Saat ini, dunia sedang digemparkan dengan virus Corona atau Coronavirus. Seperti yang kita tahu, tanggal 2 Maret 2020 lalu, Indonesia semakin diramaikan dengan pemberitaan virus corona karena sudah dua orang yang positif terinfeksi Coronavirus. Hal ini terjadi dikarenakan dua orang tersebut telah melakukan kontak langsung dengan warga Negara Jepang yang lebih dulu terkena virus corona saat berada di Indonesia.

Pemberitaan tersebut pastinya membuat masyarakat Indonesia merasa harus lebih waspada dalam menyikapi kasus virus corona ini. Apalagi, virus corona sudah menjadi masalah kesehatan secara global sejak akhir Desember 2019 lalu, hingga sekarang. Menurut sehatq.com, total kasus virus corona per 2 april 2020 telah mencapai 1790 korban. Namun, dari total tersebut terdapat 112 pasien yang berhasil sembuh dari coronavirus.

Memangnya, ada apa sih dengan coronavirus? Penyakit seperti apa sih yang dibawa pada virus corona? Yuk, kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

 

Apa Itu Virus Corona?apa itu virus corona

Apa sih virus corona atau coronavirus? Virus corona atau biasa disebut COVID-19 adalah virus yang dapat menyerang sistem pernapasan seseorang. Parahnya, selain dapat menyebabkan gangguan pernapasan, coronavirus juga bisa menyebabkan pneumonia akut bahkan kematian. Sudah banyak korban yang terserang virus corona, karena virus ini dapat menular dengan cepat dan sudah tersebar di banyak negara di dunia termasuk Indonesia salah satunya.

 

Asal Muasal Virus Coronapasar huanan wuhan china

Dari mana sih asal muasal virus ini? Awal mulanya, virus ini muncul dari Negara China. Virus ini diduga muncul pertama kali di Pasar Huanan, Wuhan, China. Pasar tersebut banyak menjual daging hewan yang tidak sering kita jumpai bahkan asing untuk di makan, seperti daging buaya, anak serigala, ular, tikus, landak, dan kelelawar. Perdagangan hewan-hewan asing ini memunculkan virus yang dinamakan virus corona. Diketahui juga orang pertama yang jatuh sakit akibat virus ini juga diketahui merupakan para pedagang di pasar tersebut.

Jelas dikatakan, bahwa virus ini berasal dari hewan-hewan yang dijual di Pasar Huanan dan menyebar dari hewan ke manusia kemudian manusia ke manusia. Virus ini menjadi suatu masalah kesehatan yang ditakuti peduduk dunia karena sangat cepat menyebar dan membahayakan.

Melihat cepatnya penyebaran virus corona di setiap negara, kini tiap negara sedang mencari vaksin dari virus ini. Semoga segera ditemukan dan penderita virus corona bisa segera disembuhkan ya!

 

Hal yang Perlu Kamu Pahami Tentang Virus Corona

Dengan adanya kasus coronavirus yang sudah tersebar luas dan sudah masuk ke Indonesia, ada baiknya kita extra hati-hati dan lebih waspada terhadap lingkungan sekitar. Untuk menjaga diri, apa saja sih yang harus kita perhatikan? Simak pembahasan di bawah ini:

1. Virus corona tidak menyebar lewat udara, namun virus ini akan menular ketika tetesan air liur dari orang yang sakit masuk ke dalam mata, hidung, dan mulit orang yang sehat.

2. Jika kamu melihat atau bertemu dengan seseorang yang sedang batuk, flu atau bersin-bersin dan terlihat tidak sehat, kamu bisa memilih untuk manjaga jarak 0,5 – 2 meter agar tetap aman dari percikan air liur dari orang yang sakit. Atau, kamu bisa memberinya masker agar melindungi orang-orang yang ada di sekitarnya.

3. Dimana saja air liur orang yang sakit dapat menempel?

  • Pegangan pintu
  • Pegangan kereta
  • Pegangan tangga
  • Tombol Lift
  • Perangkat digital
  • Alat makan
  • Dan masih banyak lagi, bahkan sampai pada bagian luar masker yang sedang kita pakai

4. Jika kamu tidak sengaja menyentuh benda-benda di atas, sebagai antisipasi jangan menyentuh wajah, mata dan hidung, apalagi mengucek mata. Pastikan kamu mencuci bersih dulu tanganmu ya!

5. Kamu sebaiknya mengurangi aktivitas di keramaian atau kerumunan orang banyak untuk menghindari masuknya virus-virus kedalam tubuh kamu.

6. Virus bisa menempel pada suatu benda atau barang selama 24 jam, jadi pastikan peralatan yang biasa kamu gunakan bersih, mungkin kamu bisa membersihkan barang-barangmu dengan tisu basah atau mencucinya dengan sabun jika memungkinkan.

Itu dia 6 hal yang harus kamu pahami mengenai virus corona.

 

Kamu bisa mencari tahu lebih banyak tentang virus corona dengan mengunjungi SehatQ.com. untuk tahu banyak informasi penting yang bisa kamu dapatkan, seperti pencegahan, pengobatan, serta perawatan sakit.

SehatQ juga memiliki fitur Tes Risiko COVID-19 lho, tidak hanya itu, SehatQ juga dapat membantu kamu dengan fitur tanya jawab dan booking dokter.

