Menanam sayuran di rumah adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat sekaligus menyenangkan untuk dilakukan. Coba bayangkan melihat hijaunya halaman rumah kamu ditambah pada saat masanya memanen semua hasil tanaman kamu itu pasti rasanya begitu menyenangkan. Di masa pandemic COVID-19 ini menanam sayuran menjadi salah satu kegiatan yang mulai booming dilakukan, mengingat ada banyak orang yang menghabiskan waktunya di rumah.

Tentunya agar kamu tidak merasa bosan di rumah kegiatan seperti ini bisa membuat waktu kamu di rumah menjadi lebih terisi ketimbang kamu menghabiskan waktu kamu tanpa melakukan apapun. Masa pandemic yang membuat kamu harus bekerja dan beraktivitas dari rumah ini sebaiknya kamu manfaatkan untuk melakukan berbagai hal yang sebelumnya tidak pernah bisa kamu lakukan di rumah.bosan di rumah

Sebelumnya kamu sama sekali tidak bisa meluangkan waktu kamu bersama dengan keluarga, namun kini kamu diberi kelebihan waktu untuk bisa bertemu dengan keluarga kamu setiap hari. Tentulah harus kamu manfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan bermanfaat, salah satunya dengan menanam sayuran di rumah.

Baca Juga: Makanan Vegetarian Rekomendasi Buat Kamu!

 

Jenis Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Rumah

Pada saat ini ada banyak sekali metode untuk bisa menanam dengan mudah tanpa harus membutuhkan perawatan yang intens dan tanpa perlu bidang yang luas untuk bisa menanam. Kamu bisa memanfaatkan lahan sempit yang kamu miliki di rumah dan menanam berbagai sayuran yang paling sering kamu gunakan untuk memasak.

Sehingga dengan demikian kegiatan menanam di rumah ini bisa benar-benar memberikan manfaat bagi kamu dan keluarga, karena tentunya sayuran yang ditanam bisa digunakan untuk memasak. Apa saja kiranya sayuran yang cocok agar kamu bisa menanam sayuran di rumah?

1. Sayuran Seladatanaman sayuran selada

Pertama sayuran yang bisa membantu kamu untuk mewujudkan kegiatan menanam sayuran di rumah adalah selada. Untuk menanam selada, kamu tidak memerlukan pengetahuan khusus, karena selada ini adalah jenis sayuran yang mudah tumbuh di segala musim, bahkan pada cuaca yang ekstrim sekalipun. Kamu bisa menanam selada ini dengan cara yang biasa maupun dengan cara hidroponik.

 

2. Sayuran Bayamtanaman sayuran bayam

Kedua, bayam juga merupakan salah satu sayuran yang cocok untuk kamu tanam di rumah, selain itu bayam pun paling sering digunakan untuk membuat berbagai masakan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukainya.

Kamu hanya perlu menyiraminya dengan teratur setiap hari dan letakkan di tempat yang cukup sinar mataharinya. Pada saat ini juga ada banyak sekali orang yang menanam kangkung di rumahnya, karena menariknya kangkung ini juga bisa ditanam di lahan sempit dengan metode hidroponik dan hanya butuh waktu 3 minggu saja untuk bisa memanennya.

 

3. Sayuran Kangkungtanaman sayuran kangkung

Kangkung juga bisa ditanam dan dipanen di segala musim. Satu lagi jenis sayuran yang bisa ditanam di rumah adalah bawang merah dan bawang putih, kamu bisa memanfaatkan bawang merah dan bawang putih yang sudah bertunas dari dapur kamu sendiri kemudian menanamnya di media yang murah meriah seperti misalnya bekas gelas plastik.

 

Cara Menanam Sayuran Di Rumahcara menanam sayuran di rumah

Saat ini jika kamu ingin menanam sayuran maka kamu tidak memerlukan lahan yang luas, cukup di pekarangan rumah saja sudah sangat cukup untuk dijadikan sebagai lahan menanam sayuran di rumah. Hal ini bisa terwujud karena adanya berbagai metode pertanian yang semakin lama semakin dikembangkan demi beradaptasi dengan berbagai keadaan.menanam sayuran hidroponik

Metode hidroponik sederhana adalah salah satu metode yang sangat banyak dilakukan saat ini, kamu hanya membutuhkan media botol plastik, tanah dan arang sekam untuk menanam berbagai sayuran.menanam sayuran budikdamber

Juga ada teknik Budikdamber yang merupakan teknik budidaya ikan dalam ember yang bisa kamu lakukan di rumah, uniknya di atas ember yang digunakan untuk budidaya ikan ini kamu bisa gunakan menanam sayuran di rumah dengan mudah.

