Macam-macam masker – Kondisi dunia belum membaik, angka konfirmasi positif Corona atau Covid-19 semakin meningkat berkali-kali lipat, bahkan jumlah korban terus bertambah membuat kita harus semakin waspada dan menjaga protokol kesehatan atau prokes dengan ketat. Panik jangan, tapi waspada harus. Varian Covid yang terus berubah ini membuat standar dan protokol kesehatan yang ditetapkan sebelumnya menjadi berubah. Salah satunya adalah penggunaan masker.

Baca juga : Jenis Tes Covid-19, Tujuan, Prosedur, dan Biayanya, Lihat Yuk!

 

Manfaat Masker Covid-19manfaat masker covid-19

Saat pandemi seperti saat ini ada macam-macam masker yang ditawarkan di pasaran.  Namun tahukah kamu masker seperti apa yang benar-benar disarankan saat pandemi seperti saat ini? Saat awal Covid-19 terjadi panic buying, salah satunya adalah pembelian masker.  Harga masker medis per box naik berkali-kali lipat karena banyak yang mencarinya.

IDI pun mengatakan bahwa masker kain sudah cukup untuk mencegah infeksi Corona selain itu harganya lebih terjangkau. Masker medis hanya boleh digunakan untuk tenaga kesehatan. Saat itu terjadi kelangkaan masker medis disebabkan oleh panic buying tersebut.

Kondisi berubah, masker kain saja tidak cukup ampuh untuk melindungi diri dari Corona. Dianjurkan untuk menggunakan masker yang benar-benar disarankan dan ampuh untuk menangkal Covid-19 karena mampu memberikan manfaat seperti berikut ini:

1. Menangkal Droplet Lebih Efektif

Masker yang benar akan menangkal droplet yang lebih efektif. Droplet ini merupakan air liur akibat batuk atau bersin dari penderita Covid-19. Penularan secara droplet ini bisa terjadi ketika seseorang berada di dalam kontak dekat atau kurang lebih dalam jarak 1 meter. Cairan droplet ini bisa jatuh ke tanah, bisa juga jatuh ke benda sekitarnya.

Droplet ini juga bisa mudah menempel pada permukaan benda seperti ponsel, gagang pintu, dan juga pegangan tangan. Jika sudah menyentuh barang yang terkontaminasi tersebut rentan untuk tertular. Untuk menghindari virus ini dengan mencuci tangan dan hindari menyentuh wajah seperti mata, hidung dan mulut tanpa mencuci tangan lebih dahulu.

2. Mencegah Penularan dari OTG

Orang tanpa gejala (OTG) dari luar terlihat sehat padahal dia sudah terinfeksi dengan virus. Jika dia berdekatan dengan orang yang sudah memiliki komorbid atau penyakit bawaan maka mudah untuk menularkan virus Corona satu ini karena sistem imun mereka lemah.  Faktanya adalah hampir setengah kasus dari Corona ini diakibatkan oleh OTG. Banyak yang tidak menyadari jika dirinya adalah OTG. Dengan menggunakan masker ini OTG tidak hanya menjaga dirinya sendiri namun kamu juga menjaga orang lain agar tidak tertular.

3. Mencegah Penularan Melalui Udara

Varian Covid yang baru ini membuat penularannya lebih mudah dan cepat.  Varian Delta bisa membuat kamu tertular meski tidak ada kontak fisik. Oleh sebab itulah kamu diwajibkan untuk menggunakan masker agar bisa melindungi diri kamu dari mereka yang sudah terinfeksi dengan Covid varian Delta ini.

Pasien Covid varian Delta ini jika bersin dropletnya akan menjadi melayang-layang di udara. Jika kamu melalui lokasi tersebut tanpa masker dan menghirup udara tersebut maka kamu akan mudah sakit.  Yang lebih mengkhawatirkan lagi virus Corona varian Delta ini bisa bertahan sangat lama di udara.

Virus ini mampu mengelabui sistem imun sehingga bisa menurunkan efektivitas vaksin. Meski virus tersebut mampu menular melalui udara jika kamu menggunakan masker virus tidak akan mudah masuk karena hidung dan mulut yang menjadi gerbang untuk masuknya virus tersebut telah tertutup. Hindari menyentuh area wajah dengan tangan yang kotor, seringlah mencuci tangan dan ganti pakaian setelah berada di area publik agar virus tidak mudah menginfeksi.

Baca Juga : Yuk Ketahui Semua Hal tentang Virus Corona!

 

Macam-Macam Masker

Macam-macam masker ini wajib diketahui oleh masyarakat luas bahkan mengedukasi mereka tentang jenis masker ini sangat penting sekali. Masih banyak yang awam dan menganggap semua masker ini sama. Padahal masker ini berbeda dilihat dari bahan, ketebalan, dan efektivitasnya menangkal virus. Untuk membuat diri kamu terlindungi tentunya harus menggunakan masker yang tepat. Berikut ini adalah macam-macam masker yang wajib kamu tahu:

1. Masker Kainmasker kain

Sesuai dengan namanya masker ini terbuat dari kain. Banyak masker kain yang dijual di pasaran ini hanya satu lapisan saja sehingga tipis dan efektivitas menangkal virusnya buruk. Terlebih lagi jika serat kainnya besar dan renggang hal ini akan membuat virus mudah masuk ke hidung dan mulut. Kamu bisa menggunakan masker ini sebagai masker dobel untuk bagian luar, pilih setidaknya masker kain dengan minimal dua lapisan.

