajar Bersosialisasi

Ketika si kecil sudah lancar bersepeda berkeliling komplek, maka pada saat inilah mereka bisa menemukan teman untuk bersepeda. Sehingga membuat aktivitas bersepeda lebih menyenangkan apabila dilakukan dengan teman-temannya.Tentu saja hal ini bisa berdampak positif untuk menumbuhkan jiwa sosial si kecil.

Wah, banyak juga yah manfaatnya. Jika kamu ingin menumbuhkan kegemaran anak bersepeda mulai dari sekarang, bisa membelikannya sepeda. Ada beberapa jenis sepeda anak yang dapat dipilih sebagai hadiah untuk si kecil.

 

Jenis Sepeda Anak Berdasarkan Kebutuhan

Ada beberapa ` sesuai kebutuhan yang dapat dipilih. Selain untuk bermain, dengan bersepeda bisa membantu motorik si kecil. Berikut ulasannya :

1. Sepeda Roda dengan Tiga Dorongan

sepeda roda dengan tiga dorongan

Sepeda tricycle atau sepeda roda tiga ini didesain untuk usia batita atau anak dibawah 3 tahun. Model sepeda ini biasanya tetap memperhatikan ketahanan dan keamanan ekstra, dengan tetap menampilkan sisi yang simpel dan menyenangkan supaya si kecil lebih nyaman. Ada tongkat pengendali yang berperan penting bagi sepeda dengan roda tiga ini.

Hal ini dikarenakan, pada batita biasanya mereka belum mampu mengayuh sepeda dengan baik sehingga memerlukan bantuan saat mengendarai sepeda. Melalui tongkat pengendali, sepeda bisa didorong dengan nyaman sambil berjalan tanpa harus membungkuk.

Untuk memilih sepeda jenis ini sebaiknya pilih yang menawarkan pelindung matahari supaya si kecil tidak kepanasan serta tetap dapat bersepeda saat siang hari.

 

2. Sepeda Roda Tiga

sepeda roda tiga

Jenis sepeda anak selanjutnya adalah model sepeda roda tiga yang sama persis seperti sepeda roda dengan tiga dorongan, hanya saja jenis sepeda ini bisa dipakai untuk si kecil yang sudah mampu duduk sendiri dengan stabil. Hal ini dikarenakan jenis sepeda ini tidak disertai sabuk pengaman.

Di bagian roda depan ada pedal menempel dengan baik yang digunakan untuk melatih tingkat kekuatan pada kaki si kecil. Akan tetapi, apabila kamu tertarik mengajarkan si kecil bagaimana cara mengayuh dengan benar, sebaiknya pilih sepeda roda tiga dengan pedal di bagian tengah.

Selain itu, sepeda roda tiga biasanya akan lebih stabil jika jarak antara kedua roda di bagian belakangnya lebih lebar.

 

3. Sepeda Pushbike

sepeda pushbike

Apa itu sepeda pushbike? Ini adalah sejenis sepeda dengan 2 roda tanpa pedal, sebagai pengganti pada sepeda roda dua dengan tambahan roda dan sepeda roda tiga. Anak-anak bisa mempelajari koordinasi tubuh menggunakan push bike dengan keseimbangan, pada anak berusia 3 tahun bisa beralih menggunakan sepeda roda 2 memakai pedal tanpa training wheels.

Dengan mengendarai sepeda ini, bisa membantu anak melatih keseimbangan motoriknya sekaligus keseimbangan di kedua otaknya. Ini biasanya terjadi berkat sinergi yang berasal dari berbagai aspek indra si kecil, dengan koordinasi total yang terjadi antara tangan, kaki, mata, otak dan badan.

Memiliki desain yang simpel dan ringan, dapat mempermuah si kecil belajar keseimbangan untuk menguasai Gerakan memutar, belok, menanjak, meluncur dan zig zag.

