Keju, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Keju ini biasa diolah bersama makanan atau bisa juga diolah menjadi minuman. Ada banyak sekali orang yang sangat menyukai keju. Apakah kamu juga termasuk pecinta keju?

Cashbac akan membahas mengenai macam-macam keju yang akan memberikanmu referensi makanan dan minuman keju yang lezat dan selalu memberikan cashback lho.

Keju Adalah

keju adalah

Sebelum kita masuk ke macam-macam keju, akan lebih menarik jika kita tau apa sih keju itu? Menurut Wikipedia, Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet.

Baca juga: 7 Makanan Khas Indonesia yang Menjadi Favorit Dunia!
 

Macam-Macam Keju di Dunia

Apakah kalian tau bahwa banyak macam-macam keju yang berasal dari berbagai negara di dunia? Yukk kita kenali lebih jauh mengenai macam-macam keju :

Keju Emmental

keju emmental

source: wikimedia.org

Kalian pasti sering melihat keju ini di televisi bukan? kalian pasti teringat dengan film kartun tentang kucing dan tikus yang tidak pernah akur. Si tikus selalu berusaha mencuri potongan keju bukan? keju inilah yang akan kita bahas.

Yupp! Keju Emmental atau yang biasa disebut dengan Keju Swiss adalah keju lokal yang memang dibuat di Swiss. Pembuatan keju di negara ini sudah berlangsung beratus-ratus tahun lho. Keju yang sangat dikenal dunia ini berwarna kuning pucat, mengandung sedikit rasa kacang dan memiliki banyak lubang.

Keju ini biasa dijadikan topping untuk sandwich. Keju Emmental dibuat dari susu sapi. Apa kamu penasaran kenapa keju yang satu ini memiliki lubang-lubang di badan kejunya? Seperti yang dilansir oleh Tekno Tempo, pembentukan lubang pada keju ini adalah karena ember jerami tua, tempat para peternak sapi biasa menampung perasan susu. Bakteri kecil yang melekat pada ember penampung susu itu membuat lubang pada keju saat proses fermentasi dari susu menjadi keju tengah berlangsung.

Tetapi 15 tahun terakhir ini, lubang-lubang pada keju sudah mulai mengecil bahkan sudah menghilang karena proses pembuatan yang sudah modern dan lebih higienis.

 

Keju Cheddar

keju cheddar

sumber: fulperfarms.com

Keju yang kedua adalah keju Cheddar. Keju yang berasal dari desa Cheddar, di Somerset, Inggris ini berwarna kuning pucat hingga putih gading. Keju ini memiliki rasa yang kuat dan memiliki tekstur yang keras. Keju ini sangat umum di gunakan sebagai bahan pembuatan makanan dan kue di Indonesia.

 

Keju Mozarela

keju mozarela

sumber: fulperfarms.com

Siapa yang tidak tau tentang keju yang satu ini? Keju yang satu ini berasal dari Italia yang dibuat dengan cara diputar dan dipotong. Dalam bahasa Italia, mozzare berarti memotong. Keju ini biasanya dibuat dari susu sapi ataupun susu kerbau.

Umumnya keju yang satu ini berwarna putih, namun dapat berwarna kuning terang tergantung makanan sapi/kerbau yang diambil susunya. Biasanya keju ini digunakan untuk pizza, lasagna, atau dimakan dengan irisan tomat dan basil pada hidangan insalata caprese.

 

Keju Cotija

keju cotija

sumber: finecooking.com

Cotija. Keju yang satu ini adalah keju yang berasal dari Cotija di negara bagian Michoacan, Meksiko. Keju yang memiliki struktur yang keras dan rapuh ini terbuat dari susu sapi. Saat keju dibuat, warnanya putih dengan rasa asin yang kuat mirip seperti keju feta.

Namun setelah lama disimpan, struktur keju cotija akan semakin keras dan rapuh. Dengan rasa yang cukup asin dan struktur keju yang keras, cotija sering dimanfaatkan untuk melengkapi sajian salad, sup, casserole, dan taco. Di Amerika Serikat, keju cotija cukup populer untuk melezatkan hidangan pasta.

