Baru-baru ini ini kita mungkin sering mendengar istilah New Normal di Indonesia dari berbagai media maupun dari orang-orang di sekitar kita. Apakah itu New Normal, apakah ada kaitannya dengan virus corona covid-19? Apa dampaknya bagi kita dan bagaimana cara menghadapinya. Ketahui yuk segala hal tentang New Normal, Cashbac mencoba merangkum semuanya dari berbagai sumber.

Adanya pandemi virus corona jenis baru atau juga yang sering disebut sebagai Covid-19 membuat tatanan masyarakat dunia berubah saat ini. Demi untuk mencegah penularan dari virus corona ini meluas, masyarakat diimbau bahkan dapat dikatakan dipaksa untuk di rumah saja. Kegiatan yang biasanya banyak dilakukan di luar rumah seperti sekolah, bekerja sampai beribadah dianjurkan untuk dilakukan di rumah. Imbauan tersebut bahkan digunakan oleh hampir seluruh negara di dunia yang mencegah masyarakatnya beraktivitas di luar rumah jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak guna memutus mata rantai virus mematikan satu ini.

Tentunya perubahan-perubahan yang terjadi saat ini berdampak secara luas pada banyak sektor. Misalnya saja perubahan aktivitas masyarakat membuat dunia usaha menjadi sepi, seperti bidang penjualan retail, bidang pariwisata, transportasi baik konvensional maupun online, serta masih banyak bidang yang lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, tinggal di rumah saja dinilai tidak dapat untuk diterapkan selamanya guna menjaga keseimbangan dari perekonomian. Untuk itu, di sejumlah negara sudah mulai melonggarkan kebijakan yang terkait dengan mobilitas warganya beraktivitas di luar rumah meski di sisi lain virus corona masih mengancam. Maka itulah, pola hidup baru atau new normal di Indonesia maupun di dunia menjadi salah satu cara yang akan diimplementasikan.

Tapi, apa serta seperti apa new normal atau pola hidup baru tersebut? Tentunya kita semua harus tahu dan mengerti tentang itu.

 

Apa itu New Normal di Indonesia?new normal di indonesia

New normal merupakan perubahan pada perilaku untuk tetap dapat menjalankan aktivitas secara normal namun dengan menerapkan protokol kesehatan demi untuk mencegah terjadinya penularan dari virus corona jenis baru atau Covid-19. New normal adalah kebijakan yang terbaru dan juga dianggap yang terbaik oleh pemerintah untuk dapat menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19. Pemberlakuan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala besar selama ini dampaknya tidak hanya di perubahan dari gaya hidup masyarakat, tapi juga berdampak pada perekonomian negara yang ikut berhenti. Hal inilah yang membuat new normal dianggap sebagai cara atau jalan keluar yang terbaik di tengah pandemi ini.

Baca Juga: Apa itu PSBB? Ketahui Semua Hal Tentang PSBB!

New normal mengharuskan kamu dan masyarakat lainnya untuk bisa beradaptasi dengan hal yang tidak atau mungkin belum bisa diubah. Sebelum vaksin dari Covid-19 ini ditemukan, masyarakat diharapkan mampu untuk mengikuti dan adaptasi dengan perubahan yang serba cepat sekarang ini. Misalnya seperti mengenakan masker ketika berada di luar rumah, kemudian mengurangi aktivitas-aktivitas sosial, menjaga jarak dengan orang lain dan tidak berada pada keramaian atau kerumunan orang banyak, meningkatkan kebersihan diri dengan lebih sering mencuci tangan maupun hal lainnya, serta pemeriksaan suhu tubuh dimana-mana. Bisnis online yang berkembang dengan sangat pesat serta penerapan bekerja dari rumah akan menjadi new normal di masa mendatang yang harus dapat disesuaikan olehmu dan masyarakat lainnya.

Penerapan kehidupan new normal pada suatu negara hanya dapat dicapai ketika negara tersebut sudah memenuhi beberapa syarat yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Persyaratan akan menjadi acuan bagi seluruh negara yang terkena dampak dari pandemi Covid-19.

 

Syarat Penerapan Konsep New Normal dari WHOnew normal covid-19

1. Syarat atau kriteria yang pertama adalah negara yang akan menerapkan new normal haruslah mempunyai bukti jika penularan dari Covid-19 di wilayahnya sudah dapat dikendalikan.

2. Syarat atau kriteria yang kedua dari WHO untuk penerapan new normal adalah sistem kesehatan yang ada atau dimiliki sudah bisa maupun mampu untuk melakukan identifikasi, isolasi, pengujian, kemudian pelacakan dari kontak, sampai melakukan karantina kepada orang-orang yang terinfeksi oleh virus. Sistem kesehatan yang dimaksudkan ini mencakup rumah sakit sampai peralatan-peralatan medis.

