Ragam kuliner suatu negara memang masih jadi salah satu daya tarik utama wisata di suatu negara. Begitu juga dengan wisata di Vietnam, kuliner khas Vietnam disebutkan masuk jadi salah satu alasan utama para wisatawan melancong ke negara ini.

Bicara soal kuliner Vietnam, masakan khas Vietnam sendiri disebutkan kaya akan rasa namun sebagian besar tidak terlalu rumit. Hidangan khas Vietnam sebagian besar adalah hasil resep rumahan, namun ada tetap juga pengaruh kolonial Prancis pada beberapa hidangan.

Nah, jadi penasaran kan apa saja sih kuliner khas Vietnam yang patut Anda coba? Melansir Ndtv, Rabu (7/3/2018) berikut di bawah ini pemaparan singkatnya.

 

1. Pho 

Image source: http://www.superiorpho.com

Tidak dipungkiri, Pho memang menjadi hidangan sup ala Vietnam yang paling populer. Hidangan satu ini hadir dengan kuah kaldu yang kaya rasa, sajian yang disebutkan dengan ejaan ‘Fuh’ ini disebutkan kuah kaldunya aslinya berasal dari daerah Vietnam Utara, dekat Hanoi. Membuat kuah kaldu Pho, biasanya dengan tekni merebus tulang daging, rempah-rempah, mi, daging sapi atau ayam. Gurih dan hangat! Dua kata yang pas untuk menggambarkan sajian Pho.

 

2. Bun Cha 

Image source: https://taste.com.au

Semenjak dikonsumsi oleh mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan koki selebriti Antony Bourdain di mana keduanya menyantap di semangkuk Bun Cha di restoran pokey di Hanoi. Disebutkan, restoran Bun Cha Huong Lien, kini telah menjadi tempat wajib yang dikunjungi oleh turis dan pecinta makanan. Bun Cha sendiri diketahui adalah salah satu masakan klasik dari Hanoi. Lalu apa sebetulnya Bun Cha ini? Bun Cha adalah mi nasi atau Bun yang disajikan dengan saus cocolan dan dimakan bersama sajian daging babi bakar.

 

3. Goi Cuon (Rice paper rolls)

Image source: https://foody.vn/

Ialah isian berupa potongan daging babi atau udang dicampurkan dengan sayuran serta nasi mi yang kemudian dibungkus dengan kertas nasi (bahn trang dalam bahasa Vietnam), baru kemudian dimakan dicocol bersama saus kacang. Pada tahun 2011, CNN menamai makanan satu ini sebagai salah satu 50 makanan terbaik di dunia. Rice paper rolls ini disebutkan sebagai makanan yang di mana saat menyantapnya tidak bisa berhenti dengan hanya satu porsi saja. Goi Cuon pastinya hadir hampir di mana-mana di restoran Vietnam di seluruh dunia.

 

4. Banh Xeo

Image source: https://taste.com.au

Dibuat dengan tepung beras, air, cumi atau udang, irisan daging babi dan rempah-rempah yang diiris. Diketahui, makanan ini mengambil nama dari suara mendesis saat adonan dituangkan ke wajan. Secara visual, sekilan hidangan ini bentuknya terlihat seperti telur dadar.

 

5. Bun Bo Nam Bo

Image source: https://www.foodiesfeed.com

Lain lagi dengan Bun Bo Nam Bo, ini adalah sajian salad daging atau beef salad yang tidak hanya lezat namun juga sehat. Bun Bo Nam Bo disebutkan sebagai hidangan bergaya selatan. Terdiri dari mie beras, daging sapi, irisan sayuran segar dan kacang panggang. Lalu saus Nuoc cham yang dibuat dengan mencampurkan saus ikan, air jeruk nipis, gula dan air. Terakhir, biasanya dihias dengan irisan cabai atau bawang putih sehingga menghasilkan rasa akhir yang manis, asam dan pedas.

 

Sumber: Okezone

 

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store