Di era pandemi ini, kamu harus lebih hati – hati memilih menu berbuka puasa. Bagi kamu yang ingin lebih baik beribadah puasa selama pandemi, mari bahas berbagai tips dan rekomendasi menu yang menarik pada artikel ini!

Tips Memilih Menu Berbuka Puasatips memilih menu berbuka puasa

Untuk tetap aman menyusun menu berbuka puasa di masa pandemi, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan. Berikut adalah bahasan tentang tips – tips tersebut:

Pilih Menu yang Tidak Terlalu Banyak Bahan

Karena keterbatasan pergi keluar rumah saat pandemi. Kamu lebih baik pilih hidangan yang tidak perlu banyak bahan. Lebih baik lagi jika pilihan bahan bisa awet di simpan lama. Hal seperti umbi, sayuran tahan lama, bawang dan rempah adalah contohnya. Jika pakai bahan ini, kamu tidak harus selalu belanja dan bisa lebih mudah soal persiapan buka.

Menu Sederhana yang Tidak Mahal Jauh Lebih Baik

Saat kondisi pandemi, kemampuan ekonomi keluarga terkadang terganggu. Jika kamu dalam kondisi keterbatasan budget, lebih baik pilih menu berbuka puasa yang terjangkau tapi tetap nikmati.

Pastikan Keseimbangan Nutrisi Tetap Dipenuhi

Saat masa pandemi, kamu wajib jaga kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, selalu siapkan menu yang lengkap nutrisinya. Minimal ada daging atau ikan, kacang, sayur dan buah setiap berbuka.

Selalu Sediakan Variasi yang Unik

Banyak orang yang puasa tentu ingin hidangan spesial. Bagi kamu yang tidak ingin cepat bosan, pastikan coba – coba variasi hidangan baru. Selama hidangannya sederhana, mudah dibuat dan tidak repot soal bahan, pasti kamu tidak akan kesulitan menyiapkannya saat pandemi..

Libatkan Anggota Keluarga

Jika ingin memuaskan keluarga, pastikan libatkan mereka saat memilih dan membuat menu. Kegiatan ini bisa jadi hiburan tersendiri walau tidak bisa makan – makan di luar karena pandemi.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Sahur Praktis dan Mengenyangkan!

Menu Berbuka Puasa Saat Pandemimenu berbuka puasa saat pandemi

Bagi kamu yang butuh inspirasi untuk menu berbuka puasa, mari bahas banyak menu yang bisa kamu coba berikut ini:

Tahu Kriwil

Siapa sih orang Indonesia yang tidak suka gorengan? Tapi untuk pilihan gorengan simpel, sehat dan praktis, tahu adalah pilihan yang tepat. Tahu kriwil adalah blok tahu biasa yang dimasak dengan baluran campuran tepung bumbu, tepung maizena dan tepung krispy instant. Camilan ini bisa juga di santap sebagai lauk yang simpel.

Tempe Mendoan

Tempe yang tebal dibaluri tepung bumbu dan potongan daun bawang ini pasti nikmat. Pembuatannya cukup mudah dan bisa diatur sesuai selera masing – masing. kamu bahkan bisa kombinasi dengan saus berbeda sebagai twist. Contoh dengan saus sambal kecap ataupun saus teriyaki, pasti mendoan makin mantap rasanya.

Omelet Sayur

Menu berbuka puasa ini pasti pas saat pandemi. Selain sederhana dan mudah dibuat, kandungan di dalamnya juga menyehatkan. Kamu cukup kumpulkan sayur – sayur yang tersisa di kulkas. Hal seperti sisa bayam yang tidak di sayur, daun bawang, wortel kecil ataupun terong bisa menjadi campuran di dalamnya.

Karena memanfaatkan sayur sisa, kamu tidak perlu repot belanja. Hal ini pasti mengurangi rasa repot harus stock saat pandemi. Cara buatnya juga simpel, karena kamu cukup tambahkan telur, sayuran tadi dan juga bumbu seperti garam dan lada. Goreng dalam pan dan menu bisa langsung disajikan.

