Mungkin banyak dari kamu yang sudah mulai menjadi vegetarian karena berbagai alasan, tetapi bosan dengan menu makanan vegetarian yang itu itu saja. Ditambah saat ini tidak cukup banyak pilihan restoran yang menyediakan makanan vegetarian yang bisa kamu temui, kalaupun ada, makanan vegetarian tersebut tidak sesuai dengan kita, entah karena menunya yang kurang bervariasi atau kurang menggugah selera.

Sebelum kita melihat rekomendasi restoran yang menyediakan makanan vegetarian yang enak, ada baiknya kita mengetahui lebih jauh tentang vegetarian.

Tentang Vegetarian

sejarah vegetarian

sumber: researchgate.net

Penggunaan kata vegetarian mulai digunakan sejak tahun 1839, istilah ini diambil dari kata ‘vegetus’, yang berasal dari bahasa Latin yang berarti keseluruhan, sehat, segar, atau hidup. Namun banyak juga yang mengaitkannya dengan istilah vegetable, yang berarti sayuran.

Vegetarisme atau vegetarianisme adalah kegiatan atau gaya hidup yang hanya mengonsumsi makanan nabati seperti sayur-sayuran atau tumbuh-tumbuhan, dan berpantang untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti daging, ikan, dan unggas.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja, Coba Yuk!

 

Jenis-Jenis Vegetarianjenis jenis vegetarian

Sebagaimana dijelaskan diatas, vegetarian adalah sebutan untuk mereka yang hanya mengonsumsi sayuran atau nabati, tetapi ternyata tidak semua vegetarian seperti itu, secara umum ada 5 jenis vegetarian yang dibagi berdasarkan pola makan mereka.

Vegan

Vegan adalah sebutan untuk vegetarian murni, mereka mempunyai pola makan yang mengonsumsi makanan nabati seperti sayuran atau tumbuhandan tidak sama sekali mengonsumsi daging maupun produk dari hewan lainnya seperti telur dan susu.

 

Semi-vegetarian atau Flexitarian

Semi-vegetarian ini mempunyai pola makan yang mengonsumsi makanan dari sayuran atau tumbuhan, namun sesekali masih mengonsumsi daging, unggas dan ikan, juga produk olahan dari hewan seperti telur, susu, atau keju dalam jumlah yang sedikit. Flexitarian ini merupakan jenis vegetarian yang pola makannya paling longgar.

 

Lacto vegetarian

Lacto Vegetarian sama sekali tidak mengonsumsi daging, ikan, unggas dan telur di dalam kesehariannya, tapi masih mengonsumsi produk-produk yang dihasilkan dari susu, seperti keju, yoghurt, dan mentega.

 

Ovo-vegetarian

Ovo-vegetarian merupakan kebalikan dari lacto vegetarian, pola makan vegetarian jenis ini tidak mengonsumsi daging, ikan, unggas dan produk susu seperti keju, yoghurt, dan mentega, tetapi masih mengonsumsi telur.

 

Lacto-ovo vegetarian

Lacto-ovo vegetarian merupakan perpaduan dari lacto vegetarian dan ovo vegetarian, mereka mempunyai pola makan yang sama sekali tidak menyertakan semua jenis daging, tapi masih tetap mengonsumsi telur dan susu.

 

Ada beberapa jenis vegetarian lain misalnya Pescatarian atau Pescetarian , dimana mereka tetap mengonsumsi daging ikan. Ada juga Pollotarian, yaitu mereka tetap makan  daging unggas, banyak yang mengkritik pollotarian dan menganggap mereka tidak termasuk sebagai vegetarian.

 

Alasan Menjadi Vegetarianalasan menjadi vegetarian

Ada bermacam-macam alasan mengapa seseorang menjadi vegetarian, tetapi alasan yang paling banyak adalah karena faktor kesehatan. Memang banyak sekali manfaat pola makan vegetarian ini bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah berat badan yang terkontrol dan tingkat kolesterol yang lebih sehat, juga menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat kesehatan lainnya adalah memperkecil kemungkinan terkena berbagai macam penyakit seperti kanker prostat, kanker usus besar, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.

Ada juga alasan lain dari sebagian orang untuk menjadi vegetarian, yaitu alasan lingkungan dan penyelamatan hewan, karena akan meminimalisasi jumlah hewan yang dibunuh untuk dikonsumsi.

 

Langkah Menjadi Vegetarianlangkah menjadi vegetarian

Jika kamu saat ini tengah mempertimbangkan untuk menjadi seorang vegetarian, jangan terburu-buru, kamu harus berpikir jauh kedepan apakah pola makan ini benar-benar bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

Selain itu juga pelajari dulu dengan seksama bagaimana pola makan vegetarian yang baik dan benar.  Ketahui dulu beberapa hal penting yang bisa membantu kamu untuk memperlancar proses menerapkan pola hidup vegetarian.

Kurangi Asupan Hewanikurangi daging

Kamu harus mengurangi konsumsi makanan seperti daging, ayam, dan ikan secara bertahap. Mulailah dengan meningkatkan konsumsi makanan sayuran setiap harinya. Bisa dimulai dengan mencoba menu nasi dengan sup sayuran.

