Badan yang pendek memang sering bikin kita nggak pede. Bingung gimana caranya supaya kita terlihat lebih tinggi? Ada beberapa olahraga untuk meninggikan badan yang efektif dan seru untuk kita cobain lho. Ini dia ulasan lengkapnya!

Kenapa Badan Kita Susah Tinggi?

Udah mencoba berbagai cara meninggikan badan tapi tetap aja nggak mengalami perubahan di tinggi badan kita? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan kita dan seberapa cepat kita bisa bertambah tinggi lho.

1. Faktor genetik

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Faktor Genetik

Mungkin kita sering mendengar kalau tinggi badan kita dipengaruhi oleh seberapa tingginya orang tua kita. Nah, baru-baru ini, sebuah studi dari Universitas Tufts, AS membuktikan kalau pernyataan itu benar lho. Gen yang diwariskan dari orang tua kita punya peran sebanyak 60-80% dalam menentukan tinggi badan kita. Menurut majalah Time, gen yang diwariskan sebagai penentu tinggi badan itu antara lain gen pertumbuhan, gen penentu bagian tulang kita yang tumbuh dengan cepat, dan gen ukuran tulang kita.

2. Asupan gizi

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Asupan Gizi

Makanan dan minuman yang kita konsumsi juga berpengaruh ke tinggi badan kita lho. Makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh untuk bertambah tinggi seperti vitamin, mineral, kalsium, dan protein bisa bikin kita menjadi lebih tinggi dibandingkan makanan berlemak tinggi atau junk food. Contoh makanan yang bergizi dan mempengaruhi tinggi badan adalah susu dan produk dairy, sayur dan buah, ayam, daging sapi, gandum, telur, dan kacang kedelai.

Kebiasaan makan makanan sehat ini paling berpengaruh ke tinggi badan kita ketika umur kita masih di bawah 18 tahun. Tapi, kita yang udah dewasa pun tetap harus makan makanan bergizi lho karena di usia dewasa, kebiasaan makan junk food justru bisa bikin tinggi badan kita berkurang.

Baca juga: Ingin Sehat? Cobain 8 Makanan Penurun Kolesterol Ini!

3. Kesehatan tulang

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Kesehatan Tulang

Tahukah kamu kalau gangguan kesehatan tulang dan menurunnya kepadatan tulang bisa bikin tubuh kita tambah pendek ketika udah dewasa, terutama setelah umur 30 tahun? Iya, menurunnya kesehatan tulang bisa bikin tinggi badan kita berkurang hingga 10 cm lho. Selain itu, kalau kita nggak menjaga kesehatan tulang, kita juga bisa terkena osteoporosis yang bikin tulang kita lebih gampang patah lho.

Nah, supaya nggak terkena penyakit tulang, kita bisa menjaga kesehatan tulang kita dengan memperbaiki postur tubuh melalui olahraga, sering mengkonsumsi makanan mengandung kalsium dan vitamin D.

4. Postur tubuh

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Postur Tubuh

Kalau kita udah berusia dewasa, biasanya kita nggak akan mengalami pertumbuhan tinggi badan lagi. Tapi, kita bisa terlihat lebih tinggi kalau terbiasa melatih postur tubuh yang baik lho, yaitu berdiri dan duduk tegak dan tidak membungkuk. Selain itu, kebiasaan melatih postur tubuh yang benar juga bisa menjaga jarak antara ruas-ruas tulang belakang kita sehingga tinggi badan kita nggak menyusut lho.

5. Aktivitas fisik

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Aktivitas-1

 

Jenis olahraga yang kita lakukan dan seberapa sering kita berolahraga berpengaruh banget ke kesehatan tulang dan postur tubuh kita yang mempengaruhi seberapa tinggi kita terlihat. Jadi, memang sebenarnya nggak ada olahraga yang bisa menambah tinggi badan kita, tapi olahraga bisa membuat kita terlihat lebih tinggi daripada sebenarnya.

