Baju udah oke. Kamu pun udah olahraga di gym hingga memiliki bentuk badan yang ideal. Kamu juga udah mengembangkan diri jadi versi terbaikmu dengan skills yang keren dan attitude yang oke banget. Tapi kenapa masih belum ada yang lirik kamu ya? Mungkin masalahnya terletak di model rambut kamu. Guys, ngga semua potongan rambut menarik lho. Ada beberapa model rambut pria yang disukai wanita dan membuat kamu terlihat lebih keren juga.

Apa Saja Model Rambut Pria yang Disukai Wanita?

Dilansir dari situs faveable.com, berikut adalah 10 model rambut pria yang disukai wanita berdasarkan survei yang dilakukan pada wanita dari kelima benua di dunia.

1. Textured fringe

model rambut pria yang disukai wanita - textured fringe

Sumber: haircutinspiration.com

Model rambut ini terlihat pendek di pinggir dengan rambut yang agak panjang dan bertekstur di tengah dan sedikit poni. Gaya rambut ini sangat cocok buat kamu yang memiliki rambut keriting atau ikal alami karena membuat tekstur rambutmu terlihat jelas. Selain itu, potongan pendek di sisi samping rambut juga membuat bentuk wajahmu terlihat lebih jelas dan bikin potongan ini menjadi salah satu model rambut pria yang disukai wanita.

2. Quiff

model rambut pria yang disukai wanita - quiff

Sumber: menhairstylist.com

Mirip dengan textured fringe, perbedaan model rambut ini terletak pada bagaimana rambut di bagian tengah dibentuk sehingga terlihat mencuat ke atas atau ke belakang.

Model rambut ini diangap salah satu yang membuat pria terlihat keren, walaupun untuk menatanya, para pria harus sedikit menghabiskan waktu ekstra menggunakan produk rambut. Setelah memotong rambut, kamu dapat membentuk rambut menjadi quiff dengan membasahi rambut sedikit, menyisir ke samping, lalu menggunakan sedikit hair gel atau hair wax untuk membentuk rambut dengan ujung-ujung jari. Jika rambutmu masih belum memiliki bentuk quiff yang kamu inginkan, gunakan juga hair dryer dan sikat rambut untuk menggulung rambutmu ke atas lalu menambahkan hair gel atau wax supaya quiff tersebut awet.

3. Faux hawk

model rambut pria yang disukai wanita - faux hawk

Sumber: fashionbeans.com

Model rambut ini dikenal juga dengan sebutan fohawk dan merupakan versi modern dari mohawk biasa. Tidak seperti mohawk pada umumnya, rambut di tengah kepala terlihat lebih panjang dengan sisi pinggir yang dicukur rapi. Untuk kamu yang ngga suka menghabiskan waktu terlalu lama untuk melakukan perawatan rambut tapi ingin tetap terlihat keren, faux hawk adalah model rambut pria yang disukai wanita paling tepat untukmu.

4. Comb over

model rambut pria yang disukai wanita - comb over

Sumber: menhairstylesnow.com

Comb over merupakan model rambut belah pinggir yang tetap menjadi salah satu model rambut pria favorit wanita pada berbagai zaman. Walaupun pada awalnya model comb over hanya merupakan model belah pinggir untuk rambut pendek, sekarang ini comb over bisa dibuat menjadi lebih modern dan fleksibel. Tidak hanya rambut pendek, rambut panjang pun bisa dibentuk menjadi model comb over. Model rambut ini pun bisa diubah menjadi model rambut lain seperti slick back, pompadour, dan quiff tanpa perlu terlalu banyak styling.

Untuk kamu yang suka tampil lebih edgy dan cool, model comb over bisa dibuat lebih unik dengan mencukur rambut di sisi pinggir dan membiarkan rambut di sisi atas tetap agak panjang atau dikenal dengan sebutan faded comb over. 

5. French crop

model rambut pria yang disukai wanita - french crop

Sumber: pinterest.com

French crop merupakan versi modern dari Caesar cut – potongan rambut pendek dengan poni lurus horizontal yang diadaptasi dari potongan rambut Julius Caesar pada zaman kekaisaran Romawi. Potongan rambut ini sangat tepat untuk kamu yang lebih memilih berambut pendek dan merupakan potongan rambut yang sangat nyaman dimiliki karena tidak butuh styling dan produk rambut yang terlalu banyak untuk terlihat keren. Cukup keringkan rambut dan gunakan sedikit gel/wax/pomade pada bagian atas dan depan rambut – pas banget untuk kamu yang simple tapi ingin punya model rambut pria yang disukai wanita.

