Kegiatan Ramadhan merupakan salah satu kegiatan yang paling dinantikan seluruh umat muslim di belahan dunia manapun, tentunya tak terkecuali di negara dengan mayoritas muslim di dunia yaitu Indonesia. Meski ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi covid-19, namun hal ini tak merubah makna seluruh kegiatan ramadhan tahun ini. Catatan terpenting dalam menjalani bulan suci ini adalah tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah segala jenis kegiatan bulan ramadhan yang akan kamu jalankan.

Sebagai negara muslim terbesar rupanya Indonesia memiliki banyak jenis kegiatan ramadhan yang unik dan cukup berbeda diantara negara-negara lainnya. Apa sajakah itu?

 

Menjalani Kegiatan Ramadhan di Tengah Pandemipersiapan ramadhan

Kita tentu sedah memahami bahwa saat ini Indonesia belum seutuhnya sembuh dari pandemi.
Untuk itu, kemungkinan beberapa kegiatan diatas akan dilarang untuk digelar. Apabila beberapa kegiatan diatas diijinkan untuk digelar, tentunya harus memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Seperti misalnya:
Memakai masker terutama ketika diluar rumah.

Menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Menjaga kebersihan selama kegiatan, termasuk rajin mencuci tangan.

 

Kegiatan Menjelang Ramadhan Tibabulan puasa ramadhan 2020

Sebelum tiba bulan Ramadhan beberapa muslim di wilayah Indonesia memiliki berbagai
tradisi yang unik, seperti misalnya:

Padusan, dimana masyarakat muslim bersama-sama mandi di sebuah mata air alami yang konon bertujuan untuk melunturkan dosa dan kesalahan sebelum memasuki bulan suci ramadhan.

Mohibada, yaitu tradisi melulurkan rempah-rempah ke bagian tubuh termasuk muka agar senantiasa sehat ketika menjalani ibadah puasa.

Dandangan, yaitu kebiasaan berkumpul sebelum diumumkannya kehadirannya bulan suci ramadhan.

Arwah Jamak, yaitu acara membacakan doa bersama bagi orang tua, saudara atau siapapun yang sudah meninggal. Orang yang ingin anggota keluarganya didoakan biasanya akan memberikan sedekah.

Selain tradisi diatas, di berbagai wilayah Indonesia juga memiliki tradisi unik lainnya.
Keunikan ini mungkin hanya bisa ditemui di Indonesia, mengingat negeri ini memang
memiliki banyak sekali adat dan budaya.

 

Kegiatan Ramadhan Selalu Menyenangkan

Saat bulan suci ramadhan benar-benar sudah tiba, maka seluruh umat muslim khususnya di Indonesia pun menyambutnya dengan penuh suka cita. Dari tahun ke tahun, ada banyak kegiatan ramadhan yang bahkan hampir tak pernah terlewatkan.

Jika kamu mengingat lagi tahun-tahun ke belakang, mungkin kamu akan sadar bahwa beberapa kegiatan selama bulan ramadhan ini ternyata memang sangat dirindukan.

 

Kegiatan Saat Sahurkegiatan sahur

Adapun kegiatan menjelang dan di saat jam sahur adalah sebagai berikut:

Membangunkan Sahur

Kegiatan ramadhan membangun sahur tak hanya dilakukan di pedesaan, namun juga banyak dilakukan di perkotaan. Kegiatan ini dilakukan biasanya dengan cara menabuh berbagai alat musik seadanya sambil berjalan berkeliling rumah warga untuk membangunkan mereka sahur.

Memang terkesan berisik, namun kegiatan ini hanya ada saat bulan ramadhan dan cukup efektif untuk membangunkan warga agar segera sahur.

 

Makan Sahur

Bagi semua umat muslim yang akan menjalankan puasa memang disunnahkan untuk makan
sahur. Makan sahur sendiri umumnya dilakukan menjelang subuh. Meski begitu, orang yang
secara sengaja atau tidak sengaja melewatkan sahur tetap sah berpuasa.