Ada banyak tutorial yang tersebar di berbagai media internet yang bisa kamu pelajari untuk mempraktekkan teknik budikdamber ini di rumah. Tentunya teknik ini tidak hanya akan membantu kamu dalam menanam sayuran di rumah saja namun juga bisa digunakan untuk melakukan budidaya ikan sekaligus.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan sampah dapur yang tidak digunakan seperti misalnya tunas bawang, tunas nanas untuk ditanam kembali. Belakangan ini juga muncul ide baru untuk menempelkan pot kantong tanaman di dinding sehingga dinding di rumah kamu juga bisa digunakan untuk menanam sayuran di rumah. Pastikan agar pot kantong tanaman yang digunakan terbuat dari polybag sehingga mampu menampung tanah, tanaman beserta airnya.

 

Cara Merawat Tanaman Di Rumahmerawat tanaman sayuran

Kebanyakan sayuran yang sudah disebutkan di atas dengan metode penanamannya termasuk sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan perawatan khusus sama sekali. Kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu memberikan tanaman-tanaman sayuran itu air yang cukup dan pastikan juga agar tanaman sayuran itu juga mendapatkan cukup sinar matahari yang bisa membantunya untuk terus berkembang serta tumbuh dengan baik.

Media yang digunakan dalam menanam pun juga harus benar-benar sesuai, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada banyak tutorial mengenai metode penanaman di internet, sehingga kamu hanya perlu mengikutinya dengan baik.

Jangan lupa untuk menyiangi tanaman sayuran yang kamu tanam untuk mencegah adanya gulma yang tumbuh, namun biasanya menanam sayuran di rumah dengan metode hidroponik dan lain sebagainya sangat meminimalisir adanya tanaman gulma pengganggu untuk tumbuh di sekitarnya karena memang tidak tersisa cukup ruang untuk gulma itu tumbuh pada media tanaman sayuran tersebut.

 

Memetik Tanaman Sayuran Di Rumahmemetik tanaman sayuran

Tentunya dalam memetik sayuran ada cara-cara tersendiri agar kamu tidak merusak keseluruhan dari tanaman tersebut. Untuk tanaman bayam misalnya kamu bisa memanennya dengan cara mencabut hingga ke akar-akarnya dan kemudian kamu bisa kembali  menanam bibit bayam yang baru di tempat yang penanaman bayam yang sudah kosong.

Untuk beberapa tanaman sayuran seperti bayam, kangkung, selada, daun bawang dan bawang-bawangan bisa dipanen kapan saja tanpa melihat musim, namun tentunya untuk jenis-jenis sayuran tersebut beda-beda waktunya untuk bisa siap panen, seperti misalnya untuk kangkung bisa dipanen setelah 4-5 minggu, sedangkan untuk bayam bisa dipanen setelah 3 minggu sejak penanamannya.

Sebelum kamu menanam sayuran di rumah sebaiknya kamu cari tahu dulu mengenai masa penanaman sayur tersebut untuk tahu waktu yang tepat untuk memanennya. Kemudian cara memanen sayuran tersebut juga merupakan hal yang harus kamu pelajari selain juga cara menanam sayuran di rumah. Karena jika kamu sembarangan dalam memetiknya juga bisa membuat tanaman sayur itu rusak dan tidak bisa tumbuh lagi.

Maka dari itu penting juga untuk mengetahui bagaimana cara memetik sayuran yang benar. Sehingga dengan demikian kamu bisa mendapatkan hasil dari menanam sayuran di rumah dan tidak sia-sia usaha yang telah kamu lakukan itu. Tentunya sangat menyenangkan bisa menyantap hasil tanaman kamu sendiri di rumah.

Baca Juga: Macam-Macam Peralatan Rumah yang Harus Kamu Punya!

 

Beli Peralatan Untuk Menanam di Rumah

Cukup dirumah saja, karena kamu bisa membeli semua peralatan untuk menanam di rumah dengan Cashbac.

Ada promo HOME untuk kamu pemegang kartu VISA, kartu kredit Standard Chartered, kartu kredit OCBC NISP, dan kartu kredit Maybank. Ada bonus points hingga 250 ribu jika menggunakan kartu-kartu tersebut di aplikasi Cashbac!

Kamu bisa membeli macam-macam peralatan untuk aktivitas berkebun di rumah yang berkualitas di ACE Hardware, ACE Express, dan Informa. Enaknya lagi kamu bisa pesan via WhatsApp!

Cara Order di ACE Hardware via WhatsApp
Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store