Kamu sedang mencari minuman buka puasa yang menyegarkan? Artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi minuman terbaik yang bisa kamu pilih. Setelah sekian lama menahan dahaga, tentunya kamu ingin berbuka puasa dengan minuman yang menyegarkan agar tenggorokan kering bisa kembali segar.

Baca Juga : Tips Puasa Agar Tidak lemas dan Ngantuk!

 

Minuman Buka Puasa yang Menyegarkan

Nah, ada beberapa rekomendasi minuman yang bisa kamu coba dan buat sendiri di rumah. Dijamin menyegarkan, lebih sehat, lebih hygiene dan rasanya bisa kamu sesuaikan dengan selera. Lalu apa saja sih minuman buka puasa yang menyegarkan tersebut? Yuk simak informasinya sampai habis ya!

Es Timun

minuman buka puasa es timun

Minuman buka puasa yang menyegarkan di urutan pertama ada es timun. Siapa sangka, sayur timun yang sering dijadikan lalapan bisa diubah menjadi minuman yang menggugah segar dan menggugah selera. Ya, timun memiliki rasa yang sangat khas saat diubah menjadi minuman. Sayangnya, jika kamu memiliki tekanan darah rendah jangan terlalu banyak meminumnya karena membuat tekanan darah kamu semakin drop.

Sesuai dengan namanya minuman yang satu ini terbuat dari bahan timun. Agar rasanya semakin menyegarkan kamu bisa menambahkannya dengan perasan jeruk nipis dan buah jeruk nipis yang sudah diiris tipis. Jangan lupa campurkan dengan melon agar rasanya semakin khas. Dijamin minuman yang satu ini bisa langsung menyegarkan tenggorokan kamu!

 

Es Blewah

minuman buka puasa es blewah

Sekilas buah yang satu ini mirip melon tapi memiliki bentuk dan cita rasa yang berbeda lho. Yang membuat buah blewah cocok dijadikan sebagai minuman buka puasa karena teksturnya berair, padat dan renyah. Saat kamu meminumnya tekstur blewah tersebut masih terasa “krenyes” di mulut kamu dan memberikan sensasi tersendiri.

Untuk mengolah es blewah yang satu ini sangat mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun simpel dan ekonomis sekali. Kamu hanya membutuhkan setengah buah blewah ukuran sedang, tambah selasih yang sudah direndam, gula pasir, air dan es batu secukupnya.

 

Es Timun Suri

minuman buka puasa es timun suri

Jika kamu ingin minuman buka puasa menyegarkan tapi tidak berat di tenggorokan saat meminumnya, es timun suri bisa menjadi minuman yang bisa kamu pilih.  Meski namanya timun suri, buah yang satu ini tidak mirip dengan timun, justru mirip dengan blewah baik dari segi warna dan isinya. Hanya saja bentuk timun suri ini lebih panjang dibandingkan blewah yang berbentuk bulat.  Saat matang, kulit timun suri bagian luar akan berwarna kuning sempurna.

Bagaimana soal rasanya? Timun suri memiliki cita rasa yang segar, padat tapi lembut dan berair.  Rasa manisnya ringan sangat cocok buat kamu yang tidak terlalu menyukai rasa manis.  Ada berbagai macam jenis es timun suri segar yang bisa kamu pilih, tapi yang paling populer adalah es timun suri jeruk nipis. Perpaduan rasa segar dari jeruk nipis dan manisnya timun membuat kamu ingin minum lagi dan lagi.

Bahannya simpel kamu hanya membutuhkan 1 buah timun suri, 2 buah jeruk nipis, 3 sdm gula pasir, air dan es batu secukupnya. Pembuatan juga sangat mudah, kamu hanya perlu menyerut timun suri yang sudah dibersihkan dan dikupas, peras jeruk nipis dan sisihkan, campurkan gula dan air, setelah itu campur semua bahan jadi satu. Jangan lupa tambahkan irisan jeruk nipis, aduk dan simpan di lemari pendingin, semakin lama akan semakin baik. Es timun suri siap disajikan.

 

Es Jeruk Sunkist

minuman buka puasa es jeruk sunkist

Es yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Rasanya dijamin menyegarkan tenggorokan kamu yang kering saat berpuasa. Bahan yang kamu perlukan pun simpel dan ekonomis. Kamu hanya perlu 2 buah jeruk sunkist segar, 3 botol minuman soda, 250 ml orange sirup.  Pembuatannya pun mudah, kamu hanya perlu memotong jeruk sunkist dan campurkan bahan menjadi satu. Simpan es di dalam lemari es minima 2 jam, es jeruk sunkist segar siap disajikan.

