Saat ini umat muslim sudah memasuki bulan ramadhan. Itu artinya mereka semua harus mulai berpuasa selama 1 bulan lamanya. Selain di bulan ramadhan, berpuasa ternyata kini sudah semakin populer sebagai salah satu langkah dalam menjalani gaya hidup sehat. Puasa berarti kita harus menahan rasa lapar dan haus untuk beberapa jam. Tahukah kamu bila berpuasa punya banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh?

Bukan hanya karena alasan kepercayaan saja, semakin banyak orang memilih untuk berpuasa karena mereka mengetahui ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan. Tak heran rasanya bila banyak orang hingga kini memilih untuk berpuasa meskipun tidak sedang menjalankan ibadah. Apa pun alasannya, ketahuilah beberapa fakta tentang semua manfaat puasa terhadap kesehatan berikut ini.

Baca Juga : 8 Tips Diet Saat Puasa, Efektif dan Aman!

 

8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Kita

Saat berpuasa, tubuh akan mengalami berbagai kondisi yang dapat mengalami berbagai kondisi yang tentunya dapat memengaruhi kesehatan. Ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh saat menjalankan puasa, tergantung dari kesehatan individu masing-masing. Kesehatan tentunya sangat penting untuk dijaga karena bisa menunjang aktivitas seseorang agar bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun.

Berdasarkan National Institut of Health U.S. Department of Health and Human Services, melakukan puasa akan meningkatkan kesehatan seseorang yang mengalami beberapa penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, obesitas, dan penyakit saraf. Hal inilah yang membuat banyak orang kini memilih berpuasa selain dari di bulan Ramadhan. Karena puasa punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita baik fisik maupun mental.

Berikut adalah ragam manfaat puasa bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Bantu Menurunkan Berat Badanmanfaat puasa bagi kesehatan - menurunkan berat badan

Banyak penelitian telah membuktikan jika puasa bisa menjadi salah satu cara aman dalam menurunkan berat badan seseorang. Hal tersebut dikarenakan berpuasa selama beberapa jam dalam sehari akan membuat tubuh membakar lemak secara efektif dibandingkan dengan cara diet lainnya.

Ketika berpuasa, tubuh akan didorong untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi utama tubuh sebagai pengganti gula. Karena alasan tersebut, ada banyak atlet yang memanfaatkan momen puasa untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh sebelum mereka melakukan pertandingan.

 

2. Mengontrol Kadar Gula Darahmanfaat puasa bagi kesehatan - mengontrol kadar gula darah

Ketika berpuasa, tubuh akan mentoleransi gula secara optimal, termasuk glukosa yang terdapat dalam karbohidrat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saat berpuasa tubuh dapat meningkatkan insulin dalam mengirim sinyal pada sel tubuh untuk menyerap glukosa yang ada dalam darat. Dengan demikian, kadar gula darah pun bisa terjadi dengan baik selama puasa.

 

3. Meningkatkan Metabolismemanfaat puasa bagi kesehatan - meningkatkan metabolisme

Sistem pencernaan yang buruk tentunya bisa memengaruhi sistem metabolisme dalam membakar kalori dan lemak. Kabar baiknya, salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah dapat membantu memperbaiki fungsi sistem pencernaan dalam tubuh. Sebab ketika berpuasa, sistem pencernaan dapat beristirahat karena tidak ada makanan yang harus dicerna.

 

4. Mengatur Nafsu Makanmanfaat puasa bagi kesehatan - mengatur nafsu makan

Manfaat berpuasa lainnya adalah dapat membantu mengatur nafsu makan agar kembali normal. Pada seseorang yang memiliki riwayat obesitas atau memiliki berat badan berlebih, tubuh menjadi sulit untuk mengatur hormon yang memicu munculnya rasa lapar. Akibatnya, mereka pun cenderung makan secara berlebihan karena memiliki nafsu makan yang tinggi.

Dengan melakukan puasa, tubuh dengan sendirinya akan mengatur ulang produksi hormon pemicu rasa lapar sehingga akan melepaskannya ketika tubuh benar-benar merasa lapar. Selain mencegahmu untuk makan terlalu sering, produksi hormon lapar yang teratur tentunya bisa membuat tubuh menjadi mudah merasa kenyang.

 

5. Bantu Memperbaiki Pola Makanmanfaat puasa bagi kesehatan - memperbaiki pola makan

Bagi seseorang yang merasa kesulitan dalam mengatur pola makan karena kesibukannya sehari-hari, puasa tentu dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk dapat memperbaiki hal tersebut. Pasalnya seseorang dengan kebiasaan makan tak teratur atau memiliki porsi makan yang besar akan kesulitan untuk memperbaiki pola makannya. Maka dari itu puasa dapat membantu kamu untuk menahan diri agar tak terlalu banyak makan pada jam tertentu. Hal ini pun akan membuat pola makan menjadi lebih teratur.

