Kamu nggak bisa tidur di bawah jam 12 malam? Kalau kamu mengalami insomnia atau gangguan tidur, kamu harus hindarin dulu nih makanan yang bikin melek. Begitupun sebaliknya, kalau kamu ngerasa ngantuk disaat yang nggak tepat, seperti saat jam kerja, kamu harus tau nih apa saja makanan-makanan yang bikin melek biar mata kamu segar kembali!

Seringkali rasa kantuk datang disaat yang kurang tepat, misalnya saat beraktivitas di siang hari baik ketika kerja, saat menghadiri acara seminar atau kegiatan-kegiatan yang membosankan atau melelahkan. Hal tersebut merupakan hal yang wajar. Namun, jika kamu merasa ngantuk secara berlebihan, kamu harus mewaspadai hal tersebut.

Sebelum kita membahas apa saja sih makanan yang bikin melek?, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa yang meyebabkan kita sering merasa ngantuk?

Penyebab Sering Mengantuk

Mungkin aktivitas yang padat bikin kamu jadi kurang tidur dan jadi sering merasa ngantuk. Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan kamu mengantuk, yuk cari tau apa saja penyebab yang bikin kamu jadi sering mengantuk?

Kurang TidurKurang Tidur

Kamu pasti pernah kan merasa ngantuk berlebihan pada siang hari ketika jam tidurmu tidak ideal di malam hari? Harus kamu ketahui bahwa setiap orang punya porsi tidur ideal. Porsi tersebut bisa kamu sesuaikan berdasarkan usia kamu nih. Kamu jangan menyepelekan jam tidur, karena pada dasarnya kamu membutuhkan waktu istirahat yang cukup setelah seharian beraktivitas. Jika kamu kurang tidur di malam hari, maka kamu akan mengalami ngantuk saat beraktivitas dikeesokan harinya. Hal tersebut jelas bisa mengganggu kegiatan kamu lho.

Pola Makan Tidak Teratur

Pola Makan tidak teratur

sumber: www.idntimes.com

Kalau kamu tidak bisa mengatur pola makanmu, itu artinya kamu tidak menjalani pola hidup sehat dengan baik. Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan kamu merasa ngantuk. Pola makan yang dimaksud adalah ketika kamu mengonsumsi makanan berat secara berlebihan disetiap makan, itu dapat menyebabkan ngantuk lho. Yang terpenting adalah, jangan sampai jam makanmu bisa mengganggu jam tidur kamu, misalnya makan di atas jam 9 malam atau memakan makanan pedas atau meminum kopi di malam hari sehingga menyebabkan mata kamu segar dan gabisa tidur. Hal-hal itulah yang menyebabkan kamu terkantuk di keesokan harinya.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja

Salah Pilih Waktu Berolahragawaktu berolahraga

Olahraga itu sangat penting bagi tubuh, selain bikin sehat, kamu juga bisa memiliki tubuh yang ideal ketika kamu rajin berolahraga. Tapi apa jadinya kalau kamu salah memilih waktu olahraga? Kamu akan kurang istirahat jika kamu baru mulai olahraga di atas jam 9 malam, dengan begitu waktu selesainya pun juga lebih malam sehingga membuat jam tidur kamu terganggu. Karena setelah berolahraga kamu akan merasa lebih segar, maka waktu berolahraga yang terlalu malam bisa mempengaruhi akivitas kamu di esok hari karena kurangnya jam tidur. Maka dari itu, kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik ya!

Mengonsumsi AlkoholMengonsumsi Alkohol

Kamu suka mengonsumsi alkohol? Alkohol memang bisa membuat kamu merasa ngantuk jika kamu mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Dampaknya, kamu akan memiliki kualitas tidur yang kurang bagus karena biasanya kamu akan terbangun dicelah-celah waktu tidurmu. Efek lainnya, kamu terganggu dari jam tidur yang seharusnya, sehingga menyebabkan kamu mengantuk di keesokan harinya. Makanyaa!, jangan minum alkohol karena alkohol tidak baik untuk tubuh lho.

DepresiDepresi

Tanda-tanda orang mengalami depresi adalah merasa kurang semangat menjalani hidup, tidak memiliki tenaga untuk beraktivitas, sering merasa gelisah dan cemas, dan salah satunya adalah sering merasa mengantuk. Pada dasarnya, ketika seseorang mengalami depresi maka ia akan merasa sangat lelah dan menyebabkan ia cepat tidur, karena tidur merupakan salah satu cara untuk melupakan semua masalah sejenak.

