Kaki, khususnya paha seringkali menjadi problem area bagi kita karena nggak jarang lemak kita bertumpuk di situ. Padahal, lemak yang terlalu banyak bertumpuk di paha nggak hanya bisa membuat bentuk tubuh kita menjadi nggak seimbang, tapi juga berbahaya untuk pergerakan tubuh karena paha kita ikut menopang tubuh ketika berdiri dan berjalan lho. Nah supaya bentuk tubuh kita tetap ideal dan kita tetap bisa bergerak dengan lancar sampai tua, yuk coba beberapa olahraga mengecilkan paha ini.

Olahraga Mengecilkan Paha

Pada dasarnya kita nggak bisa mengecilkan paha sendiri dan membakar lemak hanya di bagian paha aja. Tapi, supaya paha kita mengecil, kita harus melakukan olahraga yang bersifat membakar lemak sekaligus memperkuat otot kaki juga. Nah, ada beberapa olahraga mengecilkan paha yang bisa kamu lakukan secara konsisten dan efektif membakar kalori sekaligus memperkuat otot. Apa aja sih olahraga mengecilkan paha yang bisa benar-benar memberikan hasil dalam membuat paha terlihat lebih kecil? Berikut 7 contohnya.

Baca juga: Wajib Coba! Inilah 7 Jenis Olahraga Mengecilkan Lengan

1. Bersepeda

olahraga mengecilkan paha - bersepeda

Olahraga yang satu ini bisa kamu lakukan di luar ruangan ataupun di dalam ruangan dengan menggunakan sepeda statis di gym atau di rumah. Di manapun kamu melakukannya, bersepeda efektif banget dalam membakar kalori sehingga membuat tubuh kita terlihat lebih ramping, termasuk di bagian paha. Menurut livestrong.com, 1 jam bersepeda bisa membakar 450 kalori di dalam tubuh lho.

Supaya bersepeda semakin efektif dalam mengecilkan paha, pastikan kamu bersepeda dengan kecepatan 80 hingga 110 RPM selama 30-60 menit. Selain itu, bersepeda akan semakin efektif sebagai olahraga mengecilkan paha kalau dilakukan di jalan yang menanjak atau dengan metode interval training – berganti-ganti kecepatan setiap beberapa detik – karena otot kaki kita dipaksa bekerja lebih keras dengan cara bersepeda tersebut.

2. Ice skating

olahraga mengecilkan paha - ice skating

Untuk kamu yang penyuka seni atau ingin kelihatan lebih anggun, ice skating adalah olahraga mengecilkan paha yang pas banget buat kamu. Ketika ice skating, kamu biasanya bergerak mengikuti musik dan harus menjaga postur tubuh supaya tetap seimbang sehingga bisa bikin gerakan tubuh kamu terlihat lebih anggun juga. Ice skating juga mengencangkan otot kaki dan perut kamu serta efektif membakar kalori lho karena ice skating selama 1 jam bisa membakar 387-633 kalori. Kamu juga nggak perlu khawatir cedera karena ice skating biasanya justru melindungi kaki dari cedera karena memperkuat otot-otot yang jarang kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Supaya efektif, sebaiknya kamu ikut kelas ice skating yang diadakan di skating rink karena kamu akan diajarkan cara berdiri, jatuh, meluncur, dan berhenti yang benar supaya terhindar dari cedera akibat jatuh. Di kelas ice skating, kamu juga bisa belajar gerakan-gerakan ice skating yang membuat tubuh kamu kelihatan lebih anggun juga.

 3. Kickboxingolahraga mengecilkan paha - kickboxing

Nggak cuma bermanfaat untuk melampiaskan emosi dan stres kamu, kickboxing atau Muay Thai juga bisa mengecilkan paha kamu lho. Menurut azcentral.comkickboxing membuat otot kakimu lebih ramping dan kuat juga karena setiap gerakan – termasuk ketika meninju – mengharuskan kita untuk merenggangkan dan menegangkan otot kaki, termasuk otot paha. Kickboxing juga sangat efektif dalam membakar kalori hingga 600 kalori untuk setiap 1 jam berolahraga dan memperbaiki fungsi kardiovaskuler tubuh kita sehingga jantung dan paru-paru pun lebih sehat.

Latihan kickboxing bisa semakin bermanfaat dalam mengecilkan paha kalau digabungkan dengan latihan lainnya seperti stretching dan yoga untuk mencegah cedera dan latihan cardio untuk membantu kita mengatur nafas dengan lebih baik ketika sparring atau berlatih di dalam ring tinju.

4. Jogging

olahraga mengecilkan paha - jogging

Olahraga yang satu ini nggak mengharuskan kita mengeluarkan uang yang banyak untuk berefek mengecilkan paha. Kita cukup membeli dan merawat sepatu lari kita dan bisa langsung berlari keliling kompleks rumah. Ketika jogging, otot kaki kita seperti gluteus, hamstring, quadricep, dan betis secara aktif bekerja untuk menopang tubuh kita dan ketika otot kita aktif bekerja, maka tubuh kita pun lebih efektif membakar kalori sehingga kita bisa membakar lebih banyak kalori. Dengan lari 4-5 kali seminggu, kita bisa membakar sekitar 223 kalori dalam waktu kurang dari 10 menit.