Untuk kamu yang tidak sempat menyiapkan makan sahur, kamu bisa pesan makanan di McDonald’s dengan menggunakan McDelivery, akan lebih hemat jika menggunakan aplikasi Cashbac.

 

Kegiatan Sebelum berbuka Puasakegiatan ngabuburit

Untuk kegiatan sebelum berbuka puasa, orang biasanya melakukan kegiatan-kegiatan ini:

Membaca Al Quran

Di bulan puasa biasanya orang berlomba-lomba untuk mengisi kegiatan ramadhan dengan membaca Al Quran. Apalagi di bulan ramadhan ada hari peringatan Nuzulul Quran yang jatuh pada malam ramadhan ke-17, hari dimana kitab suci umat islam diturunkan oleh Allah SWT. Pada malam ini biasanya umat islam merayakannya dengan menggelar khatam quran. Meski sederhana, namun kegiatan ini sangat dinantikan para umat islam karena hanya terjadi setahun sekali.

 

Pesantren Kilat

Saat duduk di bangku sekolah kamu tentu pernah merasakan serunya kegiatan pesantren kilat. Kegiatan ramadhan yang satu ini umumnya digelar oleh pihak sekolah agar murid mereka semakin tenang dan khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa. Pesantren kilat juga biasanya diisi dengan pembelajaran ilmu-ilmu agama.

Tak hanya digelar di sekolah, beberapa tempat ibadah juga biasanya menggelar kegiatan pesantren kilat terbuka yang dikelola oleh para pemuda masjid, apalagi di saat pandemi seperti ini dimana kegiatan belajar mengajar sekolah diadakan di rumah, maka pesantren kilat di masjid atau musholla menjadi pilihan yang tepat tetapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Ngabuburit

Ngabuburit biasanya diisi dengan kegiatan jalan-jalan sore menjelang buka puasa. Sebagian orang juga memanfaatkan momentum ngabuburit ini untuk mencari takjil guna berbuka puasa. Biasanya saat ramadhan juga terdapat pasar dadakan, dimana mayoritas penjualnya menjajakan aneka makanan dan hidangan berbuka puasa.

Kamu juga bisa manfaatkan ngabuburit ini untuk mencari takjil di groceries favorit kamu seperti di Alfamart dan FamilyMart, atau bisa kunjungi merchant favorit kamu untuk membeli minuman manis seperti di Chatime atau Kopi Kenangan. Kamu bisa lebih hemat dengan menggunakan aplikasi Cashbac.

 

Berbagi Takjil

Selama bulan puasa kamu mungkin akan sering menemui orang-orang yang suka membagikan takjil gratis di pinggir jalan maupun di tempat ibadah. Kegiatan ramadhan ini selain bisa jadi nilai sedekah juga bisa menjalin silaturahmi antar sesama manusia.

Bagi-bagi takjil gratis ini biasanya dilakukan untuk mereka yang belum sempat berbuka di rumah, padahal waktu maghrib sudah tiba sedangkan mereka masih di jalan.

 

Kegiatan Saat Berbuka Puasakegiatan berbuka puasa

Inilah kegiatan orang pada saat berbuka puasa dan kegiatan lainnya:

Buka Puasa Bersama

Tradisi buka puasa bersama rasanya memang sudah menjadi acara rutin bagi mayoritas umat muslim di Indonesia. Tak hanya buka bersama keluarga besar saja, namun terkadang kegiatan ini juga dilakukan bersama komunitas lain. Seperti misalnya buka bersama rekan kerja, alumni sekolah, komunitas tertentu, pemuda masjid, anggota organisasi, dan banyak lagi.

Tak heran kalau sejak awal bulan ramadhan bahkan sudah ada orang yang menggelar kegiatan buka bersama untuk menghindari adanya bentrokan jadwal buka puasa bersama di akhir ramadhan.