2. Masker Bedah atau Medismasker bedah medis

Saat ini banyak sekali masker bedah atau medis yang bisa kamu temukan di pasaran. Harganya pun relatif terjangkau mulai dari puluhan ribu rupiah per boxnya. Biasanya masker ini terdiri dari 3 sampai dengan 4 lapisan sehingga bisa menangkal partikel kecil sekalipun. Masker ini bisa kamu gunakan sebagai masker dobel.

3. Masker N95 dan KN95masker kn95

Macam-macam masker yang bisa menangkal virus Corona selanjutnya adalah N95 dan KN95. N95 merupakan masker standar yang telah disetujui oleh medis AS. KN95 merupakan standar Cina. Keduanya sudah memiliki 5 lapisan dan sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin menggunakan masker berlapis. Masker ini bisa menyaring 95 persen partikel yang begitu kecil. Meski begitu N95 dianggap masker terbaik untuk bisa menangkal Corona.

4. Masker KF94masker kf94

KF94 dipercaya bisa menyaring partikel aerosol secara efektif. KF merupakan singkatan dari Korean Filter sedangkan 94 adalah tingkat filtrasinya. Masker ini efektif menyaring partikel dengan ukuran 0,3 mikron. Masker satu ini bisa menjadi pilihan karena lebih praktis dan protektif dibandingkan dengan masker biasa.

5. Masker Dobelmasker dobel

Masker terakhir yang disarankan adalah masker dobel. Masker ini juga sangat efektif mencegah partikel masuk diatas 90%.  Semakin banyak lapisan serat ini akan membuat penyebaran infeksi menjadi semakin kecil, sayangnya adalah kapasitas untuk bernapas juga semakin kecil.

 

Selain macam-macam masker diatas, masker seperti masker scuba dan masker buff sangat tidak disarankan untuk dipakai, karena sangat tidak efektif untuk menyaring partikel yang masuk.masker scuba

 

Cara Memakai Masker Dobelcara memakai masker dobel

Harga dari masker N95, KN95 atau KF94 cukup mahal, selain itu bersifat satu kali pakai saja sehingga banyak masyarakat yang tidak menggunakannya.  Untuk memberikan perlindungan yang efektif dengan harga relatif terjangkau, masker dobel ini bisa dijadikan sebagai pilihan.

Cara menggunakan masker dobel yang benar adalah kamu bisa menggunakan masker medis di lapisan dalam dan kamu bisa melapisinya dengan masker kain pada bagian luarnya. Masker dobel ini bukan berarti kamu menggunakan masker medis dobel karena kurang efektif. Masker medis digunakan secara bersamaan tidak akan meningkatkan filtrasi sehingga tidak disarankan.

Untuk penggunaan masker yang tepat kamu bisa membaluri hidung kamu dengan minyak kayu putih. Jangan meneteskan minyak kayu putih ke masker karena akan membuat masker itu bocor sehingga tidak efektif lagi untuk menyaring partikel dan paparan virus.

 

Cara Memilih Masker yang Benarcara memilih masker

Selain mengetahui macam-macam masker penting bagi kamu untuk tahu bagaimana cara memilih masker yang benar. Pastikan jika kamu memilih masker yang sudah memiliki izin edar oleh Kemenkes dan beli di tempat yang terpercaya agar tidak mendapatkan masker abal-abal atau daur ulang dari masker bekas yang direka seperti masker baru.

Baca Juga : Waspada, Kenali Gejala Virus Corona!

 

Beli Masker Terpercaya dan Hemat

Jangan membeli masker di sembarang tempat, ada baiknya kamu membeli masker di tempat-tempat yang sudah terpercaya seperti di Alfamart, FamilyMart, atau ACE Hardware.

Khusus untuk pengguna aplikasi Cashbac, ada rewards bonus points yang bisa kamu dapatkan seteleh transaksi, dimana bonus pointsnya bisa langsung kamu gunakan untuk transaksi berikutnya, sangat menarik bukan?

Lebih Hemat 10% di Alfamart

Hemat Hingga 100 Ribu di ACE Hardware

 

Tetap Aman dengan Cashbac

Selain bisa dipakai untuk membeli masker, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Cashbac untuk membeli semua kebutuhan kamu di merchant-merchant pilihan seperti Drive Thru di McDonald’s dan McDelivery, serta ribuan merchant favorit lainnya!

Tetaplah menjaga protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya, juga lihat tips dari Cashbac bagaimana Tetap Aman agar kita semua tetap sehat melalui tautan ini.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store