Di masa pandemi Covid-19 yang membuat sebagian besar orang menghabiskan waktu di rumah ternyata cukup membosankan. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah dengan memelihara binatang.

Cara Merawat Hewan Peliharaan Di Rumah

Kamu tak bisa sembarangan dalam memelihara hewan, sebab terdapat beberapa cara merawat hewan peliharaan yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Arti Gabut dan 15 Tips Lari dari Rasa Gabut!

 

1. Memikirkannya Secara Matangmemikirkan hewan peliharaan

Cara merawat hewan peliharaan yang paling utama adalah dengan memikirkannya secara matang terlebih dahulu. Kamu pun bisa menanyakan kepada diri sendiri apakah telah memiliki banyak waktu luang dan juga dana yang cukup untuk memelihara hewan tersebut.

Sebab, perlu kamu ketahui di dalam memelihara hewan tentu saja akan membutuhkan biaya yang lumayan besar. Sehingga, kamu pun perlu memikirkan dan mempersiapkan hal ini sebelum memutuskan untuk memeliharanya. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai hewan mana yang ingin untuk kamu pelihara.

Apabila kamu telah yakin dengan keputusan tersebut, maka kamu bisa menyesuaikannya dengan kepribadian kamu. Tentu saja, kamu juga perlu untuk memelihara hewan yang memang kamu senangi. Pasalnya, hewan juga merupakan makhluk hidup yang membutuhkan kasih sayang. Sehingga, kamu tidak boleh asal di dalam memeliharanya.

 

2. Menyiapkan Anggaran Tersendirimenyiapkan anggaran untuk hewan peliharaan

Di dalam memelihara hewan, tentu saja kamu wajib untuk menyiapkan anggaran. Hal ini dikarenakan akan banyak sekali kebutuhan ketika kamu memelihara hewan. Sebut saja seperti membeli makanan, membeli pasir untuk kucing, kebutuhan untuk vaksin dan juga kandang.

Kamu pun bisa mengelompokkannya ke dalam biaya makanan, kebutuhan yang darurat dan juga perawatan serta kebersihan. Tak hanya soal anggaran dalam bentuk uang saja, kamu juga perlu menyiapkan lingkungan yang cukup kondusif untuk hewan yang nantinya akan kamu pelihara.

 

3. Memberikan Makanan yang Memiliki Nutrisi dan Kualita Tinggimakanan untuk hewan peliharaan

Ketika kamu memelihara binatang, maka kamu pun pastinya tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan hewan peliharaan juga merupakan makhluk hidup yang butuh makan. Oleh sebab itu, saat kamu telah memutuskan untuk memeliharanya, memberikan makanan yag berkualitas tinggi dan memiliki nutrisi menjadi hal yang wajib untuk kamu lakukan.

Untuk itu, kamu pun sebaiknya tidak memberikan mereka makanan sisa atau pun makanan yang biasanya dikonsumsi manusia kepada hewan peliharaan. Sebab, kadang kadang di dalam makanan yang kerap kali dikonsumsi oleh manusia terdapat bahan bahan atau kandungan yang berbahaya untuk hewan.

Karena hewan tersebut juga akan membutuhkan asupan nutrisi yang sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan oleh mereka. Apabila kamu baru pertama kali memelihara hewan, maka kamu perlu tahu bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang benar. Dengan begitu, kamu pun bisa memberikannya makanan yang tepat.

Sebelumnya, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu informasi seputar makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi hewan kesayangan kamu. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan dalam mencari informasi tersebut, salah satunya adalah melalui internet.

Akan tetapi, untuk mendapatkan informasi yang akurat maka sebaiknya kamu mengunjungi dokter hewan. Sebab, saat mengunjungi dokter hewan kamu juga bisa sekaligus bertanya mengenai jenis makanan dan juga porsi yang sesuai untuk hewan peliharaan yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa memberikannya porsi dan jenis makanan yang tepat.

 

4. Membersihkan Tubuhnya Dengan Teraturmembersihkan hewan peliharaan

Selain menjaga pola makannya, cara merawat hewan peliharaan selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan memandikannya secara teratur. Untuk itu, kamu pun jangan sampai terlupa untuk membersihkan badannya secara rutin. Hal tersebut berguna agar nantinya kondisi kesehatan dari hewan tersebut akan tetap terjaga.

