Selama masa darurat pandemi COVID-19, masyarakat di seluruh dunia telah diimbau untuk menerapkan physical distancing atau penjarakan fisik, termasuk di Indonesia. Hal tersebut, meskipun dilakukan karena alasan kesehatan dan keselamatan masyarakat, mau tak mau memengaruhi aktivitas sehari-hari semua orang. Mulai dari belajar, bekerja, belanja kebutuhan bahan pokok, beribadah, bahkan hingga berolahraga. Apabila kamu merupakan salah satu penggemar aktivitas olahraga outdoor, kamu pasti sudah merasakan sendiri efeknya.

Olahraga Ringan di Masa Pandemi

Meski begitu, bukan berarti kamu harus berhenti berolahraga, lho! Sebab, kamu sebenarnya bisa melakukan olahraga ringan di rumah. Apalagi dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Seperti dikutip dari The Jakarta Post, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga ringan sampai sedang, yang jika dilakukan secara teratur sekitar 3 kali dalam seminggu, dapat menurunkan risiko kematian pada masa wabah flu Hong Kong di tahun 1998.

Sementara itu, individu yang sama sekali tidak berolahraga, atau malah berolahraga terlalu banyak sampai lebih dari 5 kali setiap minggu, justru menghadapi risiko kematian terbesar. Karena itu, kamu perlu memastikan bahwa kamu berolahraga dengan cukup dengan intensitas yang normal.

Hal ini juga diamini oleh Reiso Broto Asmoro dari Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Dilansir dari Kompas.com, Reisa menjelaskan bahwa olahraga ringan hingga sedang lah yang dianjurkan selama masa pandemi COVID-19 saat ini. Pasalnya, olahraga berat justru membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh agar kembali ke kondisi semula setelah kamu selesai olahraga, dibandingkan jika kamu melakukan olahraga ringan atau sedang. Dan waktu yang lebih lama bagi tubuh untuk pulih dan kembali ke kondisi awal ini juga meningkatkan risiko infeksi COVID-19.

Baca jua: Pola Hidup Sehat Ternyata Mudah Dilakukan Siapa Saja!

Rekomendasi Olahraga Ringan di Rumah

Apa jenis olahraga ringan di rumah yang direkomendasikan? Reisa sendiri menjelaskan bahwa olahraga yang tidak membutuhkan alat, senam, yoga, dan zumba sangat direkomendasikan. Atau untuk olahraga yang membutuhkan alat, Kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah ada di rumah seperti tangga dan kursi. Berikut ini adalah beberapa olahraga ringan di rumah yang bisa kamu lakukan.

1. Kardioolahraga ringan di rumah skipping

Jenis olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang efektif membantu membakar lemak serta membuat tubuh banyak berkeringat. Olahraga kardio ini juga termasuk di dalam kategori olahraga ringan di rumah sehingga bisa mengurangi risiko penularan COVID-19. Contoh olahraga kardio yang bisa kamu lakukan misalnya bersepeda menggunakan sepeda statis, berlari di atas treadmill, atau olahraga lain yang menggunakan alat.

Tapi, jika kamu tidak punya alat, kamu tak perlu khawatir karena masih ada beberapa jenis olahraga kardio lain yang tidak membutuhkan alat berat seperti itu. Misalnya lompat tali atau skipping, yang juga termasuk kategori olahraga kardio, tapi dengan alat yang lebih mudah dan terjangkau.

 

2. Senam Aerobikolahraga ringan di rumah senam aerobik

Pada dasarnya, senam sebenarnya juga merupakan salah satu jenis olahraga kardio. Di samping itu, senam aerobik juga bisa dilakukan dengan bebas tanpa harus menggunakan alat latihan kardio tertentu. Apalagi, kamu juga bisa menemukan bahan atau materi untuk senam dengan mudah karena ada banyak video senam yang dapat kamu temukan di internet. Jadi, kamu bisa senam sendiri di rumah dengan mengikuti gerakan pada video, atau melakukannya bersama dengan keluarga.

Karena senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga kardio, senam aerobik juga efektif membuat tubuh berkeringat dan membakar lemak. Jadi, badan kamu pun bisa terasa segar dan bugar, bahkan meskipun kamu harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama masa pandemi COVID-19 saat ini. Apalagi, senam aerobik juga efektif meredakan gejala anxiety (gangguan kecemasan) dan depresi yang berpotensi timbul pada masa pandemi ini.

