Sebagai seorang manusia, kita pasti mendapat banyak godaan, salah satunya menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu kita perlu. Namun, banyak juga dari kita sudah mencoba banyak cara untuk berhemat, tapi seringkali tidak berhasil. Nah, kamu sudah pernah coba tips lain seperti di bawah ini?

 

1. Buatlah skala prioritas

Kalau kamu adalah seseorang yang gampang membeli sesuatu yang tidak terlalu penting, ini saatnya kamu membuat skala prioritasmu. Misalnya, kamu sedang diantara 2 pilihan antara membeli handphone keluaran atau kamera pocket. Nah, karena saat ini kamera pada handphone sudah memiliki kualitas yang hampir setara dengan kamera pocket, ada baiknya jika kamu menunda untuk membeli kamera. Begitu juga dengan hal-hal kecil, seperti membeli baju atau sepatu, dsb.

 

2. Catat pengeluaranmu

Mencatat pengeluaran kita perhari memang sebuah kegiatan yang kadang kita lupakan. Alasannya beragam. Mulai dari mempunyai kegiatan yang sibuk, lupa, atau memang tidak merasa perlu melakukannya. Padahal ini sangat penting supaya kamu bisa membandingkan pengeluaran untuk lebih berhemat setiap bulannya. Cobalah untuk membuat catatan pengeluaran seperti biaya makan setiap hari, biaya transportasi, dan biaya lainnya.

 

3. Kurangi window shopping

Sebagai orang yang sering pergi ke luar untuk berktivitas, kebiasaan ini sebenarnya sering muncul tanpa sengaja. Misalnya kita sedang ke mal dan melewati etalase toko yang menjual barang-barang unik, pasti kita ada keinginan untuk membeli. Namun sekarang window shopping juga bisa dilakukan secara online. Dengan banyaknya online shop yang beredar, kita bisa dengan mudah mengklik apapun yang kita cari. Terkadang kita malah ‘kecolongan’ untuk membeli hal yang tidak terlalu kita butuhkan. Nah, kebiasaan ini yang wajib kamu kurangi kalau ingin mulai berhemat.

 

4. Buatlah tabungan sendiri di rumah

Kebanyakan dari kita sudah melupakan tabungan atau celengan di rumah, padahal sebenarnya metode ini bisa lumayan membantu kamu dalam menghemat uang. Kamu bisa mulai dengan membuat komitmen untuk menabung sebesar 20 ribu dan harus dilakukan perharinya, bagaimana pun kondisinya. Jika kamu selalu mengisi tabunganmu 20.000 dalam setahun (365 hari), kamu sudah menyelamtkan uang sebesar 7.300.000 pertahu. Lumayan kan?

 

5. Download aplikasi penghemat pengeluaran

Makan di luar sudah menjadi kebiasaan kita. Bertemu teman, kumpul keluarga, bahkan meeting juga dilakukan di café atau restoran. Nah, untuk itu kamu bisa download aplikasi yang bisa memberikan kamu cashback langsung tanpa syarat seperti aplikasi Cashbac. Di aplikasi ini kamu bisa mendaptkan cashback sampai 20% dari total pembelanjaan kamu.

 

Mau dapat Rewards lebih? Yuk, download aplikasi Cahbac sekarang juga di App Store atau Google Play di bawah untuk penggunaan pertamamu!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store