Kalian pasti sudah sering mendengar mengenai mie ramen, bukan? Yupp! Hidangan khas Jepang ini adalah sebuah hidangan yang sangat populer dan banyak di cari di Indonesia karena memiliki cita rasa yang lezat.

Orang Jepang menyebutnya Chuka Soba. Ramen adalah salah satu olahan makanan khas negara Jepang yang terbuat dari bahan dasar berupa mie yang berkuah. Ciri khas dari ramen adalah bentuk mienya yang tipis dan juga berwana kuning.

Sepintas jika dilihat, mie yang digunakan dalam ramen mirip dengan kebanyakan mie instan yang ada di Indonesia, namun jika lebih diperhatikan lagi dengan seksama, mie ramen memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan mie instan pada umumnya. Mie tersebut kemudian dimasukan kedalam sebuah mangkuk yang berisi kuah yang terbuat dari berbagai jenis kaldu.

mie ramen jepangNahh, tadi adalah sedikit penjelasan mie ramen. Jika kalian adalah penyuka mie ramen dan belum menemukan rasa ramen yang spesial, atau kalian yang baru pertama kali ingin mencicipi mie ramen ini, dan bertanya-tanya mengenai tempat dimana restoran yang menyediakan ramen dengan cita rasa yang lebih enak, dan lebih spesial bukan? tidak perlu khawatir, karena kami akan membagikan daftar restoran penyedia ramen enak.

Tetapi, sebelum kita masuk ke daftar restoran dengan mie ramen terenak, yukk kita simak sejarah mie ramen untuk menambah pengetahuan kamu mengenai mie ramen.

Sejarah Mie Ramen

sejarah mie ramen

Dilansir FoodCentrum, Mie ramen pertama di dunia diciptakan pada tahun 1910 di Jepang. Kala itu seorang koki China di restoran Rairaikan Tokyo mencoba membuat sebuah signature dish yang terdiri dari kaldu dan mie China yang berwarna kuning dan bertekstur elastis. Mie China yang saat itu digunakan sang koki memiliki tekstur yang lebih elastis bila dibandingkan dengan mie ramen saat ini.Hal ini karena sang koki menambahkan sodium karbonat ketika membuat adonan mie.

Hidangan ini kemudian populer dan dinamakan shina soba. Kata shina sendiri terdengar seperti pengucapan kata “China” , dan kata soba yang berarti mie soba. Kendati demikian, komposisi shina soba ini berbeda dengan komposisi soba Jepang, yakni pada penggunaan gandum sebagai bahan baku pembuatannya.

Beberapa tahun kemudian kepopuleran shina soba mulai meluas dan membuat semua restoran Jepang berkreasi membuat hidangan shina soba dengan bahan-bahan khas lokal. Keadaan politik dunia serta kekalahan Jepang pada Perang Dunia ke II ternyata turut mempengaruhi perkembangan shina soba sebagai cikal bakal mie ramen modern. Saat itu penggunaan kata shina dianggap sebagai simbol agresi imperialis serta dianggap sebagai sebuah bentuk penghinaan rasis yang mengerikan.

membuat mie ramenJadilah pada saat itu kata shina soba diganti menjadi kata Chuka Soba. Penggunaan kata Chuka Soba ini tidak bertahan lama karena setelah 1958, sebuah perusahaan mie instan ternama di Jepang mengeluarkan sebuah produk Chuka Soba pertama dalam bentuk instan yang diberi nama Chikin Ramen.

Pemilihan kata ramen sendiri berasal dari bahasa China “la” yang artinya menarik, dan “mien” yang artinya mie. Jadi, kata ramen digunakan untuk menggambarkan sebuah produk kuliner berupa mie yang cara pembuatannya harus melalui proses tarik menarik adonan. Museum mie ramen instan di Jepang. Kini semua kisah menarik seputar sejarah mie ramen instan dapat Anda temui langsung di Instant Ramen Museum. Museum unik yang terletak di daerah Tokyo dan Osaka ini menyajikan banyak cerita seputar perkembangan mie ramen instan sejak tahun 1958 hingga saat ini.koki mie ramenNahh, setelah mengetahui sejarah nya, kamu pasti merasa semakin berwawasan luas bukan? apakah setelah membaca sejarah mie ramen, kamu semakin tertarik untuk mencicipi mie ramen?

