Setelah puasa seharian, memilih menu buka puasa yang tepat penting banget untuk mengembalikan tenaga dan mengisi perut kita lagi. Salah pilih menu buka puasa bahkan malah bisa bikin kita sakit perut lho. Nah, salah satu menu yang dianggap tepat untuk berbuka adalah menu buka puasa berkuah yang hangat. Selain nggak bikin kita sakit perut, buka puasa dengan yang berkuah juga bermanfaat banget untuk kesehatan kita lho. Penasaran? Ini dia ulasannya.

Manfaat Menu Buka Puasa Berkuah

Menu Buka Puasa Berkuah - Manfaat Menu Buka Puasa Berkuah

Sumber: terasjabar.id

Selain menyiapkan kita untuk mengisi perut dengan makanan yang lebih berat lagi, ada banyak manfaat dari buka puasa dengan menu yang berkuah lho untuk kesehatan kita. Penasaran? Ini dia alasan kenapa kamu sebaiknya berbuka dengan menu buka puasa berkuah.

Mengembalikan cairan tubuh

Setelah seharian berpuasa, badan kita kekurangan cairan untuk menjalankan fungsi tubuh. Nah, makanan berkuah bisa membantu mengembalikan cairan tubuh kita yang hilang. Selain itu, menurut Honestdocs.id, kuah yang umumnya terbuat dari kaldu hasil rebusan daging juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa seharian lho, seperti vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, folat, dan fosfat.

Mencegah perut begah

Setelah puasa seharian, nggak jarang perut kita terasa begah karena kosong seharian dan sistem pencernaan kita beristirahat. Ketika berbuka dan makan, perut pun menjadi nggak nyaman. Nah, menu buka puasa berkuah bisa mengurangi rasa begah tersebut karena kuah nggak memberatkan saluran pencernaan dan mudah dicerna. Berbuka dengan menu berkuah pun bisa bikin perut kita lebih siap untuk makan makanan yang berat, terutama kalau menu berkuah kita juga dicampur sayur yang mengandung serat.

Mencegah makan berlebihan saat berbuka

Setelah menahan lapar dan haus ketika berpuasa, nggak jarang kita malah makan berlebihan ketika waktunya berbuka. Padahal kebiasaan ini justru bisa bikin kita sakit perut lho. Nah, untuk mencegah sakit perut karena makan berlebihan itu, kita bisa makan menu buka puasa berkuah untuk mengganjal perut kita dulu supaya nggak makan terlalu banyak. Setelah makan makanan berkuah, kita bisa menunggu 10 menit dulu sebelum makan makanan berat sehingga nggak makan berlebihan.

Baca juga: 7 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Mendetoks tubuh kita

Ketika puasa, tubuh kita biasanya melakukan detoksifikasi alami. Nah, ketika kita makan makanan berkuah yang hangat untuk berbuka puasa, maka detoksifikasi tersebut pun akan lebih lancar. Kuah yang hangat juga bikin pembuangan racun dari tubuh kita lebih lancar dan melengkapi detoksifikasi tubuh dari keringat. Detoksifikasi yang lancar ini juga bakal bikin pencernaan kita lancar tanpa sembelit selama puasa lho.

8 Menu Buka Puasa Berkuah

Nah, supaya berbuka dengan menu buka puasa berkuah menghasilkan manfaat maksimal untuk tubuh, kita sebaiknya memilih menu berkuah yang nggak mengandung santan karena selain bisa meningkatkan kolesterol, berbuka dengan santan juga bisa menyebabkan lambung kita terganggu lho.

Jadi, apa aja menu buka puasa berkuah yang sebaiknya kita santap? Ini dia beberapa pilihan menu buka puasa berkuah yang cocok kita makan ketika waktunya berbuka tiba.

1. Soto Lamongan

Menu Buka Puasa Berkuah - Soto Lamongan

Sumber: citarasaindonesia.co.id

Makanan yang satu ini merupakan salah satu yang mudah ditemukan pada bulan puasa. Selain rasa gurih dari kuah bening yang terbuat dari kaldu ayam kampung, Soto Lamongan juga terkenal karena biasanya disajikan dengan serbuk kerupuk udang dalam kuahnya atau yang lebih kita kenal sebagai koya.

Selain itu, isian soto ini juga lengkap banget: suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, bihun, kentang, hingga irisan telur ayam sehingga bikin menu buka puasa berkuah punya kandungan nutrisi yang lengkap banget untuk kita ketika berbuka.