 

6. Daya Tahan Tubuh Meningkatmanfaat puasa bagi kesehatan - daya tahan tubuh meningkat

Ketika tubuh terserang infeksi, ada baiknya kamu untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi kerja organ tubuh. Tujuannya agar daya tahan tubuh bisa meningkat dan bekerja dengan lebih baik lagi saat melawan penyebab infeksi penyakit. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berpuasa. Sebab puasa akan membantumu dalam meningkatkan daya tahan tubuh karena hal ini bisa mengurangi kerusakan tubuh akibat dari radikal bebas, meredakan peradangan, hingga mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh.

 

7. Kemampuan Kerja Otak Meningkatmanfaat puasa bagi kesehatan - kemampuan kerja otak meningkat

Selain bermanfaat dalam sistem pencernaan, puasa juga mempunyai manfaat bagi kesehatan otak. Hal tersebut dikarenakan puasa bisa mendorong produksi protein yang mendukung pada pembentukan dan perkembangan saraf. Protein ini nantinya akan mendorong sel induk di otak untuk dapat menghasilkan sel-sel saraf baru sehingga dapat menimbulkan berbagai jenis reaksi kimia yang dapat bermanfaat untuk kesehata notak.

Protein juga dapat melindungi sel otak dari berbagai kelainan yang dapat memicu penyakit, seperti Alzheimer atau Parkinson.

 

8. Dapat Menjaga Kesehatan Mentalmanfaat puasa bagi kesehatan - menjaga kesehatan mental

Selain untuk dapat menjaga kesehatan tubuh, manfaat puasa bagi kesehatan juga dapat dirasakan secara mental. Berpuasa akan membantu seseorang lebih terhubung dengan kegiatannya sehari-hari dan membuatnya merasa tenang di dalam dirinya. Sistem pencernaan merupakan salah satu organ yang paling banyak membutuhkan energi untuk melakukan kegiatan.

Pikiran bersih tentunya akan membuat seseorang merasa lebih tenang dan akan membuat kesehatan pun menjadi terjaga dengan baik, baik itu mental ataupun fisik.

Baca Juga : Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja!

 

Apakah Risiko Puasa Bagi Kesehatan?resiko puasa bagi kesehatan

Umumnya, berpuasa aman dilakukan oleh siapa saja tanpa terkecuali. Akan tetapi, bagi kamu yang punya beberapa kondisi tertentu seperti hamil atau menyusui, memiliki riwayat batu ginjal, GERD, atau diabetes, harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Meskipun punya banyak manfaat pada kesehatan tubuh, pada beberapa orang, puasa juga bisa menimbulkan berbagai macam efek samping yang berbeda-beda. Akan tetapi, efek samping puasa sering kali terjadi pada awal puasa saja dan akan hilang sendirinya ketika tubuh sudah mulai terbiasa.

Inilah berbagai efek samping ketika berpuasa bagi sebagian orang:

  • Merasa lapar
  • Mudah Lelah
  • Insomnia
  • Mual
  • Sakit Kepala

Jika kamu memiliki kondisi tertentu, sebaiknya segera lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan kesehatanmu saat menjalankan puasa. Sebab efek samping yang disebutkan di atas biasanya sering kali mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan ketika sedang berpuasa.

 

Puasa Sangat Bermanfaat Sekaligus Hemat!

Jadi, sudah tahu kan manfaat puasa yang ternyata banyak sekali, ingin lebih hemat saat puasa? Kita bisa menggunakan aplikasi Cashbac selama puasa.

Karena di bulan puasa Ramadhan ini, ada banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan, diantaranya adalah:

cashback mcdonald's e-voucherE-Voucher McDonald’s 25 Ribu Seharga 1 Point Cashbac


cashback mcdeliveryPromo Bank Ramadan


cashback mcdeliverySahur & Buka Puasa Hemat dengan McDelivery


cashbac kawan lama 75 ribuHemat 75.000 Beli Perabotan


Rewards Menarik dari Bank

Itulah berbagai manfaat puasa bagi kesehatan dan ragam efek samping yang biasa terjadi bagi sebagian orang. Semua manfaat ini tentunya sangat baik bagi tubuh dan akan membantu kita semua untuk menjaga kesehatan. Apalagi kesehatan adalah hal utama yang perlu kita perhatikan agar bisa beraktivitas dengan baik setiap harinya. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443H!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%