Seperti tidak ada habisnya jika membahas soal kuliner. Saat ini, perkembangan kuliner di Indonesia selalu berkembang pesat tak terkecuali di Jakarta. Ditambah banyaknya penggemar K-Pop dan drama Korea membuat hadirnya restoran Korea di Jakarta yang memenuhi mal-mal besar dan tempat-tempat yang ramai dikunjungi.

Korean Wave memang sudah menjadi tren selama beberapa tahun belakangan ini. Untuk kamu yang belum tahu, Korean Wave merupakan istilah dari tersebarnya budaya Korea ke negara-negara lain. Mereka yang menyukai Korea sampai mencoba untuk mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea lho. Namun, ada juga dari mereka yang hanya menyukai drama Korea atau musik Korea.

Kamu pencinta drama Korea? Pernah nggak sih lagi asik-asik nonton drakor, tiba-tiba kamu jadi kepingin makanan Korea? Adegan makan ramen atau ramyeon yang langsung disajikan langsung dalam panci memang membuat kita jadi ingin menyicipi ramen juga bukan? Apalagi, ramen atau makanan Korea lainnya sekarang gampang banget untuk dijumpai khususnya di Jakarta. Sebelum membahas restoran Korea, bagaimana kalau kita cari tahu dulu apa saja sih makanan-makanan khas korea yang bisa kita coba dan kita temui di restoran-restoran Korea di Jakarta?

 

Makanan Khas Korea yang Populer di Indonesia

Setiap daerah atau negara pasti punya makanan khasnya masing-masing, begitu juga di Korea. Korean food nggak kalah enak dengan makanan-makanan lainnya seperti Japanese food, Chinese food atau makanan-makanan unik lainnya lho. Menu makanan Korea memiliki rasa yang unik dan enak. Yuk, cari tau apa aja sih makanan-makanan khas Korea yang bisa kamu jumpai di Indonesia.

Kimchi

Kimchi Makanan Khas Korea

Kalau kamu pencinta makanan Korea, pasti kamu tahu dengan makanan khas Korea yang satu ini. Paling tidak, kamu pasti pernah melihat kimchi di drama-drama Korea yang kamu tonton. Bagi orang Korea, kimchi merupakan makanan pelengkap mereka, seperti kurang afdol jika makan tanpa kimchi.

Seperti yang kita ketahui, kimchi merupakan sayuran yang difermentasikan dengan bumbu-bumbu khas Korea yang menjadikan kimchi memiliki rasa asam dan pedas, hampir-hampir mirip dengan asinan yang ada di Indonesia. Kimchi berbahan dasar sawi putih dilengkapi dengan sayuran lain bayam, wortel, lobak atau mentimun. Tidak hanya di Korea, saat ini kimchi juga banyak disukai mayarakat Indonesia.

Tteokbokki

Tteokbokki

Tteokbokki! Biasanya lidah orang Indonesia sedikit sulit menyesuaikan rasa makanan dari negara lain, tapi tidak dengan makanan satu ini. Tteokbokki sudah sangat populer di Indonesia dikarenakan rasa dan teksturnya yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

Tahukah kamu bahwa tteokbokki terbuat dari kue beras? Penyajian tteokbokki adalah dicampur dengan saus khas Korea dengan rasa pedas dan manis. Teksturnya yang kenyal dan rasa yang lezat bisa bikin kamu ketagihan lho! Makanan ini juga bisa disajikan dengan ramen, daging ataupun sosis.

Jika kamu pergi ke Korea Selatan, ini adalah makanan Korea yang wajib kamu coba. Karena tteokbokki merupakan makanan ringan yang tersedia mulai di street food – street food hingga restoran. Kamu akan menemukan berbagai macam rasa tteokbokki. Tapi nggak perlu jauh-jauh, kamu juga bisa mencobanya karena restoran Korea di Jakarta sudah banyak menyediakan menu tteokbokki.

Baca Juga : Yuk cobain makanan khas Korea, semua dibawah 50 ribu!

Kimbab

Kimbab

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kimbab? Makanan khas Korea satu ini sangat mirip dengan makanan khas Jepang yang juga banyak digemari masyarakat Indonesia, yaitu sushi. Kimbab juga sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia lho. Bahkan sekarang tidak jarang restoran-restoran yang menyediakan menu kimbab ini.

Tidak jauh berbeda dengan sushi, kimbab merupakan gulungan nasi dengan sayuran seperti wortel, mentimun, bayam serta ikan atau daging sesuai dengan selera, kemudian disiram dengan saus khas Korea. Nasi yang digunakan juga bukan sembarang nasi lho, tapi nasi yang sudah diberikan bumbu seperti garam dan minyak wijen sehingga nasinya sendiri pun sudah memiliki rasa.