6. Fade

model rambut pria yang disukai wanita - fade

Sumber: menhairstylestoday.com

Model rambut fade saat ini menjadi salah satu model rambut favorit pria yang juga disukai wanita. Terdapat dua jenis model rambut fade: high fade dan low fade. Untuk kamu yang lebih suka tampil edgy, potongan high fade lebih tepat untuk kamu karena rambut sangat pendek di sisi pinggir dan belakang sedangkan rambut di sisi tengah semakin pendek di dekat leher. Untuk kamu yang lebih suka tampil konservatif, low fade lebih tepat karena model rambut ini membuat rambut terlihat lebih pendek hanya dari tepat di atas telingamu menuju garis leher.

7. Undercut

model rambut pria yang disukai wanita - undercut

Sumber: menshairstylestoday.com

Berbeda dengan model rambut fade di mana rambut semakin pendek di dekat leher, pada potongan rambut undercut, seluruh bagian rambut di sisi kanan dan kiri dipotong dengan panjang yang sama dan dipotong pendek atau dicukur habis. Bagian rambut yang pendek atau dicukur ini juga mencakup hampir sebagian besar rambut kecuali sedikit bagian atas kepala. Terdapat perbedaan yang sangat kontras antara bagian rambut yang panjang di atas dan yang pendek di samping.

Dari berbagai jenis undercut, yang paling populer adalah slicked back undercut seperti pada gambar di atas atau potongan rambut yang menggabungkan undercut dengan fade. 

8. Pompadour

model rambut pria yang disukai wanita - pompadour

Sumber: menhairstylesworld.com

Untuk kamu yang memiliki model jenggot full beard, model rambut ini bisa membuat kamu terlihat lebih berkelas, terutama jika dikombinasikan dengan high fade. Proses membentuk potongan rambut ini di salon atau barber pun tidak memakan waktu lama karena hanya mengharuskan rambutmu dicukur hingga tersisa 3-5 inci rambut di sisi atas.

Walaupun potongan rambut ini tidak mengharuskanmu menghabiskan waktu lama di salon atau barber, tapi styling rambut ini membutuhkan kamu untuk telaten menggunakan pomade atau wax untuk membentuk rambut dengan ketinggian yang tepat. Kamu juga harus sedikit berinvestasi dengan membeli pomade atau wax yang berkualitas tinggi walaupun harganya mungkin agak sedikit mahal. Tapi, investasi kamu untuk perawatan rambut ini akan worth it banget karena pompadour merupakan salah satu model rambut pria yang disukai wanita.

9. Crew cut

model rambut pria yang disukai wanita - crew cut

Sumber: menshairstylesnow.com

Model crew cut merupakan potongan rambut klasik yang tetap disukai wanita hingga sekarang. Awalnya, model rambut ini cenderung sangat pendek, namun variasi modern seperti crew cut fade atau model sedikit panjang ala Ryan Reynolds atau Liam Payne bisa membuat potongan rambut ini terlihat lebih edgy. Walaupun potongan crew cut ini merupakan salah satu model rambut pria yang disukai wanita dalam bentuk klasiknya, jangan takut untuk bereksperimen sedikit dalam penataannya.

10. Buzz cut

model rambut pria yang disukai wanita - buzz cut

Sumber: city-data.com

Buzz cut merupakan potongan rambut sangat pendek yang bisa membuat wajahmu terlihat fresh dan memperlihatkan bentuk kepalamu dengan jelas. Untuk kamu yang bosan dengan potongan rambut biasa dan menyukai rambut sangat pendek, model rambut ini merupakan salah satu model paling stylish dan tidak membutuhkan banyak perawatan.

Banyak selebritis Hollywood seperti Chris Evans dan Ewan McGregor memotong rambut dengan model buzz cut untuk terlihat berbeda dan segar setelah berakting dalam peran yang sama, jadi kalau kamu ingin perubahan penampilan yang drastis, kamu bisa mencoba model rambut ini atau tampil lebih berani lagi dengan mengecat sisi atas rambutmu dengan warna yang berbeda dari warna alami rambutmu.

Baca juga: Tren Rambut 2019 – Dari Wavy Hair Sampai Warna Coklat

Tips Merawat Rambut Pria

model rambut pria yang disukai wanita - tips merawat rambut pria

Setelah potong rambut dan punya model rambut pria yang disukai wanita, kamu juga perlu melakukan perawatan supaya rambut kamu tetap keren di situasi apapun. Selain itu, menurut Friday Magazine, wanita juga cenderung lebih suka pria yang bisa merawat dirinya sendiri, minimal untuk tampil baik sehari-hari. Perawatan diri ini juga termasuk dalam hal merawat rambut lho. Nah, untuk menjaga kesehatan dan tampilan kamu, Jonathan van Ness – hair stylist untuk bintang serial Game of Thrones – punya 6 tips perawatan rambut khusus rambut pria.