 

Cegah Virus Corona dengan 8 Langkah

sumber: suara.com

Penyebaran virus corona dari negara ke negara sangatlah cepat. Apalagi, saat ini coronavirus telah masuk ke Indonesia. Untuk mencegar penyebaran virus corona, yuk lakukan 8 langkah di bawah ini:

1. Rajin Mencuci Tangan

Buat dirimu bersih dari kuman, walaupun tidak bisa dihindari setidaknya kamu bisa menjaga kebersihan tanganmu dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Akan lebih baik jika kamu menggunakan sabun antiseptik. Kamu juga bisa memakai hand sanitizer sebelum dan setelah beraktivitas. Jika kamu ingin membeli sabun antiseptic dan hand sanitizer, kamu bisa mendapatkannya di minimarket seperti Alfamart.

2. Jangan Menyentuh Wajahjangan menyentuh wajah - corona

Hindari menyentuh bagian hidung, mulut, apalagi sampai mengucek mata. Jika memang harus, cuci bersih dulu tanganmu dengan sabun terlebih dahulu.

3. Hindari Berbagi Alat Makan

Hindari berbagi makanan dan juga alat makan seperti sendok dan garpu. Hayoo, buat kamu yang sering makan sepiring ramai-ramai, hindari dulu yaa. Selain menghindari menularkan virus corona dari sumber yang tidak kamu ketahui, hal tersebut juga tidak baik lho bagi kesehatan mulut.

4. Gunakan Masker

sumber: acehardware.co.id

Gunakanlah masker jika mulai merasa demam, batuk-batuk, dan sesak nafas. Untuk menjaga diri dari coronavirus kamu bisa membeli masker di Ace Hardware. Saat ini, Ace Hardeware sedang mengeluarkan masker khusus untuk mencegah virus berbahaya, yaitu masker N95. Berdasarkan acehardware.co.id, masker N95 ini menyaring udara hingga 95%, saringan ini juga sangat rapat hingga 1 micron dan dilengkapi karbon aktif.

Segeralah ke rumah sakit jika timbul gejala infeksi pernafasan.

5. Jangan Gunakan Masker Lama

buang masker lama

Jangan gunakan kembali masker yang sudah digunakan lebih dari 1 hari, atau buang segera maskermu jika terasa sudah tidak bersih, karena bakteri akan tumbuh di bagian dalam masker jika digunakan terlalu lama.

6. Makan-makanan yang sehat dan higienis

Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur-sayuran, pastikan kamu mencucinya dengan benar ya. Jika kamu tidak sempat memakan buah-buahan, kamu bisa meminum jus buah nih. Cashbac punya rekomendasi tempat jus nih buat kamu, yaitu SIMPLY. Selain menggunakan buah-buah yang segar, jus yang dibuat juga murni tanpa bahan pemanis.

7. Menjaga Kesehatan

Usahakan meminum air putih minimal 1.5 L perhari dan mengonsumsi vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh. Kamu juga bisa membeli vitamin di Alfamart lho. 

8. Istirahat yang cukup

Bagi usia remaja 14 – 17 tahun, waktu istirahat yang baik adalah 8-10 jam perhari. Pastikan kamu istirahat paling tidak 7 jam setiap harinya (bagi dewasa 18-64 tahun)

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja, Coba Yuk!

Cara Mencuci Tangan yang Benar

sumber: moslemlifestyle.com

Menurut WHO, cuci tangan juga menjadi cara ampuh untuk menangkal kuman atau virus yang hendak masuk ke dalam tubuh. Bagaimana cara cuci tangan yang benar? Berikut penjelasannya:

  • Siram tanganmu dengan air yang mengalir, gosok telapak tangan, punggung tangan, jari berserta sela-sela jari, dan bawah kuku menggunakan sabun (lebih baik lagi jika kamu menggunakan sabun yang mengandung antiseptik)
  • Lakukan gerakan cuci tangan tersebut selama 20 detik, kemudian keringkan tangan dengan tisu kering.

 

Waspada Harus, Panik Jangan!panic buying

Nah, udah pada tau kan bagaimana virus corona bisa menyebar? Kamu akan terlular jika terkena air liur atau melakukan kontak langsung dengan orang yang sakit. Jadi, jangan terlalu panik apalagi sampai panic buying!

Apa sih panic buying? Yuk, kita bahas sedikit sebagai informasi yang juga perlu kamu ketahui. Panic buying adalah respon psikologis yang mendorong prilaku seseorang untuk membeli barang-barang dalam jumlah yang banyak (berlebihan) sebagai bentuk antisipasi dari wabah atau suatu bencana, meskipun produk tersebut sebenarnya bukan prioritas kamu. Orang yang mengalami panic buying seolah terobsesi agar merasa lebih tenang ketika kebutuhan terpenuhi.

Hayoo, siapa yang panic buying? Semoga kita terhindar dari prilaku panic buying ya! Kita harus tetap waspada walaupun di saat seperti ini, namun tidak dengan prilaku panic buying. Yang terpenting adalah, kamu tetap harus menjaga kesehatan dan rajin mencuci tangan serta membersihkan barang-barang yang biasa kamu sentuh dan kamu gunakan.

Nah, itu dia hal-hal penting seputar Virus Corona yang saat ini sedang terjadi, khususnya di Indonesia. Kamu harus memperhatikan hal-hal yang perlu kamu ketahui mengenai virus corona, cara mencuci tangan yang benar, dan langkah-langkah mencegah virus corona. Virus corona bukannya penyakit yang ringan, jadi kita tetap harus waspada dengan virus ini dengan melakukan langkah-langkah pencegahan virus corona di atas seperti menggunakan masker, sabun, dan lain-lain.

Alangkah baiknya jika kamu benar-benar menjaga kesehatan dan kebersihan untuk mencegah penularan virus yang berbahaya ini. Jika timbul gejala flu, seperti demam, pilek dan batuk disertai rasa lemas dan sesak nafas, segera periksa ke dokter untuk mengetahui apa yang menyebabkan kamu mengalami gejala flu.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store