Saat ini setiap negara tengah bergelut dengan musuh yang tidak tampak berupa virus. Covid-19 telah membunuh ribuan jiwa dan hingga saat ini masih banyak pasien yang dinyatakan positif tengah dalam perawatan untuk bisa segera sembuh. Sistem imun tubuh menjadi salah satu yang perlu diperhatikan di tengah pandemi ini, yakni dengan mengkonsumsi makanan penambah daya tahan tubuh. Karena dengan sistem imun tubuh yang kuat, maka akan ampuh untuk menangkal berbagai jenis penyakit, termasuk Covid-19.

Pada dasarnya serangan virus yang akan masuk ke dalam tubuh manusia tidaklah mudah. Bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka ketika virus datang akan ada banyak penghalang yang menghentikan virus tersebut. Misalnya seperti kulit dan mikrobiome. Dan di bawahnya masih ada sel-sel epitel yang juga tidak mudah untuk dilalui. Ada banyak antimikroba yang diproduksi, termasuk untuk menangkal virus Corona sendiri yakni berupa antivirus. Ketika patogen melewatinya, maka perlawanan akan terjadi dengan sel darah putih sebagai sel kekebalan tubuh kamu. Sayangnya, sewaktu-waktu sistem imun juga tidak bisa mengenali hadirnya suatu virus. Namun, saat pola hidup sehat kamu terapkan dengan baik, seperti halnya memenuhi makanan penambah daya tahan tubuh, maka tubuhmu akan bisa menahan hadirnya virus-virus tersebut.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat, Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja!

Manfaat Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh

Di dalam mengatasi Covid-19 yang sedang terjadi, ada berbagai rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi karena bisa membantu untuk menangkal virus berbahaya tersebut. Namun, rekomendasi-rekomendasi yang ada diketahui masih berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Tetapi, makanan-makanan tertentu dipercaya memiliki kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Makanan penambah daya tahan tubuh tersebut mengandung vitamin C yang mempunyai kontribusi untuk membangun pertahanan berupa kekebalan tubuh. Di mana keberadaannya akan mendukung fungsi sel-sel di dalam tubuh kamu, mampu membantu pertumbuhan dan mendukung perbaikan jaringan di dalam tubuh, serta mampu menurunkan risiko infeksi pada pernapasan.

Selain itu, makanan yang mengandung seng juga dipercaya bermanfaat untuk membantu sistem kekebalan tubuh kamu serta mengendalikan dan mengatur respons dari kekebalan tubuh.

 

Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh yang Mudah Ditemukan

Bagi sebagian orang ada yang masih berpandangan bahwa menjaga daya tahan tubuh dengan pola makan sehat adalah hal yang sulit. Namun, kamu bisa menerapkan makanan penambah daya tahan tubuh yang tentunya mudah dijumpai karena keberadaannya cukup melimpah di sekitar kamu. Jadi, untuk menjadi sehat itu tidak harus menyulitkan dan tentunya tidak harus menguras kantong. Apa saja makanan-makanan tersebut?

1. Bawang Putihmakanan penambah daya tahan tubuh - bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang sering kali digunakan pada setiap makanan yang disajikan. Aromanya pun sangat khas dan tidak sedikit orang yang menolak untuk makan bawang putih dikarenakan mampu membuat adanya bau badan. Namun, dibalik ketidaksukaan dari aroma yang dimiliki bawang putih inilah yang sebenarnya mengandung khasiat. Di mana aroma bawang putih mengandung senyawa belerang dan di dalamnya juga terdapat alicin. Senyawa tersebut dipercaya mampu memblokir enzim yang berhubungan dengan infeksi. Untuk mengkonsumsinya, kamu tidak harus mengunyahnya bulat-bulat. Tetapi turut dicampurkan dalam masakan yang mana hal tersebut tidak akan menimbulkan aroma yang terlalu menyengat.

 

2. Jahemakanan penambah daya tahan tubuh - jahe

Masyarakat Indonesia sendiri sangat mengenal dengan baik makanan penambah daya tahan tubuh ini. Di mana tidak sedikit orang yang menanamnya di pekarangan rumah karena sangat dibutuhkan untuk bumbu masakan dan tentu saja berkhasiat tinggi untuk kesehatan. Perlu diketahui bahwa jahe mengandung antioksidan dan juga adanya sifat anti-inflamasi. Selain itu, jahe juga memiliki senyawa berupa betakaroten dan capsaicin yang ampuh untuk daya tahan tubuh kamu. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan dibuat sebagai minuman yang menghangatkan atau sering disebut dengan nama wedang jahe.

