Mood terkadang tidak menentu dalam keseharian seseorang. Apalagi jika sedang merasakan lelah, stres, atau mendapatkan tekanan diri.

Di usia remaja, akan sering terjadi naik turun mood yang sangat mengganggu. Psikolog Ayoe Sutomo mengatakan perubahan mood di usia remaja adalah hal yang wajar.

Usia remaja awal mulai dari 12 sampai 15 tahun, remaja pertengahan 15 sampai 18 tahun, dan untuk remaja akhir 18 sampai 21 tahun. Ayoe menjelaskan bahwa masa remaja itu adalah masa transisi, ada transisi secara fisik, transisi emosi, dan transisi peran sosial.

Ada beberapa tugas penting terkait dengan masa remaja yang usianya 12 sampai 18 tahun, yang terjadi adalah masa pencarian identitas diri oleh para remaja. Di sini para remaja mempunyai masa implementasi yaitu melakukan eksplorasi, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para remaja, hal ini disebut juga tugas perkembangan diri.

“Salah satu tugas perkembangan pada remaja adalah, pengontrolan diri serta emosi, dan perasaan. Di sini waktunya remaja harus bisa belajar bagaimana cara untuk kamu membangkitkan mood, di tengah tekanan hormon yang tidak stabil, dan pertukaran peran saat sedang melakukan banyak kegiatan,” ujar Ayoe dalam acara peluncuran Joyday Ice Cream di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Salah satu personel HiVi, Febri memiliki cara sendiri untuk membangkitkan mood-nya. “Makan es krim itu sepertinya yang bisa membuat semua orang senang kayak lagi sedih, atau habis dimarahin bos, diputusin pacar, kayaknya hal itu bisa bikin senyum lagi” itu yang dikatakan Febri salah satu personil Hivi.

Ayoe Sutomo juga menjelaskan hal yang bisa membangkitkan mood. Hal pertama yang sangat sederhana untuk dilakukan adalah mengubah mood yang tadinya negatif menjadi positif.

“Harus selalu senantiasa selipkan sisi emosi positif dalam segala aktivitas apapun yang ingin kamu lakukan,” ujarnya.

Kemudian jika mood sedang jelek, Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana. Misalnya bermain bersama teman, berkumpul dengan keluarga, main game, dan memakan makanan yang manis-manis.

 

Sumber: Okezone.com

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store