Ramyeon

Ramyeon

Kalau kamu sering nonton drama Korea, pasti kamu sering ngerasain kelaparan tiba-tiba karena melihat adegan si artis makan ramyeon atau ramen. Ramyeon atau ramen merupakan mie instan yang berasal dari Korea. Biasanya, cara makan ramyeon atau ramen langsung disajikan dari panci masaknya lho! Nahh, makanan ini juga sangat populer lho dikalangan masyarakat Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, mie instan juga menjadi makanan favorite di Korea. Ramyeon atau ramen ini juga bisa kamu jumpai di restoran Korea di Jakarta pastinya. Yang membedakan mie instan Korea dengan Indonesia adalah tekstur dari mie ramyeon atau ramen yang lebih tebal dan kenyal daripada mie instan Indonesia. Rasa yang kamu dapatkan dari ramyeon juga lebih pedas dan beraneka ragam nihh.

Jajangmyeon

Jajangmyeon

Pasti kamu sudah sering mendengar jajangmyeon. Sekarang sudah banyak nih jajangmyeon dalam bentuk instan, kamu pasti sering menemukannya di minimarket atau supermarket. Tapi, pasti akan jauh berbeda dengan jajangmyeon yang kamu pesan di restoran-restoran Korea.

Sama seperti jenis mie lainnya, jajangmyeon merupakan mie dengan rasa yang lezat dan unik. Mie jajangmyeon terbuat dari tepung gandum lho! Yang membedakan jajangmyeon dengan mie lainnya adalah warnanya yang hitam karena jajangmyeon dicampur dengan saus kental kedelai yang berwarna hitam pekat. Agar lebih nikmat jajangmyeon disajikan dengan tambahan daging, sayuran, atau makanan seafood lainnya seperti cumi dan udang. Gimana? Nikmat kaan? Kamu harus coba nih makanan ini!

 

Rekomendasi Restoran Korea di Jakarta

Melihat Korean Wave yang menjadi tren saat ini, membuat masyarakat Indonesia penasaran dan ingin menyicipi makanan-makanan Korea. Bahkan, Korean food juga sudah banyak memiliki penggemar sebelumnya. Hal ini memunculkan banyak restoran-restoran Korea di Jakarta di berbagai tempat seperti mal-mal besar dan daerah yang ramai pengunjung.

Untuk kamu yang rindu dengan makanan Korea, nggak perlu pusing-pusing lagi apalagi sampai memikirkan biaya ke Korea Selatan untuk menyicipi menu-menu khas Korea, karena kamu bisa datang ke restoran-restoran Korea di Jakarta untuk melepas rindu kamu! Mau tau apa saja sih restoran Korea di Jakarta? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Ojju

Ojju Restoran Korea

sumber: www.malaysianfoodie.com

Kalau kamu pencinta keju, Ojju jadi salah satu restoran yang wajib kamu datengin! Restoran korea satu ini memang terkenal banget dengan Cheese Meltnya nih! Menu andalan dari Ojju adalah Rolling Cheese. Terdapat tiga pilihan untuk menu keju gulung ini, yaitu iga sapi, chicken wings atau chicken drumsticks yang dilumuri saus khas Korea.

Penyajiannya yang di atas hot plate membuat kamu semakin nikmat menyantap Rolling Cheese yang meleleh.Tidak hanya Rolling Cheese, kamu juga bisa menikmati menu lain yang tidak kalah enak seperti Ramyeon, Mac & Cheese, Budae Jjigae, Cheese Fondue, dan masih banyak lagi.

Kyochon

Kyochon

sumber: www.kyochon.com.my

Kalau restoran Korea satu ini menyajikan chicken wings dan drum stick nihh. Menu ayam spesial ini dibumbui saus khas Korea yang rasanya enak banget! Kamu bisa memilih rasa sausnya mulai dari original, saus madu, soy garlic, red pepper, dan lain-lain.

Yang suka nonton drama Korea juga pasti sering nih melihat chicken wings dan drum stick yang bikin kamu kepingin nyicip makanannya. Tapi, sekarang kamu nggak perlu sedih karena kamu bisa langsung datang ke Kyochon yang kini cabangnya dimana-mana. Tidak hanya chicken wings dan drum stick, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti olahan nasi dengan campuran ayam.

Patbingsoo

Patbingsoo

sumber: sethlui.com

Nahh, tempat makan satu ini sedikit berbeda nih dengan tempat lainnya, karena Patbingsoo banyak menyediakan dessert yang enak, manis, dan bikin mood kamu naik lagi. Patbingsoo memang menyediakan menu dessert, tapi di restoran Korea ini juga menyediakan menu makanan berat yang bisa kamu nikmatin untuk menghilangkan rasa penasaran kamu dengan makanan-makanan Korea yang ingin kamu cicipi.