Untuk berbuka puasa bersama, kamu bisa datang ke merchant-merchant favorit seperti Genki Sushi, D’Cost, Raa Cha Suki & BBQ, atau merchant lainnya. Kamu bisa gunakan aplikasi Cashbac supaya lebih berhemat, dan di aplikasi Cashbac kamu bisa melihat banyak sekali mechant untuk kamu berbuka puasa.

 

I’tikaf di Masjid

Pada sepuluh malam terakhir ramadhan banyak orang melaksanakan kegiatan I’tikaf atau
berdiam diri di masjid. Berdiam diri di sini bukan hanya duduk diam atau tidur, melainkan berzikir dan beribadah sepanjang malam. Biasanya orang-orang yang melakukan I’tikaf ini mengharapkan kekhusyukan dalam menyambut malam lailatul qadar.

Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga sering diajak melakukan I’tikaf oleh orang tua mereka. Mereka berada di masjid hingga waktunya sahur.

 

Kegiatan Menjelang Lebaran / Idul Fitrikegiatan lebaran

Bagi umat muslim di Indonesia, selain mengisi Ramadhan dengan berbagai aktivitas yang unik waktu menjelang idul fitri juga kerap disambut dengan penuh tradisi unik. Di beberapa daerah misalnya terdapat tradisi Likuran, dimana masyarakat akan saling bertukar makanan di hari ke 21 puasa sebagai tanda untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Selain itu ada juga kegiatan lain menjelang lebaran, misalnya:

Belanja Lebaran

Di hari lebaran, orang-orang berlomba-lomba untuk tampil dengan penampilan terbaik, untuk itulah banyak orang membeli pakaian baru.

Tidak hanya pakaian, tampilan rumah dan perlengkapannya pun harus terlihat bagus, maka terkadang dibutuhkan perlengkapan rumah yang baru untuk mengganti perlengkapan rumah yang lama yang sudah tidak layak pakai.

Untuk lebih hemat kamu bisa pakai aplikasi Cashbac, di aplikasi Cashbac kamu bisa belanja di Metro untuk membeli pakaian baru dan di ACE Hardware atau Informa untuk beli perlengkapan atau perabotan rumah.

Takbir Keliling

Malam hari sebelum idul fitri umat muslim di Indonesia kerap kali menyambutnya dengan kegiatan takbir keliling. Biasanya masyarakat yang mengikuti takbir keliling akan membawa obor dan juga bedug untuk ditabuh. Kegiatan takbir keliling ini biasanya sangat meriah, bahkan di beberapa kota juga ikut diramaikan dengan pawai kesenian yang begitu menarik.

 

Mudik

Mudik merupakan salah satu tradisi unik menjelang lebaran, dimana orang-orang yang berada di perantauan pulang kampung untuk mengunjungi keluarga dan sanak saudara dan merayakan idul fitri bersama.

Di Indonesia sendiri aktivitas mudik memang sangat spesial, bahkan H-7 hingga H+7 lebaran aktivitas ini disiarkan terus menerus di saluran televisi maupun media lainnya.

 

Kegiatan Ramadhan Tetap Hemat dengan Cashbac

Tetap jalani bulan puasa Ramadhan 2021 ini dengan baik. Pakai aplikasi Cashbac untuk semua keperluan ramadhan kamu, ada promo menarik yang bisa kamu dapatkan.

Bonus Points 30 Ribu!

Itulah kegiatan ramadhan di Indonesia yang sudah menjadi tradisi, meskipun saat ini kegiatan di bulan ramadhan masih cukup dibatasi karena adanya covid-19, namun tentu saja masih ada berbagai kegiatan yang juga masih diperbolehkan untuk dilakukan. Tetapi pastikan bahwa saat melakukan kegiatan tersebut, kamu tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Selamat Menunaikan Ibada Puasa Ramadhan 1442H!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store