Menurut pelatih olahraga terkenal, Jillian Michaels, kita bisa membakar kalori lebih banyak dan mengecilkan paha lebih cepat dengan jogging menggunakan metode interval training di mana kita meningkat intensitas lari kita selama beberapa detik bergantian dengan intensitas jogging normal. Interval yang disarankan adalah sprint selama 30 detik bergantian dengan jogging biasa selama 2 menit berulang kali sebanyak 3-6 kali seminggu.

5. High Intensity Interval Training (HIIT)

olahraga mengecilkan paha - hiit

High Intensity Interval Training atau HIIT adalah cara berolahraga yang terkenal paling efektif dalam membentuk otot dan membakar lemak. Dalam HIIT, kita melakukan gerakan selama 20-40 detik, lalu istirahat selama 10-20 detik secara selang seling. Olahraga ini bisa dilakukan dengan atau tanpa alat bantu seperti barbel atau resistance band. HIIT juga mengkombinasikan gerakan untuk membentuk otot seperti calf raise, lunge, squat dengan gerakan berupa lompatan seperti squat jump, jumping jacks, dan high knees.

Supaya lebih efektif dan terlindungi dari cedera karena salah melakukan gerakan, lebih baik ikuti kelas di gym karena ada instruktur yang bisa membantu kamu untuk memastikan kamu nggak salah bergerak sehingga cedera. Pastikan juga kamu melakukan pemanasan dan stretching serta nggak melakukan HIIT selama lebih dari 60 menit karena justru bisa berdampak negatif untuk otot kamu dan nggak membantu badanmu untuk lebih ramping.

Baca juga: Tak Hanya Sehat, Minum 5 Jenis Teh yang Bantu Tubuh Cepat Langsing

6. Barre

olahraga mengecilkan paha - barre

Sumber: commons.wikimedia.org

Terpesona melihat gerakan penari balet dan ingin bisa melakukan gerakan-gerakan yang sama juga? Kamu bisa belajar memiliki postur tubuh dan keanggunan ala balerina sambil mengecilkan paha dengan ikut kelas barre. Barre adalah gabungan dari gerakan tarian dengan olahraga ringan yang latihannya biasanya menggunakan palang untuk balet, barbel ringan, lantai atau matras.

Barre biasanya memberikan paling berefek pada otot kaki kita, terutama dalam membentuk otot paha sehingga terlihat lebih ramping dan kuat karena gerakan-gerakannya seperti allongee, ballerina squat, barre assembles, dan arabesque memaksa otot paha kita untuk menopang tubuh dan menjaga keseimbangan tubuh kita lho.  Barre juga terkenal bisa memberikan hasil yang cukup instan – dengan 6 minggu berolahraga, kamu bisa mulai melihat perbedaan di bentuk badanmu. Untuk hasil maksimal, sebaiknya latihan barre 3-4 kali seminggu.

7. Yoga

olahraga mengecilkan paha - yoga

Yoga emang lebih terkenal sebagai olahraga yang lembut, membantu kita rileks dan lebih fleksibel. Tapi, jangan salah, yoga bisa juga membakar kalori dan memperkuat otot kita sehingga terlihat lebih ramping lho, termasuk otot di paha. Dengan yoga, kamu hanya butuh tubuh kamu sendiri untuk bisa berolahraga.

Ada beberapa pose yoga yang melatih kekuatan otot paha kamu seperti chair pose, warrior, anjaneyasana, downward dog, dan tree pose. Selain itu, olahraga yoga juga biasanya berbentuk flow sehingga tubuh kita harus bergerak terus-menerus dan membakar lemak.

Walaupun kita melatih kekuatan otot kaki, kita nggak berisiko cedera lho ketika melakukan yoga karena yoga nggak menekan sendi kita dan malah memperkuatnya. Selain itu, menurut yogajournal.com, yoga juga membantu meredakan rasa sakit atau pegal pada kaki karena duduk seharian sambil bekerja. Supaya efektif, sebaiknya ikut kelas yoga ya karena ada instruktur yang bisa membantu memastikan gerakan kamu benar.

Paha Mengecil, Dompet Nggak Ikut Mengecil

Olahraga-olahraga mengecilkan paha di atas bisa kamu cobain di berbagai gym dan studio lho. Walaupun paha kamu mengecil karena olahraga, dompet kamu nggak perlu mengecil karena boros ikut kelas-kelas olahraga tersebut. Kamu bisa tetap hemat dan malah dapat instant cashback sambil olahraga mengecilkan paha di gym atau studio favoritmu

Tapi, olahraga mengecilkan lengan jangan sampai mengecilkan kantong juga. Kamu bisa tetap hemat dan dapat instant cashback sambil olahraga mengecilkan lengan di gym favoritmu seperti Core Studio, 121 Fitness Japan, Real Yoga Indonesia, Oasis Centre Arena dan masih banyak lagi dengan aplikasi Cashbac. Caranya gampang: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu debit atau kartu kredit, dan lakukan transaksi untuk mendapatkan cashback yang bisa langsung kamu gunakan untuk membayar kelas selanjutnya atau kamu simpan untuk transaksi di ribuan merchants lainnya.

Jadi, saatnya kamu cobain berbagai olahraga mengecilkan paha di gym favorit kamu. Jangan lupa gunakan aplikasi Cashbac supaya dompet kamu nggak mengecil juga ya. Selamat berolahraga!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store