2. Sup Daging

Menu Buka Puasa Berkuah - Sup Daging

Sumber: food.detik.com

Untuk kita yang suka makan daging, berbagai pilihan sup daging berkuah bening seperti sup ayam, sup ikan, atau sup daging sapi cocok banget untuk disantap saat buka puasa. Menu yang seringkali jadi comfort food kita yang mengingatkan dengan rumah ini ternyata punya banyak banget kandungan protein, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Selain itu, menurut BBC Good Food, sup daging, khususnya daging ayam biasanya mengandung asam amino sistein, glukosamin dan sebagainya yang merupakan antivirus, anti pembengkakan dan antioksidan. Bahkan, buka puasa dengan sup daging juga bisa menghambat gejala hidung tersumbat dan batuk, menjaga kesehatan pencernaan dan bikin jadwal tidur kita lebih teratur sehingga kita nggak gampang sakit saat puasa.

3. Bakso

Menu Buka Puasa Berkuah - Bakso

Sumber: commons.wikimedia.org

Menu buka puasa berkuah yang satu ini udah menjadi makanan favorit berbagai generasi lho, bahkan udah terkenal hingga ke negara-negara lain. Daging giling berbentuk bulat ini memang enak banget dan kaya dengan protein yang dibutuhkan tubuh kita juga. Selain itu, lauk tambahan seperti mie keriting/bihun, daun seledri, bawang goreng, kecap, sambal dan kerupuk pangsit nggak hanya bikin bakso semakin enak, tapi juga kaya dengan karbohidrat lho.

Supaya menu buka puasa berkuah ini bisa memberi manfaat buat tubuh kita, sebaiknya hindari bakso dengan bumbu yang mengandung terlalu banyak garam ya karena bisa bikin tekanan darah kita meningkat. Selain itu, hindari juga bakso bervariasi seperti bakso mercon atau bakso keju kalau kita alergi makanan berbahan susu. Ini supaya kita terhindar dari sakit perut karena makan makanan yang bikin perut sensitif setelah nggak makan seharian.

4. Sop Buntut

Menu Buka Puasa Berkuah - Sop Buntut

Sumber: food.detik.com

Sop yang berbahan dasar ekor sapi ini dulunya hanya bisa ditemukan di restoran mewah di kota. Tapi, sekarang udah nggak sulit bagi kita untuk menemukan sop buntut untuk berbuka puasa di berbagai tempat.

Di dalam kuah sup buntut, biasanya buntut sapi dimasak bareng tomat, kentang, kacang hijau, jagung, bawang putih dan rempah-rempah ala berbagai daerah di Indonesia sehingga bikin sop yang satu ini kaya manfaat untuk kesehatan: mulai dari menambah energi kita sampai membantu mencegah kanker. Buntut sapi sendiri yang menjadi bahan utama sop buntut mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi yang bikin tubuh kita makin kuat selama puasa.

Baca juga: Yuk Kenalan dengan 10 Makanan Pencegah Kanker Ini!

5. Sup Kepiting Asparagus

Menu Buka Puasa Berkuah - Sup Kepiting Asparagus

Sumber: sajiansedap.grid.id

Menu buka puasa berkuah yang satu ini berasal dari Tiongkok Selatan dan merupakan campuran sup krim asparagus dengan putih telur dan daging kepiting. Saat ini, sup kepiting asparagus bahkan udah terkenal sampai ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Amerika Serikat, dan Kanada. Rasa menu buka puasa berkuah yang pekat, gurih, dan sedikit manis ini juga cocok banget untuk dimakan ketika berbuka puasa.

Selain enak, bahan-bahan pada sup ini juga bikin puasa kita lebih sehat lho. Kepiting dan putih telur memiliki protein yang tinggi yang bikin kita lebih gampang merasa kenyang. Menurut situs Healthline.com, asparagus juga mengandung antioksidan, vitamin A, B, dan K yang bisa melindungi kita dari sinar matahari, menjaga kesehatan mata, dan memperkuat tulang kita.

6. Zuppa Soup

Menu Buka Puasa Berkuah - Zuppa Soup

Sumber: idntimes.com

Ingin buka puasa dengan menu berkuah yang hangat lalu langsung makan menu yang mengandung karbohidrat untuk mengganjal perut kita? Zuppa soup cocok jadi menu berbuka kamu. Sup unik dari Italia ini merupakan sup kental yang disajikan dengan ditutup pastry mirip croissant yang mirip topi. Kuah dari sup tersebut bertekstur kental dan agak creamy dengan rasa bawang putih yang kuat dan biasanya dicampur dengan sosis Italia, paprika, bawang bombay, ayam, kentang, dan sayuran hijau seperti bayam.