 

3. Daging Ayammakanan penambah daya tahan tubuh - daging ayam

Banyak sekali orang yang menyukai makanan yang satu ini. Ada yang mengolahnya menjadi ayam goreng, opor, dan sebagainya. Perlu untuk kamu ketahui, bahwa daging ayam adalah salah satu makanan penambah daya tahan tubuh. Di mana  dalam daging ayam terkandung vitamin B6 yang sangat baik untuk bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta mendukung pembentukan sel darah merah. Agar lebih menyegarkan ketika menyantapnya, maka kamu bisa mengolah daging ayam menjadi sup hangat. Di samping itu, kaldu dari ayam juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kamu dan bisa menjaga kekebalan tubuh.

 

4. Bayammakanan penambah daya tahan tubuh - bayam

Bayam menjadi salah satu sayur yang sangat mudah untuk kamu jumpai, baik di warung-warung sayur, pasar, hingga di supermarket. Bahkan harganya juga ramah di kantong. Jadi, makanan ini termasuk makanan yang merakyat karena siapa saja pernah mengkonsumsinya dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Di dalam bayam sendiri terdapat banyak kandungan, baik berupa vitamin C, antioksidan, dan beta karoten.

Di mana melalui kandungan-kandungan tersebut sangatlah baik untuk meningkatkan sistem imun dan membuat tubuh kamu lebih kuat menahan datangnya berbagai penyakit. Namun, kamu perlu untuk memperhatikan dengan baik ketika mengolahnya. Usahakan untuk tidak memasak bayam sampai matang. Hal tersebut untuk mencegah hilangnya nutrisi di dalam bayam ketika kamu mengkonsumsinya.

 

5. Kerangmakanan penambah daya tahan tubuh - kerang

Kerang merupakan salah satu seafood yang tidak sulit untuk bisa ditemukan. Kamu bisa menjumpainya di pasar maupun supermarket dengan cangkang yang sudah terlepas atau yang masih utuh dengan cangkangnya. Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa kerang adalah makanan penambah daya tahan tubuh. Di mana beberapa jenis kerang di dalamnya mengandung seng yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa tubuh kamu juga memerlukan adanya seng untuk membuat sel-sel tubuh bisa berfungsi dengan baik.

 

6. Selai Kacangmakanan penambah daya tahan tubuh - selai kacang

Kacang tentunya adalah makanan yang tidak sulit untuk bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Dan olahan dari kacang, seperti selai kacang merupakan makanan penambah daya tahan tubuh. Di mana di dalamnya terdapat vitamin E yang dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Diketahui bahwa vitamin E ini sangatlah penting untuk bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Khususnya untuk orang-orang yang usianya sudah lanjut.

 

7. Sardenmakanan penambah daya tahan tubuh - ikan sarden

Makanan penambah daya tahan tubuh bisa kamu dapatkan dari sarden maupun dari ikan salmon yang mengandung asam lemak omega-3. Di mana asam lemak omega-3 merupakan asam lemak esensial yang bisa membantu untuk mengatasi adanya peradangan serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Penelitian yang sudah dilakukan telah membuktikan, bahwa asam lemak omega-3 mampu untuk melindungi kamu dari berbagai jenis gangguan yang menyerang sistem imun.

Dengan demikian, dalam upaya memerangi virus Corona dapat kamu lakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Di mana kamu harus mengkonsumsi makanan penambah daya tahan tubuh yang bisa dijumpai di sekitar dengan sangat mudah bahkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga: Supaya Sehat, Yuk Makan 15 Makanan Berserat Tinggi Ini!

Beli Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh dengan Cashbac

Cashbac bekerjasama dengan banyak bank memberikan kamu rewards hingga 60%! Hubungan kartu debit atau kartu debit kamu di aplikasi Cashbac untuk menikmati rewardsnya.

Cashbac dapat digunakan di merchant-merchant pilihan seperti Alfamart, FamilyMart, ACE Hardware, Informa, hingga Drive Thru di McDonald’s.

Kamu bisa membeli makanan penambah daya tahan tubuh dalam rangka menjaga kesehatan dan terhidar dari virus-virus, juga untuk kebutuhan kamu sehari-hari. Lihat juga tips dari Cashbac bagaimana Tetap Aman agar kita semua tetap sehat melalui tautan ini.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store