Covid-19 adalah penyakit yang terjadi akibat paparan virus severe acute respiratory syndrome corona virus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan, gejala ringan seperti flu, hingga pneumonia dan infeksi paru-paru. Sejauh ini cara mengetahui apakah seseorang terkena Covid-19 atau tidak adalah dengan melakukan beberapa jenis tes Covid.
Dengan melakukan tes Covid-19 maka dapat diketahui kondisi tubuh seseorang, apakah sudah terpapar oleh virus corona atau tidak. Apabila hasil tes Covid-19 menunjukkan tanda positif, maka orang tersebut wajib melakukan isolasi agar tidak berisiko menularkannya kepada orang lain.

Baca Juga : Yuk Ketahui Semua Hal tentang Virus Corona!

Jenis Tes Covid

Setiap negara di dunia sudah memiliki cara masing-masing untuk menetapkan standar tes Covid-19. Sedangkan di Indonesia, cara untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi virus corona atau tidak, dapat dilakukan dengan3 jenis tes Covid, yaitu TCM, PCR, dan Rapid Test. Sejauh ini tes Covid-19 boleh dilakukan oleh semua kalangan, baik yang sehat maupun yang merasakan gejala.

Di Indonesia sendiri jumlah tes Covid-19 setiap harinya selalu ditingkatkan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Hingga saat ini tercatat sudah ada lebih dari 2 juta kasus positif Covid-19 di Indonesia. Dalam penerapannya, Indonesia menggunakan 3 jenis tes untuk Covid yang akan dijelaskan lebih lanjut lewat beberapa poin berikut:

1. Rapid Testrapid test covid

Rapid Test menggunakan sampel darah, darah akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yaitu antibodi yang dapat terbentuk setelah tubuh mengalami infeksi. Rapid test sendiri dapat dilakukan di mana saja dengan waktu yang relative sangat singkat, yaitu kurang dari 20 menit.

Namun sayangnya hasil tes Rapid memiliki kelemahan karena dapat menghasilkan false negative atau kondisi di mana hasil tes tampak negative meski sebenarnya positif. Umumnya hal ini terjadi ketika tes dilakukan kurang dari 7 hari setelah seseorang terinfeksi.

2. Polymerase Chain Reaction (PCR)test swab pcr covid

Jenis tes Covid yang kedua adalah PCR yang saat ini dianggap paling akurat dalam menentukan apakah seseorang positif Covid-19 atau tidak. Tes PCR menggunakan sampel lendir yang diambil dari hidung dan tenggorokan. Dua lokasi ini merupakan tempat virus menggandakan dirinya sehingga dapat dideteksi lebih cepat.

Namun ada juga beberapa tes PCR yang mengambil sampel dari saluran pernapasan bawah atau sampel tinja. Virus yang aktif dapat terdeteksi karena memiliki material genetika yang serupa dengan RNA dan DNA.

Pada virus corona, genetic tersebut adalah RNA yang dapat diamplifikasi melalui PCR sehingga dapat terdeteksi. Metode PCR ini membutuhkan waktu yang lebih lama, bahkan bisa lebih dari 24 jam. Hal ini disebabkan proses identifikasi melalui dua tahap, yaitu ekstraksi dan amplifikasi dengan nilai akurasi yang lebih tinggi.

3. Tes Cepat Molekuler (TCM)test tcm covid

Sebelumnya tes TCM telah digunakan untuk mendeteksi penyakit tuberculosis berdasarkan pemeriksaan molekuler. Metode ini kemudian digunakan juga untuk memeriksa Covid-19 dengan amplifikasi asam nukleat yang berbasis cartridge.

Penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 dapat diidenfitikasi menggunakan cartridge khusus. Hasil tes TCM terbilang lebih cepat di banding tes lainnya, hanya membutuhkan waktu kurang dari dua jam saja.

 

Ketiga jenis tes Covid di atas merupakan cara yang diterapkan oleh pemerintah untuk mendeteksi Covid-19. Apabila kamu mengalami gejala ringan seperti demam, flu, batuk, atau bahkan gejala berat maka kamu dianjurkan untuk melakukan tes Covid-19.
Selain itu, untuk kamu yang habis melakukan perjalanan dari daerah dengan angka positif Covid-19 tinggi, dianjurkan untuk melakukan tes dan menjalani karantina mandiri.

Baca Juga : Waspada, Kenali Gejala Virus Corona!

 

Prosedur Tes Covid-19prosedur tes covid

Siapapun boleh melakukan tes Covid-19 demi memutus rantai penyebaran virus corona. Bahkan tes Covid-19 aman dilakukan untuk anak-anak sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun sebelum melakukan tes, pastikan kamu memenuhi beberapa prosedur berikut ini:

• Pertama, selalu gunakan masker saat ingin melakukan tes di Puskesmas, RumahSakit, Klinik, maupun tempat umum lainnya.

• Kedua, ikuti arahan petugas saat melakukan tes sesuai jenis tes Covid yang dipilih.

• Ketiga, pilih tes Covid-19 sesuai kebutuhan, seperti misalnya untuk syarat perjalanan, syarat bekerja, dan lain sebagainya.

• Keempat,lakukan tes apabila kamu memiliki riwayat bepergian ataupun kontak dengan pasien positif Covid-19.

• Kelima, patuhi prosedur setelah melakukan tes Covid-19, yaitu wajib melakukan isolasi apabila hasilnya positif.