Patbingsoo khas dengan es-es serut khas Korea seperti Sincho Patbingsoo dengan es krim vanilla, Heogi Patbingsoo dengan es krim ogura, dan masih banyak lagi. Es krim ini bisa kamu tambahkan dengan topping-topping yang bikin es krim ini terlihat lebih lezat dan menarik, misalnya buah-buahan, jelly, dan kacang merah. Yuk, cobain dessert khas Korea!

Baca Juga: Inilah 10 Dessert Khas Korea Yang Wajib Kamu Coba!

Omija

Omija

sumber: supermalkarawaci.com

Kemarin ini Omija sedang diramaikan dengan menu baru tteokbokki yang penyajiannya berbeda dengan tteokbokki pada umumnya. Menu ini dibuat oleh food vlogger terkenal yaitu Ria SW yang mencoba menciptakan makanan unik agar berbeda dari yang lainnya. Yang membedakan tteokbokki ini dengan tteokobokki asli Korea terletak pada bumbu yang dipakai. Jika tteokbokki khas Korea menggunakan saus khas Korea yang menciptakan rasa pedas manis, sedangkan tteokbokki ini dicelupkan dengan 4 jenis saus yaitu coklat, keju, dan original. Tapi untuk kamu yang ingin mencoba tteokbokki khas Korea, disini juga ada pastinya!

Selain menu tteokbokki, kamu juga bisa menikmati menu-menu lezat khas Korea di Omjia. Kamu bisa mendatangi Omija terdekat karena Omija sudah sudah tersebar di mal-mal besar lho. Omija tidak hanya menyediakan makanan berat seperti ramen, rice bowl, dan bibimbab, tetapi Omija juga menyediakan menu makanan ringan berbagai jenis donat yang rasanya juga nggak kalah enak dengan donat-donat lainnya.

Magal Korean BBQ

Magal Korean BBQ

sumber: samastabali.com

Kalau kamu mau makan makanan Korea dengan sensasi barbeque ala-ala Korea di Jakarta, kamu bisa banget nih datang ke Magal Korean BBQ. Restoran satu ini memang banyak sekali diminati, sehingga banyak orang yang mengantre panjang untuk makan disini. Selain menu-menunya yang memang sangat lezat, Magal Korean BBQ juga menyediakan pork belly yang katanya rasanya sangat enak!

Disini juga menyediakan soju lho. Buat kamu yang belum tahu soju merupakan minuman khas Korea yang berbahan dasar beras. Minuman ini juga sering muncul di drama-drama Korea kesayangan kamu nihh. Penasaran? Langsung aja nikmatin makanan dan minuman khas Korea di Magal Korean BBQ.

Seorae Korean Grill BBQ

Seorae Koreal Grill

sumber: danielfooddiary.com

Sepertinya drama Korea cukup memberikan pengaruh besar bagi dunia kuliner. Nyatanya, saat ini memang banyak sekali yang menyukai makanan-makanan Korea. Rasanya yang unik dan cocok dengan lidah orang Indonesia membuat kuliner Korea menjadi banyak penggemar lho.

Seorae juga bisa menjadi pilihan kamu saat ingin menyantap makanan Korea nih. Tidak jauh berbeda dengan Magal Korean BBQ, Seorae juga memilih konsep barbeque. Terdapat menu-menu daging yang bisa kamu coba mulai dari daging ayam, sapi, hingga daging babi. Dan yang paling menarik, Seorae memiliki menu yang sangat unik yaitu Kkochi (tusukan daging yang digulung seperti sosis).

Baca Juga: Rekomendasi Restoran Korean BBQ Yang Pasti Bikin Kamu Ketagihan

 

Makan di Restoran Korea bisa Hemat

Itu dia tadi restoran Korea di Jakarta yang bisa kamu coba. Mudah bukan untuk kamu nemuin restoran-restoran di atas? Yuk, langsung janjian sama teman atau orang-orang terdekat kamu untuk makan makanan khas Korea bareng.

Cashbac

Takut kantong jebol? Nggak usah takut lagi, karena sekarang kamu bisa nikmatin makanan kesukaan kamu tanpa harus nunggu gajian atau ada duit lebih. Gimana caranya? Gampang! Kamu tinggal download aplikasi Cashbac karena Cashbac bikin kamu hemat tanpa bikin kantong jebol. Selain bikin hemat, Cashbac juga mempermudah kamu dalam pembelanjaan atau pembelian nih. Aplikasi ini tidak bikin kamu ribet dengan top up karena Cashbac langsung terhubung dengan kartu kredit atau debit yang tersambung di aplikasi kamu. Praktis kan? Ayo, pakai Cashbac dan nikmatin rewardsnya!

Jadi, kamu mau makan di restoran Korea mana nihh?

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store