 

Model Sepeda Anak Dengan Diameter Roda

sepeda anak diameter roda

Jika kamu sudah memiliki anak berusia 3 tahun ke atas, ada beberapa jenis sepeda anak dengan diameter roda yang berbeda sesuai dengan usia si kecil berikut :

1. Sepeda Ukuran 12”

Sepeda ini adalah ukuran sepeda yang terkecil, sehingga cocok bagi anak berusia 3-4 tahun. Terdiri atas1 gigi, 2 roda tambahan dan ream coaster. Jika anak sudah mahir, secara bertahap kamu bisa mulai melepaskan roda kecil, yang dimulai dengan roda kecil di samping kanan.

2. Sepeda Ukuran 16”

Ukuran sepeda ini lebih besar dibandingkan sebelumnya. Berfungsi untuk melatih si kecil agar mereka mempunyai kontrol lebih baik. Biasanya diperuntukkan untuk usia anak mulai dari 4-6 tahun dengan tinggi badan sekitar 100-125. Jenis sepeda anak ini sudah dilengkapi rem tangan. Di beberapa seri bahkan telah dilengkapi roda kecil untuk penyeimbangnya.

3. Sepeda Ukuran 20”

Untuk sepeda ini cocok bagi anak-anak yang memiliki tinggi badan mencapai 120-135 cm. Sepeda ini rata-rata mempunyai kecepatan tunggal menggunakan 6 jenis gigi pada sepeda yang dapat diubah. Dengan kecepatan tunggal, dapat membantu si kecil yang berusia 6-9 tahun dapat berlatih mengendalikan kecepatan.

4. Sepeda Ukuran 24”

Adalah sejenis sepeda gunung mini. Untuk jenis sepeda anak ini sebaiknya dipakai pada anak berusia 9-12 tahun dengan tinggi sekitar 135-163 cm.

Baca Juga : Tips Bersepeda untuk Pemula agar Aman dan Nyaman

 

Memilih Sepeda Anak

memilih sepeda anak

Untuk memilih jenis sepeda anak yang tepat, sebaiknya sesuaikan dengan usia anak. Untuk memilih diameter roda pada sepeda, kamu bisa sesuaikan dengan tinggi si kecil. Misalnya saja untuk anak dengan tinggi 85-110 cm, bisa memilih sepeda dengan diameter 12 inchi. Sedangkan untuk tinggi badan sekitar 100-120 cm bisa memilih yang diameter rodannya 20 incch.

Selaian itu, kamu juga haruas mempertimbangkan bobot sepeda. Jika memilih bobot sepeda yang ringan, bisa membuat si kecil lebih mudah untuk mengendalikannya. Jadi ketika terjatuh daari sepedaa, mereka bisa lebih mudah bangun jika dibandingkan memakai sepeda berbobot berat.

Pilih juga sepeda yang menawarkan kelengkapan fitur, namun tetap sesuaikan dengan keperluan. Fitur penting sepeda yang harus diperhatikan yaitu ketersediaan rem, karena bisa membuat mereka lebih gampang mengendalikan sepeda. Dengan begitu, kamu tidak salah memilih jenis sepeda anak.

 

Cashbac Easypay

Jika saat ini kamu sedang membutuhkan sepeda untuk anak, kamu bisa membelinya di ATR Cycling. Karena disana kamu bisa memilih berbagai jenis sepeda sesuai kebutuhan dan produknya sangat berkualitas. Kamu bisa lebih hemat jika berbelanja di ATR Cycling dengan menggunakan Cashbac Easypay!

Cashbac Easypay merupakan fitur terbaru dari Cashbac yang memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa ribet dan tanpa biaya apapun yang berlaku di merchant favorit.

Keuntungan Cashbac Easypay adalah:

– Budget Belanja Jutaan
– Bayar 4x Sesuai Nilai Belanja
– Tidak Ada Biaya Tambahan Apapun
– Proses Cepat Bebas Ribet
– Bonus Point Rewards

Keuntungan yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, apply Cashbac Easypay sekarang juga!

DISKON 200 RIBU CASHBAC EASYPAY!