 

Keju Bocconcini

keju bocconcini

suber: wikimedia.org

Keju Bocconcini ini adalah keju mozzarella yang berukuran kecil, seukuran telur yang berasal dari Naples. Keju ini di beri nama Bocconcini karena Bocconcini dalam bahasa Italia berarti “little bites” atau gigitan kecil. Keju ini di buat dari susu sapi atau kerbau.

Keju Bocconcini merupakan keju jenis semi lembut yang berwarna putih dan bertekstur lembut kenyal. Karena aromanya menyegarkan dengan tekstur yang elastis, keju ini di Italia sering diaplikasikan pada salad.

 

Keju Cottage

keju cottage

Keju yang satu ini banyak di buat di Amerika Seikat,Australia dan Inggris. Keju ini memiliki tekstur lembut dan rapuh. Keju Cottage merupakan produk keju dadih yang berwarna putih. Rasa ringan yang dimiliki oleh keju ini membuat keju ini sering dimakan secara langsung maupun untuk dicampur buah-buahan, salad dan juga roti panggang.

 

Keju Halloumi

keju halloumi

sumber: wikimedia.org

Selanjutnya adalah Keju Haloumi. Keju ini merupakan produk keju yang berasal dari negara Siprus. Warnanya putih dengan tekstur sedikit kenyal. Keju ini dibuat dari susu kambing dan domba.

Produksi keju ini paling banyak berada di kawasan Timur Tengah. Rasa tajam, gurih dan asin dari keju ini membuat keju yang satu ini paling sering disajikan bersama buah atau disajikan sebagai cemilan bir dingin.

 

Keju Parmesan

keju parmesan

sumber: wikimedia.org

Keju Parmesan ini merupakan keju dari Itali juga lho. Keju yang satu ini mempunyai rupa pucat kekuningan. Keju ini bertekstur keras dan dibuat dari susu lembu. Biasanya keju ini digunakan untuk ditaburkan diatas pasta, pizza dan salad.

 

Keju Edam

keju edam

sumber: wikimedia.org

Kalau dari tadi kamu sudah melihat beberapa jenis keju dari Itali, maka untuk yang sekarang adalah keju yang berasal dari Belkamu. Keju Edam namanya. Keju ini memiliki bentuk yang sangat unik yaitu berbentuk bulat dan berwarna kuning terang serta di bungkus dengan parafin.

Kenapa nama keju ini Edam? karena keju ini pertama kali dibuat di Edam, Holland Utara. Keju unik yang satu ini biasa dibuat untuk membuat kastangel, sagu keju dan cheese stick.

 

Keju Krim/Cream Cheese

keju krim

sumber: wikimedia.org

Cream cheese ini memiliki tekstur yang sangat lembut karena belum difermentasi. Warna cream cheese adalah putih. Cream cheese ini biasa digunakan untuk adonan, olesan pada cinnamon roll serta untuk minuman lho. Saat ini minuman yang mengandung cheese sedang naik daun lho. apa kamu sudah mencobanya?

Baca juga: Dessert Unik yang Wajib Kamu Coba!

 

Nahh, itu tadi 10 macam-macam keju yang dikenal dunia lho. Rasa setiap jenis keju ini juga berbeda-beda bukan? kamu pasti ingin segera mencicipinya kan? setelah kamu melihat daftar  jenis-jenis keju tersebut, ayo kita lihat makanan dan minuman dari macam-macam keju yang enak dan unik, dan tentu saja memberikan promo setiap kamu melakukan pembayaran menggunakan aplikasi baik hati bernama Cashbac.

Aplikasi ini akan selalu memberikan kamu cashback berupa saldo diaplikasi Cashbacmu lho. Cashback yang diberikan tidak hanya boleh sekali, tetapi juga bisa mendapatkan beberapa cashback saldo dalam sekali pembelanjaan lho.

 

Makanan dari Macam-Macam Keju Olahan

Ayo simak dimana aja sih tempat yang menjual makanan yang mengandung macam-macam keju yang lezat di Indonesia.

 

Ezo Cheese Cake

ezocheesecakes

sumber: instagram @ezocheesecakes

Ditempat yang satu ini, lidah kamu akan dimanjakan dengan berbagai pilihan kue yang terbuat dari berbagai jenis keju yang sangat lezat dan akan bikin kamu ketagihan lho.