Nah, supaya efektif dalam bikin tubuh kita terlihat lebih tinggi, olahraga untuk meninggikan badan yang kita lakukan sebaiknya melatih otot perut dan punggung, karena otot di kedua bagian tubuh inilah yang menopang tubuh kita dan bisa bikin tubuh kita terlihat lebih tinggi. Olahraga stretching atau jenis-jenis olahraga yang mengharuskan kita untuk melatih postur agar selalu tegak juga bisa kita coba. Kardio juga bisa membuat badan kita terlihat lebih tinggi lho karena membakar lemak dan membuat tubuh terlihat lebih ramping.

Olahraga untuk Meninggikan Badan

Olahraga memang nggak bisa membuat badan kita lebih tinggi dengan sendirinya lagi kalau kita udah berusia di atas 18 tahun karena tubuh kita udah berhenti bertumbuh. Tapi, olahraga bisa melatih otot, tulang, dan postur kita supaya terlihat lebih tinggi lho. Nah, nggak sembarang olahraga bisa memberikan efek ini ke tubuh kita.

Apa aja sih olahraga untuk meninggikan badan yang bisa kita coba untuk membuat kita terlihat lebih tinggi? Ini dia beberapa jenis olahraga untuk meninggikan badan yang efektif dan wajib kamu coba!

1. Yoga

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Yoga

Olahraga untuk meninggikan badan yang satu ini efektif banget dalam membuat badan terlihat lebih tinggi karena semua gerakannya meregangkan otot tulang belakang dan melatih tubuh kita untuk memiliki postur tubuh yang tegak. Pada dasarnya, yoga adalah kombinasi dari beberapa gerakan stretching dan latihan kekuatan yang dilakukan dalam bentuk flow. 

Dilansir dari Livestrong.com, gerakan stretching melatih tubuh kita untuk berpostur tegak dan lurus sekaligus melatih pernafasan kita sehingga gerakan tulang belakang kita alami mengikuti pernafasan. Latihan kekuatan di yoga juga membuat otot perut dan punggung kita semakin kuat sehingga dapat menopang tubuh dengan baik. Badan kita pun bakal terlihat semakin tinggi setelah yoga secara teratur karena kita terbiasa berpostur tegak.

Baca juga: Wajib Coba! Inilah 7 Jenis Olahraga Mengecilkan Lengan

2. Basket

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Basket

Basket terkenal banget sebagai olahraga untuk meninggikan badan dan olahraga satu ini memang bisa bikin tubuh kita terlihat lebih tinggi dari sebenarnya. Ketika main basket, kita pasti akan banyak melakukan lompatan untuk shooting atau passing yang meregangkan otot dan tulang belakang sehingga bikin kita terlihat lebih tinggi.

Selain itu, posisi tubuh yang tegak lurus ketika shooting dan melakukan overhead pass juga melatih postur tubuh kita lho. Postur tubuh malah merupakan salah satu kunci keberhasilan shooting kita dan kalau kita sering latihan shooting secara teratur, postur tubuh kita akan menjadi lebih baik juga sehingga kita terlihat lebih tinggi. Basket juga bisa membakar 630-750 kalori per jam sehingga bikin badan kita terlihat lebih ramping.

3. Jazzercise

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Jazzercise

Sumber: presidentpost.id

Pernah melihat postur tubuh penari? Biasanya mereka terlihat tinggi, anggun, dan lentur juga. Nah, olahraga untuk meninggikan badan yang diciptakan tahun 1969 ini bisa bikin memiliki postur seperti mereka karena mengkombinasikan gerakan modern dance dengan gerakan melatih kekuatan. Hasilnya? Nggak hanya bikin tubuh kita terlihat lebih tinggi, tapi juga membuat otot perut dan punggung kita lebih kuat serta membakar kalori juga lho.

Selain itu, jazzercise juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang lho. Gerakan tarian dan latihan otot di jazzercise membantu melatih kekuatan tulang kita juga dan memperkuat otot-otot yang melindungi tulang kita sehingga kita nggak rentan mengalami penyusutan atau gangguan kesehatan tulang.

