Saat ini, Indonesia sedang mengalami musim hujan sekaligus pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai. Bahkan kasus COVID-19 di Indonesia mengalami peningkatan dan terus mengkhawatirkan. Bahkan musim hujan juga digadang-gadang sebagai pendukung meluasnya penularan virus corona ini. Masyarakat kita percaya ada beberapa minuman musim hujan yang bisa dinikmati pada musim hujan namun juga berkhasiat untuk kesehatan.

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Cocok Untuk Musim Hujan

 

Ya, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa virus corona akan kalah jika imunitas pada tubuh kita baik. Untuk itu, minuman musim hujan yang akan kita bahas di bawah ini bukan digunakan untuk mengobati melainkan dapat menghangatkan tubuh dikala dinginnya musim hujan namun juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sehingga penyakit kalah melawan tubuh. Penjelasan selengkapnya dapat kamu simak di bawah ini:

Minuman Musim Hujan yang Menghangatkanminuman musim hujan yang menghangatkan

Minuman musim hujan yang pertama adalah minuman yang menghangatkan tubuh. Minuman yang dapat menghangatkan tubuh akan membuat badan menjadi terasa lebih sehat. Dengan badan yang terasa hangat maka kamu akan lebih produktif sehingga tidak kedinginan dan akhirnya hanya tiduran saja. Menghangatkan diri penting juga untuk meningkatkan imunitas.

Minuman musim hujan yang pada dasarnya dapat memberikan kehangatan ini ada banyak sekali. Namun minuman hangat paling banyak berasal dari jahe. Minuman yang berasal dari jahe pada umumnya dapat menghangatkan kerongkongan dan juga menghangatkan tubuh.

Banyak sekali jenis minuman yang menggunakan jahe ini seperti wedang ronde, bajigur, bandrek, dan masih banyak lagi lainnya. Wedang jahe juga tidak hanya wedang jahe biasa tetapi ada juga wedang jahe merah.

Jahe putih dan merah memiliki khasiat yang sama yaitu dapat menghangatkan badan dan juga dapat menghangatkan kerongkongan. Keduanya sering digunakan sebagai bahan minuman yang menyegarkan dan berkhasiat untuk kesehatan.

Untuk jahe merah sendiri rasanya lebih kuat dibandingkan dengan jahe biasa dan merupakan jahe yang berkualitas untuk menghangatkan badan. Jahe merah sendiri ternyata memiliki kandungan yang beragam seperti minyak atsiri yang sangat bermanfaat untuk meredakan batuk atau serak-serak di tenggorokan.

Sedangkan untuk jahe putih atau jahe biasa sendiri memiliki kandungan gingerol yang dipercaya dapat mencegah berbagai jenis infeksi khususnya infeksi bakteri pada mulut karena sering kali infeksi mengakibatkan radang pada rongga mulut.

 

Minuman yang Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kedua adalah minuman musim hujan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa untuk bisa memerangi berbagai penyakit khususnya infeksi virus dan bakteri maka kuncinya adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh itu sendiri. Untuk itu berikut daftar minuman musim hujan hangat yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas:

1. Wedang Jeruk Hangatwedang jeruk hangat

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa jeruk merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C tak terkecuali jeruk lemon atau jeruk nipis. Wedang jeruk hangat dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin meningkatkan imunitas tubuh dan juga untuk menghangatkan diri di tengah musim hujan yang melanda.

Wedang jeruk hangat juga bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya. Misalnya sebagai pemanis bisa ditambahkan madu. Tak hanya itu saja, wedang jeruk hangat juga dapat ditambahkan serai, jahe, kencur, atau empon-empon lainnya sehingga lebih bermanfaat lagi. Gunakan jeruk yang masih segar agar vitamin yang terkandung juga masih banyak terdapat di dalamnya.

 

2. Teh Hijau Hangatteh hijau hangat

Selain wedang jeruk hangat, kamu juga bisa meningkatkan imunitas tubuh menggunakan teh hijau. Teh hijau sendiri sangat mudah ditemui saat ini baik dalam bentuk teh asli, teh kering, teh bubuk, dan teh kantong. Bisa kamu buat sendiri di rumah hanya dengan menyeduhnya dengan air panas atau air hangat.