1. Jangan keramas terlalu sering

Keramas terlalu sering bisa membuat rambut kamu menjadi lepek dan berminyak, terutama di bagian kulit kepala. Supaya rambut kamu tidak memiliki minyak berlebihan, sangat disarankan untuk keramas dengan shampoo hanya 1-2 kali per minggu. Di luar itu, lebih baik gunakan kondisioner pada rambut kamu karena kondisioner cenderung tidak memiliki kandungan deterjen dan bisa membersihkan rambut dari kotoran dan bakteri tanpa menambah kadar minyak di kulit kepala.

2. Jangan keramas segera setelah berkeringat

Tahukah kamu kalau keringat pada rambut tidak membuat rambutmu kotor? Justru rambut yang berkeringat hanya mengandung garam dan minyak alami yang diproduksi kulit kepala. Jadi, ketika rambut kamu berkeringat justru bukan saat yang tepat untuk keramas dengan shampoo karena dengan produk dan cara yang tepat, rambutmu justru bisa terlihat tebal dan terawat. Van Ness menyarankan untuk menggunakan dry shampoo dan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambutmu yang berkeringat.

3. Gunakan primer atau prep spray

Untuk kamu yang suka menggunakan gel atau pomade pada rambut, ada baiknya juga membeli primer atau prep spray. Fungsi produk ini adalah untuk mengurangi kelembaban dan menjaga styling rambutmu agar lebih awet. Primer atau prep spray juga membantu menjaga kebersihan rambut kamu dan membuat rambut terlihat lebih sehat. Cara menggunakannya sangat mudah: cukup semprotkan pada rambut yang basah dan sisir rambut, lalu biarkan rambut kering secara alami.

4. Hati-hati dengan bahan di produk perawatan rambutmu

Beberapa zat di dalam shampo atau produk perawatan rambut lainnya justru bisa merusak rambut kamu dan membuat rambutmu lebih lepek. Contoh zat-zat perusak rambut ini antara lain sulfat, alkohol, dan paraben. Van Ness menyarankan kamu untuk memperhatikan bahan-bahan pada shampoo – apabila banyak zat di dalamnya yang sulit kamu baca, lebih baik memilih shampoo yang lain.

5. Ganti sarung bantalmu dengan bahan yang lembut

Supaya rambutmu tetap sehat, perhatikan juga bahan sarung bantal yang kamu gunakan untuk tidur setiap harinya. Bahan yang salah bisa menyerap panas pada kulit kepala dan membuat ujung rambut pecah-pecah. Van Ness menyarankan untuk menggunakan sarung bantal berbahan halus seperti sutra atau satin karena kedua bahan tersebut tidak memberikan dampak merusak pada rambutmu.

6. Gunakan produk rambut dari bagian belakang kepala ke depan

Apapun produk yang kamu gunakan – baik gel, pomade, primer ataupun mousse – dan apapun perawatan yang kamu lakukan ke rambutmu, selalu aplikasikan produk dan lakukan perawatan mulai dari bagian belakang kepala ke arah depan. Penggunaan produk rambut dengan cara seperti ini akan membuat produk tersebar dengan merata sehingga rambutmu akan terlihat keren dari sisi manapun.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami

Ganti Model Rambut Tanpa Boros? Bisa!

Ingin mengganti model rambut tapi takut potong rambut dan perawatannya akan makan uang kamu? #JanganDipikirin! Dengan Cashbac, kamu bisa potong rambut di berbagai barber shop favoritmu seperti Luxe, Barberbox, Kaizen, Tohang’s, Barber Bros, Barber Sibos, Kairos dan masih banyak lagi dan dapat cashback rewards juga.

Caranya gampang: cukup download aplikasi Cashbac, isi data kartu kredit/kartu debit/e-wallet kamu, dan lakukan transaksi melalui aplikasinya dengan tap beacon atau scan QR code – kamu bakal langsung dapat cashback yang bisa digunakan untuk potong rambut selanjutnya.

Jadi, ngga ada alasan lagi untuk ngga tampil dengan potongan rambut keren yang bisa menarik perhatian wanita yang spesial buat kamu. Saatnya mengubah penampilan rambutmu jadi keren bersama Cashbac!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store