Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak tahun 2020 lalu menyebabkan seluruh kegiatan belajar kuliah tatap muka ditiadakan. Semua kegiatan belajar dialihkan menjadi daring atau online, begitu juga dengan segala kegiatan yang berkaitan dengan kelulusan dan wisuda. Meski sempat beredar kabar bahwa kegiatan belajar kuliah offline akan dilaksanakan tahun 2020 lalu, namun faktanya hal tersebut belum bias direalisasikan.

Tahun 2021 ini saat program vaksinasi sudah mulai gencar dilakukan, pemerintah melalui Kemendikbud berencana untuk membuka kembali kegiatan perkuliahan tatap muka. Untuk kamu yang masih jadi mahasiswa aktif, yuk simak apa saja persyaratan dan tips untuk menjalani kuliah tatap muka selama pandemi.

Kebijakan Pemerintah Mengenai Kuliah Tatap Muka

kebijakan kuliah tatap muka

Kebijakan mengenai kegiatan perkuliahan tatap muka tercantum dalam Kebijakan tersebut berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Kebijakan tersebut meliputi empat poin utama, yaitu:

  • Untuk periode pembelajaran semester genap tahun akademik 2020/2021 di seluruh jenjang program pendidikan akan disesuaikan dengan kebutuhan pada masing-masing PT atau perguruan tinggi.
  • Masa belajar paling lama untuk mahasiswa yang sudah di tingkat akhir boleh diperpanjang hingga satu semester. Adapun peraturan pelaksanaan diserahkan pada masing-masing PT sesuai dengan situasi dan kondisi.
  • Pembelajaran semester genap dilaksanakan secara tatap muka dan juga online atau campuran. Pelaksanaannya sesuai dengan situasi dan kondisi.
  • Untuk persiapan pelaksanaan kegiatan perkuliahan poin 1 sampai 3, pihak perguruan tinggi dapat melakukan koordinasi dengan lembaga layanan pendidikan tinggi setempat.

 

Persyaratan Menjalani Kuliah Tatap Mukasyarat kuliah tatap muka

Seiring dengan berkurangnya kasus aktif covid-19 dan makin terbukanya akses untuk vaksin, Kemendikbud akhirnya memperbolehkan kegiatan belajar tatap muka dilaksanakan. Akan tetapi belum 100% seperti dahulu sebelum adanya pandemi,.

Sebelum aktif belajar di kampus secara luring, kamu juga wajib tahu persyaratan apa saja yang harus dipenuhi.

1. Penerapan Protokol Kesehatan Secara Ketatpenerapan protokol kesehatan

Kemendikbud menerapkan syarat adanya penerapan protocol kesehatan secara ketat, baik pada satuan pendidikan sebagai penyelenggara kegiatan belajar maupun pada mahasiswa sebagai peserta didik.

Jika mengacu pada aturan protocol kesehatan yang dirilis oleh Kemenkes, maka beberapa hal yang menjadi konsen penerapan prokes di lingkungan kampus adalah sebagai berikut:

  • Tersedianya sanitasi yang memadai.
  • Fasilitas kesehatan diaktifkan kembali.
  • Kesiapan penggunaan masker selama berada di kawasan kampus.
  • Tersedia alat ukur suhu tubuh.
  • Adanya persetujuan dari komite dan juga orang tua/wali.
  • Pemetaan satuan pendidikan guna mengetahui siapa saja yang sudah memiliki komorbid.

Selain beberapa aturan di atas,  pelaksanaan 5M juga menjadi hal yang wajib. 5M ini meliputi:

  • Mencuci tangan di air yang mengalir.
  • Menggunakan atau memakai masker.
  • Menjauhi kerumunan.
  • Menjaga jarak.
  • Membatasi interaksi dan mobilitas.

 

2. Sudah Menerima Vaksinmenerima vaksin corona covid-19

Salah satu syarat wajib untuk melaksanakan kuliah tatap muka yaitu sudah melakukan vaksinasi jenis apapun. Syarat vaksinasi ini diberikan dengan harapan dapat menekan penyebaran covid-19 utamanya di kawasan kampus.

Untuk kamu yang belum mendapatkan vaksin, segera daftarkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat atau bisajuga di instansi yang membuka layanan vaksinasi untuk masyarakat umum.

 

3. Izin dari Satgas dan Persetujuan dari Orang Tuaizin kuliah tatap muka

Sebelum kegiatan belajar di kampus dilakukan secara luring, satuan pendidikan harus sudah mendapatkan izin dari Satgas atau SatuanTugas. Selain itu, satuan pendidikan juga harus meminta persetujuan dari orang tua mahasiswa sekaligus surat pernyataan kesehatan dan juga kesediaan dalam pelaksanaan kuliah luring.

Baca Juga : Persiapan Dan Perlengkapan Kuliah Di Masa Pandemi

 

Persiapan Kuliah Tatap Mukapersiapan kuliah tatap muka

Lain halnya dengan kuliah tatap muka di masa sebelum pandemi, saat ini untuk bisa melakukan kuliah secara offline ada banyak hal  yang harus kamu persiapkan. Jika menilik beberapa poin persyaratan dan kebijakan di atas, penerapan protokol kesehatan menjadi sesuatu yang wajib dilakukan.

Karenanya, penting bagi kamu untuk mempersiapkan beberapa hal dan barang berikut ini agar perkuliahan tatap muka bias berjalan dengan baik dan lancar.

