Tempat umum merupakan lokasi dimana banyak orang berkumpul dan bertemu. Meski angkanya sudah melandai virus ini masih ada sehingga tidak boleh lengah. Setelah level PPKM diturunkan semuanya tampak normal namun virus covid ini masih ada dan siap menginfeksi siapa saja yang tidak menerapkan prokes dengan ketat.

Tempat Umum yang Seharusnya Dihindari

Banyak orang yang terpapar virus ini saat di tempat umum yang penuh dengan keramaian. Ada baiknya saat pandemi ini kamu tidak berinteraksi dengan banyak orang lebih dahulu agar penyebaran virus ini tidak semakin tersebar merata. Berikut ini adalah beberapa tempat umum yang harus dihindari.

Gym

gym
Tempat umum yang harus kamu hindari karena memiliki resiko penularan tinggi adalah gym.  Kebanyakan virus Corona yang menyebar di tempat gym ini melalui droplet para pengunjung. Meski sudah ada  screening namun resiko penularan tetap ada. Jika kamu menyukai olahraga kami bisa melakukan olahraga di rumah. Kamu bisa menonton video yang mana sumbernya ada di internet.

Baca Juga : Cara Ampuh Jaga Kondisi Tubuh, Berguna Banget Nih!

 

Angkutan Umumangkutan umum

Pandemi belum berakhir membuat kamu harus berhati-hati saat akan mengunjungi tempat umum atau keramaian. Salah satu yang harus kamu hindari adalah angkutan umum misalnya seperti kereta bahwa tanah, bus, kereta api atau bahkan pesawat terbang. Alasan mengapa angkutan umum beresiko menularkan virus adalah sulit untuk jaga jarak secara fisik.

Yang menyebabkan resiko tinggi selanjutnya adalah orang yang ada di angkutan umum ini sering kontak lama dengan orang lain yang ada di sekelilingnya. Di pusat kota besar ini sistem transit sangat penting karena penuh sesak. Hal ini juga membuat penyebaran virus Corona  semakin besar.  Tidak semua penumpang menerapkan prokes yang ketat. Di angkutan umum ini ada beberapa penumpang yang bersin, batuk bahkan berbicara satu sama lain.

Hal lainnya yang bisa menyebabkan penyebaran virus satu ini tinggi adalah penumpang banyak yang menyentuh permukaan benda yang ada di angkutan umum tersebut. Misalnya adalah penumpang saling pegangan tangan di tempat yang sama, tarikan pintu dan sebagainya. Agar lebih aman kamu bisa menghindari menyentuh area wajah dan meminimalkan menyentuh permukaan benda yang ada di angkutan umum tersebut.

 

Kolam Renangkolam renang

Tempat ini juga harus kamu hindari karena menjadi tempat umum yang beresiko tinggi untuk menularkan virus. Kurangnya social distancing ini menjadikan kolam renang ini sangat rentan menularkan virus. Banyak orang yang tidak memakai masker ketika berenang selain itu juga tidak bisa menjaga jarak satu sama lain.

 

Pantai

pantai
Pantai menjadi tempat umum yang harus kamu hindari. Pantai ini akan penuh sesak saat liburan tiba. Pantai memang menjadi tempat yang membuat pikiran penat menjadi lebih rileks kembali. Angin pantai yang menyejukkan dan suara deburan ombaknya membuat siapapun ingin terus berlama-lama di pantai.

Saat pandemi saat ini kamu harus berhati-hati jika ingin ke pantai ini karena virus Corona ini bisa menular melalui udara. Droplet dari seseorang yang terinfeksi ini akan mudah menular melalui udara sedangkan di pantai ini udara berhembus dengan kencang. Hal ini bisa membuat siapapun yang ada disini berisiko terinfeksi.

 

Bar

bar
Bar menjadi tempat umum yang juga harus dihindari. Bar ini menjadi tempat bersosialisasi bersama dengan teman sambil minum dan makan saat malam hari. Bahkan bar ini buka sampai dini hari atau sebelum subuh. Banyak orang yang memilih berlama-lama ada di bar sambil mengobrol santai karena am buka yang lama. Semakin lama kamu berada di keramaian maka semakin besar resik kamu akan terinfeksi.

