Manfaat bersepeda bagi kesehatan sangat besar. Selain mudah dilakukan, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan aktivitas fisik yang satu ini tidak terlalu besar. Berbeda jika kamu berolahraga di gym, biaya yang harus dikeluarkan lebih besar.

Baca Juga : Lagi Tren, Aksesoris Sepeda Yang Wajib Dimiliki!

 

8 Macam Perlengkapan Bersepeda

Agar aktivitas bersepeda yang kamu lakukan bisa lebih lancar, pastikan untuk menggunakan perlengkapan bersepeda yang mendukung keamanan dan kenyamanan kamu selama bersepeda. Lantas apa sajakah peralatan tersebut? Yuk simak ulasannya.

1. Helm Sepeda

perlengkapan bersepeda - helm sepeda

Helm merupakan salah satu perlengkapan bersepeda yang wajib digunakan.  Fungsinya untuk melindungi kepala dari benturan ketika terjatuh dari sepeda. Saat bersepeda, kapan saja kamu bisa terjatuh.  Tapi dengan menggunakan helm, kamu bisa meminimalisir risiko cedera parah di kepala.

Agar perlindungan lebih maksimal, pastikan helm sepeda yang kamu gunakan terbuat dari bahan berkualitas dan menutupi kepala hingga bagian belakang. Meskipun harganya mahal, tapi untuk keselamatan kamu sendiri, mengapa tidak?!

Pastikan juga ukuran helm tersebut betul-betul pas di kepala kamu demi kenyamanan. Bayangkan betapa repotnya kamu ketika sebentar-sebentar harus memperbaiki posisi helm di kepala akibat loggar, padahal kamu lagi mengayuh sepeda dalam kecepatan tinggi. Bukan hanya repot, tapi juga berbahaya!

 

2. Sepatu dan Kaos Kaki

perlengkapan bersepeda - helm sepeda

Perlengkapan bersepeda lainnya yang tidak kalah penting untuk digunakan adalah sepatu dan kaos kaki. Khusus sepatu, jangan sampai salah pilih, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan saat bersepeda.

Sepatu yang paling tepat tentu saja sepatu khusus bersepeda. Sebab, desainnya memang dirancang untuk aktivitas tersebut. Meskipun harganya lebih mahal, tapi jauh lebih baik untuk keselamatan dibandingkan hanya menggunakan sepatu olahraga biasa.

Faktanya tidak semua sepatu olahraga layak digunakan untuk bersepeda. Sebab, sebagian sepatu olahraga memiliki alas licin yang dapat mengganggu kenyamanan kamu, di samping meningkatkan risiko kecelakaan.

Demikian pula kaos kaki, jangan asal pakai karena juga bisa mengganggu kenyamanan kamu. Sebaiknya  kaos kaki yang kamu gunakan bersepeda terbuat dari bahan yang berkualitas, elastis dan bisa menyerap keringat.

Kaki juga bisa terasa gerah akibat berkeringat, terutama jika bersepeda dalam waktu yang lama. Jika keadaannya demikian, tentu kenyamanan kamu bersepeda jadi terganggu. Tapi jika bahan kaos kaki yang kamu pakai bisa menyerap keringat, sejauh apapun kamu bersepeda tetap terasa nyaman.

 

3. Pakaian Khusus Bersepeda

perlengkapan bersepeda - pakaian bersepeda

Agar kamu lebih nyaman ketika bersepeda, sebaiknya gunakan pakaian khusus untuk kegiatan tersebut. Ada beberapa kriteria yang sebaiknya jadi patokan ketika memilih pakaian untuk bersepeda, yaitu :

  • Baju untuk bersepeda sebaiknya berukuran pas di badan kamu. Jangan pilih yang loggar, karena dapat menyimpan angin dan menyebabkan kebisingan. Selain itu, kamu lebih cepat berkeringat dan merasa lembab.
  • Celana untuk bersepeda seharusnya memiliki bantalan khusus agar posisi duduk kamu di atas sepeda lebih kokoh dan nyaman, meskipun kamu mengayuh sepeda dalam waktu yang lama.
  • Pilih baju dan celana bersepeda yang terbuat dari bahan berkualitas dan mampu menyerap keringat. Warnanya juga harus terang agar mudah terlihat oleh pengguna jalan yang lain ketika kamu sedang bersepeda.

 

4. Kaos Tangan / Sarung Tangan

perlengkapan bersepeda - sarung tangan sepeda

Saat bersepeda, jangan lupa memakai kaos tangan. Sebab, pengaruh kaos tangan sangat besar terhadap kenyamanan ketika bersepeda. Paparan sinar matahari khususnya saat terik dapat menyebabkan kulit tangan terasa panas. Dengan menggunakan kaos tangan, hal tersebut bisa dicegah.

Selain itu, saat tangan kamu berkeringat dalam keadaan tidak memakai kaos tangan, stang sepeda akan terasa licin. Akibatnya, pegangan tangan kamu pada stang sepeda tidak kokoh lagi. Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat sedang bersepeda.

Baca Juga : Olahraga Ringan di Rumah, Mudah dilakukan Siapapun!

