Sudah masuk musim hujan, nih! Itu artinya kamu harus punya perlengkapan yang tepat untuk kamu pakai saat musim hujan, khususnya bagi kamu pengendara motor, pejalan kaki ataupun kamu yang menaiki kendaraan umum. Pasti kamu membutuhkan perlengkapan untuk menghindari guyuran air di musim hujan biar nggak telat berpergian, atau telat pulang kerumah karena harus menunggu hujan reda.

musim hujan

Selain itu, musim hujan juga bisa bikin kamu mudah terserang penyakit lho! Jangan disepelekan ya, kamu bisa saja terkena flu atau demam karena cuaca yang tidak bersahabat. Menjaga kesehatan di musim hujan sangatlah penting. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Untuk itu, kamu harus mempersiapkan perlengkapan untuk mengantisipasi hal tersebut atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Siapin Perlengkapan Musim Hujan Ini!

Daripada ke kantor basah kuyup dan bikin penampilanmu nggak oke, lebih baik kamu mempersiapkan diri untuk membawa barang-barang yang bisa melindungimu dari hujan. Adapun barang-barang yang harus kamu persiapkan di rumah adalah:

Payung

Payung perlengkapan musim hujan

Payung adalah perlengkapan pertama yang harus kamu siapkan. Ada pepatah yang bilang “Sedia payung sebelum hujan”, itu adalah ungkapan yang sangat tepat, karena jika hujan tiba terutama pada saat musim hujan datang, payung ini adalah benda yang paling kamu cari dan kamu butuhkan. Untuk mempermudah aktivitasmu, kamu bisa membawa payung lipat agar lebih praktis dengan ukurannya yang kecil.

Bagi kamu yang mengendarai mobil, payung yang berjenis ‘payung terbalik’ sangat cocok buat kamu, karena payung ini bisa ditutup dengan mudah pada saat kamu akan memasuki kendaraan mobil kamu. Apapun jenis payung yang kamu pakai, usahakan dengan kualitas baik agar tidak menjadi payung sekali pakai rusak. Sayang bukan?

 

Jas Hujan

Untuk kamu yang mengendarai kendaraan beroda dua yaitu sepeda motor, jas hujan ini pastinya sangat kamu butuhkan, jadi kamu bisa tetap berkendara tanpa kendala, sehingga kamu akan tepat waktu sampai ke tujuan. Jas hujan menjadi hal penting pertama bagi para pengendara motor, jangan sampai ketinggalan ya! Jika tidak, kamu bisa saja sibuk ditengah perjalanan untuk mencari tempat teduh tiap kali hujan datang secara mendadak.

Jas hujan ini juga bisa jadi pengganti payung jika kamu ingin beraktivitas diluar rumah ketika hujan, misalnya payung kamu sedang rusak atau dipakai oleh anggota keluarga yang lain. Kamu juga bisa menggunakan model jas hujan setelan untuk mempermudah kamu dalam perjalanan. Pakaian menjadi lebih terlindungi dan kamu juga bisa terhindar dari penyakit musiman dikala musim hujan seperti flu dan demam.

 

Jaket atau Sweater

pakai jaket di musim hujan

Musim hujan pastinya akan membuat cuaca menjadi dingin, oleh karena itu dibutuhkan pakaian untuk menghangatkan diri kamu seperti jaket ataupun sweater. Pastikan jaket atau sweater kamu berbahan tebal atau tidak terlalu tipis agar angin dan udara dingin tidak masuk kedalam tubuh dan bisa menyebabkan sakit.

 

Sendal Jepit atau Sepatu Karet

sendal jepit untuk musim hujan

sumber: instagram @ipanema.indonesia

Alas kaki sangat penting untuk kamu yang ingin beraktifitas diluar, jangan sampai kaki kamu terkena benda tajam yang bisa menyebabkan luka, atau terkena kotoran yang bisa menyebabkan penyakit. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan sandal jepit atau sepatu karet sebagai alas kaki kamu ketika hujan datang. Daripada merelakan sneakers kamu menjadi basah dan berbau? Bisa membuat sepatu kamu menjadi lebih mudah rusak lho! Makanya, yuk sedia sandal jepit atau sepatu karet.

 

Lampu Senter atau Lilin

senter peralatan musim hujan

Kenapa butuh penerangan ekstra? Karena jika hujan semakin lebat dan banjir melanda, maka pihak PLN harus mematikan listrik agar tidak terjadi korsleting yang akan membahayakan kita semua.

Oleh karena itu jika listrik padam, kita akan sangat membutuhkan penerangan dari lampu senter ataupun lilin. Pastikan stok lilin kamu cukup, dan pastikan lampu senter kamu sudah di charge baterainya dengan penuh.

 

Powerbank

powerbank perlengkapan musim hujan

sumber: ruparupa.com

Masih berkaitan dengan mati lampu di musim hujan, kamu juga bisa mempersiapkan powerbank dengan kondisi baterai penuh agar handphone-mu tetap menyala.

Lagi pula, di zaman sekarang ini kita sangat membutuhkan handphone untuk berkomunikasi dengan sanak keluarga mengenai keadaan kita, jadi sangat dibutuhkan powerbank di saat kamu tidak sempat untuk men-charge pada saat listrik padam serentak. Selain itu, kamu juga pasti tidak akan betah dengan keadaan handphone yang tidak menyala bukan? Jadi, harus bersiap-siap ya!

Perlengkapan Musim Hujan Lainnya

Selain barang-barang diatas, ada lagi hal lain yang harus diperhatikan untuk mendukung persiapanmu disaat musim hujan agar kamu bisa melaluinya dengan baik. Beberapa hal yang penting tersebut diantaranya adalah:

Makanan dan Minuman

perhatikan makanan di musim hujan

Jangan sampai kamu kehabisan makanan dan minuman, karena di musim hujan apalagi pada saat banjir, tidak banyak penjual makanan dan minuman yang buka. Jadi sebisa mungkin simpan stok makanan dan minuman yang lebih banyak dari biasanya untuk mengantisipasi hal ini.