Untuk waktunya sendiri, anda bisa memandikannya kurang lebih sekitar 1 kali dalam waktu dua hingga tiga minggu. Tak hanya membersihkan badannya saja, kamu juga perlu untuk membersihkan tempat tinggal atau kandangnya. Tidak lupa pula tempat makan dan tempat minumnya juga perlu rutin untuk kamu bersihkan.

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan dengan ukuran yang besar maka kamu bisa membeli tempat khusus yang berfungsi untuk membersihkan hewan tersebut. Sebut saja seperti bak yang mempunyai ukuran yang besar. Selain itu, apabila kamu memiliki hewan peliharaan yang berbulu, maka pastikan juga untuk merawat bulunya.

Contohnya saja, ketika kamu memelihara kucing di rumah selama pandemi. Maka kamu pun wajib untuk menyisir bulu kucing tersebut secara teratur. Cara merawat hewan peliharaan ini tentunya sangatlah penting. Hal ini dikarenakan berfungsi untuk mengangkat bulu bulu mati yang terdapat pada kucing.

Selain itu, menyisir bulunya juga menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan jamur dan juga membasmi kutu yang terdapat di dalam kucing. Oleh karena itu, ketika kamu melakukan pembersihan, maka usahakan untuk melakukannya secara menyeluruh. Sehingga, hewan peliharaan pun akan semakin sehat dan tidak terkena berbagai macam penyakit.

 

5. Melakukan Kunjungan Secara Berkala ke Dokter Hewanke dokter hewan peliharaan

Karena hewan juga merupakan makhluk hidup, maka mereka pun juga membutuhkan kunjungan ke dokter layaknya manusia. Oleh sebab itu, apabila kamu ingin serius untuk memelihara hewan, maka tak ada salahnya untuk melakukan cek kesehatan secara rutin dan berkala pada hewan peliharaan anda.

Hal ini pun bisa kamu lakukan sejak mulai pertama kali mengadopsi hewan peliharaan tersebut. Sehingga, kamu bisa memberikan hewan peliharaan tersebut berupa vaksin dan juga hal lain agar tetap sehat. Selain itu, kamu juga bisa untuk berkonsultasi kepada dokter hewan tentang bagaimana cara merawat hewan peliharaan dengan baik dan benar.

Oleh sebab itu, kamu bisa menetapkan kunjungan pemeriksaan untuk hewan yang kamu pelihara. Di dalam kunjungan tersebut kamu juga bisa sekaligus menanyakan tentang apa saja yang diperlukan untuk merawat hewan, terutama dari segi medis. Sehingga, kamu pun bisa memberikan yang terbaik untuk hewan yang sedang dipelihara.

Baca juga: 8 Jenis Alat Tulis Kantor, Harus Tersedia Selama WFH!

 

Beli Perlengkapan untuk Hewan dengan Cashbac

Tidak perlu repot penuhi keperluan di rumah dengan Cashbac bisa Order dari Rumah atau buat kamu yang ingin datang langsung bisa gunakan Cashbac agar lebih hemat dengan Rewards hingga 100ribu di ACE Hardware, ACE Express, dan Informa.

Jangan lupa pakai masker, jaga jarak aman dan selalu cuci tangan ya. Belanja di ACE Hardware, ACE Express, dan Informa dan merchant lainnya untuk keperluan rumah hingga keperluan untuk hewan peliharaan kamu seperti kandang, aquarium, mainan hewan, dsb, klik gambar di atas ya.

Enaknya lagi kamu bisa pesan via WhatsApp, klik tombol dibawah ini!

Cara Order di ACE Hardware via WhatsApp

Ada juga promo HOME untuk kamu pemegang kartu VISA, kartu kredit Standard Chartered, kartu kredit OCBC NISP, dan kartu kredit Maybank. Ada bonus points hingga 250 ribu jika menggunakan kartu-kartu tersebut di aplikasi Cashbac, klik tombol dibawah ini!

Promo Bank Cashbac

Beberapa cara tersebut merupakan tips umum yang bisa kamu lakukan untuk merawat hewan peliharaan. Di dalam mengisi kekosongan aktivitas di masa pandemi, tak ada salahnya untuk memelihara hewan. Ada banyak hewan yang bisa kamu coba pelihara seperti, kucing, anjing, burung, kura kura hingga ikan menjadi pilihan yang tepat untuk memelihara hewan.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store