 

5. Kacamata

perlengkapan bersepeda - kacamata sepeda

Kacamata termasuk salah satu perlengkapan bersepeda yang fungsinya sangat penting, karena berkaitan dengan penglihatan.Titik fokus saat bersepada terdapat pada penglihatan. Jika penglihatan terganggu, risiko kecelakaan saat bersepeda semakin besar.

Alasannya jelas, kacamata dapat melindungi mata kamu dari debu, serangga, dan benda-benda asing lainnya. Kira-kira apa jadinya jika kamu sedang bersepeda dalam kecepatan tinggi, tiba-tiba mata kamu kemasukan debu atau serangga akibat tidak memakai kacamata? Bisa saja terjadi kecelakaan bukan? Risikonya sangat tinggi!

Oleh karena itu, pastikan kamu memakai kacamata khusus untuk bersepeda. Pilihlah kacamata yang terbuat dari bahan berkualitas dan nyaman digunakan. Selain itu, pastikan kacamata tersebut anti silau. Pasalnya, sebagian kacamata meskipun bisa menahan debu dan benda-benda asing, tapi tidak maksimal dalam mencegah silau matahari.

 

6. Pelindung Siku dan Lutut

perlengkapan bersepeda - pelindung siku dan lutut

Keselamatan merupakan faktor terpenting ketika bersepeda. Oleh karena itu, seharusnya kamu menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang lengkap saat melakukan aktivitas tersebut. Selain helm dan kaca mata, pelindung siku dan lutut juga termasuk perlengkapan bersepeda yang tidak boleh diabaikan.

Siapapun tidak mengharapkan terjadinya kecelakaan. Tapi jika terjadi, diupayakan agar efek kecelakaan tersebut bisa diminimalisir. Saat terjatuh dari sepeda, lutut dan siku merupakan bagian tubuh yang biasanya akan langsung berbenturan dengan jalan. Dengan menggunakan pelindung siku dan lutut, efek benturan bisa diminimalisir.

Karena fungsinya sebagai pelindung diri, tentu kamu tidak boleh pelit terhadap diri sendiri. Oleh sebab itu, jangan gunakan pelindung siku dan lutut murahan dan terbuat dari bahan yang tidak berkualitas, karena kemampuannya dalam menahan benturan sangat diragukan.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan alat pelindung yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas, meskipun isi dompet kamu lumayan terkuras.

 

7. Botol Minuman

perlengkapan bersepeda - botol minuman

Botol minuman juga termasuk salah satu perlengkapan bersepeda yang penting untuk dibawa. Ketika merasa haus saat bersepeda, kamu bisa langsung minum dari botol minuman tersebut. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi repot-repot singgah di warung hanya untuk membeli minuman.

Saat bersepeda khususnya dalam perjalanan jauh, kamu rentan terkena dehidrasi. Jika membawa botol minuman sendiri, setiap saat kamu bisa minum dari botol minuman tersebut. Tapi jika tidak membawa botol minuman sendiri, apa yang akan kamu lakukan?

Jika lokasi kamu bersepeda terdapat banyak warung atau toko, tentu tidak masalah karena kamu bisa langsung singgah untuk membeli minuman. Tapi jika kebetulan berada di lokasi yang tidak terdapat warung atau toko, tentu kamu akan kesulitan sendiri untuk menahan haus.

 

8. Lampu Sepeda

perlengkapan bersepeda - lampu sepeda

Sebagian orang menganggap enteng keberadaan lampu sepeda. Alasannya, lampu sepeda hanya dibutuhkan ketika bersepeda di malam hari. Di satu sisi alasan ini benar, tapi bisakah kamu memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang?

Bisa saja kamu bersepeda jarak jauh dan mengalami sebagian kendala di perjalanan, sehingga perjalanan pulang jadi terlambat dan mendapati waktu malam. Jika kasusnya seperti itu, kamu akan kesulitan sendiri bukan?!

Jika jalanan yang kamu lalui memiliki banyak lampu jalan atau banyak kendaraan yang lalu lalang, tentu kamu bisa mendapatkan bantuan pencahayaan dari situ. Tapi jika semua itu tidak ada, terpaksa kamu mengayuh sepeda dalam kegelapan malam.

 

Itulah tadi 8 jenis perlengkapan bersepeda yang perlu kamu gunakan dan lengkapi saat ingin bersepeda. Jangan anggap sepele semua kelengkapan di atas, karena keberadaannya sangat menunjang keamanan dan kenyamanan saat bersepeda.

Baca Juga : 6 Olahraga Ringan dengan Hasil Maksimal, Coba yuk!

 

Tentang Aplikasi Cashbac

cashbac app
Untuk berbelanja gunakan selalu Cashbac, aplikasi yang memberikan instant rewards di ribuan merchant yang sudah bekerjasama seperti McDonald’s, Solaria, Chatime, Kopi Kenangan, Alfamart, FamilyMart, Gramedia, ACE Hardware, IrwanTeam, Gorjes, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi Cashbac, pengalaman berbelanja kamu akan lebih menyenangkan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya baca di artikel berikut:

Aplikasi Rewards Terbaik di Indonesia

Download sekarang Cashbac, aplikasi rewards terbaik di Indonesia!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%