Perayaan Natal merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu umat Kristiani di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Walaupun dihadapkan dengan situasi pandemi covid-19 seperti saat ini tetapi tentunya jangan menghalangi kita untuk tetap menyambut Natal 2020 dengan penuh suka cita. Kita akan bahas segala sesuatu tentang Natal tahun 2020 dalam artikel ini, termasuk dekorasi dan hiasana Natal untuk kamu.

 

Tema Natal Tahun 2020tema natal 2020

Tema Natal tahun 2020 ini, seperti dikutip dari website resmi PGI yaitu dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) adalah turut menyampaikan rasa prihatin atas situasi pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini.

Berikut ini adalah makna dan arti dibalik Tema Natal 2020 menurut PGI dan KWI.

Tema Natal 2020 adalah:  “…Mereka akan menamakan-Nya Immanuel“. Tema Natal tersebut diambil dari ayat (Matius:1-23) , Ayat ini adalah bagian dari kisah kelahiran Yesus Kristus yang ditulis oleh Matius.

Kutipan tema Natal 2020 ini adalah pesan yang disampaikan oleh malaikat ketika menampakkan diri kepada Yusuf yang saat itu berencana memutuskan Maria secara diam-diam setelah mengetahui tunangannya mengandung.

Peristiwa tersebut diharap bisa mengingatkan orang Kristen tentang penggenapan nubuatan akan kedatangan sang Mesias yang dalam Perjanjian Lama banyak disampaikan oleh para nabi.

Meskipun saat ini kita masih berjuang menghadapi pandemic Covid-19, dimana saat ini gereja-gereja juga masih menutup pintu untuk mengadakan ibadah secara langsung, tetapi perayaan Natal 2020 diharapkan tetap bisa berlangsung dengan sukacita dan penuh harapan.

Hal inilah yang disampaikan PGI dan KWI melalui poster tema Natal 2020 ini yang nampak sebuah keluarga, ayah, ibu, anak dan orangtua yang menatap ke arah layar sembari mengenakan masker berwarna putih.

Poster ini juga secara langsung menyampaikan bahwa perayaan Natal tahun 2020 ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya sesuai dengan Poster PGI di website resminya.

Umat Kristiani saat ini harus menahan diri karena belum bisa bertemu secara tatap muka langsung dengan saudara-saudara seiman di gereja karena disebabkan pandemi covid-19, sebagai gantinya perayaan Natal dilakukan secara online.

 

Dekorasi dan Hiasan Natal di Rumah

Untuk lebih memeriahkan Natal tahun ini, tidak lengkap rasanya bila kita tidak menjadikan rumah kita penuh dengan nuansa Natal. Ya, rumah kita harus mempunyai dekorasi Natal dan dilengkapi dengan hiasan Natal yang bisa menghadirkan suasana gembira untuk merayakan Natal di rumah.

Apa saja hiasan dan dekorasi Natal yang harus kita punya

1. Pohon Natalpohon natal

Menurut Wikipedia, kebiasaan memasang pohon Natal sebagai dekorasi dimulai dari Jerman. Pemasangan pohon Natal yang umumnya dari pohon cemara, atau mengadaptasi bentuk pohon cemara, itu dimulai pada abad ke-16.

Saat penduduk Jerman menyebar ke berbagai wilayah termasuk Amerika, mereka pun kerap memasang cemara yang tergolong pohon evergreen untuk dekorasi Natal di dalam rumah. Dari catatan yang ada, orang Jerman di Pennsylvania Amerika Serikat memajang pohon Natal untuk pertama kalinya pada tahun 1830-an.

Pohon Natal merupakan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain “evergreen”. Pohon Natal (cemara) ini juga melambangkan “hidup kekal”, sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara yang selalu hijau daunnya.

Jadi, pohon natal menjadi salah satu hal yang wajib kita punya untuk merayakan natal di rumah.

 

2. Lampu Natallampu natal

Sangat tidak lengkap rasanya jika pohon Natal tidak dilengkapi dengan lampu Natal. Lampu Natal ini bentuk dan modelnya bisa bermacam-macam mulai dari lamu pijar, lampu bohlam, lampu LED, lampu bubble, lambu bola, dan lain sebagainya. Kamu bisa pilih lampu-lampu tersebut sesuai selera kamu agar pohon natal terlihat lebih indah.