1. Masker Cadangan

Masker menjadi hal yang wajib dipakai saat menjalankan kegiatan belajar offline. Meskipun kamu sudah memakai masker, namun kamu juga harus membawa beberapa masker cadangan agar bias menggantinya setiap beberapa jam sekali. Masker cadangan juga harus selalu ada di dalam tas untuk berjaga-jaga jika ada temanmu yang lupa membawa masker cadangan. Sebab, kesuksesan pelaksanaan kegiatan kuliah offline bias dicapai bersama, bukan sendiri saja.

Baca Juga : Macam-Macam Masker Covid-19, Cara Memilih dan Memakainya

 

2. Hand Sanitizer

Meskipun pihak kampus sudah menyediakan area khusus untuk mencuci tangan, tapi jangan lupa untuk selalu sedia dan membawa hand sanitizer. Ini berguna untuk digunakan sewaktu-waktu ketika kamu berada jauh dari tempat cuci tangan. Dengan begitu tangan kamu akan selalu steril, dan dapat meminimalisir resiko penularan covid-19.

 

3. Zero Touch Toolzero touch tool

Di masa pandemi seperti saat ini virus memang mudah menyebar dari berbagai media, termasuk benda-benda yang kamu pegang di kampus. Mulai dari gagang pintu, tombol lift, dan sebagainya. Nah, kamu bias meminimalisir sentuhan pada benda-benda tersebut dengan menggunakan zero touch tool. Alat ini juga sudah dijual bebas di marketplace.

 

4. Perlengkapan Kuliah Pribadiperlengkapan kuliah

Salah satu poin penerapan protocol kesehatan pada kuliah tatap muka adalah meminimalisir interaksi, Untuk itu wajib bagi kamu untuk menyediakan sendiri semua peralatan kuliah. Jika dulu kamu sering meminjam peralatan untuk kuliah, maka di saat pandemi seperti sekarang hindari hal tersebut dan bawalah sendiri perlengkapan kuliah kamu.

 

5. Vitamin dan Obat-obatankebutuhan sehari hari - obat dan vitamin

Kuliah offline mungkin membuat kamu harus tinggal beberapa waktu di kos dan jauh dari rumah. Untuk itu, pastikan kamu juga menyediakan vitamin dan obat-obatan di kos. Hal ini untuk antisipasi jika sewaktu-waktu kamu mengalami gejala sakit.

 

6. Peralatan Ibadah Pribadiperalatan ibadah pribadi

Saat kamu berangkat ke kampus, jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan ibadah sendiri. Utamanya jika kamu seorang muslim, sebaiknya bawa mukena dan sajadah sendiri agar lebih aman dan higienis. Penggunaan perlengkapan ibadah secara bergantian dengan orang lain dapat meningkatkan resiko penularan covid-19.

 

Tips Menjalani Kuliah Tatap Muka Terbatas

Untuk kamu yang akan menjalani kuliah tatap muka untuk pertama kalinya sejak pandemi melanda, yuk coba ikuti beberapa tips berikut ini agar kuliah kamu lancar.

1. Selalu Jaga Kesehatanselalu jaga kesehatan

Kamu mungkin merasa bahagia karena kuliah akan segera dilaksanakan secara tatap muka. Tapi, pastikan juga untuk selalu menjaga kesehatan dengan baik agar kamu selalu bias hadir di perkuliahan.

Terapkan protocol kesehatan dengan disiplin dan ketat, dan hindari hal-hal yang bias membuat kamu tertular covid-19. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta penuhi kebutuhan vitamin dengan konsumsi sayur dan buah yang cukup.

 

2. Manfaatkan Waktu di Kampusmanfaatkan waktu di kampus

Di kala pandemi seperti ini ,kegiatan belajar tatap muka adalah hal yang sangat berharga. Sebaiknya manfaatkan waktu kuliah di kampus dengan sebaik mungkin. Persiapkan segala hal yang dibutuhkan saat kuliah malam hari, dan catat beberapa materi yang mungkin selama ini belum kamu pahami untuk kemudian ditanyakan pada teman atau dosen secara langsung.

 

3. Atur Jadwal Belajaratur waktu belajar

Karena saat ini kegiatan perkuliahan masih akan dilaksanakan secara campuran, yaitu tatap muka dan online maka pastikan kamu mengatur jadwal belajar dengan baik. Integrasikan materi belajar kuliah online dan offline agar kamu tidak bingung. Selalu catat dengan baik materi kuliah offline maupun online, sehingga kamu tahu isi materi secara menyeluruh.

 

Beli Perlengkapan Kuliah dengan Cashbac

Ada bonus points hingga 100 ribu yang berlaku di seluruh outlet Ace Hardware, Ace Express, Informa, Selma, Toys Kingdom, Ataru, Bike Colony, Dr Kong, Pendopo, Travelink yang terdaftar pada aplikasi Cashbac!


Ada juga promo bank dimana kamu bisa hemat hingga 50%! Kamu bisa pakai di GRAMEDIA atau membeli paket data internet di GALLERY SMARTFREN untuk melengkapi perlengkapan kuliah kamu.


Nah, itu dia beberapahal yang mesti kamu perhatikan sebelum memulai perkuliahan tatap muka. Jika semua pihak bias bekerjasama dengan baik, maka kesempatan untuk kuliah tatap muka secara utuh atau full mungkin saja bias dilakukan mulai tahun akademik yang akan datang.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store