Vitamin merupakan salah satu zat yang sangan penting untuk tubuh, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk tetap menjaga kekebalan tubuh. Kamu bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin karena tubuh kamu sendiri tidak bisa memproduksi zat berupa vitamin ini dengan sendirinya. Keberadaan vitamin inilah yang nantinya akan mendukung perkembangan fisik serta mental kamu. Begitu pentingnya vitamin untuk tubuh, maka upayakan agar kamu tidak melupakan hari-harimu untuk memenuhi zat ini.

Perlu kamu ketahui bahwa vitamin terbagi menjadi dua jenis. Ada vitamin yang larut di dalam air dan juga vitamin yang larut di dalam lemak. Vitamin yang larut di dalam air tidak akan bisa dilakukan penyimpanan oleh tubuh kamu. Sehingga kamu harus mengupayakan untuk selalu mengonsumsi vitamin ini setiap harinya dengan jumlah yang dibutuhkan.

Sedangkan vitamin yang dapat larut di dalam lemak misalnya seperti vitamin A, D, E, dan K yang mempunyai manfaat masing-masing dan makanan yang mengandung vitamin ini juga berbeda-beda. Vitamin jenis ini akan larut di dalam lemak serta jika jumlahnya diketahui berlebihan, maka akan disimpan dan dipakai untuk proses selanjutnya. Dengan demikian, pengonsumsiannya pun sangat dibatasi. Jika sampai kamu terlalu berlebih mengonsumsinya, hal tersebut tidak akan baik untuk kesehatan.

Baca juga: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja, Coba Yuk!

 

Manfaat Makanan Yang Mengandung Vitamin Untuk Kesehatanmanfaat vitamin

Tubuh kamu membutuhkan adanya vitamin yang tercukupi agar bisa berfungsi secara baik. Tubuh tidak hanya membutuhkan satu jenis vitamin saja tetapi beragam vitamin. Lalu, apa saja vitamin yang dibutuhkan tubuh kamu dan apa saja manfaatnya?

1. Vitamin Avitamin a

Vitamin ini merupakan jenis vitamin yang bisa larut di dalam lemak. Hal ini sudah tidak asing lagi bahwa vitamin A selalu dihubungkan dengan kesehatan mata. Tetapi, selain untuk kesehatan mata kamu, vitamin A juga sangat mendukung untuk kekebalan tubuh. Selain itu memenuhi kebutuhan akan vitamin juga memberikan segudang manfaat lainnya yang sangat baik untuk tubuh kamu. Diantaranya dapat menurunkan adanya risiko penyakit kanker, khususnya kanker paru-paru dan prostat yang menjadi salah satu penyakit berbahaya.

Sedangkan bagi Anda yang ingin mendapatkan kesehatan kulit yang baik untuk menunjang penampilan kamu, maka vitamin A inilah kuncinya. Bahkan organ-organ vital seperti paru-paru dan jantung akan bisa berfungsi dengan baik jika terpenuhi akan kebutuhan vitamin A ini. Makanan yang mengandung vitamin A ini pun sangat mudah dijumpai di sekitar kamu.

 

2. Vitamin Bvitamin b

Vitamin B sendiri terbagi menjadi 8 jenis yang berupa B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12 yang setiap jenisnya memiliki manfaat masing-masing. Misalnya saja B1, B2, B3 yang sama-sama memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Lalu B6 yang sangat baik untuk membantu tubuh kamu di dalam memproduksi sel darah merah. Dan B9 yang sangat bermanfaat untuk meminimalkan terjadinya kelainan bawaan pada janin yang sedang dikandungnya.

 

3. Vitamin Cvitamin c

Makanan yang mengandung vitamin C akan selalu dikaitkan dengan pencegahan dan membantu menyembuhkan sariawan. Namun selain itu, manfaat vitamin sangatlah beragam. Vitamin C sendiri sangatlah baik untuk pembentukan kolagen. Di mana kolagen memiliki peran untuk menjaga kesehatan kulit kamu. Kulit bisa menjadi lebih kenyal, dan jika kamu mendapati luka, maka vitamin C inilah yang akan membantu di dalam penyembuhannya. Ketika tubuh kamu sampai kekurangan vitamin C, maka risiko yang bisa kamu alami cukup beragam. Di mana kamu bisa terkena gusi berdarah, luka yang Anda derita menjadi lama penyembuhannya, anemia, dan masih banyak lagi. Bahkan di masa pandemi ini, setiap orang disarankan mencukupi kebutuhan vitamin C demi menjaga kekebalan tubuh.

 

4. Vitamin Dvitamin d

Tidak kalah dengan vitamin lainnya, vitamin D ini sangat dibutuhkan terutama bagi anak-anak di dalam pertumbuhan tulang. Vitamin ini juga mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena bisa membantu sistem imun di dalam mengatasi infeksi. Jika kebutuhan akan vitamin D tidak terpenuhi di dalam tubuh, maka kesehatan kamu bisa terganggu, seperti penyakit rakitis, mudah untuk terkena infeksi, dan terjadinya pelunakan tulang.