Dengan mengikuti prosedur di atas maka kamu sudah berperan dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

 

Tempat Tes Covid-19tempat tes covid

Jika kamu sudah mengetahui jenis tes Covid yang ingin digunakan, maka kamu bisa segera melakukannya di beberapa tempat yang menyediakannya. Berikut ini beberapa tempat yang menyediakan layanan tes Covid-19:

1. Fasilitas Kesehatan

Pemerintah telah menunjuk RumahSakit, Puskesmas, dan beberapa klinik maupun Laboratorium dan Apotek sebagai tempat tes Covid-19. Kamu bisa melakukan tes di fasilitas kesehatan terdekat untuk mengurangi mobilitas agar tidak perlu jauh-jauh keluar rumah.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi layanan kesehatan yang menyediakan jasa tes Covid-19 di rumah. Hal ini tentu saja dapat mengurangi mobilitas public sehingga tidakperlu keluar rumah untuk melakukan tes Covid-19.

2. Fasilitas Umum

Selain melakukan tes Covid-19 melalui fasilitas kesehatan, kamu juga bisa memeriksakan diri di beberapa fasilitas umum. Pemerintah telah menetapkan fasilitas umum seperti Bandara, Stasiun, Terminal, Pelabuhan, hingga di beberapa Mall dan pusat perbelanjaan sebagai tempat tes Covid-19.

Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses tracing dan memudahkan publik yang ingin melakukan tes saat hendak bepergian.

 

Biaya Tes Covid-19biaya test covid

Apabila kamu ingin melakukan tes Covid-19 maka sebaiknya ketahui dulu masing-masing biaya yang tertera. Pemerintah sudah menetapkan batasan tariff tertinggi untuk setiap jenis tes Covid yang ada di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

1. Rapid Test Antibodi

Jenis tes Covid yang satu ini telah ditetapkan dengan tariff maksimal sebesar Rp 85 ribu. Rapid Test bisa dilakukan di beberapa fasilitas kesehatan maupun fasilitas umum. Namun perlu diingat bahwa rapid test adalah jenis tes yang tingkat akurasinya terbilang rendah.

Jenis tes ini tidak dianjurkan untuk kamu yang sudah merasakan gejala maupun memiliki riwayat kontak dengan pasien positif Covid-19.

2. Rapid Test Antigen

Untuk jenis tes Covid antigen dapat dilakukan di beberapa fasilitas umum dan fasilitas kesehatan dengan biaya maksimal Rp 250 ribu. Saat ini rata-rata tarif yang diberlakukan adalah Rp 150 ribu untuk pulau Jawa. Jenis tes ini terbilang cepat karena hanya membutuhkan waktu 15 menit saja.

3. Swab PCR

Swab PCR adalah jenis tes Covid yang paling mahal, yaitu dengan batas biaya maksimal Rp 900 ribu. Tes swab PCR akan dilakukan melalui tenggorokan dan pangkal hidung untuk kemudian dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

4. Tes TCM

Tes TCM adalah jenis tes Covid yang paling mahal, yaitu dengan kisaran biaya Rp 1,3 juta. Tes TCM ini belum banyak peminatnya karena mahal, oleh karena itu tes swab PCR yang lebih banyak dipilih karena lebih terjangkau dan akurat, disamping itu belum banyak juga fasilitas kesehatan yang menyediakan tes TCM ini.

Baca Juga : Upaya Pencegahan Virus Corona COVID-19

 

Cara Tes Covid-19 Lebih Hemataplikasi cashbac

Buat kamu yang berencana untuk melakukan tes COvid-19, kamu sekarang bisa lebih hemat, karena kamu bisa pakai aplikasi Cashbac.

Kamu bisa pakai Cashbac di tempat-tempat berikut untuk melakukan tes Covid-19 :

1. Gunung Sahari Labgunung sahari lab

Gunung Sahari Lab adalah laboratorium klinik yang berdiri sejak tahun 1985, antara lain berlokasi di :

  • Jalan Gunung Sahari Raya 51 A/3, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat.
  • Jalan Boulevard Kelapa Gading, Blok FV 1 Nomor 18, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Di Gunung Sahari Lab, kamu bisa melakukan Rapid Test Antigen, Rapid Test Antibodi dan Swab PCR.

Dengan menggunakan aplikasi Cashbac di Gunung Sahari Lab, kamu bisa mendapatkan bonus point 20% ditambah bonus point hingga 75 ribu!

2. Mayapada Clinicmayapada clinic

Mayapada Clinic merupakan bagian dari Mayapada Healthcare Group, adalah layanan kesehatan klinik primer yang terdiri dari 3 bagian menyatu yaitu dokter umum & gigi (dental), laboratorium klinik dan apotek. Berdiri di tahun 2015, antara lain berlokasi di :

  • Mayapada Tower 2, Lantai B, Jalan Jendral Sudirman Kavling 27, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.
  • Ruko Central Park Garden Shopping Arcade, Blok Beaufort Nomor 8 AB-AC, Kavling 5-9, Jalan Tanjung Duren Raya, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Di Mayapada Clinic, kamu bisa melakukan Rapid Test Antigen, Rapid Test Antibodi dan Swab PCR.

Dengan menggunakan aplikasi Cashbac di Mayapada Clinic, kamu juga bisa mendapatkan bonus point yang langsung kamu dapatkan setelah transaksi.

 

Tetap Aman dengan Cashbac

Selain bisa dipakai untuk melakukan tes Covid-19 di lab dan klinik diatas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Cashbac untuk membeli semua kebutuhan kamu di merchant-merchant pilihan seperti Alfamart, FamilyMart, ACE Hardware, Informa, hingga Drive Thru di McDonald’s dan McDelivery!

Tetaplah menjaga protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya, juga lihat tips dari Cashbac bagaimana Tetap Aman agar kita semua tetap sehat melalui tautan ini.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store