Filet Ikan Siram

Kamu bisa beli filet ikan di pasar dengan harga murah. Kamu tidak perlu pesan filet ikan utuh, tapi beli yang curah. Sisa potongan ikan kecil – kecil bisa kamu beli lebih murah. Selain itu, untuk buat filet ini lebih simpel.

Kamu cukup baluri filet ikan tersebut dengan tepung bumbu dan goreng. Untuk membuat lauk ikan ini lebih mantap, buat saus siram yang sesuai selera. Kamu bisa gunakan saus tom yam, tiram ataupun saus tomat nanas yang simpel. Hidangan ini pasti menjadi favorit keluarga untuk buka.

Udang Pedas Manis

Hidangan udang pedas manis mirip dengan filet ikan siram, tapi dengan saus yang khusus. Saus siram yang digunakan untuk hidangan ini menggunakan campuran saus tomat, saus sambal, sedikit perasan lemon, potongan cabai merah, lada dan bawang putih. Rasa pedas manis dengan sedikit asam pasti membuat hidangan ini lebih nagih.

Capcay

Hidangan sederhana yang cocok bagi kamu yang malas belanja. Cukup pesan beberapa sayur sederhana dari tukang sayur, atau cek persediaan sayuran kamu. Selama ada minimal 2 jenis sayur berbeda, kamu bisa buat hidangan ini.

Pad Thai

Pad Thai adalah hidangan mie sederhana dari Thailand. Kamu cukup buat hidangan ini seperti mie goreng ala Indonesia tapi dengan saus dan bumbu berbeda. Hidangan ini pasti menarik untuk keluarga karena sensasi mie dan rasanya cukup unik. Hidangan sederhana ini cocok bagi kamu yang tidak bisa belanja banyak selama pandemi.

Cah Jamur

Cah jamur adalah hidangan tumis jamur yang mudah dibuat. Selain itu, kamu bisa masukan sayuran hijau dan berbagai jenis jamur sebagai tambahan. Hidangan ini memberi vitamin, mineral dan juga nutrisi nabati yang bantu tubuh tetap segar. Jadi jika ingin jaga kesehatan selama puasa saat pandemi, pastikan coba hidangan ini.

Sup Bening

Siapa sih yang tidak tahu tentang sup? Hidangan ini mampu diisi berbagai macam toping dan mudah disesuaikan dengan selera. Karena simpel dan menyehatkan, tidak ada alasan mengapa kamu tidak coba hidangan ini selama Ramadan.

Terong Sambal Teri

Bagi kamu yang suka pedas, silakan coba hidangan terong sambal teri. Hidangan ini dibuat dengan memasak terong hingga empuk dan dicampurkan dengan sambal teri masak kering. Paduan terong sambal ini cocok sebagai tambahan berbagai sayur lainnya selama puasa.

Salad Buah

Untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin, kamu harus coba menu berbuka puasa dengan salad buah. Kamu bisa campurkan berbagai buah – buahan dan menggunakan minyak zaitun sebagai dressing. Kamu juga bisa tambahkan croutons dan keju jika berkenan. Bahan yang umumnya digunakan adalah alpukat, strawberry, jeruk, pisang, candied apple, yogurt, kacang – kacangan dan cream cheese.

Pisang Beku Cokelat

Untuk memuaskan anak – anak, kamu bisa coba hidangan pisang beku. Hidangan ini cukup menggunakan pisang yang dikemas dengan Tupperware kedap udara lalu dibekukan. Setelah itu, kamu bisa coba lelehkan cokelat atau pakai sirum cokelat untuk toping pisang tersebut. Menikmati hidangan ini serasa makan es krim tapi lebih sehat.

Baca Juga: Kegiatan Ramadhan di Indonesia yang Jadi Tradisi!

 

Berbuka Puasa Tetap Hemat dengan Cashbac

Untuk kamu yang ingin berbuka puasa diluar, kamu harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik ya. Jangan lupa pakai aplikasi Cashbac untuk semua keperluan ramadhan kamu, ada promo menarik yang bisa kamu dapatkan.

Bonus Points 30 Ribu!

Semoga bahasan tips dan rekomendasi menu berbuka puasa di atas bisa menginspirasi kamu. Tetap jaga kesehatan dan fokus ibadah. Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1442H!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store