 

5. Vitamin Evitamin e

Dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin E, sistem kekebalan tubuh kamu akan lebih baik. Selain itu vitamin E juga akan membantu di dalam membentuk sel darah merah serta mengurangi risiko penuaan dini. Bahkan jika kamu memenuhi tubuh dengan makanan yang mengandung vitamin E, penyakit radang sendi dan juga katarak bisa diminimalkan risikonya.

 

6. Vitamin Kvitamin k

Untuk menjaga kekuatan tulang kamu, maka vitamin K sangatlah dibutuhkan untuk tubuh. Dan dengan terpenuhinya kebutuhan akan vitamin K, maka akan turut membantu di dalam proses pembekuan darah. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko patah tulang serta perdarahan.

Baca juga: Ini Dia 10 Makanan Berprotein Tinggi yang Bikin Kita Sehat!

 

Makanan yang Mengandung Vitamin Yang Mudah Ditemukan

Di sekitar kamu banyak sekali jenis makanan yang mengandung vitamin dengan bermacam-macam vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Bahkan untuk menemukannya tidaklah sulit serta tidak akan menguras kantong Anda. Apa saja makanan-makanan tersebut?

1. Hati Ayammakanan yang mengandung vitamin - hati ayam

Hati ayam ini banyak dan mudah sekali untuk kamu temukan. Baik di pasar maupun supermarket dengan harga yang dijamin terjangkau. Bahkan hati ayam ini terutama ayam kampung sering kali dicampurkan pada makanan bayi berupa bubur. Di mana biasanya hati akan dikukus atau direbus dan dihaluskan. Diketahui bahwa hati ayam adalah makanan  yang mengandung vitamin A. Dan di dalam 3 ons-nya terdapat sekitar 1,04 mikrogram vitamin A. Hati ayam ini baik sekali untuk sistem kekebalan tubuh.

 

2. Telurmakanan yang mengandung vitamin - telur

Telur menjadi salah satu makanan favorit sebagian besar orang. Bisa diolah dengan cara digoreng, direbus, maupun dikombinasikan dengan bahan masakan lainnya akan tetap lezat. Ketika Anda mengonsumsi 1 butir telur, hal tersebut akan membantu di dalam memenuhi kebutuhan vitamin B2 kamu sebanyak 15%. Dan makanan yang mengandung vitamin B2 ini sangat baik menjaga suplai energi di tubuh kamu.

 

3. Kembang Kolmakanan yang mengandung vitamin - kembang kol

Ketika kamu berbelanja di pasar dan menemukan kembang kol dengan berbagai macam ukuran dan berat, maka kamu bisa memilihnya sebagai asupan vitamin C. Karena diketahui bahwa jenis sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sekitar 50 mg di setiap satu mangkuk kembang kol mentah. Makanan yang mengandung vitamin C ini bisa kamu olah menjadi sup dan sebagainya.

 

4. Tahu Dan Tempemakanan yang mengandung vitamin - tahu dan tempe

Siapa yang tidak kenal tahu dan tempe? Makanan murah meriah yang mudah sekali didapatkan. Diketahui bahwa dalam 100 gram tahu mengandung 157 IU vitamin D yang setara dengan 26% kebutuhan vitamin D harian kamu.

 

5. Kacang Tanahmakanan yang mengandung vitamin - kacang tanah

Kacang ini kerap kali menjadi camilan yang banyak digemari. Baik direbus, digoreng, maupun dioven. Untuk menemukannya pun tidaklah sulit. Perlu diketahui bahwa di setiap 100 gram kacang tanah panggang kering mengandung 4,39 mg vitamin E.

 

6. Dagingmakanan yang mengandung vitamin - daging

Produk hewani seperti daging mengandung vitamin K yang baik. Tidak jarang daging menjadi bahan makanan yang disarankan untuk diberikan pada bayi dalam masa MPASI dengan diolah agar menjadi lembut. Penggunaannya pun tidak perlu terlalu banyak.

Baca juga: Supaya Sehat, Yuk Makan 15 Makanan Berserat Tinggi Ini!

 

Belanja Hemat dengan Cashbac

Cashbac bekerjasama dengan banyak bank memberikan kamu rewards hingga 60%! Hubungan kartu debit atau kartu debit kamu di aplikasi Cashbac untuk menikmati rewardsnya.

Cashbac dapat digunakan untuk membeli semua kebutuhan belanja harian kamu di Alfamart, FamilyMart, hingga Gramedia, ACE Hardware, Informa, dan Drive Thru di McDonald’s.

Mengingat banyaknya kebutuhan vitamin yang diperlukan untuk tubuh kamu, maka perhatikanlah dengan baik makanan yang kamu makan. Makanan yang mengandung vitamin, baik A, B, C, D, E, dan K harus kamu penuhi secara cukup.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store