 

Cari Pengganti Daging

pengganti daging untuk vegetarian

sumber: healthline.com

Jika sebelumnya kamu terbiasa dengan menu daging setiap harinya, mulainya mengganti menu makanan tersebut dengan tanpa daging.

Contohnya, kamu bisa membuat hidangan sup yang berisi bermacam-macam jenis sayuran dan kacang-kacangan tanpa menambahkan daging atau ayam. Ditambah juga dengan tahu dan tempe goreng supaya tetap mendapatkan asupan protein.

 

Cari Variasi Menu Vegetarian

variasi menu vegetarian

sumber: brewinghappiness.com

Jika bingung dengan variasi menu vegetarian yang ingin dimakan, kamu bisa mencoba mencari resep masakan vegetarian yang bisa kamu dapatkan di buku-buku maupun di internet.

Kamu bisa juga padukan beberapa menu tersebut sesuai dengan kreativitas dan selera masing-masing, agar semakin banyak jenis makanan yang dikonsumsi, dengan demikian semua asupan gizi pun akan terpenuhi.

 

Bagi seorang vegetarian, terkadang mendapat undangan acara makan akan sangat merepotkan. Jika tersedia, boleh pilih menu mie yang dicampur dengan bermacam sayuran. Jika menu tersebut tidak tersedia maka kamu boleh pilih makanan lain namun tidak menyertakan daging atau produk-produk lain yang harus kamu pantang.

Memilih menjadi seorang vegetarian berarti kamu harus memahami nilai-nilai gizi dalam makanan yang kamu konsumsi. Pintar-pintarlah memvariasikan jenis makanan yang tepat kamu supaya tetap mendapatkan asupan gizi dengan maksimal sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: 7 Makanan Vegan yang Punya Kandungan Zat Besi Lebih Banyak dari Daging

 

Makanan Vegetarian Untuk Kamu

Untuk kamu yang bingung untuk menemukan restoran rekomendasi yang tepat, nih Cashbac kasih kamu beberapa restoran yang menyediakan makanan vegetarian yang mempunyai banyak variasi menu yang kesemuanya nikmat.

Quiznos Sub

Veggie

Quiznos Sub menyediakan Sandwich enak yang sayang jika dilewatkan. Menu vegetarian favorit di sini yang bisa kamu nikmati antara lain adalah:

– Veggie, yang terdiri dari keju cheddar, timun, jamur, paprika hijau, selada, tomat, bawang, dll

– Berbagai macam Salad dan Sup yang bisa kamu pilih

– Untuk semi-vegetarian bisa mencoba menu dengan ayam atau daging

Suasana restorannya juga cukup nyaman untuk makan bareng bersama teman atau keluarga.

 

Maple & Oak

pitaya bowl maple & oak

Pitaya Bowl

Menikmati Western Food paling pas di Maple & Oak, mulai dari menu breakfast, brunch, lunch, hingga dinner, semua tersaji lengkap di sini. Ada juga menu untuk vegetarian seperti:

– French Toast, terdiri dari butter fried brioche, fresh banana & strawberries, blueberry compote, vanilla whipped cream

– Pitaya Bowl, yaitu bisa dipilih antara lain buah naga/alpukat dan banana smoothies, apple juice/fresh milk, homemade granola, almond/praline nuts, honeycomb, pisang, dan berry

– Untuk semi-vegetarian bisa mencoba menu dengan ayam atau daging seperti Beet Salmon Gravlax Salad atau Chicken Caesar Salad

Maple & Oak sangat cocok untuk nongkrong dan bersantai karena mempunyai tempat yang luas, bersih, nyaman, dan semi-outdoor.

 

Beatrice Quarters

truffle shimeji beatrice quarters

Truffle Shimeji

Beatrice Quarters mengusung tema perpaduan makanan Jepang dengan makanan Barat. Ragam Western food dengan sentuhan plating khas Japanese food merupakan makna yang terkandung dari konsep Omotesando style yang diusung oleh Beatrice Quarters.

Beberapa menu untuk vegetarian yang bisa kamu coba adalah:

– Hanami Mango Salad, adalah semangkok salad buah yang terdiri dari buah segar dan potongan almond beserta dengan saus mangga

– Truffle Shimeji, adalah sup jamur legendary yang terdiri dari jamur shimeji dan jamur enoki, beserta truffle oil dan krim

– Untuk semi-vegetarian bisa mencoba menu sup dengan campuran daging dan sayuran

 

Makan Makanan Vegetarian dengan Hemat

Untuk para vegetarian yang ingin makan di restoran yang menyediakan makanan vegetarian, kamu tentunya tidak ingin boros karena seringkali makan di restoran, Tapi jangan khawatir, sekarang kamu bisa berhemat dengan menggunakan aplikasi Cashbac.cashbac

Dengan menggunakan Cashbac, promo makan di restoran yang menyediakan makanan vegetarian bisa kamu dapat setiap saat, karena Cashbac memberikan cashback langsung atau instant cashback yang bisa langsung juga kamu gunakan untuk makan selanjutnya.

Selain promo restoran diatas, Cashbac juga bisa dipakai di ribuan merchant dan puluhan ribu outlet lainnya, langsung download dan cek segera di aplikasinya ya.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store