 

Obat-Obatan

musim hujan memperhatikan kesehatan

Ini juga salah satu hal penting yang kerap dilupakan orang, ya obat-obatan harus selalu tersedia lengkap di kotak obat kita, di musim hujan adalah waktu dimana tubuh kita rentan sekali dengan penyakit, mulai dari flu sampai gatal-gatal di bagian tubuh. Siapkan obat-obat yang umum seperti obat sakit kepala, obat diare, obat maag, obat gatal-gatal, dan lain sebagainya. Minimal, kamu bisa menyiapkan obat flu dan batuk, obat demam dan obat penghilang nyeri untuk selalu ada di rumah atau di dalam tas ya! Jangan lupa untuk jaga kesehatan!

 

Kantong Plastik

Kantong plastik juga berguna loh di saat musim hujan seperti ini. Pasti banyak sekali pakaian kamu yang basah dan tercecer di musim hujan, nah kantong plastik ini bisa kamu manfaatkan untuk memasukkan pakaian-pakaian kamu tersebut agar tidak berantakan. Jika sudah sempat kamu bisa mulai mencucinya satu persatu. Tidak hanya pakaian, kamu juga bisa manfaatkan kantong plastic untuk menaruh jas ujan, payung yang basah, sandal jepit, atau sepatu.

 

Wadah Anti Air

pouch untuk musim hujan

sumber: ruparupa.com

Barang-barang penting kamu seperti handphone dan dompet harus selalu dilindungi agar tidak basah dan menjadi rusak. Oleh karena itu dibutuhkan wadah anti air, dalam hal ini kamu butuh plastic khusus untuk membungkusnya.

Apalagi dompet kamu berisi KTP, ATM, dan surat-surat lainnya yang penting, basah sedikit dikhawatirkan akan merusak semuanya.

 

Handuk dan Lap

handuk alat musim hujan

sumber: informa.co.id

Handuk atau lap yang kering harus selalu tersedia, sangat berguna untuk membersihkan barang-barang yang memang penting untuk kamu, bisa juga untuk membasuh badan kamu yang basah.

 

Pakaian Cepat Kering

pakaian cepat kering dibutuhkan saat musim hujan

Denim, corduroy dan beberapa bahan tebal lainnya sudah pasti lama keringnya. Apalagi melihat cuaca di musim hujan akan sering dingin dan lembab. Jadi, kamu bisa kenakan pakaian yang cepat kering seperti kaos atau celana berbahan sintetis. Kamu juga perlu membawa beberapa potong untuk pakaian ganti.

 

Anti Nyamuk

lotion dipersiapkan saat musim hujan

Di musim hujan ini, seringkali bermunculan nyamuk-nyamuk yang mengganggu. Nah, jangan lupa siapkan juga anti nyamuk yang berbentuk lotion, agar aktifitas kamu tidak terganggu, terutama pada saat tidur, anti nyamuk ini sangat diperlukan agar tidur kamu menjadi lebih nyenyak dan terjaga.

 

Cashbac Bikin Kamu Siap Menghadapi Musim Hujan

Cashbac

Nahh, sudah tahu kan mau mempersiapkan apa saja untuk melindungi diri saat musim hujan? Usahakan kamu memiliki perlengkapan di atas yaa, agar hari-harimu di musim hujan ini tetap aman dan menyenangkan.

Kamu belum punya perlengkapan untuk musim hujan? Tenang aja! Sekarang, kamu bisa belanja hemat di sini:

Ace Hardware & Ace Express

beli perlengkapan musim hujan di Ace Hardware

sumber: kabarjagad.com

Mau lengkapin perlengkapanmu di musim hujan? Ke Ace Hardware aja! Selain mudah ditemukan, kamu juga bisa mendapatkan apa yang kamu butuhkan di Ace Hardware khusunya barang-barang yang dibutuhkan saat musim hujan.

Ace Hardware menjadi salah satu toko ritel peralatan serta gaya hidup terbesar di Indonesia. Nggak cuma Ace Hardware, PT. Kawan lama juga mengembangkan bisnisnya dengan membuka gerai Ace Express yang mana menggunakan konsep baru dengan lebih mempermudah para pengunjung dalam mendapatkan peralatan yang memang dicarinya.

 

Informa

informa menyediakan perlengkapan musim hujan

sumber: supermalkarawaci.com

Gerai yang memiliki konsep ‘one step shopping’ ini juga menyediakan barang-barang yang bisa membantu kamu untuk persiapan musim hujan lho!

 

Ataru

beli perlengkapan hujan di Ataru

sumber: yofamedia.com

Ataru merupakan gerai baru yang sengaja dihadirkan dan dikhususkan untuk generasi millenial yang membutuhkan peralatan atau perlengkapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Gerai ini sangat membantu kamu dalam mencari perlengkapan musim hujan mulai dari payung, jas hujan, handuk dan lain-lain. Kamu juga bisa mendapatkan produk Ataru di Ace Hardware lho!

Selain Ace Hardware, Ace Express, Informa, dan Ataru, kamu juga bisa berbelanja di ribuan merchant lainnya. Jadi, kamu bisa makin mudah berbelanja dengan hemat. Apalagi sekarang ada promo bonus rewards hingga 100 ribu! (Klik untuk mengetahui promo)

Tunggu apalagi? Yuk, ajak orang-orang terdekatmu untuk hemat bersama Cashbac! Karena Cashbac selalu tahu bagaimana cara berhemat. Ayo, pakai sekarang!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store