4. Renang

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Renang

Apa kesamaan dari atlet-atlet renang dari berbagai negara? Mereka umumnya bertubuh tinggi! Nggak heran kalau olahraga renang cocok banget untuk kita yang ingin badan terlihat lebih tinggi. Dilansir dari hellosehat.com, renang adalah olahraga yang efektif banget memperkuat tulang belakang kita dan membuat postur tubuh lebih baik. Ini karena kita bergerak secara horizontal ketika berenang sehingga melawan gravitasi dan meregangkan tubuh kita, terutama bagian atas.

Yang membuat renang disukai banget sebagai olahraga untuk meninggikan badan adalah renang termasuk olahraga yang cocok banget untuk kita yang di negara tropis karena bisa dilakukan di dalam kolam yang dingin sehingga bikin kita lebih segar. Selain itu, karena gerakan renang dilakukan di air, kita juga nggak berisiko tinggi cedera lho.

5. Ice skating

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Ice Skating

Sama seperti penari, atlet ice skating juga umumnya memiliki postur yang tegak sehingga olahraga ini cocok banget untuk bikin kita terlihat lebih tinggi. Ini karena hanya untuk nggak jatuh di atas es, kita harus memiliki postur yang bagus. Sedikit saja menunduk bisa membuat kita jatuh karena nggak seimbang, apalagi kalau kita ingin melakukan gerakan seperti berputar atau melompat di es.

Selain itu, meluncur di es juga melatih otot perut dan punggung kita untuk menopang tubuh supaya seimbang. Soal pembakaran kalori, ice skating selama 30 menit bisa membakar 200-250 kalori lho karena tubuh membakar lebih banyak kalori di suhu yang dingin.

Baca juga: 7 Jenis Olahraga Mengecilkan Paha Ini Wajib Kamu Coba!

6. Pilates

Olahraga untuk Meninggikan Badan - Pilates

Mirip dengan yoga, pilates juga merupakan olahraga yang gerakan-gerakannya melatih kekuatan otot perut dan punggung serta memperbaiki postur. Perbedaannya adalah pilates lebih fokus untuk melatih kekuatan dan yoga lebih baik untuk melatih fleksibilitas dan peregangan otot. Gerakan-gerakan pada pilates juga cenderung lebih intens untuk melatih kekuatan.

Kalau kita gampang bosan dan ingin cobain berbagai mesin dan alat bantu olahraga, pilates cocok banget untuk kita karena selain berolahraga tanpa alat, kita juga bisa cobain melakukan gerakan dengan berbagai alat bantu. Selain itu, pilates cocok untuk kita yang mengalami masalah kekuatan otot karena penyakit atau cedera karena gerakan-gerakannya bisa membantu kita menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan cedera.

Badan Tinggi, Saldo juga Tetap Tinggi

Jadi, walaupun kita yang udah dewasa nggak bisa bertumbuh lebih tinggi lagi, ada beberapa olahraga untuk meninggikan badan yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki postur kita, memperkuat tulang, dan membuat tubuh kita terlihat lebih tinggi. Olahraga untuk meninggikan badan ini tentunya lebih baik kita lakukan dengan mengikuti kelas di gym atau tempat berolahraga tersebut supaya menghindari cedera dan efektif membuat kita terlihat lebih tinggi.

Takut harga kelasnya mahal? Nggak perlu khawatir karena ada aplikasi Cashbac yang memberikan kamu instant cashback untuk setiap transaksi, termasuk untuk mengikuti kelas olahraga di Yoga Dham Jakarta, Real Yoga Indonesia, Jazzercise Jakarta Body 14E, Oasis Centre Arena, Pop Pilates, dan masih banyak lagi.

Cara menggunakannya juga gampang: cukup download aplikasi Cashbac, registrasi dengan kartu kredit/kartu debit, dan lakukan transaksi untuk mendapatkan cashback yang bisa langsung kamu gunakan untuk kelas olahraga selanjutnya, makan makanan sehat, atau simpan untuk digunakan kapanpun selama akunmu masih aktif.

Jadi, daripada galau karena tubuh kita terlalu pendek dan nggak ideal, lebih baik cobain olahraga untuk meninggikan badan bareng Cashbac. Selamat berolahraga!

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store