Alamat Ezo Cheese Cake:

  • Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat
  • Mall Kelapa Gading II, Jakarta Utara
  • Puri Indah Mall, Jakarta Barat
  • Tunjungan Plaza 6 lt.5, Surabaya

 

Hokkaido Baked Cheese Tart

hokkaido cheesetart

sumber: instagram @hokkaidocheesetart.id

Hokkaido Baked Cheese Tart? kalian pesti sering melihat outletsnya dimana-mana bukan? saat kalian melewati tempat nya saja, pasti kalian sudah tergiur dan ingin membelinya lagi dan lagi. Cheese tart yang dibuat dengan sangat lezat ini pasti membuatmu selalu ingin lagi dan lagi lho. Saat ini kamu dapat mengunjungi outletnya di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Bandung, Buahbatu.

 

Kibo Cheese Cake

kibo cheesecake

sumber: instagram @kibocheese

Selain yang diatas tadi, kamu juga wajib coba nih, Kibo Cheese Tea yang sangat lezat dan sudah ada di 5 tempat ini. Cheese tea yang satu ini dikenal karena kelembutannya, creamy, dan kejunya yang sangat enak terasa.

Alamat Kibo Cheese Cake:

  • Grand Indonesia, Jakarta Pusat
  • Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan
  • Kota Kasablanka, Jakarta Selatan
  • Pantai Indah Kapuk Avuenue Mall, Jakarta Utara
  • Sumamarecon Mall Serpong, Tangerang

 

Da’ Cheesesteak

sumber: instagram @da_cheesesteak_gangster

Disini, kamu akan digiurkan dengan berbagai macam pilihan cheesesteak yang enak lho. Selain mengenyangkan, cheesesteak ini juga akan membuat kamu dipuaskan oleh lumernya cheese dimulutmu. Hmmm… sangat lezat bukan? kamu dapat makan cheesesteak ini di Avenue House, Jakarta Barat ya.

Baca juga: Cemilan Rendah Kalori yang Enak, Coba Yuk!

Minuman dari Macam-Macam Keju Olahan

Juga simak dimana aja sih tempat yang menjual minuman yang mengandung macam-macam keju yang nikmat di Indonesia.

So What Bubble Cheese

so what bubble cheese

sumber: sowhatbubblecheese.com

Selain beberapa makanan lezat yang terbuat dari cheese, kamu juga dapat menikmati cheese melalui minuman lho. Varian rasa yang ditawarkan juga sangat lezat dan menggodamu lho. Ayo langsung cek ke outletsnya aja di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat.

 

Blu Cheese Tea

blu cheese tea

sumber: instagram @blucheesetea

Blu Cheese Tea? kalian pasti sangat tergoda dengan namanya. Yupp. Disini ada banyak pilihan minuman cheese tea yang di tawarkan tentunya dengan penampilannya yang menarik dan rasa yang sangat lezat.

Alamat Blu Cheese Tea:

  • Food Centrum, Jakarta Utara
  • Jl.Tebet Timur Dalam Raya no.69, Jakarta Selatan

 

Rinne Cheese Tea

rinne tea

sumber: instagram @rinnetea

Cheese Tea yang ditawarkan di Rinne Cheese Tea ini sangat banyak varian yang disajikan dengan komposisi yang lezat sehingga tidak akan membuatmu cepat bosan.

Alamat Rinne Cheese Tea:

  • Jl. Kyai H. Syahdan No.18A, Palmerah, Jakarta
  • Pluit Village, Jakarta Utara

 

Yobe Cheese Tea

yobe cheese tea

sumber: instagram @yobecheesetea

Yobe Cheese Tea juga menyediakan cheesetea Ovaltine yang sangat disukai lho. Perpaduan antara cheese tea dan ovaltine nya bikin kamu nagih deh.

Alamat Yobe Cheese Tea:

  • Mall Ciputra Jakarta, Jakarta Barat
  • Supermall Karawaci, Tangerang

 

Nahh, itulah beberapa daftar tempat penyedia macam-macam keju olahan yang lezat. Ga perlu takut bikin dompet kamu tipis, karena sekarang ada Cashbac, yaitu sebuah aplikasi selalu memberikan cashback berlipat-lipat. Ayo pakai Cashbac sekarang untuk menikmati makanan atau minuman cheese kamu dengan lebih hemat.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store