Eitss, tetapi tidak usah terburu-buru untuk pergi ke Jepang untuk menikmati rasa ramen asli dari Jepang, karena Cashbac akan memberikan rekomendasi mie ramen di Indonesia yang menyediakan rasa mie ramen mirip dengan rasa mie ramen di Jepang.

Mie Ramen Enak di Jakarta

Kita lihat restoran mana saja yang menyediakan mie ramen enak di Indonesia, khususnya Jakarta. Jangan takut kalau restoran ini akan menguras kantong kamu, karena jika kamu pakai aplikasi Cashbac, kamu akan mendapatkan cashback langsung lho.

Ippudo

ippudo mie ramen

sumber: instagram@ippudoindonesia

Rekomendasi ramen ter enak yang pertama adalah Ippudo. Ippudo menyediakan berbagai pilihan mie ramen yang sangat lezat dan menggungah selera. Saat memakan ramen, anda pasti mencari rasa kuah nikmat dan tekstur mie yang pas. Tidak perlu khawatir, Ippudo menyediakan rasa kuah yang tidak pelit sehingga rasa yang di sajikan sangat lezat dan membuat anda ingin kembali lagi untuk mecicipi mie ramen yang satu ini. Penasaran dimana saja Ippudo ini bisa kamu kunjungi ? tenang saja, kami akan memberikan alamat nya:

Lokasi Ippudo:

  • Lippo Mall Puri, Jakarta Barat
  • Central Park Mall, Jakarta Barat
  • Pacific Place Mall, Jakarta Selatan
  • Grand Indonesia Mall, Jakarta Pusat

 

Bari-Uma Ramen

sumber: instagram@bariumaramenid

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Bari-Uma Ramen. Kalian sering melihat outlet nya tetapi belum sempat mencicipinya? yukk coba cicipi ramen lezat yang satu ini. Bari-Uma Ramen menyediakan banyak pilihan ramen lezat lho. Tekstur mie ramen yang di sajikan sangat mantap dan kuah nya juga sangat nikmat. Bumbu rempah yang di buat menjadi kuah lezat ini pasti di ukur sehingga rasanya sangat nikmat! Kalian wajib mencoba mie ramen yang satu ini lho. Kalian sudah ingin mengunjungi outlets nya sekarang? Berikut kami berikan daftar outlet nya:

Lokasi Bari-Uma Ramen:

  • Lippo Mall Puri, Jakarta Barat
  • Central Park Mall, Jakarta Barat
  • Citywalk Gajah Mada, Jakarta Barat
  • Citywalk Sudirman Mall, Jakarta Pusat
  • Setiabudi One, Jakarta Selatan
  • Hollywood Junction Cikarang, Cikarang Utara, Bekasi
  • Beachwalk Shopping Center, Badung, Bali

Restoran-restoran di atas, selain memiliki cita rasa yang lezat, kamu juga dapat mendapatkan keuntungan lebih dengan membeli nya menggunakan aplikasi Cashbac lho. Coba download aplikasi Cashbac, lalu untuk pembayaran aplikasi ini, kamu dapat menyambungkan kartu kredit, debit online, maupun akun Go-pay mu untuk pembayaran mu lho.mie ramen pedasAplikasi Cashbac juga sangat mudah di gunakan karena tidak perlu Top-Up, jadi langsung terpotong dari metode yang kamu pilih dan kamu sambungkan. Kamu dapat menyambungkan sampai dengan 10 kartu lho. Kamu akan mendapatkan cashback langsung yang bisa kamu pakai untuk membeli makanan lainnya lho. Caranya sangat mudah dan kamu pasti mendapatkan cashbac setiap saat.

Ayo pakai Cashbac sekarang untuk beli mie ramen kesukaanmu!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store