Alasan lainnya mengapa bar beresiko menularkan virus lebih tinggi adalah lingkungan tersebut buruk dan tidak adanya kemampuan menjaga jarak sebanyak enam kaki. Aktivitas seperti berteriak, menyanyi bahkan berbicara keras membuat resiko penularannya begitu tinggi. Bahkan mayoritas pengunjung bar tersebut tidak menggunakan masker.

Kepala petugas kualitas yang ada di UW Health Madison ini mengatakan jika bar ini menjadi contoh umum yang paling penuh sesak karena banyak orang berbicara dengan keras diakibatkan suasana yang bising. Pengunjung bar juga sering melepas masker untuk makan, minum atau sekadar mengobrol.

 

Bioskop

bioskop
Tempat umum yang wajib dihindari selama pandemi belum berakhir adalah bioskop. Memang saat ini bioskop tempat duduknya sudah diatur sedemikian rupa  namun tetap saja sirkulasi udara yang di dalam bioskop ini tidak bagus. Bioskop ini juga menjadi tempat tertutup yang lembab dan juga gelap dimana ruangan tersebut mampu meningkatkan transmisi virus Corona.

 

Panti Jompo dan Panti Asuhanpanti asuhan

Kedua tempat ini memang tidak akan menularkan virus Corona meski begitu kamu tidak boleh mengunjunginya. Alasannya adalah lansia dan bayi sangat rentan untuk terkena virus Corona. Bahkan bagi lansia yang memiliki komorbid sangat berisiko fatal karena bisa berakibat kematian. Sistem imun lansia, bayi dan anak-anak yang masih lemah inilah yang menyebabkan mereka sangat rentan untuk terkena virus satu ini.

 

Pasar Tradisionalpasar tradisional

Tempat yang harus kamu hindari selama pandemi adalah pasar tradisional. Di tempat ini pengunjung penuh sesak dan berdesakan tanpa social distancing. Bahkan banyak pengunjung yang sering memilah barang tanpa menggunakan sarung tangan dan hal ini menjadi penyebab penyebaran virus.

Meski begitu bukan berarti kamu tidak boleh datang ke pasar tradisional. Kamu bisa datang ke pasar yang memiliki manajemen bagus dan sudah di rekonstruksi sehingga pasar menjadi lebih rapi dan modern. Pasar dengan kondisi ini tidak hanya membuat penjual aman saat berjualan namun juga menjamin kenyamanan pengunjung yang datang.

 

Wisata Malamwisata malam

Salah satu tempat yang harus kamu hindari saat pandemi adalah wisata malam yang ramai dikunjungi. Ada beberapa tempat wisata malam yang menyediakan live music sehingga banyak dikunjungi wisatawan. Menikmati nuansa malam sambil mendengarkan lantunan musik langsung yang merdu menjadi hal yang menyenangkan. Tempat wisata malam dengan fasilitas live music ini kebanyakan jauh dari pusat kota sehingga pemantauan yang dilakukan tidak ketat. Hal ini membuat berkerumun sangat mungkin terjadi.

 

Buat diri kamu tetap safe dengan menghindari tempat umum yang memicu penyebaran virus lebih cepat terjadi, jika semua orang melakukan hal yang sama tentu penyebaran virus Corona di Indonesia ini bisa semakin terkendali dan membuat kondisi berangsur semakin membaik, saat hal itu terjadi masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan lebih nyaman dan aman.

Baca Juga : 10 Tips Aman Keluar Rumah, Wajib Kamu Terapkan!

 

Tetap Aman dan Hemat dengan Cashbac

Ada bonus points hingga 100 ribu yang berlaku di seluruh outlet Ace Hardware, Ace Express, Informa, Selma, Toys Kingdom, Ataru, Bike Colony, Dr Kong, Pendopo, Travelink yang terdaftar pada aplikasi Cashbac!


Ada juga promo bank dimana kamu bisa hemat hingga 50%! Kamu bisa pakai di ribuan outlet favorit kamu untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari.


Demikianlah beberapa informasi mengenai tempat-tempat yang sebisa mungkin kamu hindari karena pandemi yang belum berakhir, semoga informasi ini bermanfaat.

Get Cashbac on Google Play
Download Cashbac on the App Store