Karena penyajiannya yang biasa bareng roti sejenis croissant, zuppa soup bisa lumayan mengganjal perut kita ketika berbuka. Kita bisa makan supnya dulu lalu menunggu sebentar dan makan rotinya atau menghancurkan roti croissant yang menjadi penutup mangkuk sup tersebut dan mencampurnya dalam sup supaya teksturnya lebih pekat lagi. Jadi, selain dapat protein dari supnya, kamu juga bisa dapat karbohidrat untuk meningkatkan energi kamu.

7. Suki dan Shabu-Shabu

Menu Buka Puasa Berkuah - Suki dan Shabu-Shabu

Sumber: thestar.com

Untuk kita yang suka memasak atau memilih-milih bahan sendiri, suki dan shabu-shabu cocok banget untuk menjadi menu buka puasa kita. Walaupun keduanya mirip karena sama-sama merupakan rebusan daging dan sayur dalam kuah panas, ada perbedaan sedikit di rasanya. Shabu-shabu biasanya menggunakan kaldu dengan rasa yang ringan, sedangkan suki biasanya menggunakan kaldu pekat dengan rasa gurih atau manis yang kuat. Keduanya pun memiliki beberapa variasi dari berbagai negara, seperti Thailand, Jepang, atau Tiongkok.

Baik suki maupun shabu-shabu yang menjadi pilihan favorit kamu, biasanya ada beberapa pilihan lauk yang bisa kita pilih untuk dimasak dalam kuah kaldu. Nah, supaya suki atau shabu-shabu yang kita santap saat buka puasa tetap bermanfaat untuk kesehatan kita, sebaiknya pilih lauk untuk dimasak yang berupa sayur ya.

Baca juga: Apa Sih Perbedaan Shabu-Shabu, Suki, dan Hotpot? Cari Tahu Yuk!

8. Ramen

Menu Buka Puasa Berkuah - Ramen

Menu berkuah yang hangat dari Jepang ini biasanya terdiri dari mie berbahan gandum dengan kuah kaldu daging sapi atau ikan yang dibumbui kecap sehingga bikin ramen menjadi menu yang cocok untuk menghangatkan perut setelah puasa sekaligus bikin kamu kenyang. Biasanya ada beberapa jenis ramen berdasarkan kuahnya: shoyu dengan kuah bening yang asin, shio dengan kuah kuning yang asin, miso yang rasanya agak pekat dan manis, dan kare atau kuah rasa kari.

Ramen biasanya ditambahkan berbagai topping seperti daging panggang, telur, daun bawang, tauge, rebung, rumput laut dan sayuran seperti wortel atau bayam. Tiap daerah di Jepang juga biasanya punya versi ramennya masing-masing yang sekarang juga bisa kita temukan di Indonesia. Sebaiknya pilih ramen yang memiliki topping sayuran dan rumput laut atau daging panggang supaya lebih sehat ya.

Tetap Hemat Saat Buka Puasa

Nah, ada berbagai pilihan menu buka puasa berkuah yang bisa kamu coba sesuai selera makanan favorit kamu nih. Supaya kamu tetap bisa hemat saat buka puasa, Cashbac punya promo spesial untuk kamu lho khusus bulan puasa ini.

Setiap hari selama bulan puasa, Cashbac memberikan kamu extra cashback 50% untuk transaksi pukul 16.00-23.00. Pas banget untuk kamu yang ingin buka puasa di berbagai restoran, termasuk di restoran yang punya menu buka puasa berkuah yang cocok untuk kamu seperti XO Suki, Shabu Shabu House, Gokana Ramen & Teppan, Bari-Uma Ramen, Gula Merah, Bakso Malang Karapitan, Shabu Ghin, Grand Cafe Grand Hyatt, Seribu Rasa, Asia Restaurant, dan sebagainya.

Cara mendapatkan promonya gampang banget: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu kredit/kartu debit kamu, dan gunakan aplikasi Cashbac saat bertransaksi untuk mendapat instant cashback yang bisa langsung kamu gunakan untuk transaksi selanjutnya atau simpan untuk digunakan kapanpun selama akun kamu masih aktif. Untuk syarat dan ketentuan lengkap promo extra cashback 50%, kamu bisa cek di sini ya.

Jadi, supaya puasa kamu semakin lancar dan nggak terganggu sakit, yuk buka puasa dengan berbagai pilihan menu buka puasa berkuah! Kamu juga bisa tetap hemat saat buka puasa lho bareng Cashbac. Selamat berpuasa dan jangan lupa buka puasa dengan Cashbac ya!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store