Baca Juga: Otak Butuh Nutrisi! Konsumsi 6 Makanan Ini

Jadi, itulah beberapa alasan yang bikin kamu sering merasa ngantuk. Kita sendiri tidak bisa menolak ketika rasa kantuk itu datang bukan? Jangan sampai kamu tertidur disaat jam-jam kerja kamu ya! Untuk itu, kamu harus punya nih cara-cara biar bikin rasa ngantuk kamu hilang. Dari pada bingung-bingung, yuk usir rasa kantukmu dengan cara dibawah ini.

Usir Ngantuk dengan Makanan yang Bikin Melek

Rasa ngantuk tidak bisa dihindari sehingga kamu harus ketahui bagaimana cara untuk mengusir rasa ngantuk kamu itu. Biar aktivitas kamu nggak terganggu, kita kasih tau nih makanan-makanan yang bikin kamu melek. Lihat pembahasan di bawah ini yuk.

YogurtYogurt

Kamu tau kan kalau yogurt merupakan makanan yang lezat dan banyak manfaatnya? Selain bisa melancarkan pencernaan, yogurt juga bisa membantu ngilangin rasa ngantuk kamu nih! Kamu bisa mengonsumsi yogurt setelah makan siang karena yogurt bisa bikin mata kamu segar kembali. Selain jadi makanan yang bikin melek, ternyata yogurt juga bisa menghilangkan rasa lelah lho!

Sour Sally Bikin Mata Melek

sumber: instagram @soursally.co.id

Selain jadi makanan yang bikin melek, yogurt juga makanan yang menyehatkan. Apalagi untuk perempuan, kamu bisa diet dengan makanan ini nih. Kamu bingung mau makan yogurt dimana? Sour Sally aja! Karena Sour Sally engga cuma menyediakan yogurt, tapi juga menyediakan banyak topping-topping yang mendampingi yogut seperti sereal dan buah-buahan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati black sakura yang nggak kalah enaknya dengan yogurt original, hanya saja yang membedakan adalah warnanya yg hitam.

GelatoGelato

Siapa sih yang nggak suka gelato? Apalagi jika dikonsumsi ketika udara sedang panas atau saat-saat jenuh banyak pikiran. Tapi, sepertinya gelato sudah menjadi makanan yang disukai banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Sensasi dingin, manis dan segar dari gelato ternyata bisa balikin mood kamu lho! Selain bisa menyegarkan pikiranmu, ternyata gelato juga menjadi makanan yang bikin melek nih. Sensasi yang kamu rasakan saat mengonsumsi gelato bisa mengusir rasa kantukmu sehingga mata bisa kembali segar.

Gelato Bikin Mata Melek

sumber: instagram @grom_indo

Kamu mau segerin mata kamu dengan gelato? Boleh banget! Karena emang gelato adalah salah satu pilihan yang pas untuk kamu konsumsi ketika ngantuk. Kalau kamu masih nggak tau mau makan gelato dimana, kamu bisa banget nih cobain gelato-gelato di bawah ini:

  • GROM
  • Gaya Gelato
  • Aroma Gelato
  • Ziato Gelato
  • Vilo Gelato
  • Demi Gelato
  • Latteria Gelato and Dessert Bar
  • Legato Gelato

Dark Chocolatedark chocolate

Selain es krim, coklat juga menjadi makanan kesukaan setiap orang. Apalagi kalau kamu merasa butuh memperbaiki mood kamu, coklat bisa menjadi cemilan yang pas nih. Tapi, makanan yang bikin melek bukanlah coklat biasa, melainkan dark chocolate yang mana banyak mengandung magnesium, theobromine dan zat besi yang bisa kasih kamu energi untuk aktif dalam beraktivitas. Makanya dark chocolate menjadi pilihan makanan yang bisa bikin melek. Selain itu, dark choclolate ternyata juga mengandung kafein lho! Nah, kamu harus menghindari dark chocolate di malam hari ya, biar jam tidurmu tidak terganggu.

Island Creamery

sumber: instagram @islandcreameryid

Kalau kamu lagi kepingin dark chocolate untuk bikin melek mata, kamu bisa memakan makanan yang memiliki rasa dark chocolate, es krim misalnya. Es krim dark chocolate yang enak bisa kamu dapatkan di Island Creamery. Island creamery memang terkenal dengan menu dessertnya, tapi Island Creamery juga menyediakan pilihan menu es krim berbagai seperti vanilla, chocolate, hingga dark chocolate yang rasanya enak banget. Jadi, kamu bisa pesan es krim dark chocolate untuk menyegarkan mata kamu di jam-jam ngantuk nih.

