Di masa pandemi ini, kamu harus lebih hati – hati dalam segala sesuatunya, termasuk di hari raya Idul Fitri. Untuk membantu kamu seputar hal ini, mari bahas tips – tips aman menyambut Hari Raya Idul Fitri pada artikel ini.

 

Kurangi Waktu di Luar Rumah

Saat pandemi, hendaknya kurangi waktu bepergian, kamu tidak boleh terlena untuk sering makan di luar ataupun menghadiri perkumpulan. Pastikan lebih fokus untuk ibadah di rumah dan berkumpul dengan keluarga.

Memang menghabiskan waktu menyambut hari raya Idul Fitri dengan di rumah saja tampak membosankan. Tapi daripada membahayakan keluarga, lebih baik ambil opsi ini.

 

Jangan Paksakan Mudikdilarang mudik

Banyak orang menyambut hari raya Idul Fitri dengan mudik. Tapi di situasi seperti ini, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk pulang kampung. Jika memang tempat tujuan kamu jauh dan tidak memungkinkan untuk mudik, lebih baik tinggal di rumah.

Bila ingin pulang kampung, pastikan pertimbangkan hal berikut ini:

  • Apakah perjalanan jauh?
  • Apakah harus berhenti di tengah jalan?
  • Bagaimana situasi keramaiannya?
  • Apakah status tempat pulang kampung aman dari Covid-19?
  • Apakah ada peraturan pemerintah daerah yang melarang mudik?
  • Apakah harus karantina mandiri di tempat tujuan?

Jawab pertanyaan di atas dan coba pikirkan berbagai kemungkinan terburuknya. Bila jawaban pertanyaan di atas tidak terlalu buruk, barulah kamu boleh pulang kampung. Tapi jika lebih banyak buruknya, lebih baik tahan diri dulu untuk tidak mudik. Banyak pembatasan yang sudah diberikan oleh pemerintah. Jika tidak mau berurusan dengan polisi dan razia, lebih baik patuhi aturan ini.

 

Buat Kegiatan Bersama Keluargakegiatan bersama keluarga idul fitri

Kegiatan puasa dan menyambut hari raya Idul Fitri tentu membosankan jika harus di rumah terus. Untuk variasi, pastikan buat kegiatan bersama dengan keluarga. Misalnya saling bercengkrama di dalam rumah, saling bertukar hadiah Idul Fitri, atau membuat menu makanan lebaran bersama.

Hal seperti ini bisa mendekatkan keluarga dan mengembangkan waktu untuk kebersamaan yang positif. Dalam menyambut hari raya Idul Fitri, tidak perlu harus belanja keluar rumah ataupun makan bersama di restoran. Cukup adakan acara bersama seperti ini dengan rutin dan kamu tetap bisa menyambut hari raya Idul Fitri dengan mantap.

 

Pilih Menu yang Variatif Untuk Hari Rayakegiatan lebaran

Makan – makan adalah hal yang tidak terpisahkan dari hari raya Idul Fitri. Untuk kamu yang ingin membuat puasa tidak bosan di rumah saja, coba buat menu sendiri yang variatif. Kamu bisa coba masak sendiri ataupun mencoba belajar resep baru dari internet.

Kamu bisa coba kreasi dengan persediaan bahan yang ada di rumah kamu. Tidak harus terlalu fancy dengan menu, yang penting sehat dan nikmati. Kamu juga bisa manfaatkan layanan delivery untuk coba – coba hidangan yang belum pernah dimakan. Pilihan menu yang ada di app delivery pasti banyak yang unik.

Kamu bisa mencoba gunakan McDelivery untuk mendapatkan menu McDonald’s favorit kamu tanpa perlu keluar rumah. Saat ini ada Cashback 50% dari aplikasi Cashbac lho.

Pastikan Makan Makanan yang Sehatmakan bersama keluarga idul fitri

Untuk jaga diri selama pandemi, kamu juga harus sadar dengan situasi kesehatan. menyambut hari raya Idul Fitri harus didukung dengan kondisi badan. Jangan sampai sistem imun kamu lemah dan malah menjadi rentan untuk menerima berbagai penyakit.

Untuk jaga kesehatan, kamu atur menu makanan yang lebih sehat. Minimal setiap makan ada hidangan daging atau ikan, sayur, dan buah. Pastikan juga minum vitamin jika perlu.

 

Jaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dengan makanan. Kamu juga harus lakukan banyak hal lain demi melawan pandemi. Hal ini bisa olahraga, yoga, meditasi, mengatur waktu istirahat dan bahkan terapi mandiri. Pastikan juga kamu mengajukan suntik vaksin agar lebih aman saat silaturahmi di hari raya.