 

3. Yogaolahraga ringan di rumah yoga

Yoga barangkali terlihat seperti olahraga yang sederhana dan mudah. Akan tetapi, apabila dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh, sebenarnya yoga memiliki serangkaian gerakan yang ampuh membuat badan berkeringat dan membakar lemak. Bukan hanya itu saja, yoga juga memiliki gerakan yang dapat membuat kamu merasa lebih rileks dan santai. Dengan begitu, risiko anxiety yang berpotensi muncul sebagai dampak dari pandemi ini pun dapat ditekan.

Dengan melakukan yoga secara teratur, kamu juga dapat merasakan manfaat lainnya bagi tubuh. Misalnya meningkatkan pernapasan, menjaga kinerja metabolisme tubuh, meningkatkan energi, serta meningkatkan vitalitas. Dan serupa dengan senam, kamu pun bisa menemukan banyak video tutorial gerakan yoga dan menirunya langsung di rumah.

 

4. Menariolahraga ringan di rumah menari

Tahukah kamu kalau menari pun sebenarnya termasuk ke dalam kategori olahraga? Contohnya senam zumba, yang menggabungkan senam dengan menari alias dancing. Dengan menari, kamu bukan hanya bisa membuat tubuh bergerak dan berkeringat, tapi juga bersenang-senang karena jenis olahraga satu ini yang fun alias menyenangkan. Dan sebagai salah satu jenis olahraga ringan di rumah, menari pun mampu meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Di samping itu, menari pun dapat membuat tubuh berkeringat sehingga dapat menyegarkan tubuh kamu.

 

5. Push-up

olahraga ringan di rumah push up

Jenis olahraga yang satu ini juga sangat mudah dilakukan di rumah karena tidak membutuhkan alat bantu sama sekali. Dan meskipun sebaiknya kamu melakukan push-up di atas matras senam, Kamu bisa melakukannya di atas lantai. Yang penting permukaannya rata.

Jika dilakukan dengan benar, push-up memiliki banyak manfaat seperti memperkuat tubuh bagian atas, misalnya dada. Dan dengan melakukan push-up secara teratur, kamu pun bisa meningkatkan kekuatan otot dada serta otot bisep (otot lengan bagian atas), serta membuat tubuh jadi lebih fit.

Di samping push-up, kamu juga bisa melakukan olahraga serupa lainnya seperti sit up yang dapat memperkuat otot perut dan meratakan perut, squat jump yang memperkuat otot paha, crunch untuk membakar lemak pada perut bagian samping serta mengencangkan otot pada bagian tersebut, dan sebagainya.

 

Olahraga Ringan di Rumah Lainnyaolahraga ringan di rumah lainnya

Kamu juga bisa berkonsultasi pada dokter tentang olahraga atau aktivitas fisik lainnya yang dapat kamu lakukan di rumah selama masa pandemi COVID-19 saat ini. Apalagi, sekarang kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter secara online, baik dengan memanfaatkan aplikasi chat atau aplikasi layanan dokter yang saat ini sudah banyak digunakan.

Meskipun pada masa pandemi COVID-19 saat ini kamu harus membatasi aktivitas, terutama aktivitas di luar ruangan, jangan sampai hal tersebut malah membuat kamu jadi malas menggerakkan tubuh agar selalu aktif, ya! Di samping menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga ringan di rumah selama masa pandemi saat ini, pastikan juga untuk menjaga pola makan yang sehat serta beristirahat dengan cukup setiap harinya agar tubuh kamu terjaga kesehatannya. Dengan demikian, tubuh kamu juga akan selalu kuat untuk melawan infeksi penyakit karena virus maupun faktor lainnya.

Baca juga: Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Mudah

Hemat Beli Alat Untuk Olahraga Ringan di Rumah

Cashbac bekerjasama dengan banyak bank memberikan kamu rewards hingga 60%! Hubungan kartu debit atau kartu debit kamu di aplikasi Cashbac untuk menikmati rewardsnya.

Cashbac dapat digunakan untuk membeli peralatan olahraga ringan di ACE Hardware, kamu juga bisa membeli kebutuhan lainnya di Alfamart, FamilyMart, Gramedia, Informa, hingga Drive Thru di McDonald’s.

Nah, itulah informasi mengenai rekomendasi olahraga ringan di rumah yang dapat kamu lakukan selama masa darurat COVID-19, yang membatasi aktivitas kamu di luar ruangan. Lihat juga tips dari Cashbac bagaimana Tetap Aman agar kita semua tetap sehat melalui tautan ini.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store