Makanan Pedasmakanan pedas

Siapa yang nggak setuju kalau makanan pedas adalah salah satu makanan yang bikin melek? Kayanya hampir semua orang setuju kalau makanan-makanan pedas bisa bikin mata kamu segar kembali. Bagaimana tidak? Makanan pedas yang berasal dari cabai ini bisa langsung mengaktifkan otak kamu untuk meminum air putih dengan jumlah banyak untuk menghilangkan rasa pedas yang menempel pada lidahmu. Perlu kamu ketahui, bahwa cabai memiliki zat glikosaloid yang bisa langsung merangsang saraf kamu agar tetap terjaga. Jadi, kalau kamu makan makanan pedas di malam hari, hati-hati karena kamu bisa menggangu jam tidur kamu yang menyebabkan kamu mengantuk dikesokan hari karena kurangnya jam tidurmu.

Baca Juga: 4 Makanan Dengan Sambal Matah Yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan

Ippudo Bikin Mata Melek

sumber: instagram @ippudoindonesia

Pilihan ramen emang pas banget nih buat bikin mata melek.  Kebayang kan, lagi ngantuk-ngantuknya lalu makan ramen? Dijamin mata kamu langsung melek karena rasa pedas dan kuahnya yang makin bikin kamu otomatis jadi melek. Kita ada rekomendasi nih buat kamu yang mau makan ramen untuk usir rasa ngantuk, berikut list restoran ramen yang rasanya enak banget:

  • Ippudo
  • Kazan Ramen
  • Gokana Ramen & Teppan
  • Marutama Ra-Men
  • Tsurukamedou Ramen

SalmonSalmon

Kamu pasti tahu kan kalau salmon adalah makanan sehat yang banyak sekali manfaatnya? Bagus untuk kamu yang ingin mengonsumsi salmon di pagi hari karena, kandungan dalam salmon bisa memberikan energi bagi tubuh sehingga bikin kamu semangat dalam memulai aktivitas. Kamu juga bisa memakan salmon ketika kamu merasa ngantuk, karena salmon juga bagus untuk otak sehingga kamu bisa menjadi lebih fokus. Vitamin B yang ada pada salmon juga membantu mengangkat oksigen ke seluruh tubuh lho.

Salah satu makanan yang bisa kamu nikmatin adalah sushi atau sashimi. Tapi jangan terlalu banyak ya, karena nasi yang digunakan untuk membuat sushi bisa bikin kamu ngantuk kalau dikonsumsi secara berlebihan.

Salmon bikin mata melek

sumber: instagram @genkisushiindonesia

Salmon segar bisa kamu temui di supermarket terdekat. Jika kamu ingin salmon yang lebih berinovasi, kamu bisa dapatkan salmon di restoran sushi seperti Genki Sushi. Kamu bisa memesan Sushi  Sashimi, Salmon Belly Sashimi, Fresh Salmon, dan masih banyak lagi. Yuk, cobain ngusir rasa ngantuk dengan makan salmon!

Segerin Mata dengan Makanan, Nggak Harus Mahal!Cashbac

Baca Juga: Cara Pakai Cashbac

Jadi, sekarang kamu sudah tau kan harus mengonsumsi apa ketika rasa kantuk datang nggak tepat? Kamu bisa memilih memakan yogurt, gelato, dark chocolate, makanan-makanan pedas, dan juga salmon. Makan makanan ini emang ampuh buat ilangin rasa ngantuk. Tapi, kamu bisa bikin ngantuk hilang tanpa harus mahal lho! Solusinya, pakai Cashbac!

Kenapa harus mahal kalau ada yang bikin hemat?

Disini, Cashbac hadir untuk membantu kamu dapetin cashback di setiap pembelian lho. Buat kamu yang belum tau, Cashbac adalah sebuah aplikasi yang mempermudah kamu dalam berbelanja karena kamu hanya perlu menghubungkan kartu debit/kredit yang kamu punya dan kamu bisa dapetin cashback berupa rewards! Yang membedakan Cashbac dengan aplikasi lainnya adalah Cashbac tidak ada sistem Top Up saldo untuk pembelanjaannya!

Tunggu apalagi? Ayo, usir rasa ngantuk kamu dengan aplikasi Cashbac!  Pakai Cashbac, hidup jadi lebih mudah dan hemat.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store