 

Es Kuwut Khas Bali

minuman buka puasa es kuwut bali

Minuman buka puasa yang satu ini nyegerin banget lho, cocok bagi kamu yang tidak suka minuman yang pekat atau berat di tenggorokan. Untuk es kuwut khas Bali ini bahannya simpel dan cara pembuatannya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan kelapa muda serut, buah melon serut, air, biji selasih, sirup leci dan jeruk nipis. Cara pembuatannya mudah kamu hanya perlu menyerut kelapa muda dan melon, kemudian campurkan semua bahan menjadi satu.  Es siap disajikan.

 

Es Kelapa Muda

minuman buka puasa es kelapa muda

Minuman buka puasa menyegarkan selanjutnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah es kelapa muda. Sesuai dengan namanya, es kelapa muda ini terbuat dari kelapa muda yang dagingnya lembut. Semakin muda kelapa tersebut teksturnya semakin lembut bahkan bisa pecah dimulut.

Menariknya, es kelapa muda tidak hanya menyegarkan saja tapi juga menyehatkan. Terlebih jika kamu meminumnya dengan air kelapanya. Air kelapa muda dipercaya mengandung elektrolit yang sangat menyegarkan. Jadi tidak mengherankan jika minuman yang satu ini bisa mengembalikan energi yang letih dan lesu saat puasa menjadi lebih segar dan berenergi kembali.

 

Jus Buah

minuman buka puasa jus buah

Jika selama puasa ini kamu merasa kurang mengkonsumsi buah dan sayur, kamu bisa berbuka puasa dengan jus buah. Mengapa demikian? Hal itu karena jus buah kaya serat, vitamin dan mineral sehingga membuat kamu lebih berstamina dan saluran pencernaan lebih sehat. Jus buah rasanya juga segar dan lezat. Jus buah tersebut juga bisa kamu kombinasikan dengan bahan lainnya. Bahkan kamu juga bisa membuat menu jus buah yang variatif setiap harinya.

 

Es Cendol

minuman buka puasa es cendol

Berbuka puasa dengan kearifan lokal minuman tradisional bisa menjadi pilihan terbaik. Ya, es cendol menjadi minuman yang tidak kehilangan peminat di tengah gempuran minuman kemasan modern. Hal itu terbukti, masih banyak penjual yang menjajakan es satu ini dan memiliki banyak pelanggan.

Untuk berbuka puasa, tidak ada salahnya kamu membuat es cendol sendiri di rumah. Selain lebih sehat dan hygiene, es cendol tersebut tingkat kemanisan bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu lho.

Minuman tradisional es cendol ini terbuat dari cendol biasanya terbuat dari tepung beras maupun kanji, kemudian ditambahkan dengan santan gurih dan gula jawa manis yang pekat. Rasanya begitu khas dan menyegarkan. Hanya saja bagi kamu yang tidak suka minuman yang pekat di tenggorokan minuman es cendol ini tidak cocok untukmu.

 

Sop Buah

minuman buka puasa sop buah

Ingin berbuka puasa dengan minuman buka puasa yang tidak hanya menyegarkan namun juga menyehatkan? Sop buah bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa dapatkan manfaat dari aneka buah dan susu yang terkandung dalam sup buah tersebut. Kamu juga bisa mengganti susu dengan yoghurt yang menyehatkan.

Jenis buah yang bisa kamu campurkan adalah naga, jeruk, semangka, melon, kiwi, pepaya dan anggur.  Agar tidak terlalu manis, jangan tambahkan sirup ya karena sirup tidak bagus untuk kesehatan karena tinggi gula. Konsumsi sirup yang berlebih tidak bagus untuk gula darah kamu!

Baca Juga : Coba Cemilan Buka Puasa Ini!

 

Puasa Tetap Hemat Bersama Cashbac!

Di bulan puasa Ramadhan ini, ada banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi Cashbac, diantaranya adalah:

cashback mcdonald's e-voucherE-Voucher McDonald’s 25 Ribu Seharga 1 Point Cashbac


cashback mcdeliveryPromo Bank Ramadan


cashback mcdeliverySahur & Buka Puasa Hemat dengan McDelivery


cashbac kawan lama 75 ribuHemat 75.000 Beli Perabotan


Rewards Menarik dari Bank

Minuman buka puasa mana yang menjadi favoritmu? Pastikan kamu tidak meminumnya secara berlebihan, karena semua hal yang berlebihan tidak bagus, semoga informasi ini bermanfaat buat kamu ya. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443H!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store
CASHBAC FOODFEST - BONUS POINTS 50%