3. Kemudian kriteria atau syarat yang ketiga adalah risiko dari wabah virus corona harus dapat ditekan untuk tempat atau wilayah yang mempunyai kerentanan tinggi seperti panti wreda, kawasan padat penduduk, dan juga fasilitas-fasilitas kesehatan mental.

4. Kriteria atau syarat yang selanjutnya adalah penetapan cara atau langkah-langkah pencegahan pada lingkungan kerja seperti adanya penerapan jaga jarak fisik, penerapan etika dari pernapasan yaitu menggunakan masker, dan juga tersedianya fasilitas untuk mencuci tangan.

5. Syarat atau kriteria yang kelima adalah risiko pada kasus dari pembawa virus masuk ke suatu wilayah harus dapat dikendalikan.

6. Kriteria yang keenam adalah masyarakat harus diberi kesempatan untuk memberikan masukan, pendapat, serta juga dilibatkan ke dalam proses masa transisi yang menuju kehidupan new normal.

Negara-negara yang hendak memberlakukan new normal diharapkan untuk bisa memenuhi semua kriteria atau syarat di atas terlebih dahulu. Bagi negara yang belum mampu memenuhi syarat-syarat di atas disarankan untuk memikirkan ulang dan secara matang mengenai penerapan pola kehidupan baru ini. Begitupun dengan penerapan new normal di Indonesia mengikuti atau mengacu keenam persyaratan tersebut.

 

New Normal di Indonesia – Cara Menghadapinyanew normal virus corona

Saat ini masyarakat Indonesia memang tengah bersiap diri untuk menghadapi dan menjalani fase new normal. Pemerintah juga sedang mempersiapkan berbagai macam peraturan guna menerapkan new normal ini nantinya. Diterapkannya new normal ini memang diharapkan masyarakat dapat kembali untuk menjalani rutinitas seperti biasa namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Nah oleh sebab itu, berbagai hal juga harus kamu persiapkan supaya dapat menimbulkan rasa yang aman ketika sedang beraktivitas di luar rumah.

Berikut ini adalah beberapa cara mempersiapkan diri kamu untuk menghadapi new normal:

1. Menyesuaikan Diri serta Menerima Perubahan yang Terjadi

Langkah pertama guna menghadapi new normal adalah kamu harus dapat menerima segala perubahan yang terjadi saat ini akibat dari penyebaran Covid-19. Dengan kamu menerima keadaan sekarang, maka akan membuat kamu lebih mudah untuk beradaptasi dengan hal-hal baru yang terjadi karena penerapan new normal. Jika kamu sudah bisa menerima keadaan baru ini, kamu bisa melakukan penyesuaian diri dengan perubahan tersebut. Kamu dapat melakukan semua hal-hal baru sesuai dengan perubahan yang ada.

2. Menjaga Imunitas Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh adalah persiapan yang harus kamu persiapkan selanjutnya. Tubuh yang sehat dan imunitas yang terjaga akan membantu kamu dalam melawan virus yang akan masuk. Kamu dapat mengonsumsi makanan serta minuman yang mengandung banyak nutrisi dan menyehatkan.

3. Menggunakan Perlengkapan untuk Keamanan Diri

Persiapkan dengan baik perlengkapan keamanan diri saat kamu harus keluar rumah. Beberapa item yang harus kamu persiapkan seperti masker, jaket, sabun cair atau hand sanitizer, dan jika perlu sarung tangan serta masih banyak lainnya.

4. Menjaga Jarak dengan Orang Lain

Saat berada di luar rumah, pastikan jika kamu menjaga jarak dengan orang lain dan berusaha untuk menghindari kerumunan orang. Sabarlah untuk tidak berkumpul dengan teman atau rekan kerja. Pastikan juga kamu menjaga kebersihan diri agar penerapan new normal di Indonesia dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Upaya Pencegahan Virus Corona COVID-19

New Normal Bersama Cashbac

#StaySafe – Tetap Aman ya untuk kita semua dalam menjalankan semua kegiatan sehari-hari. Jalani New Normal tetapi dengan memperhatikan benar protokol kesehatan. Lihat tips dari Cashbac bagaimana Tetap Aman agar kita semua tetap sehat melalui tautan ini.

Gunakan selalu Cashbac untuk membeli semua kebutuhan kamu di merchant-merchant pilihan seperti Alfamart, FamilyMart, ACE Hardware, Informa, hingga Drive Thru di McDonald’s!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store