 

3. Boneka Natal

boneka natal

Boneka Natal juga merupakan hiasan yang harus kamu punya, boneka Natal akan turut menyemarakkan Natal kamu, bisa kamu letakkan di bawah pohon Natal sebagai dekorasi tambahan, atau bisa juga diletakkan di meja, sofa, dan tempat-tempat lainnya.

Boneka Natal bisa bermacam-macam bentuknya, mulai dari bentuk Santa Claus atau Sinterklas, boneka snowman atau boneka manusia salju, boneka hewan seperti boneka kijang/rusa, boneka beruang yang memakai topi Natal, ada juga boneka berbentuk anak kecil, dan lain sebagainya yg kesemua bonekanya biasanya menggunakan aksesoris Natal.

 

4. Ornamen Natal Lain

Untuk kamu yang masih ingin terus mempercantik tampilan rumah kamu, terutama tampilan pohon Natal kamu, maka kamu juga bisa menambahkan ornament Natal lainnya.

Adapun beberapa ornament natal tersebut adalah:

Pita Natalpita natal

Pita Natal bisa kamu tambahkan sebakan ornament di pohon Natal, atau juga bisa dipakai sebagai hiasan kado-kado Natal yang ingin kamu berikan kepada orang tercinta.

 

Bola Natalbola natal

Bola Natal dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna bisa kamu pakai juga sebagai ornamen tambahan Natal. Gantungkan bola-bola Natal di sekeliling pohon Natal untuk lebih mempercantik lagi tampilan pohon Natal kamu.

 

Lilin Natallilin natal

Lilin Natal juga merupakan salah satu ornament Natal yang bisa kamu tambahkan. Lilin Natal banyak sekali bentuk dan warnanya yang bisa kamu pilih sesuai selera, bisa kamu letakkan di meja-meja di rumah ataupun di sekitar pohon Natal untuk menambah suasana indah. Lilin Natal juga bisa membawa suasana yang lebih khidmat saat sedang berdoa ataupun beribadah.

 

Ornamen Lainnyaornamen natal

Masih banyak ornamen Natal lainnya yang bisa kamu tambahkan sesuai keinginan seperti kaus kaki Natal, rangkaian bunga, lonceng Natal, dan lain sebagainya. Kesemuanya berguna agar perayaan Natal kamu di rumah menjadi lebih berkesan walaupun harus dilakukan di rumah saja.

Baca juga: Ide Liburan yang Seru bersama Keluarga di Jakarta!

 

Beli Dekorasi dan Hiasan Natal dengan Cashbac

Tidak perlu repot penuhi keperluan di rumah dengan Cashbac bisa Order dari Rumah atau buat kamu yang ingin datang langsung bisa gunakan Cashbac agar lebih hemat untuk membeli dekorasi Natal dan hiasan Natal dengan Rewards hingga 100ribu di ACE Hardware dan ACE Express. Klik gambar di atas ya.

Jangan lupa pakai masker, jaga jarak aman dan selalu cuci tangan ya. Belanja di ACE Hardware dan ACE Express, serta merchant lainnya untuk keperluan rumah hingga keperluan untuk perlengkapan Natal.

Kamu bisa lihat dekorasi Natal dan Hiasan Natal apa saja yang cocok untuk kamu disini, klik gambar dibawah ini.beli dekorasi dan hiasan natal

Dan Sekarang enaknya lagi kamu bisa pesan via WhatsApp, klik tombol dibawah ini!

Cara Order di ACE Hardware via WhatsApp

 

Ada juga promo HOME untuk kamu pemegang kartu VISA, kartu kredit Standard Chartered, kartu kredit OCBC NISP, dan kartu kredit Maybank. Ada bonus points hingga 250 ribu jika menggunakan kartu-kartu tersebut di aplikasi Cashbac, klik tombol dibawah ini!

Promo Bank Cashbac

 

Walaupun Natal tahun 2020 ini agak berbeda, tetapi diharapkan tidak mengurangi makna dan arti Natal itu sendiri untuk kamu semua yang merayakannya. Selamat Hari Natal 2020 dari Cashbac.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store