 

Optimalkan Ibadah di Rumahberibadah bersama keluarga idul fitri

Ibadah selama Ramadan dan Idul Fitri tidak harus keluar rumah. Hal ini sudah ditekankan banyak pemuka agama. Jika memaksakan diri bisa menjadi sumber penyebaran penyakit. Jika sudah tertular, maka orang-orang di sekitar kamu juga rentan tertular penyakit.

Ibadah di rumah tetap bisa dioptimalkan. Misalnya dengan sholat Idul Fitri di rumah, mengikuti ceramah atau kajian secara online, atau berinteraksi dengan komunitas ngaji. Kamu juga bisa melakukan sedekah secara online tanpa harus keluar rumah.

 

Butuh Belanja? Manfaatkan Toko Onlinebelanja kartu kredit

Banyak orang sering bingung bagaimana cara belanja untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Di banyak tempat selalu ramai dan sangat rawan penyebaran covid-19 karena kerumunan. Untuk menghindari ini, kamu bisa manfaatkan toko online sebagai tempat belanja.

Hal seperti belanja kebutuhan sembako, bahan buka dan juga baju lebaran bisa kamu dapatkan secara online. Pasti  hal ini lebih praktis dan jauh lebih aman dibandingkan harus berkerumun dengan banyak orang.

 

Manfaatkan Saluran Telekomunikasi

Silaturahmi saat hari raya Idul Fitri sering dirayakan dengan berkunjung ke tempat tetangga ataupun rumah sanak saudara. Di situasi pandemi, hal ini tidak harus dilakukan. Demi keamanan bersama, kamu cukup silaturahmi dengan akses telekomunikasi yang sudah ada. Mulai dari telepon, kirim surat ucapan dan parcel sudah cukup di situasi saat ini.

Bila kamu rindu dengan sanak saudara, kamu bisa kontak mereka lewat layanan internet. Video call dan Zoom adalah alternatif komunikasi yang pas untuk hal ini. Saat menyambut hari raya Idul Fitri, tidak bertemu keluarga besar memang berat. Tapi demi keamanan semua, lebih baik tahan diri dulu. Manfaatkan teknologi yang ada sebagai obat rasa rindu tersebut.

 

Perayaan Tidak Perlu Berlebihan

Hari raya Idul Fitri adalah peringatan besar yang kita tunggu-tunggu bersama, tetapi mengingat situasi yang sedang tidak kondusif, lebih baik fokus ibadah dan kebersamaan dengan keluarga yang sederhana.

Tidak perlu arak – arakan keliling kampung saat takbiran. Cukup sebagian kecil saja yang berkumpul di dalam masjid menggunakan pengeras suara untuk melantunkan takbir. Alternatif yang lebih sederhana ini, lebih aman dan tentunya menjaga virus tidak menyebar.

 

Pastikan Patuhi Protokol Kesehatan

Bagi yang ingin tetap mengunjungi tetangga ataupun sanak saudara untuk bersilaturahmi, kamu tetap bisa melakukannya, tetapi selalu terapkan protokol kesehatan. Gunakan masker, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan apapun dan bawa terus hand sanitizer, serta selalu menjaga jarak. Selama mematuhi hal ini, kamu tetap bisa berkunjung untuk silaturahmi.

Pastikan juga tidak berkumpul terlalu banyak. Maksimal 6 orang dalam satu ruangan. Jika perlu bertemu saja di teras sambil menjaga jarak. Tidak perlu juga sambil makan ataupun minum. Selama berbicara tidak usah terlalu lama. Maksimal 30 menit saja selama kunjungan. Hal ini memastikan kunjungan hari raya Idul Fitri tetap bisa dilakukan tapi dengan cara aman.

 

Gunakan Cashbac untuk Tetap Berhemat

Jika kamu terpaksa keluar rumah untuk makan, berbelanja, ataupun perawatan di salon kecantikan, gunakan selalu Cashbac, sebah aplikasi yang akan selalu membuat kamu berhemat karena memberikan bonus points untuk setiap transaksi yang kamu lakukan.

Cashbac bisa diunakan di ribuat outlet Favorit seperti McDonald’s, Alfamart, Familymart, ACE Hardware, Informa, dan banyak restoran dan tempat ngopi favorit lainnya.


Dengan menerapkan tips – tips diatas, mari kita tetap sambut hari raya Idul Fitri dengan penuh kekhidmatan dan tidak mengurangi makna hari Raya Idul Fitri.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Mohon maaf Lahir & Bathin.

Download & Buka Cashbac App

Download
Open Apps