Teh hijau nyatanya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di mana dapat menangkal radikal bebas. Tak hanya itu saja, Teh hijau sendiri juga mencegah berbagai jenis penyakit dengan menghambat pertumbuhan sel akibat penyakit yang menyerang seperti influenza, radang tenggorokan, dan lain sebagainya. Khasiat tersebut dipercaya berasal dari kandungan EGCg pada teh hijau.

 

Minuman Musim Hujan Membuat Tubuh Berstamina

Selain digunakan untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan imunitas. kamu juga perlu memiliki stamina yang besar untuk melakukan berbagai hal khususnya olahraga. Untuk itu, di bawah ini akan kita bahas beberapa minuman musim hujan yang bisa meningkatkan stamina tubuh:

1. Kopi Hangatkopi hangat

Anda suka kopi? Tak ada salahnya menyeruput kopi panas atau kopi hangat di hari yang hujan. kamu bisa menambahkan krimer atau susu sebagai salah satu zat yang dapat meningkatkan stamina. Kafein pada kopi membuat kamu semakin semangat menjalani hari apalagi untuk melakukan olahraga. Kafein juga dipercaya dapat meningkatkan kefokusan.

Tak hanya itu saja, nyatanya kopi juga mengandung kafein yang mana kafein ini digadang-gadang dapat mencegah penyakit COVID-19 dan menghambat protease virus. Namun, pernyataan ini masih harus dikaji ulang karena kafein hanya dapat efektif dalam dosis tertentu saja sedangkan setiap jenis kopi memiliki kadar kafein yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

 

2. Susu Hangatsusu hangat

Kemudian, bagi kamu yang suka minuman yang membuat semakin bersemangat dan berstamina slah satunya adalah susu hangat. Susu mengandung karbohidrat dan juga protein yang baik untuk menambah stamina Anda. Belum lagi jika kamu memilih mengonsumsi susu khusus untuk meningkatkan stamina dengan kadar karbohidrat dan proteinnya yang lebih tinggi.

Susu hangat dapat membuat kamu lebih semangat untuk bergerak dan juga produktif. kamu bisa menjalankan olahraga dengan mengandalkan energi yang diperoleh dari susu sehingga nantinya kamu akan merasa lebih sehat. Dengan olahraga atau melakukan gerakan rutin maka akan meningkatkan imunitas tubuh dan dapat melawan berbagai virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

 

3. Coklat Panascoklat panas

Berikutnya adalah menggunakan coklat panas. Coklat panas sangat cocok dikonsumsi pada saat musim hujan. Coklat umumnya dikonsumsi dengan susu atau gula sehingga rasanya menjadi sangat nikmat. Coklat panas sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan mood sehingga kamu bisa merasa lebih bahagia dibandingkan dengan tidak meminum coklat panas ini.

Kemudian, cokelat nyatanya juga memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Semakin pahit coklatnya biasanya kafeinnya juga akan semakin tinggi. Dengan perpaduan coklat dan susu maka akan membuat kamu bersemangat untuk berolahraga sehingga daya tahan tubuh pun bisa naik. Namun, perhatikan pula penggunaan gula atau pemanis agar tidak membuat obesitas.

Baca juga: Musim Hujan Tiba! Udah Punya Perlengkapan Ini Belum?

 

Beli Minuman Lebih Hemat dengan Cashbac

Cashbac bekerjasama dengan banyak bank memberikan kamu rewards hingga 50%! Hubungan kartu debit atau kartu debit kamu di aplikasi Cashbac untuk menikmati rewardsnya.

Cashbac dapat digunakan untuk membeli minuman kamu di banyak cafe atau coffee shop kamu lebih hemat dengan Cashbac, klik gambar di atas ya.

Tidak perlu repot untuk membeli makanan dengan Cashbac bisa Order dari Rumah atau jika terpaksa keluar rumah, jangan lupa pakai masker, jaga jarak aman dan selalu cuci tangan ya.

Cashbac Order dari Rumah

Itu dia beberapa rekomendasi minuman musim hujan yang bisa disampaikan. Sebenarnya Indonesia memiliki kekayaan ragam minuman hangat yang dapat kamu nikmati pada musim hujan. Dengan berbagai jenis minuman di atas diharapkan kesehatan kamu dan keluarga bisa meningkat dan terbebas dari COVID-19 dan pandemi segera usai melanda semua negara seperti saat ini.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store